Temukan Manfaat Amal Saleh yang Jarang Diketahui

maulida

Temukan Manfaat Amal Saleh yang Jarang Diketahui

Amal saleh adalah perbuatan baik yang dilakukan seseorang dengan ikhlas karena Allah SWT. Perbuatan ini dapat berupa ibadah mahdhah, seperti shalat, puasa, dan zakat, maupun ibadah ghairu mahdhah, seperti membantu orang lain, menjaga kebersihan lingkungan, dan berkata jujur.

Amal saleh memiliki banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, amal saleh dapat mendatangkan keberkahan, kesehatan, dan kebahagiaan. Sedangkan di akhirat, amal saleh akan menjadi bekal yang sangat berharga untuk meraih surga.

Dalam ajaran Islam, amal saleh sangat ditekankan. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.” (QS. Al-Mu’minun: 99).

manfaat amal saleh

Amal saleh adalah perbuatan baik yang mendatangkan manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Adapun beberapa manfaat amal saleh adalah sebagai berikut:

  • Mendatangkan pahala
  • Menghapus dosa
  • Menambah rezeki
  • Menjaga kesehatan
  • Menentramkan hati
  • Mendapat syafaat di akhirat
  • Memasuki surga
  • Amal saleh akan menjadi penolong di akhirat

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa amal saleh sangat penting untuk dilakukan oleh setiap muslim. Amal saleh tidak hanya bermanfaat di dunia, tetapi juga di akhirat. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berlomba-lomba dalam berbuat baik.

Mendatangkan pahala

Salah satu manfaat utama dari amal saleh adalah mendatangkan pahala. Pahala adalah ganjaran atau balasan kebaikan yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya yang beriman dan beramal saleh. Pahala ini akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur’an, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” (QS. Al-Zalzalah: 7).

  • Pahala sebagai motivasi berbuat baik

    Harapan untuk mendapatkan pahala dapat menjadi motivasi yang kuat bagi seseorang untuk berbuat baik. Ketika seseorang mengetahui bahwa setiap kebaikan yang dilakukannya akan dibalas dengan pahala, maka ia akan semakin bersemangat dalam melakukan kebaikan.

  • Pahala sebagai investasi akhirat

    Pahala yang didapatkan dari amal saleh merupakan investasi yang sangat berharga untuk kehidupan akhirat. Pahala ini akan menjadi bekal yang sangat berharga untuk meraih surga dan kebahagiaan abadi.

  • Pahala sebagai penolong di akhirat

    Pahala yang didapatkan dari amal saleh akan menjadi penolong di akhirat. Pahala ini akan memberikan syafaat atau pertolongan kepada seseorang di hari kiamat.

  • Pahala sebagai bukti keimanan

    Melakukan amal saleh merupakan bukti keimanan seseorang. Ketika seseorang beriman kepada Allah SWT, maka ia akan terdorong untuk berbuat baik dan menghindari perbuatan yang buruk.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mendatangkan pahala merupakan salah satu manfaat utama dari amal saleh. Pahala ini menjadi motivasi untuk berbuat baik, investasi untuk akhirat, penolong di akhirat, dan bukti keimanan. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berlomba-lomba dalam berbuat baik untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Menghapus dosa

Salah satu manfaat penting dari amal saleh adalah dapat menghapus dosa. Dosa merupakan perbuatan buruk yang dilakukan oleh manusia, baik disengaja maupun tidak disengaja. Dosa dapat membuat seseorang jauh dari Allah SWT dan menghalangi masuk surga.

Amal saleh dapat menghapus dosa karena Allah SWT Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Ketika seseorang berbuat baik, maka kebaikan tersebut akan menghapus dosa-dosanya. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an, “Sesungguhnya perbuatan-perbuatan baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (QS. Hud: 114).

