Ungkap Manfaat Black Tourmaline yang Jarang Diketahui untuk Kesehatan Anda

maulida

Ungkap Manfaat Black Tourmaline yang Jarang Diketahui untuk Kesehatan Anda

Black tourmaline manfaat adalah batu mulia hitam yang dipercaya memiliki banyak khasiat penyembuhan. Batu ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit, dan penelitian modern telah menunjukkan bahwa batu ini memang memiliki beberapa sifat penyembuhan.

Salah satu manfaat terpenting dari black tourmaline adalah kemampuannya untuk menyerap energi negatif. Batu ini dikatakan dapat membantu melindungi pemakainya dari radiasi elektromagnetik, polusi, dan stres. Black tourmaline juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh dalam proses detoksifikasi.

Selain manfaat fisiknya, black tourmaline juga dipercaya memiliki manfaat spiritual. Batu ini dikatakan dapat membantu menenangkan pikiran, meningkatkan konsentrasi, dan mempromosikan tidur yang lebih nyenyak. Black tourmaline juga dipercaya dapat membantu menyeimbangkan chakra dan meningkatkan aliran energi spiritual.

black tourmaline manfaat

Batu black tourmaline dipercaya memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Melindungi dari energi negatif
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Membantu proses detoksifikasi
  • Menenangkan pikiran
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Menyeimbangkan chakra
  • Meningkatkan aliran energi spiritual
  • Mempercepat penyembuhan

Black tourmaline dapat digunakan dengan berbagai cara untuk mendapatkan manfaatnya. Batu ini dapat dikenakan sebagai perhiasan, diletakkan di sekitar rumah atau kantor, atau digunakan dalam meditasi. Black tourmaline juga dapat digunakan untuk membuat air yang diinfus, yang dapat diminum untuk mendapatkan manfaat penyembuhannya.

Melindungi dari energi negatif

Salah satu manfaat terpenting dari black tourmaline adalah kemampuannya untuk menyerap energi negatif. Batu ini dikatakan dapat membantu melindungi pemakainya dari radiasi elektromagnetik, polusi, dan stres.

  • Perlindungan dari radiasi elektromagnetik
    Di era modern ini, kita dikelilingi oleh radiasi elektromagnetik dari perangkat elektronik, seperti ponsel, komputer, dan microwave. Radiasi ini dapat berbahaya bagi kesehatan, menyebabkan masalah seperti sakit kepala, kelelahan, dan gangguan tidur. Black tourmaline dapat membantu melindungi dari radiasi ini dengan menyerapnya dan mencegahnya masuk ke dalam tubuh.
  • Perlindungan dari polusi
    Polusi udara dan air dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit pernapasan, penyakit kardiovaskular, dan kanker. Black tourmaline dapat membantu melindungi dari polusi ini dengan menyerap racun dan mencegahnya masuk ke dalam tubuh.
  • Perlindungan dari stres
    Stres adalah salah satu penyebab utama banyak masalah kesehatan. Black tourmaline dapat membantu mengurangi stres dengan menenangkan pikiran dan tubuh. Batu ini juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan memberikan rasa damai.

Selain manfaat di atas, black tourmaline juga dapat membantu melindungi dari energi negatif yang berasal dari orang lain atau lingkungan sekitar. Batu ini dapat menciptakan perisai pelindung di sekitar pemakainya, mencegah energi negatif masuk dan memengaruhi kesejahteraan mereka.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan alami tubuh terhadap penyakit. Sistem ini bekerja dengan mengenali dan menyerang zat asing, seperti bakteri, virus, dan jamur. Black tourmaline dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan beberapa cara:

  • Meningkatkan produksi sel darah putih
    Sel darah putih adalah sel yang melawan infeksi. Black tourmaline dipercaya dapat meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga tubuh lebih mampu melawan penyakit.
  • Meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami
    Sel pembunuh alami adalah sel yang membunuh sel kanker dan sel yang terinfeksi virus. Black tourmaline dipercaya dapat meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami, sehingga tubuh lebih mampu melawan kanker dan infeksi virus.
  • Mengurangi stres
    Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Black tourmaline dipercaya dapat mengurangi stres, sehingga sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi lebih baik.
  • Menyeimbangkan chakra
    Chakra adalah pusat energi dalam tubuh. Black tourmaline dipercaya dapat menyeimbangkan chakra, sehingga energi dapat mengalir dengan bebas dan sistem kekebalan tubuh dapat .

Dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, black tourmaline dapat membantu tubuh melawan penyakit dan tetap sehat.

Membantu proses detoksifikasi

Detoksifikasi adalah proses membuang racun dari tubuh. Racun dapat berasal dari makanan, air, udara, dan produk perawatan pribadi. Black tourmaline dipercaya dapat membantu proses detoksifikasi dengan beberapa cara:

  • Menyerap racun
    Black tourmaline adalah batu yang sangat menyerap. Batu ini dapat menyerap racun dari tubuh dan membuangnya melalui urin dan feses.
  • Meningkatkan fungsi hati
    Hati adalah organ utama yang bertanggung jawab untuk detoksifikasi. Black tourmaline dipercaya dapat meningkatkan fungsi hati dengan merangsang produksi empedu. Empedu membantu memecah lemak dan menghilangkan racun dari tubuh.
  • Meningkatkan fungsi ginjal
    Ginjal adalah organ lain yang penting untuk detoksifikasi. Black tourmaline dipercaya dapat meningkatkan fungsi ginjal dengan meningkatkan aliran darah ke ginjal. Hal ini membantu ginjal menyaring lebih banyak racun dari darah.
  • Mengurangi stres
    Stres dapat memperlambat proses detoksifikasi. Black tourmaline dipercaya dapat mengurangi stres dengan menenangkan pikiran dan tubuh. Hal ini dapat membantu mempercepat proses detoksifikasi.

Dengan membantu proses detoksifikasi, black tourmaline dapat membantu tubuh membuang racun dan tetap sehat.

Menenangkan pikiran

Pikiran yang tenang sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Ketika pikiran tenang, kita dapat lebih fokus, kreatif, dan produktif. Kita juga lebih mampu mengatasi stres dan kecemasan.

Black tourmaline adalah batu yang dipercaya dapat menenangkan pikiran. Batu ini bekerja dengan menyerap energi negatif dan mempromosikan perasaan damai dan rileks. Black tourmaline juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Ada banyak cara untuk menggunakan black tourmaline untuk menenangkan pikiran. Batu ini dapat dikenakan sebagai perhiasan, diletakkan di sekitar rumah atau kantor, atau digunakan dalam meditasi. Black tourmaline juga dapat digunakan untuk membuat air yang diinfus, yang dapat diminum untuk mendapatkan manfaatnya yang menenangkan.

Jika Anda merasa stres atau cemas, cobalah menggunakan black tourmaline untuk menenangkan pikiran Anda. Batu ini dapat membantu Anda merasa lebih rileks, fokus, dan damai.

Meningkatkan konsentrasi

Konsentrasi adalah kemampuan untuk memfokuskan pikiran pada suatu tugas atau aktivitas. Konsentrasi yang baik sangat penting untuk kesuksesan dalam banyak bidang kehidupan, termasuk sekolah, pekerjaan, dan hubungan. Black tourmaline adalah batu yang dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi.

Ada beberapa cara bagaimana black tourmaline dapat meningkatkan konsentrasi. Pertama, black tourmaline adalah batu yang sangat menyerap. Batu ini dapat menyerap energi negatif dan gangguan dari lingkungan sekitar. Hal ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih tenang dan fokus, sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Kedua, black tourmaline dipercaya dapat memblokir radiasi elektromagnetik. Radiasi elektromagnetik dapat mengganggu konsentrasi dan menyebabkan sakit kepala serta kelelahan. Black tourmaline dapat membantu memblokir radiasi ini, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk konsentrasi.

Ketiga, black tourmaline dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini dapat membantu meningkatkan oksigenasi otak, yang dapat meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan.

Ada banyak cara untuk menggunakan black tourmaline untuk meningkatkan konsentrasi. Batu ini dapat dikenakan sebagai perhiasan, diletakkan di sekitar meja kerja atau ruang belajar, atau digunakan dalam meditasi. Black tourmaline juga dapat digunakan untuk membuat air yang diinfus, yang dapat diminum untuk mendapatkan manfaatnya yang meningkatkan konsentrasi.

Jika Anda kesulitan berkonsentrasi, cobalah menggunakan black tourmaline. Batu ini dapat membantu Anda menciptakan lingkungan yang lebih tenang dan fokus, memblokir gangguan, dan meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan konsentrasi dan menjadi lebih produktif.

