Berkontribusi Memperkuat Pendidikan Islam di Indonesia, Pascasarjana MPI UIN Bukittinggi Bidik Akreditasi Unggul

Photo: Humas UIN Bukittinggi

Bukittinggi. Jumat, 26 Agustus 2022. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang cukup diperhitungkan dari Ranah Minang, sepak terjang Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi selama ini selalu menuai keberhasilan. Keberadaan Perguruan Tinggi Islam ini bersama dengan Universitas Islam lain yang ada di Sumatera Barat menjadi sumbangsih yang diperhitungkan dalam kemajuan Pendidikan Islam di Indonesia.

Fakultas Pascasarjana UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi lewat Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) hadir menjawab semua tantangan terhadap problematika terkait lemahnya Pendidikan Islam yang masih terjadi di Indonesia. Sebagai sebuah sistem, Pendidikan Islam yang memuat komponen yang meliputi Landasan, Kurikulum, Kompetensi dan Profesionalisme Guru, serta Metodologi Pembelajaran membutuhkan pengelolaan dan manajemen dengan konsep yang matang.

Berangkat dari permasalahan yang bersumber dari Penelitian valid, salah satu sumber buku yang ditulis oleh Abuddin Nata yang membahas mengenai lemahnya Manajemen Pendidikan Islam di Indonesia menjadi bukti konkrit bahwa semua Praktisi Pendidikan harus mengambil kontribusi penuh demi kemajuan Pendidikan Islam.

UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, salah satu Perguruan Tinggi Keislaman Negeri yang sukses melahirkan Program Studi Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam, secara serius menunjukkan dedikasi dan kontribusi demi kemajuan Pendidikan Islam di Indonesia. Keseriusan ini dibuktikan dengan aksi nyata peningkatan kualitas melalui tindak lanjut pelaksanaan penilaian Akreditasi pada Assessment Lapangan yang dilaksanakan secara daring oleh Tim Assessor dari BAN-PT. Tim Assesor diwakili oleh Dr. Zainal Abidin, M.Si dan Prof. Dr. Imam Fuadi, M.Ag.

Dok: Pelaksanaan Assessment Lapangan S2 Manajemen Pendidikan Islam

Pelaksanaan Assessment Lapangan ini menjadi sarana penilaian bagi kemajuan dan peningkatan Mutu Akreditasi Prodi S2 Manajemen Pendidikan Islam. Rektor Prof. Dr. Ridha Ahida, M.Hum menyampaikan, “Pelaksanaan AL daring ini terlaksana berkat kerja keras dan semangat bersama. Dari Assessment ini diharapkan capaian hasil yang sangat memuaskan dan Akreditasi Unggul bagi prodi MPI,” tuturnya saat membuka acara Assessment Lapangan secara resmi. Pihaknya menyatakan siap untuk menyediakan data yang dibutuhkan untuk kebutuhan verifikasi.

Kegiatan Assessment Lapangan secara daring ini dilaksanakan di Aula lantai 3 Gedung Madinah pukul 08.00 WIB. Dihadiri oleh seluruh jajaran Pimpinan mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Dekan dan Wakil Dekan masing-masing Fakultas, Kaprodi MPI, Ketua LPM dan jajarannya, serta Dosen dan Tendik UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Dr. Gazali, M.Ag dihadapan para Assessor. (*Humas UIN Bukittinggi)