Menghapus dosa merupakan salah satu manfaat utama dari amal saleh karena dosa dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Dosa dapat menyebabkan seseorang terjerumus ke dalam keburukan dan kesesatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu berbuat baik agar terhindar dari dosa dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa contoh amal saleh yang dapat menghapus dosa:

  • Mengerjakan shalat
  • Membaca Al-Qur’an
  • Bersedekah
  • Menolong orang lain
  • Bertaubat

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menghapus dosa merupakan salah satu manfaat penting dari amal saleh. Amal saleh dapat menghapus dosa karena Allah SWT Maha Pengampun dan Maha Penyayang

Menambah rezeki

Salah satu manfaat penting dari amal saleh adalah dapat menambah rezeki. Rezeki adalah segala sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, baik berupa materi maupun non-materi. Rezeki dapat berupa harta, kesehatan, ilmu, dan kebahagiaan.

  • Amal saleh sebagai jalan mendatangkan rezeki

    Amal saleh dapat menjadi jalan untuk mendatangkan rezeki karena Allah SWT Maha Pemurah dan Maha Pemberi Rezeki. Ketika seseorang berbuat baik, maka Allah SWT akan memberikan rezeki yang berkah dan melimpah. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an, “Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka.” (QS. Ath-Thalaq: 2-3).

  • Amal saleh sebagai bentuk syukur atas rezeki

    Melakukan amal saleh juga merupakan bentuk syukur atas rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT. Ketika seseorang bersyukur, maka Allah SWT akan menambah rezekinya. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.” (QS. Ibrahim: 7).

  • Amal saleh sebagai penolak bala dan pembuka pintu rezeki

    Amal saleh juga dapat menjadi penolak bala dan pembuka pintu rezeki. Ketika seseorang berbuat baik, maka Allah SWT akan melindunginya dari segala mara bahaya dan membukakan pintu rezeki untuknya. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an, “Barangsiapa yang berbuat baik, baik laki-laki maupun perempuan dan ia beriman, maka pasti Kami akan memberinya kehidupan yang baik dan Kami pasti akan memberi balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An-Nahl: 97).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menambah rezeki merupakan salah satu manfaat penting dari amal saleh. Amal saleh dapat menjadi jalan untuk mendatangkan rezeki, bentuk syukur atas rezeki, dan penolak bala serta pembuka pintu rezeki. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berlomba-lomba dalam berbuat baik agar rezeki kita semakin bertambah dan berkah.

Menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan merupakan salah satu manfaat penting dari amal saleh. Amal saleh dapat menjaga kesehatan karena dapat menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan meningkatkan kebugaran fisik.

  • Amal saleh menenangkan pikiran

    Melakukan amal saleh dapat menenangkan pikiran karena dapat memberikan perasaan puas dan bahagia. Ketika seseorang berbuat baik, maka ia akan merasa senang dan damai. Hal ini disebabkan karena amal saleh dapat mengaktifkan hormon endorfin yang memiliki efek menenangkan.

  • Amal saleh mengurangi stres

    Amal saleh juga dapat mengurangi stres karena dapat mengalihkan pikiran dari masalah dan memberikan fokus baru. Ketika seseorang berbuat baik, maka ia akan melupakan masalahnya sejenak dan fokus pada perbuatan baik yang dilakukannya. Hal ini dapat mengurangi stres dan ketegangan.

  • Amal saleh meningkatkan kebugaran fisik

    Beberapa jenis amal saleh, seperti membantu orang lain atau bekerja bakti, dapat meningkatkan kebugaran fisik. Hal ini karena amal saleh tersebut melibatkan aktivitas fisik yang dapat melatih otot dan menjaga kesehatan tubuh.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menjaga kesehatan merupakan salah satu manfaat penting dari amal saleh. Amal saleh dapat menjaga kesehatan karena dapat menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan meningkatkan kebugaran fisik. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berlomba-lomba dalam berbuat baik agar kesehatan kita tetap terjaga.

Menentramkan hati

Salah satu manfaat penting dari amal saleh adalah dapat menentramkan hati. Hati yang tentram adalah hati yang tenang, damai, dan bahagia. Hati yang tentram dapat membuat seseorang merasa nyaman dan senang, baik secara fisik maupun mental. Amal saleh dapat menentramkan hati karena dapat memberikan perasaan puas dan bahagia. Ketika seseorang berbuat baik, maka ia akan merasa senang dan damai. Hal ini disebabkan karena amal saleh dapat mengaktifkan hormon endorfin yang memiliki efek menenangkan.

Hati yang tentram juga dapat membuat seseorang lebih sehat, baik secara fisik maupun mental. Secara fisik, hati yang tentram dapat mengurangi stres dan ketegangan, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kekebalan tubuh. Secara mental, hati yang tentram dapat meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kreativitas. Selain itu, hati yang tentram juga dapat membuat seseorang lebih bersyukur dan menghargai hidup.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menentramkan hati merupakan salah satu manfaat penting dari amal saleh. Amal saleh dapat menentramkan hati karena dapat memberikan perasaan puas dan bahagia, serta dapat membuat seseorang lebih sehat, baik secara fisik maupun mental. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berlomba-lomba dalam berbuat baik agar hati kita tetap tentram.

Mendapat syafaat di akhirat

Mendapat syafaat di akhirat merupakan salah satu manfaat penting dari amal saleh. Syafaat adalah pertolongan atau pembelaan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain di hadapan Allah SWT. Amal saleh yang dilakukan oleh seseorang dapat menjadi syafaat atau pertolongan baginya di akhirat.

  • Amal saleh sebagai bekal syafaat

    Amal saleh yang dilakukan oleh seseorang akan menjadi bekal syafaat atau pertolongan baginya di akhirat. Setiap amal saleh yang dilakukan, sekecil apapun, akan dicatat oleh Allah SWT dan akan menjadi penolong bagi orang yang melakukannya di akhirat. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an, “Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat zarah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” (QS. Al-Zalzalah: 7).

  • Amal saleh sebagai penolong di akhirat

    Amal saleh juga dapat menjadi penolong bagi seseorang di akhirat. Ketika seseorang menghadapi kesulitan atau kesusahan di akhirat, maka amal saleh yang dilakukannya akan datang menolongnya. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya amal-amal kebaikan itu akan menolong (pelakunya) pada hari kiamat.” (HR. Tirmidzi).

  • Amal saleh sebagai pembela di akhirat

    Amal saleh juga dapat menjadi pembela bagi seseorang di akhirat. Ketika seseorang dihisab atau diperhitungkan amalnya di akhirat, maka amal saleh yang dilakukannya akan membelanya dan meringankan hisabnya. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an, “Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka itu adalah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah: 82).

  • Amal saleh sebagai penebus dosa

    Amal saleh juga dapat menjadi penebus dosa bagi seseorang di akhirat. Ketika seseorang melakukan dosa, maka amal saleh yang dilakukannya dapat menjadi penebus dosa tersebut. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mendapat syafaat di akhirat merupakan salah satu manfaat penting dari amal saleh. Amal saleh yang dilakukan oleh seseorang akan menjadi bekal syafaat, penolong, pembela, dan penebus dosa baginya di akhirat. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berlomba-lomba dalam berbuat baik agar kita mendapatkan syafaat di akhirat.

Memasuki surga

Memasuki surga merupakan salah satu manfaat utama dari amal saleh. Surga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan, yang dijanjikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya yang beriman dan beramal saleh.

Ada banyak ayat dalam Al-Qur’an dan hadits yang menjelaskan tentang surga dan manfaat amal saleh. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah: 82). Dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat, maka baginya surga.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Memasuki surga merupakan tujuan akhir dari setiap muslim. Surga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan, yang tidak dapat dibandingkan dengan kenikmatan dan kebahagiaan di dunia. Oleh karena itu, setiap muslim harus berusaha untuk beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, serta beramal saleh agar dapat masuk surga.

Amal saleh akan menjadi penolong di akhirat

Amal saleh merupakan segala perbuatan baik yang dilakukan oleh seorang muslim karena Allah SWT. Amal saleh tidak hanya bermanfaat di dunia, tetapi juga di akhirat. Salah satu manfaat amal saleh di akhirat adalah menjadi penolong bagi pelakunya.

