Manfaat Aktivitas Fisik yang Perlu Kamu Tahu Demi Jantung Sehat

maulida

Manfaat Aktivitas Fisik yang Perlu Kamu Tahu Demi Jantung Sehat

Aktivitas fisik mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan jantung. Olahraga teratur dapat membantu memperkuat jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Aktivitas fisik juga dapat membantu mengelola berat badan, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan jantung telah diketahui selama berabad-abad. Pada tahun 1799, seorang dokter bernama Thomas Beddoes merekomendasikan olahraga sebagai cara untuk mencegah dan mengobati penyakit jantung. Sejak itu, banyak penelitian telah mengkonfirmasi manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan jantung.

Saat ini, ada banyak jenis aktivitas fisik yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Beberapa aktivitas terbaik termasuk berjalan, berenang, bersepeda, dan angkat beban. Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Kesehatan Jantung

Aktivitas fisik sangat penting untuk kesehatan jantung. Olahraga teratur dapat membantu memperkuat jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Aktivitas fisik juga dapat membantu mengelola berat badan, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

  • Menjaga Kesehatan Jantung
  • Menurunkan Tekanan Darah
  • Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik (HDL)
  • Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL)
  • Mengontrol Berat Badan
  • Meningkatkan Sirkulasi Darah
  • Mengurangi Stres
  • Meningkatkan Mood
  • Meningkatkan Kualitas Tidur
  • Meningkatkan Umur Panjang

Selain aspek-aspek di atas, aktivitas fisik juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis lainnya, seperti stroke, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker. Olahraga teratur juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di dunia, dan aktivitas fisik merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengelola kondisi ini.

Aktivitas fisik dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan memperkuat jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Aktivitas fisik juga dapat membantu mengelola berat badan, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Selain manfaat fisik, aktivitas fisik juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stres. Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas fisik juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko demensia.

Secara keseluruhan, aktivitas fisik sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Olahraga teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker. Aktivitas fisik juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental, mengurangi stres, dan meningkatkan fungsi kognitif.

Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Aktivitas fisik dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan memperkuat jantung dan meningkatkan aliran darah. Olahraga teratur juga dapat membantu menurunkan berat badan, yang merupakan faktor risiko tekanan darah tinggi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association menemukan bahwa orang yang melakukan aktivitas fisik sedang selama 30 menit setiap hari memiliki risiko tekanan darah tinggi 20% lebih rendah dibandingkan orang yang tidak berolahraga. Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Hypertension menemukan bahwa olahraga teratur dapat menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) hingga 5 mmHg dan tekanan darah diastolik (angka bawah) hingga 3 mmHg.

Menurunkan tekanan darah sangat penting untuk kesehatan jantung. Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan jantung, yang dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, dan gagal jantung. Aktivitas fisik adalah cara yang aman dan efektif untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik (HDL)

Kolesterol baik (HDL) berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung. HDL membantu menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dari arteri dan membawanya kembali ke hati, tempat kolesterol tersebut dikeluarkan dari tubuh. Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan kadar HDL dengan meningkatkan aliran darah dan memperkuat jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal American Journal of Cardiology menemukan bahwa orang yang melakukan aktivitas fisik sedang selama 30 menit setiap hari memiliki kadar HDL 5% lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak berolahraga. Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menemukan bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan kadar HDL hingga 10%.

Meningkatkan kadar HDL sangat penting untuk kesehatan jantung. HDL membantu melindungi arteri dari kerusakan dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Aktivitas fisik adalah cara yang aman dan efektif untuk meningkatkan kadar HDL dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL)

Kolesterol jahat (LDL) adalah jenis kolesterol yang dapat menumpuk di arteri dan menyebabkan penyempitan. Hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Aktivitas fisik dapat membantu menurunkan kadar LDL dengan meningkatkan aliran darah dan memperkuat jantung.

