Civitas Akademika IAIN Bukittinggi Terima Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

Photo: Humas IAIN Bukittinggi

Photo: Humas IAIN Bukittinggi

Bukittinggi. Senin, 5 April 2021. Program vaksinasi COVID – 19 di Indonesia mulai dilakukan oleh Pemerintah, tak terkecuali IAIN Bukittinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. Mengambil tempat pelaksanaan vaksinasi di Gedung Student Centre IAIN Bukittinggi, program vaksinasi diagendakan dalam waktu 3 (tiga) hari sejak tanggal 5 sampai dengan 7 April 2021. Menyusul untuk vaksinasi kedua yang rencananya akan diselenggarakan 14 hari setelah vaksinasi pertama yaitu tanggal 19 sampai dengan 21 April 2021.

Proses vaksinasi dimulai pukul 09.00 WIB oleh Pihak Puskesmas Padang Lua, Kab. Agam. Sebelum proses vaksinasi dimulai, dokter penanggung jawab menyampaikan alur dan prosedur pelaksanaan vaksinasi. Ada 4 tahapan vaksinasi yang harus diikuti. Pertama, pendaftaran dan verifikasi data yang dilakukan di Meja 1, screening berupa pemeriksaan fisik sederhana di Meja 2 dengan melakukan pengecekan tekanan darah dan suhu tubuh. Pada Meja 3 Peserta menerima suntikan vaksin COVID-19 yang disuntikkan oleh vaksinator. Setelah proses vaksinasi selesai, peserta diarahkan ke meja 4 untuk dilakukan pencatatan serta tahap observasi, dan harus menunggu selama 30 menit untuk mengantisipasi apabila ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Proses vaksinasi ini berlangsung secara teratur dengan tetap memperhatikan protocol Kesehatan. Semua jajaran Pimpinan, Dosen dan staff IAIN Bukittinggi menyambut baik pelaksanaan vaksinasi ini sebagai wujud sokongan dan dukungan atas program Pemerintah, agar pandemic virus corona ini segera berlalu, dan masyarakat Indonesia bisa melaksanakan segala aktivitas normal seperti sedia kala.(Humas IAIN Bukittinggi).