IAIN Bukittingi Berharap SSE UM-PTKIN Dapatkan Mahasiswa Berkualitas

Photo: Humas IAIN Bukittinggi

Photo: Humas IAIN Bukittinggi

Bukittinggi. Selasa, 25 Mei 2021. Calon mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi sudah masuk ke tahap tes Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Seperti tahun sebelumnya, tes UM-PTKIN dilakukan secara online menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Tes yang diawasi secara ketat oleh para panitia lokal (IAIN Bukittinggi) maupun pusat (Kementerian Agama) ini akan berlangsung dari tanggal 24 Mei sampai 02 Juni 2021.

Ketua panitia lokal UM-PTKIN IAIN Bukittinggi, Dr. Asyari, M.Si yang juga merupakan Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga menyampaikan “Tes UM-PTKIN tahun ini dilaksanakan secara online, kita tetap memperthatikan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran COVID-19. Oleh karena itu, tes tahun ini masih mengguankan Sistem Seleksi Elektronik, dengan harapan peserta tes bisa taat asas, bisa ikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh panitia nasional. Kita (IAIN Bukittinggi) Berharap melalui seleksi UM-PTKIN ini dapat memperoleh mahasiswa yang berkualitas. Berkualitas dari segi keilmuan dan berkualitas dari segi perilaku.”

Peserta ujian menggunakan aplikasi SSE yang telah disediakan oleh panitia dan dapat didownload di laman resmi um-ptkin.ac.id. Secara teknis peserta melakukan ujian di tempat masing dengan menggunakan aplikasi tersebut dan terhubung dengan panitia. Aplikasi SSE ini bisa dijalankan melalui komputer, laptop, ataupun menggunakan smartphone para peserta. Jadi tidak menyulitkan peserta ujian bilamana mereka tidak mempunyai komputer atau laptop. Ujian menggunakan smartphone pun bisa dilakukan. (Humas IAIN Bukittinggi)