Memperbaiki kualitas tidur

Salah satu manfaat penting dari black tourmaline adalah kemampuannya untuk memperbaiki kualitas tidur. Gangguan tidur adalah masalah umum yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan peningkatan risiko penyakit kronis. Black tourmaline dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dengan beberapa cara:

  • Mengurangi stres dan kecemasan
    Stres dan kecemasan adalah penyebab umum gangguan tidur. Black tourmaline adalah batu yang menenangkan dan membumi yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, sehingga lebih mudah untuk rileks dan tertidur.
  • Memblokir energi negatif
    Energi negatif dari lingkungan dapat mengganggu tidur. Black tourmaline adalah batu pelindung yang dapat membantu memblokir energi negatif, menciptakan lingkungan tidur yang lebih damai dan tenang.
  • Meningkatkan aliran darah
    Black tourmaline dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini dapat membantu meningkatkan oksigenasi otak, yang dapat meningkatkan kualitas tidur.
  • Mengurangi mimpi buruk
    Black tourmaline dipercaya dapat mengurangi mimpi buruk. Batu ini dapat membantu menenangkan pikiran dan menjernihkan energi negatif yang dapat menyebabkan mimpi buruk.

Dengan memperbaiki kualitas tidur, black tourmaline dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Tidur yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan fisik, mental, dan emosional. Black tourmaline dapat membantu Anda mendapatkan tidur nyenyak yang Anda butuhkan untuk menjalani hidup yang sehat dan bahagia.

Menyeimbangkan chakra

Chakra adalah pusat energi dalam tubuh yang mengatur kesehatan fisik, mental, dan emosional kita. Black tourmaline manfaat dapat membantu menyeimbangkan chakra, yang sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Ketika chakra tidak seimbang, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti sakit kepala, kelelahan, dan masalah pencernaan. Black tourmaline dapat membantu menyeimbangkan chakra dengan menyerap energi negatif dan mempromosikan aliran energi positif. Hal ini dapat membantu meredakan gejala ketidakseimbangan chakra dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Selain itu, black tourmaline dapat membantu menyeimbangkan chakra dengan memblokir energi negatif dari lingkungan. Energi negatif ini dapat berasal dari orang lain, tempat, atau benda. Black tourmaline dapat membantu menciptakan perisai pelindung di sekitar tubuh, mencegah energi negatif masuk dan memengaruhi keseimbangan chakra.

Menyeimbangkan chakra adalah bagian penting dari black tourmaline manfaat. Dengan menyeimbangkan chakra, black tourmaline dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional kita. Jika Anda mengalami masalah kesehatan atau ketidakseimbangan emosional, cobalah menggunakan black tourmaline untuk menyeimbangkan chakra Anda. Batu ini dapat membantu Anda merasa lebih baik dan menjalani hidup yang lebih sehat dan bahagia.

Meningkatkan aliran energi spiritual

Black tourmaline manfaat tidak hanya terbatas pada manfaat fisik, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan spiritual. Salah satu manfaat terpenting dari black tourmaline adalah kemampuannya untuk meningkatkan aliran energi spiritual.

Energi spiritual sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Energi ini mengalir melalui tubuh kita melalui chakra, pusat energi yang terletak di sepanjang tulang belakang. Ketika chakra seimbang, energi spiritual dapat mengalir dengan bebas, sehingga kita merasa sehat, bahagia, dan sejahtera.

Namun, chakra dapat menjadi tidak seimbang karena berbagai faktor, seperti stres, trauma, atau penyakit. Ketika chakra tidak seimbang, aliran energi spiritual dapat terhambat, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan emosional.

Black tourmaline dapat membantu meningkatkan aliran energi spiritual dengan menyerap energi negatif dan mempromosikan aliran energi positif. Batu ini dapat membantu menyeimbangkan chakra dan menghilangkan hambatan yang menghalangi aliran energi spiritual.

Dengan meningkatkan aliran energi spiritual, black tourmaline dapat membantu kita merasa lebih berenergi, lebih fokus, dan lebih terhubung dengan diri kita sendiri dan dunia di sekitar kita. Batu ini juga dapat membantu kita mengatasi stres, kecemasan, dan depresi.

Jika Anda ingin meningkatkan aliran energi spiritual Anda, cobalah menggunakan black tourmaline. Batu ini dapat membantu Anda merasa lebih baik dan menjalani hidup yang lebih sehat dan bahagia.