  • Meningkatkan Aliran Darah
    Aktivitas fisik dapat meningkatkan aliran darah, yang membantu menghilangkan LDL dari arteri dan membawanya kembali ke hati, tempat kolesterol tersebut dikeluarkan dari tubuh.
  • Memperkuat Jantung
    Aktivitas fisik dapat memperkuat jantung, yang memompa darah lebih efisien dan membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat merusak arteri dan menyebabkan penumpukan LDL.
  • Meningkatkan Kadar HDL
    Aktivitas fisik dapat meningkatkan kadar HDL, yang merupakan jenis kolesterol baik yang membantu menghilangkan LDL dari arteri.
  • Mengurangi Berat Badan
    Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi berat badan, yang merupakan faktor risiko kadar LDL tinggi.

Menurunkan kadar LDL sangat penting untuk kesehatan jantung. Aktivitas fisik adalah cara yang aman dan efektif untuk menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Mengontrol Berat Badan

Mengontrol berat badan sangat penting untuk kesehatan jantung. Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Aktivitas fisik dapat membantu mengontrol berat badan dengan membakar kalori dan meningkatkan metabolisme.

  • Membakar Kalori
    Aktivitas fisik dapat membakar kalori, yang membantu mengurangi berat badan dan lemak tubuh. Semakin intens aktivitasnya, semakin banyak kalori yang dibakar.
  • Meningkatkan Metabolisme
    Aktivitas fisik dapat meningkatkan metabolisme, yang membantu membakar lebih banyak kalori bahkan saat sedang istirahat. Latihan kekuatan, khususnya, dapat membantu membangun otot, yang membutuhkan lebih banyak energi untuk dipertahankan daripada lemak.
  • Mengurangi Nafsu Makan
    Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi nafsu makan dengan melepaskan hormon tertentu yang menekan rasa lapar.
  • Meningkatkan Rasa Kenyang
    Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan.

Mengontrol berat badan sangat penting untuk kesehatan jantung. Aktivitas fisik adalah cara yang aman dan efektif untuk mengontrol berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Meningkatkan sirkulasi darah sangat penting untuk kesehatan jantung. Sirkulasi darah yang baik memastikan bahwa darah kaya oksigen dan nutrisi dapat mencapai semua bagian tubuh, termasuk jantung. Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dengan memperkuat jantung dan meningkatkan aliran darah.

Ketika Anda berolahraga, jantung Anda bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini membantu memperkuat otot jantung dan meningkatkan kapasitasnya untuk memompa darah. Peningkatan aliran darah ini membantu memastikan bahwa semua organ dan jaringan mendapatkan oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk berfungsi dengan baik.

Selain memperkuat jantung, aktivitas fisik juga dapat membantu meningkatkan aliran darah dengan melebarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang melebar memungkinkan lebih banyak darah mengalir melalui mereka, yang membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

Meningkatkan sirkulasi darah sangat penting untuk kesehatan jantung. Sirkulasi darah yang baik membantu memastikan bahwa jantung mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya untuk berfungsi dengan baik. Aktivitas fisik adalah cara yang aman dan efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Mengurangi Stres

Stres merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Stres dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, detak jantung, dan kadar kolesterol. Stres juga dapat menyebabkan perilaku tidak sehat, seperti merokok, makan berlebihan, dan kurang tidur, yang semuanya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

  • Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres dengan beberapa cara:

    • Pelepasan endorfin
      Aktivitas fisik melepaskan endorfin, yang merupakan bahan kimia otak yang memiliki efek penghilang rasa sakit dan penghilang stres.
    • Pengalihan perhatian
      Aktivitas fisik dapat mengalihkan perhatian Anda dari sumber stres dan membantu Anda fokus pada saat ini.
    • Peningkatan harga diri
      Aktivitas fisik dapat meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri Anda, yang dapat membantu Anda mengatasi stres.
    • Peningkatan kualitas tidur
      Aktivitas fisik dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, yang dapat membantu mengurangi stres.

Mengurangi stres sangat penting untuk kesehatan jantung. Aktivitas fisik adalah cara yang aman dan efektif untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Meningkatkan Mood

Aktivitas fisik tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi risiko depresi.

Ada beberapa cara aktivitas fisik dapat meningkatkan mood. Pertama, aktivitas fisik melepaskan endorfin, yaitu bahan kimia otak yang memiliki efek penghilang rasa sakit dan penghilang stres. Endorfin dapat membantu meningkatkan perasaan senang dan mengurangi perasaan sedih atau cemas.

