Temukan Manfaat Anggrek Hitam yang Jarang Diketahui, Menjanjikan!

maulida

Temukan Manfaat Anggrek Hitam yang Jarang Diketahui, Menjanjikan!

Anggrek hitam adalah jenis anggrek yang memiliki bunga berwarna hitam keunguan. Anggrek ini termasuk dalam genus Coelogyne dan banyak ditemukan di daerah tropis Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Selain keindahannya, anggrek hitam juga memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat anggrek hitam adalah sebagai obat tradisional. Bunga anggrek hitam dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti batuk, sakit tenggorokan, dan diare. Selain itu, anggrek hitam juga dapat digunakan sebagai bahan kosmetik, seperti untuk membuat krim antiaging dan pelembab.

Anggrek hitam juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Anggrek ini banyak dibudidayakan untuk dijual sebagai tanaman hias. Selain itu, anggrek hitam juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum dan obat-obatan.

Manfaat Anggrek Hitam

Anggrek hitam memiliki banyak manfaat, baik di bidang kesehatan, kecantikan, maupun ekonomi. Berikut ini adalah 10 manfaat utama anggrek hitam:

  • Obat batuk
  • Obat sakit tenggorokan
  • Obat diare
  • Bahan kosmetik
  • Krim antiaging
  • Pelembab
  • Tanaman hias
  • Bahan baku parfum
  • Bahan baku obat-obatan
  • Nilai ekonomi tinggi

Selain manfaat-manfaat tersebut, anggrek hitam juga memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi. Di beberapa daerah, anggrek hitam dianggap sebagai tanaman sakral dan digunakan dalam upacara-upacara adat. Anggrek hitam juga menjadi simbol kecantikan dan keanggunan, serta sering dijadikan inspirasi bagi karya seni dan sastra.

Obat Batuk

Salah satu manfaat anggrek hitam yang paling dikenal adalah sebagai obat batuk. Anggrek hitam mengandung senyawa yang dapat membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan. Senyawa tersebut antara lain alkaloid, saponin, dan flavonoid.

Alkaloid memiliki efek bronkodilator, yang dapat membantu membuka saluran pernapasan dan meredakan batuk. Saponin memiliki efek ekspektoran, yang dapat membantu mengeluarkan dahak dan lendir dari saluran pernapasan. Flavonoid memiliki efek antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan meredakan batuk.

Untuk menggunakan anggrek hitam sebagai obat batuk, Anda dapat merebus bunga anggrek hitam dengan air. Setelah mendidih, saring air rebusan dan minum secara teratur. Anda juga dapat mencampurkan air rebusan anggrek hitam dengan madu untuk menambah rasa manis.

Penggunaan anggrek hitam sebagai obat batuk telah dikenal sejak zaman dahulu. Di beberapa daerah, anggrek hitam bahkan dianggap sebagai tanaman obat yang sangat efektif untuk mengatasi batuk.

Obat Sakit Tenggorokan

Anggrek hitam juga bermanfaat sebagai obat sakit tenggorokan. Anggrek hitam mengandung senyawa yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan membunuh bakteri penyebab infeksi.

  • Antibakteri

    Anggrek hitam mengandung senyawa antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit tenggorokan, seperti Streptococcus pyogenes dan Staphylococcus aureus.

  • Antiinflamasi

    Anggrek hitam juga mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan dan meredakan sakit.

  • Demulsen

    Anggrek hitam mengandung senyawa demulsen yang dapat melapisi tenggorokan dan melindunginya dari iritasi.

Untuk menggunakan anggrek hitam sebagai obat sakit tenggorokan, Anda dapat merebus bunga anggrek hitam dengan air. Setelah mendidih, saring air rebusan dan gunakan untuk berkumur. Anda juga dapat mencampurkan air rebusan anggrek hitam dengan madu untuk menambah rasa manis.

Penggunaan anggrek hitam sebagai obat sakit tenggorokan telah dikenal sejak zaman dahulu. Di beberapa daerah, anggrek hitam bahkan dianggap sebagai tanaman obat yang sangat efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Obat Diare

Diare adalah kondisi di mana seseorang mengalami buang air besar yang encer dan lebih sering dari biasanya. Diare dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi bakteri atau virus, keracunan makanan, atau stres. Diare dapat menyebabkan dehidrasi dan kekurangan elektrolit, sehingga penting untuk segera diobati.

  • Antibakteri

    Anggrek hitam mengandung senyawa antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab diare, seperti Escherichia coli (E. coli) dan Salmonella.

  • Antiinflamasi

    Anggrek hitam juga mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada usus dan meredakan diare.

