IAIN Bukittinggi Gelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kemenag RI Ke-76

Photo : Humas IAIN Bukittinggi

Bukittinggi. Senin, 3 Januari 2022. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi laksanakan Upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-76 Kementerian Agama Republik Indonesia. Rektor Dr. Ridha Ahida, M.Hum bertindak sebagai Inspektur Upacara yang digelar di Lapangan Gedung Madinah Kampus II IAIN Bukittinggi, dengan menerapkan protocol kesehatan yang ketat dengan menjaga jarak dan menggunakan masker.

Hari Amal Bakti merupakan hari ulang tahun berdirinya Kementerian Agama Republik Indonesia sejak tanggal 3 Januari 1946 silam. Sejak dibentuk hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama, serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah untuk semua unsur masyarakat. Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya dengan menjaga Pancasila, Konstitusi dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap berada dalam jalurnya.

Mengusung Tema “Transformasi dalam Layanan Umat”, Kementerian Agama akan dengan cepat melakukan pelayanan-pelayanan meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik, serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Rektor dalam amanatnya berkata. “Di usia 76 tahun Kementerian Agama RI, mari kita memaknai segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai pelayanan yang lebih baik lagi di masa mendatang”. Beliau melanjutkan, “Dalam tugas sehari-hari, setiap aparatur Kemenag harus mampu menunjukkan nilai kinerja yang baik, kepemimpinan yang amanah, dan memberi kemudahan kepada masyarakat luas, untuk memperoleh akses pelayanan keagamaan secara akuntabel dan berkualitas”.

Dalam upacara peringatan Hari Amal Bhakti Kemenag Ke-76 tersebut juga diberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada beberapa dosen dan tenaga kependidikan di IAIN Bukittinggi. Penghargaan untuk dedikasi kerja yang telah mencapai masa bhakti 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun Pengabdian kepada Institusi tercinta ini. (Humas IAIN Bukittinggi).