FUAD IAIN BUKITTINGGI MENUJU TATA KELOLA DAN PROGRAM KERJA BERBASIS AKREDITASI UNGGUL

Photo: Humas IAIN Bukittinggi

Photo: Humas IAIN Bukittinggi

Bukittinggi. Selasa, 26 Januari 2021. Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi gelar rapat kerja pimpinan Se-Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah selasa pagi, 26 Januari 2021. Rapat kerja pimpinan yang dilaksanakan di lantai dua gedung FUAD ini mengusung tema Tata Kelola Dan Program Kerja Berbasis Akreditasi Unggul.

Dekan Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Bukittinggi, Dr. Nunu Burhanuddin, Lc., MA dalam kesempatan ini menghimbau seluruh keluarga besar Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah IAIN Bukittinggi, baik tenaga pendidik ataupun tenaga kependidikan untuk bersama sama menciptakan dan mengoptimalkan segala peluang dalam membantu kemajuan institut, salah satunya adalah dengan rencana penerbitan buku yang ditulis langsung oleh tenaga pendidik fakultas tersebut.

Hadir dalam Rakerpim FUAD pagi ini Rektor IAIN Bukitiinggi Dr. Ridha Ahida M.Hum, yang sekaligus  membuka secara resmi pelaksanaan rapat kerja pimpinan Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah. Setidaknya ada tiga fokus utama dalam agenda rakerpim Selasa pagi ini, yakni evaluasi program dan pekerjaan tahun 2020/ estimasi program kerja untuk tahun 2022 serta menentukan program kerja untuk tahun 2021.

Rektor IAIN Bukittinggi dr. Ridha Ahida M.Hum menyampaikan pelaksanaan rakerpim adalah agenda yang wajib dilaksanakan mulai dari tingkat institut maupun fakultas. Untuk menuju suatu akreditasi unggul setiap fakultas terkhusus FUAD diharapkan berpedoman kepada standar kriteria akreditasi unggul PPEP (Penetapan, pelaksanaan, Evaluasi, Pegendalian dan Peningkatan). Hal ini dikarenakan dengan berstatus BLU, IAIN Bukittinggi setidaknya memiliki dua aspek perjanjian kinerja yang meliputi aspek layanan keuangan yang berhubungan langsung dengan kementerian keuangan, serta aspek layanan pendidikan. Untuk itu diharapkan kepada seluruh fakultas agar tidak hanya berfokus kepada akreditasi namun juga mampu berkontribusi dalam pencapaian income demi kemajuan institut.

Adapun aspek keuangan meliputi realisasi keuangan, persentasi realiasi, Persentasi BLU. Sementara Aspek layanan meliputi akreditasi,  nilai rata rata akreditasi, indeks survey kepuasan layanan, peningkatan SDM, peningkatan di bidang akademik dan kelembagaan, rangkaian penelitian dan pengabdian kemasyarakat, penelitian, dan publikasi.

Diharapkan dengan adanya pelaksanaan rapat kerja pimpinan ini,  Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah mampu  merancang program-program kerja serta meningkatkan kontribusi demi kemajuan IAIN kedepannya dalam rangka menuju Universitas Islam Negeri dengan tata kelola dan Program Kerja Berbasis Akreditasi Unggul. (Humas IAIN Bukittinggi)