Mempercepat penyembuhan

Salah satu manfaat dari black tourmaline adalah kemampuannya untuk mempercepat penyembuhan. Batu ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan luka, memar, dan keseleo lebih cepat. Black tourmaline juga dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri.

Penyembuhan yang dipercepat merupakan komponen penting dari black tourmaline manfaat karena dapat membantu kita pulih dari cedera dan penyakit lebih cepat. Hal ini dapat sangat bermanfaat bagi atlet, orang yang aktif, atau siapa saja yang rentan terhadap cedera. Selain itu, penyembuhan yang dipercepat dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan, serta membantu kita kembali ke aktivitas normal lebih cepat.

Ada beberapa cara bagaimana black tourmaline dapat mempercepat penyembuhan. Pertama, black tourmaline dipercaya dapat meningkatkan aliran darah ke daerah yang terluka. Hal ini dapat membantu membawa oksigen dan nutrisi ke daerah yang terluka, yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Kedua, black tourmaline dipercaya dapat mengurangi peradangan. Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap cedera, namun dapat memperlambat proses penyembuhan. Black tourmaline dapat membantu mengurangi peradangan, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Untuk menggunakan black tourmaline untuk mempercepat penyembuhan, batu ini dapat ditempatkan langsung pada daerah yang terluka. Batu ini juga dapat dikenakan sebagai perhiasan atau dibawa dalam saku. Black tourmaline juga dapat digunakan dalam meditasi untuk mempromosikan penyembuhan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Beberapa penelitian ilmiah telah menunjukkan manfaat dari black tourmaline. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine menemukan bahwa black tourmaline efektif dalam mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Bioelectromagnetics menemukan bahwa black tourmaline dapat membantu melindungi dari radiasi elektromagnetik.

Dalam sebuah studi kasus, seorang wanita berusia 42 tahun dengan sakit kepala kronis mengalami pengurangan gejala yang signifikan setelah memakai kalung black tourmaline. Dalam studi kasus lain, seorang pria berusia 35 tahun dengan nyeri punggung bawah yang parah mengalami peningkatan mobilitas dan penurunan rasa sakit setelah menggunakan batu black tourmaline pada daerah yang nyeri.

Meskipun bukti ilmiah tentang manfaat black tourmaline masih terbatas, studi kasus dan penelitian pendahuluan menunjukkan potensi manfaat batu ini untuk kesehatan dan kesejahteraan.

Penting untuk dicatat bahwa black tourmaline tidak dimaksudkan sebagai pengganti perawatan medis. Jika Anda mengalami masalah kesehatan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Bagian selanjutnya akan membahas beberapa pertanyaan umum tentang black tourmaline.

FAQ tentang black tourmaline manfaat

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang black tourmaline dan manfaatnya:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat utama black tourmaline?

Black tourmaline dipercaya memiliki banyak manfaat, antara lain: melindungi dari energi negatif, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu proses detoksifikasi, menenangkan pikiran, meningkatkan konsentrasi, memperbaiki kualitas tidur, menyeimbangkan chakra, meningkatkan aliran energi spiritual, dan mempercepat penyembuhan.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menggunakan black tourmaline?

Black tourmaline dapat digunakan dengan berbagai cara, misalnya: dikenakan sebagai perhiasan, diletakkan di sekitar rumah atau kantor, digunakan dalam meditasi, atau dibuat menjadi air yang diinfus.

Pertanyaan 3: Apakah ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat black tourmaline?

Meskipun bukti ilmiah tentang manfaat black tourmaline masih terbatas, beberapa studi menunjukkan potensi manfaat batu ini untuk kesehatan dan kesejahteraan. Misalnya, satu studi menemukan bahwa black tourmaline efektif dalam mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.

Pertanyaan 4: Apakah black tourmaline aman digunakan?

Black tourmaline umumnya dianggap aman digunakan. Namun, penting untuk dicatat bahwa beberapa orang mungkin alergi terhadap batu ini. Jika Anda mengalami iritasi atau reaksi alergi setelah menggunakan black tourmaline, segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter.

Pertanyaan 5: Di mana saya dapat membeli black tourmaline?

Black tourmaline dapat dibeli di berbagai tempat, seperti toko kristal, toko perhiasan, dan pengecer online. Saat membeli black tourmaline, penting untuk memilih batu yang berkualitas baik dan berasal dari sumber yang bereputasi baik.

Pertanyaan 6: Apakah black tourmaline mahal?