Kedua, aktivitas fisik dapat membantu mengalihkan perhatian dari sumber stres dan membantu fokus pada saat ini. Hal ini dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan mood.

Ketiga, aktivitas fisik dapat meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri. Ketika seseorang berolahraga secara teratur dan melihat kemajuan, mereka mungkin merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri dan kemampuan mereka. Hal ini dapat berdampak positif pada mood dan kesehatan mental secara keseluruhan.

Meningkatkan mood adalah komponen penting dari manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan jantung. Depresi dan kecemasan merupakan faktor risiko penyakit jantung. Dengan meningkatkan mood, aktivitas fisik dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan jantung secara keseluruhan. Ketika seseorang kurang tidur, tubuhnya tidak memiliki waktu yang cukup untuk memperbaiki dan memulihkan diri, yang dapat menyebabkan peradangan dan masalah kesehatan lainnya, termasuk penyakit jantung.

  • Meningkatkan Aliran Darah
    Aktivitas fisik dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke jantung. Hal ini membantu memastikan bahwa jantung menerima oksigen dan nutrisi yang dibutuhkannya untuk berfungsi dengan baik.
  • Menurunkan Tekanan Darah
    Aktivitas fisik dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan memperkuat jantung dan meningkatkan aliran darah. Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko utama penyakit jantung.
  • Menurunkan Kadar Kolesterol
    Aktivitas fisik dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung.
  • Mengurangi Stres
    Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Stres dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, detak jantung, dan kadar kolesterol.

Dengan meningkatkan kualitas tidur, aktivitas fisik dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Meningkatkan Umur Panjang

Aktivitas fisik bermanfaat bagi kesehatan jantung, yang pada akhirnya dapat meningkatkan umur panjang. Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di dunia, dan aktivitas fisik dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan memperkuat jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Aktivitas fisik juga dapat membantu mengelola berat badan, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine menemukan bahwa orang yang melakukan aktivitas fisik sedang selama 30 menit setiap hari memiliki risiko kematian dini 20% lebih rendah. Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet menemukan bahwa orang yang melakukan aktivitas fisik berat selama 75 menit setiap minggu memiliki risiko kematian dini 30% lebih rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan umur panjang dengan mengurangi risiko penyakit jantung dan kematian dini.

Selain manfaat fisik, aktivitas fisik juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stres. Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan suasana hati, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kualitas tidur. Aktivitas fisik juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko demensia. Kesehatan mental dan kesejahteraan yang baik merupakan faktor penting dalam umur panjang, dan aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan aspek-aspek ini.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan jantung telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang paling terkenal adalah studi Framingham Heart Study, yang telah melacak kesehatan jantung lebih dari 12.000 orang selama lebih dari 50 tahun. Studi ini menemukan bahwa orang yang melakukan aktivitas fisik secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung.

Studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine, menemukan bahwa orang yang melakukan aktivitas fisik sedang selama 30 menit setiap hari memiliki risiko kematian dini 20% lebih rendah. Studi ini juga menemukan bahwa manfaat aktivitas fisik lebih besar pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Meskipun ada beberapa perdebatan mengenai jenis dan intensitas aktivitas fisik yang optimal untuk kesehatan jantung, sebagian besar ahli setuju bahwa aktivitas fisik secara teratur bermanfaat bagi kesehatan jantung. American Heart Association merekomendasikan agar orang dewasa melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas fisik intensitas berat setiap minggu.

Penting untuk dicatat bahwa aktivitas fisik tidak boleh dianggap sebagai obat untuk penyakit jantung. Namun, aktivitas fisik dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang aktivitas fisik dan kesehatan jantung, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan Jantung

Aktivitas fisik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jantung. Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang topik ini:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan jantung?

Aktivitas fisik dapat membantu memperkuat jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Aktivitas fisik juga dapat membantu mengelola berat badan, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Pertanyaan 2: Berapa banyak aktivitas fisik yang saya perlukan untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan jantung?

American Heart Association merekomendasikan agar orang dewasa melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas fisik intensitas berat setiap minggu.

