2 Prodi FTIK IAIN Bukittinggi Raih Peringkat Akreditasi Baik Sekali

Photo : Istimewa

Bukittinggi. Jumat, 22 April 2022. Dua Program Studi dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Bukittinggi meraih capaian akreditasi “Baik Sekali”. Kedua Prodi tersebut adalah Prodi Bimbingan dan Konseling dan Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT nomor 2441/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/IV/2022 dan nomor 2412/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/IV/2022 yang ditandatangani oleh Direktur Dewan Eksekutif Prof. Ari Purbayanto, Ph.D. Akreditasi Baik Sekali milik Prodi Bimbingan dan Konseling berlaku sejak tanggal 19 April 2022 sampai dengan 30 Oktober 2023. Sedangkan untuk Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer berlaku sejak 20 April 2022 sampai dengan 2 Agustus 2025.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020, Akreditasi Perguruan Tinggi tidak lagi menggunakan model A, B, dan C. Dalam peraturan tersebut BAN PT telah mengeluarkan Regulasi IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 yang merupakan instrumen terbaru untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Satu perubahan pada Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 adalah istilah peringkat akreditasi atau peringkat terakreditasi menjadi Unggul, Baik Sekali dan Baik atau Tidak Terakreditasi.

IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 ini lebih memudahkan perguruan tinggi dalam pelaporan status akreditasi perguruan tinggi maupun program studi. Instrumen ini telah didukung oleh teknologi monitoring yang menyeluruh dan pembinaan perguruan tinggi yang lebih baik. Perubahan ini didasari banyaknya perubahan pada tantangan masyarakat, kompetensi baru, dan dunia kerja yang sudah berubah.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Zulfani Sesmiarni menyampaikan bahwa pencapaian ini merupakan hasil kerja keras semua pihak yang terlibat di dalamnya. “Semoga kita dapat mempertahankan bahkan meningkatkan predikat capaian akreditasi menjadi Unggul, dan terus Amanah menjaga kepercayaan masyarakat melalui kualitas mutu Pendidikan yang terus dikembangkan”. Tidak lupa Dekan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor, Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, LPM, LP2M, UPT Perpustakaan, UPT TIPD, Dosen, Stakeholder, Karyawan serta mahasiswa Prodi BK dan PTIK yang telah membantu hingga mendapatkan capaian akreditasi “Baik Sekali”. (Humas IAIN Bukittinggi)