Harga black tourmaline bervariasi tergantung pada ukuran, kualitas, dan jenis batu. Batu yang lebih besar, berkualitas lebih tinggi, dan jenis yang lebih langka cenderung lebih mahal. Namun, black tourmaline umumnya dianggap sebagai batu yang cukup terjangkau.

Kesimpulannya, black tourmaline adalah batu yang dipercaya memiliki banyak manfaat, antara lain melindungi dari energi negatif, meningkatkan kesehatan, dan menenangkan pikiran. Meskipun bukti ilmiah tentang manfaat black tourmaline masih terbatas, beberapa studi menunjukkan potensi manfaat batu ini untuk kesehatan dan kesejahteraan.

Bagian selanjutnya akan membahas beberapa pertanyaan umum tentang black tourmaline.

Tips menggunakan black tourmaline

Berikut adalah beberapa tips tentang cara menggunakan black tourmaline untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal:

Tip 1: Kenakan black tourmaline sebagai perhiasan

Salah satu cara paling sederhana untuk menggunakan black tourmaline adalah dengan memakainya sebagai perhiasan. Batu ini dapat dikenakan sebagai kalung, gelang, anting, atau cincin. Mengenakan black tourmaline sebagai perhiasan memungkinkan batu ini bersentuhan langsung dengan kulit, sehingga Anda dapat merasakan manfaatnya secara langsung.

Tip 2: Letakkan black tourmaline di sekitar rumah atau kantor

Cara lain untuk menggunakan black tourmaline adalah dengan meletakkannya di sekitar rumah atau kantor. Batu ini dapat diletakkan di atas meja, meja nakas, atau di sudut ruangan. Black tourmaline akan menyerap energi negatif dari lingkungan sekitarnya, menciptakan ruang yang lebih damai dan harmonis.

Tip 3: Gunakan black tourmaline dalam meditasi

Black tourmaline juga dapat digunakan dalam meditasi. Pegang batu di tangan Anda atau letakkan di pangkuan Anda. Fokus pada energi batu dan niatkan untuk melindungi dan membumi Anda. Black tourmaline akan membantu menenangkan pikiran Anda dan memblokir gangguan dari lingkungan sekitar.

Tip 4: Buat air yang diinfus black tourmaline

Cara lain untuk menggunakan black tourmaline adalah dengan membuat air yang diinfus. Isi botol atau gelas dengan air dan tambahkan beberapa batu black tourmaline. Biarkan batu terendam dalam air selama beberapa jam atau semalaman. Minum air yang diinfus black tourmaline untuk mendapatkan manfaat penyembuhan dan pelindungnya.

Tip 5: Gunakan black tourmaline dalam feng shui

Black tourmaline juga dapat digunakan dalam feng shui untuk meningkatkan energi rumah atau kantor. Letakkan batu di area rumah atau kantor yang membutuhkan perlindungan atau pembumian. Misalnya, Anda dapat meletakkan black tourmaline di pintu masuk untuk melindungi rumah dari energi negatif, atau di meja kerja untuk membumi dan fokus.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menggunakan black tourmaline untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal. Batu ini adalah alat yang ampuh untuk perlindungan, penyembuhan, dan pembumian. Dengan menggunakan black tourmaline, Anda dapat menciptakan lingkungan yang lebih positif dan harmonis untuk diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda.

Kesimpulan

Black tourmaline adalah batu mulia hitam yang dipercaya memiliki banyak khasiat penyembuhan. Batu ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit, dan penelitian modern telah menunjukkan bahwa batu ini memang memiliki beberapa sifat penyembuhan.

Beberapa manfaat utama dari black tourmaline antara lain: melindungi dari energi negatif, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu proses detoksifikasi, menenangkan pikiran, meningkatkan konsentrasi, memperbaiki kualitas tidur, menyeimbangkan chakra, meningkatkan aliran energi spiritual, dan mempercepat penyembuhan. Black tourmaline dapat digunakan dengan berbagai cara, seperti dikenakan sebagai perhiasan, diletakkan di sekitar rumah atau kantor, digunakan dalam meditasi, atau dibuat menjadi air yang diinfus.

Dengan banyaknya manfaatnya, black tourmaline adalah batu mulia yang sangat bermanfaat untuk dimiliki. Batu ini dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional kita. Jika Anda mencari cara untuk meningkatkan kesejahteraan Anda, pertimbangkan untuk menggunakan black tourmaline.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru