265 Orang Ikuti Wisuda Ke- XV IAIN Bukittinggi Secara Virtual di Bulan Ramadhan

Photo: Istimewa

Photo: Istimewa

Bukittinggi. Kamis, 10 Desember 2020. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi menggelar prosesi Wisuda Angkatan XV pada hari Kamis tanggal 21 April 2021 di Gedung Serbaguna Kampus II IAIN Bukittinggi mulai jam 08.00 WIB. Acara prosesi Wisuda angkatan XV ini digelar secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan Live Youtube IAIN Bukittinggi serta Live Facebook IAIN Bukittinggi yang disiapkan oleh Tim IT IAIN Bukittinggi.

Acara ini diikuti oleh 265 orang peserta yang terdiri dari 134 orang dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), 74 orang dari Fakutas Bisnis dan Ekonomi Islam (FEBI), 28 orang dari Fakultas Syari’ah dan 28 Orang dari Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah serta 1 Orang dari Pascasarjana IAIN Bukittinggi. Acara ini dibuka oleh Ketua Senat IAIN Bukittinggi, Dr. Arman Husni, Lc., MA dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Herik (Mahasiswa Fakultas Syari’ah/ Hukum Keluarga Islam) dan Doa oleh Ahmad Fajri (Mahasiswa FUAD/ Ilmu Hadits)  serta pembacaan Surat Keputusan (SK) Rektor IAIN Bukittinggi Oleh Kabag Umum H. Idrial, S.Pd. dan pembacaan SK Rektor tentang Wisudawan/ti berprestasi oleh Kabag Akama Hendra Nasrul, M.Kom dan dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama wisudawan/ti oleh pembawa acara, Nadia Valentine dan dilanjutkan dengan pembacaan ikrar sarjana oleh semua wisudawan/ti kemudian penyerahan wisudawan/ti oleh Rektor kepada perwakilan alumni yang diterima oleh Melvita, S.Ag.

Dalam amanatnya, Rektor IAIN Bukittinggi Dr. Ridha Ahida, M.Hum mengucapkan selamat kepada wisudawan/ti yang diwusuda hari ini dan juga mengucapkan selamat kepada orang tua atas capaian prestasi yang diperoleh oleh anaknya masing-masing.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan bahwa ada tiga program prioritas IAIN Bukittinggi saat ini, yaitu : Pertama, penjaminan mutu yang dibuktikan dengan akreditasi unggul, baik AIPT (Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi), Prodi, Pustaka maupun lembaga. Kedua, Integrasi keislaman dan keilmuan, setiap mahasiswa yang masuk IAIN Bukittinggi diwawancarai pemahaman dan pengamalan mereka tentang agama dan wawasan kebangsaan untuk dipetakan dan kemudian diberikan pengayaan yang terstruktur melalui kurikulum sehingga mereka memahami dan mengamalkan agama dengan benar. Ketiga,Tahap penyelesaian, setiap mahasiswa yang akan diwisuda mereka dituntut untuk menghafalkan surat dan ayat-ayat pilihan, untuk mempersiapkan kualitas lulusan IAIN Bukittinggi di butuhkan oleh masyarakat.

Hadir dalam acara ini Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas memberikan sambutan melalui video, menyampaikan selamat kepada IAIN Bukittinggi yang telah sukses melaksanakan wisuda ke-XV dan juga mengucapkan selamat kepada wisudawan/ti dan orang tua atas prestasi akademik yang diperoleh oleh wisudawan/ti di IAIN Bukittinggi, lebih lanjut Menteri agama menyampaikan bahwa PTKIN dibawah naungan Kementerian Agama RI dituntut terus untuk meningkatkan kualitasnya melalui akreditasi unggul, disamping itu PTKIN juga diminta untuk berkontribusi dalam menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi negara hari ini, yaitu radikalisme, maka hampir disetiap PTKIN sudah berdiri rumah moderasi beragama dengan harapan dapat meredam maraknya pemahaman radikal. (Humas IAIN Bukittinggi)