Ketika seseorang berbuat baik di dunia, maka amal salehnya tersebut akan dicatat oleh Allah SWT dan menjadi bekal di akhirat. Kelak di akhirat, amal saleh ini akan menolong pelakunya ketika menghadapi berbagai kesulitan dan cobaan. Misalnya, amal saleh akan menjadi penolong ketika seseorang dihisab amalnya, ketika melewati jembatan shirat, dan ketika memasuki surga.

Rasulullah SAW bersabda, “Bersegeralah berbuat baik, karena fitnah akan datang bagaikan malam yang gelap gulita. Pada saat itu, seseorang di pagi hari beriman dan di sore hari menjadi kafir, dan di sore hari beriman dan di pagi hari menjadi kafir. Orang yang menjual agamanya dengan sedikit harta dunia.” (HR. Muslim).

Hadis ini menunjukkan bahwa di akhir zaman akan banyak fitnah dan cobaan yang dapat menyesatkan manusia. Oleh karena itu, kita harus memperbanyak amal saleh sebagai bekal menghadapi fitnah tersebut. Amal saleh akan menjadi penolong kita di akhirat dan akan menyelamatkan kita dari api neraka.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat amal saleh telah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu penelitian yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. David R. Hamilton dari University of California, Berkeley. Dalam penelitiannya, Dr. Hamilton menemukan bahwa orang yang melakukan amal saleh memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, kesehatan yang lebih baik, dan hubungan sosial yang lebih kuat.

Studi kasus juga menunjukkan manfaat amal saleh. Misalnya, sebuah studi kasus yang dilakukan oleh University of Pennsylvania menemukan bahwa orang yang menjadi sukarelawan di panti jompo memiliki penurunan risiko depresi dan kecemasan. Studi kasus lainnya, yang dilakukan oleh University of Michigan, menemukan bahwa orang yang menyumbangkan uang untuk amal memiliki peningkatan kesehatan jantung.

Meskipun ada beberapa perdebatan tentang metodologi dan temuan dari beberapa studi, bukti secara keseluruhan menunjukkan bahwa amal saleh memiliki banyak manfaat. Amal saleh dapat meningkatkan kebahagiaan, kesehatan, dan hubungan sosial.

Penting untuk bersikap kritis terhadap bukti dan mempertimbangkan keterbatasan dari setiap penelitian. Namun, bukti yang ada menunjukkan bahwa amal saleh adalah aktivitas yang bermanfaat yang dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat amal saleh. Amal saleh dapat meningkatkan kebahagiaan, kesehatan, dan hubungan sosial. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berlomba-lomba dalam berbuat baik agar mendapatkan manfaat tersebut.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Amal Saleh

Berikut beberapa pertanyaan umum tentang manfaat amal saleh:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat amal saleh?

Amal saleh memiliki banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, amal saleh dapat mendatangkan kebahagiaan, kesehatan, dan rezeki. Sedangkan di akhirat, amal saleh akan menjadi bekal yang sangat berharga untuk meraih surga dan kebahagiaan abadi.

Pertanyaan 2: Bagaimana amal saleh dapat mendatangkan kebahagiaan?

Amal saleh dapat mendatangkan kebahagiaan karena memberikan perasaan puas dan bahagia. Ketika seseorang berbuat baik, maka ia akan merasa senang dan damai. Hal ini disebabkan karena amal saleh dapat mengaktifkan hormon endorfin yang memiliki efek menenangkan.

Pertanyaan 3: Bagaimana amal saleh dapat meningkatkan kesehatan?

Amal saleh dapat meningkatkan kesehatan karena dapat menenangkan pikiran, mengurangi stres, dan meningkatkan kebugaran fisik. Beberapa jenis amal saleh, seperti membantu orang lain atau bekerja bakti, dapat melatih otot dan menjaga kesehatan tubuh.

Pertanyaan 4: Bagaimana amal saleh dapat menjadi bekal di akhirat?