Pertanyaan 3: Jenis aktivitas fisik apa yang terbaik untuk kesehatan jantung?

Semua jenis aktivitas fisik bermanfaat bagi kesehatan jantung, termasuk berjalan, berlari, berenang, bersepeda, dan latihan kekuatan. Pilih aktivitas yang Anda sukai dan dapat Anda lakukan secara teratur.

Pertanyaan 4: Apakah aktivitas fisik aman untuk semua orang?

Aktivitas fisik umumnya aman bagi kebanyakan orang. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program latihan baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Pertanyaan 5: Bagaimana saya dapat memotivasi diri untuk berolahraga secara teratur?

Temukan aktivitas yang Anda sukai dan jadikan aktivitas tersebut bagian dari rutinitas harian Anda. Tetapkan tujuan yang realistis dan tingkatkan secara bertahap seiring waktu. Carilah dukungan dari teman, keluarga, atau pelatih pribadi.

Pertanyaan 6: Apa saja tanda-tanda bahwa saya mungkin berolahraga terlalu keras?

Tanda-tanda bahwa Anda mungkin berolahraga terlalu keras termasuk nyeri dada, sesak napas, pusing, atau mual. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, hentikan berolahraga dan konsultasikan dengan dokter.

Ingatlah bahwa aktivitas fisik adalah bagian penting dari gaya hidup sehat untuk jantung. Dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Untuk informasi lebih lanjut tentang aktivitas fisik dan kesehatan jantung, silakan kunjungi situs web American Heart Association: www.heart.org

Tips untuk Mendapatkan Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan Jantung

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mendapatkan manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan jantung:

Tip 1: Jadikan aktivitas fisik sebagai bagian dari rutinitas harian Anda
Menjadikan aktivitas fisik sebagai bagian dari rutinitas harian Anda adalah cara terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan olahraga yang cukup. Cobalah untuk memasukkan aktivitas fisik ke dalam aktivitas sehari-hari Anda, seperti berjalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja, atau naik tangga daripada menggunakan lift.Tip 2: Temukan aktivitas yang Anda sukai
Jika Anda tidak menyukai aktivitas fisik yang Anda lakukan, kemungkinan Anda tidak akan bertahan lama. Carilah aktivitas yang Anda sukai dan yang dapat Anda lakukan secara teratur. Ada banyak jenis aktivitas fisik yang dapat Anda pilih, jadi pasti ada yang cocok untuk Anda.Tip 3: Tetapkan tujuan yang realistis
Jangan mencoba melakukan terlalu banyak terlalu cepat. Mulailah dengan tujuan kecil dan tingkatkan secara bertahap seiring waktu. Lebih baik berolahraga sedikit secara teratur daripada berolahraga keras sesekali.Tip 4: Cari dukungan dari teman, keluarga, atau pelatih pribadi
Berolahraga bersama teman atau keluarga dapat membuat aktivitas fisik lebih menyenangkan dan memotivasi. Pelatih pribadi juga dapat membantu Anda mengembangkan program latihan yang aman dan efektif.Tip 5: Dengarkan tubuh Anda
Penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan berhenti berolahraga jika Anda merasa sakit atau tidak enak badan. Jika Anda mengalami nyeri dada, sesak napas, pusing, atau mual, hentikan berolahraga dan konsultasikan dengan dokter.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memanfaatkan manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan jantung dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Selain tips di atas, berikut adalah beberapa manfaat utama aktivitas fisik bagi kesehatan jantung:

  • Memperkuat jantung
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)
  • Mengontrol berat badan

Aktivitas fisik adalah bagian penting dari gaya hidup sehat untuk jantung. Dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Kesimpulan

Aktivitas fisik sangat penting untuk kesehatan jantung. Aktivitas fisik dapat membantu memperkuat jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Aktivitas fisik juga dapat membantu mengontrol berat badan, yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung. American Heart Association merekomendasikan agar orang dewasa melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas fisik intensitas berat setiap minggu. Temukan aktivitas yang Anda sukai dan jadikan aktivitas tersebut bagian dari rutinitas harian Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat memanfaatkan manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan jantung dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru