KULIAH UMUM MODERASI BERAGAMA IAIN BUKITTINGGI BERSAMA LUKMAN HAKIM SAIFUDDIN

Photo : Humas IAIN Bukittinggi.

Bukittinggi, 31 Agustus 2021. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi menggelar kuliah umum dengan mengangkat tema Moderasi Beragama. Tampil sebagai Pemateri Kuliah Umum pada kesempatan ini ialah Lukman Hakim Saifuddin, Mantan Menteri Agama Republik Indonesia periode 2014-2019. Tak hanya kiprahnya sebagai Mantan Menteri Agama,  Lukman Hakim Saifuddin juga dikenal sebagai penggagas  ide moderasi beragama dan telah mencetuskan pendirian  rumah moderasi beragama di PTKIN se – Indonesia.

Dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Bukittinggi Dr. Ridha Ahida, M.Hum, pelaksanaan kuliah umum berlangsung secara virtual dimulai pada pukul 13.30 WIB. Kuliah dengan tema Moderasi Beragama ini mendapat antusias yang sangat tinggi dari seluruh akademisi ataupun mahasiswa. Tercatat kuliah ini mampu meraup hingga seribu lebih peserta.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Bukittinggi Dr. Ridha Ahida, M. Hum menyampaikan bahwa kuliah umum ini sekaligus mengawali proses perkuliahan semester ganjil tahun ajaran 2021/2022.  Kedepannya diharapkan sikap moderasi beragama sejatinya harus mewarnai jiwa  PTKIN/PTKIS di seluruh Indonesia, karena perguruan tinggi keagamaan dinilai sebagai  ujung tombak dari penerapan moderasi beragama di masyarakat berbangsa dan bernegara. Saat ini IAIN Bukittinggi telah memiliki rumah moderasi agama.(Humas IAIN Bukittinggi)