Amal saleh yang dilakukan oleh seseorang akan menjadi bekal syafaat atau pertolongan baginya di akhirat. Setiap amal saleh yang dilakukan, sekecil apapun, akan dicatat oleh Allah SWT dan akan menjadi penolong bagi orang yang melakukannya di akhirat.

Pertanyaan 5: Bagaimana amal saleh dapat membantu meraih surga?

Amal saleh adalah salah satu syarat untuk masuk surga. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah: 82).

Pertanyaan 6: Bukti apa saja yang menunjukkan manfaat amal saleh?

Manfaat amal saleh telah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan amal saleh memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi, kesehatan yang lebih baik, dan hubungan sosial yang lebih kuat.

Demikian beberapa pertanyaan umum tentang manfaat amal saleh. Semoga bermanfaat.

Kesimpulan: Amal saleh adalah perbuatan yang sangat penting untuk dilakukan. Amal saleh memiliki banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berlomba-lomba dalam berbuat baik agar mendapatkan manfaat tersebut.

Artikel Terkait: Manfaat Amal Saleh dalam Perspektif Islam

Tips Meningkatkan Amal Saleh

Meningkatkan amal saleh merupakan kewajiban setiap muslim. Dengan memperbanyak amal saleh, kita dapat memperoleh banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan amal saleh:

Tip 1: Niatkan karena Allah SWT

Setiap amal saleh yang kita lakukan harus diniatkan karena Allah SWT. Jangan mengharapkan pujian atau balasan dari manusia. Niat yang ikhlas akan membuat amal saleh kita lebih bernilai dan diterima oleh Allah SWT.

Tip 2: Mulailah dari yang kecil

Tidak perlu langsung melakukan amal saleh yang besar dan berat. Mulailah dari hal-hal kecil yang bisa kita lakukan setiap hari, seperti tersenyum kepada orang lain, mengucapkan salam, atau membantu tetangga. Amal saleh yang kecil namun dilakukan secara konsisten akan lebih bermanfaat daripada amal saleh besar yang hanya dilakukan sesekali.

Tip 3: Cari teman yang sholeh

Bergaul dengan teman-teman yang sholeh akan memotivasi kita untuk berbuat baik. Mereka akan mengingatkan kita ketika kita lalai dan mendukung kita ketika kita ingin berbuat kebaikan. Carilah teman yang memiliki visi dan misi yang sama, yaitu untuk meningkatkan amal saleh.

Tip 4: Manfaatkan waktu luang

Jangan sia-siakan waktu luang kita. Manfaatkan waktu tersebut untuk melakukan amal saleh, seperti membaca Al-Qur’an, berzikir, atau membantu orang lain. Setiap detik yang kita gunakan untuk berbuat baik akan menjadi bekal kita di akhirat.

Tip 5: Berdoa kepada Allah SWT

Mintalah kepada Allah SWT untuk memudahkan kita dalam berbuat baik. Doa adalah senjata yang sangat ampuh untuk memohon pertolongan Allah SWT. Berdoalah agar kita selalu diberikan kekuatan dan hidayah untuk meningkatkan amal saleh.

Kesimpulan: Meningkatkan amal saleh membutuhkan usaha dan ketekunan. Dengan mengikuti tips di atas, kita dapat meningkatkan amal saleh kita dan memperoleh banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Semoga Allah SWT memudahkan kita untuk berbuat baik dan menerima amal saleh kita.

Kesimpulan

Amal saleh adalah perbuatan baik yang mendatangkan banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Amal saleh dapat mendatangkan pahala, menghapus dosa, menambah rezeki, menjaga kesehatan, menentramkan hati, mendapat syafaat di akhirat, dan membantu kita masuk surga.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memperbanyak amal saleh. Kita bisa memulai dari hal-hal kecil yang bisa kita lakukan setiap hari. Dengan niat yang ikhlas dan usaha yang konsisten, insya Allah kita dapat meningkatkan amal saleh kita dan memperoleh manfaat yang besar dari Allah SWT.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru