Berkat Inovasi Alat Prokes Portable, Kabag Akama IAIN Bukittinggi di Kunjungi Media Nasional dan Lokal

Photo: Humas IAIN Bukittinggi

Photo: Humas IAIN Bukittinggi

Bukittinggi. Selasa, 6 Juli 2021. Kepala Bagian Akademik dan kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi, Hendra Nasrul, M.Kom menemukan dua alat pendukung protokol kesehatan portable melalui experimentnya. Dua alat tersebut adalah Automatic Portabel Handwash 4 Sensor (APH 4 S) yaitu alat pencuci tangan yang memiliki 4 sensor (sensor untuk air, sensor untuk sabun, sensor untuk hairdryer dan sensor untuk hand sanitizer). Ketika akan mencuci tangan cukup dengan menghadapkan tangan ke sensor yang bersangkutan, maka akan keluar secara otomatis baik air, sabun maupun hand sanitizernya dan begitu juga dengan hairdryernya akan hidup secara otomatis.

Adapun alat berikutnya adalah Temperatur Detection Mask Mechine (TD2M) yaitu mesin pendeteksi temperatur dan masker. Alat ini bekerja secara otomatis untuk mengingatkan selalu pakai masker serta memberi tahu berapa suhu badan kita. Dua alat ini dibuat oleh Kabag Akama IAIN Bukittinggi melihat situasi pandemi yang semakin meningkat disertai dengan hobinya bereksperimen. Dua alat ini sedang uji coba dan jika memungkinkan nanti akan di pakai disetiap layanan umum di kampus IAIN bukittinggi. Untuk menyelesaikan dua alat ini menghabiskan waktu Satu bulan dan menghabiskan biaya Tiga Juta Rupiah.

Berkat penemuan ini, Hendra Nasrul, M.Kom di kunjungi media baik elektronik maupun media cetak baik nasional maupun lokal untuk diliput dan diberitakan. Adapun media yang meliput adalah Metro TV, Padang TV, Antara, Klik Positif, Berita Sumbar serta Harian Singgalang dan Haluan. (Humas IAIN Bukittinggi)