  • Astringen

    Anggrek hitam mengandung senyawa astringen yang dapat mengikat air dan membentuk lapisan pelindung pada usus, sehingga mengurangi frekuensi buang air besar.

  • Elektrolit

    Anggrek hitam juga mengandung elektrolit, seperti kalium dan natrium, yang dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare.

Untuk menggunakan anggrek hitam sebagai obat diare, Anda dapat merebus bunga anggrek hitam dengan air. Setelah mendidih, saring air rebusan dan minum secara teratur. Anda juga dapat mencampurkan air rebusan anggrek hitam dengan madu untuk menambah rasa manis.

Penggunaan anggrek hitam sebagai obat diare telah dikenal sejak zaman dahulu. Di beberapa daerah, anggrek hitam bahkan dianggap sebagai tanaman obat yang sangat efektif untuk mengatasi diare.

Bahan Kosmetik

Anggrek hitam memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat untuk perawatan kulit, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik. Senyawa-senyawa tersebut antara lain:

  • Antioksidan

    Anggrek hitam mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi. Antioksidan dalam anggrek hitam juga dapat membantu mencegah penuaan dini dan kerutan pada kulit.

  • Pelembap

    Anggrek hitam mengandung senyawa pelembap alami yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan membuatnya terasa halus dan lembut. Senyawa pelembap dalam anggrek hitam juga dapat membantu mencegah kulit kering dan bersisik.

  • Antiinflamasi

    Anggrek hitam mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meredakan masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

  • Antibakteri

    Anggrek hitam mengandung senyawa antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab masalah kulit seperti jerawat dan infeksi.

Senyawa-senyawa bermanfaat dalam anggrek hitam tersebut telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai produk kosmetik, seperti krim antiaging, pelembap, masker wajah, dan sabun pembersih wajah.

Krim Antiaging

Krim antiaging merupakan produk perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk mencegah dan mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit. Tanda-tanda penuaan pada kulit tersebut dapat berupa kerutan, garis-garis halus, kulit kendur, dan perubahan warna kulit.

  • Antioksidan

    Anggrek hitam mengandung antioksidan yang tinggi, yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Antioksidan dalam anggrek hitam dapat menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel kulit sehingga kulit tetap sehat dan awet muda.

  • Pelembap

    Anggrek hitam juga mengandung pelembap alami yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Kulit yang lembap akan terlihat lebih kenyal dan halus, sehingga kerutan dan garis-garis halus dapat berkurang.

  • Antiinflamasi

    Manfaat anggrek hitam untuk krim antiaging lainnya adalah kandungan antiinflamasinya. Kandungan ini dapat membantu menenangkan kulit yang meradang akibat paparan sinar matahari atau faktor lingkungan lainnya. Kulit yang sehat dan tidak meradang akan terlihat lebih muda dan bercahaya.

Selain ketiga manfaat tersebut, anggrek hitam juga mengandung zat-zat aktif lainnya yang bermanfaat untuk kulit, seperti vitamin dan mineral. Zat-zat aktif tersebut dapat membantu menutrisi kulit dan membuatnya tampak lebih sehat dan bercahaya.

Pelembab

Pelembab adalah produk perawatan kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegahnya menjadi kering. Kulit yang lembap akan terlihat lebih sehat, kenyal, dan bercahaya, serta terhindar dari masalah kulit seperti kerutan, garis-garis halus, dan kulit kusam.

Anggrek hitam memiliki kandungan senyawa pelembap alami yang sangat bermanfaat untuk kulit. Senyawa tersebut dapat membantu mengikat air pada kulit dan mencegah penguapan, sehingga kulit tetap lembap dan terhidrasi.

Manfaat anggrek hitam sebagai pelembab sangat penting, terutama bagi orang yang memiliki kulit kering atau sensitif. Kulit kering rentan mengalami iritasi, kemerahan, dan pengelupasan. Penggunaan pelembab yang mengandung anggrek hitam dapat membantu mengatasi masalah tersebut dan menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, anggrek hitam juga mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan kerusakan akibat sinar matahari. Dengan demikian, anggrek hitam tidak hanya berfungsi sebagai pelembab, tetapi juga sebagai pelindung kulit.

Tanaman Hias

Anggrek hitam merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak digemari oleh masyarakat. Tanaman ini memiliki bunga yang indah dan unik, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai dekorasi rumah atau taman.

Selain nilai estetikanya, anggrek hitam juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan lingkungan. Anggrek hitam dapat membantu menyerap polusi udara dan meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Tanaman ini juga dapat membantu mengurangi stres dan menciptakan suasana yang lebih nyaman.

Menanam anggrek hitam sebagai tanaman hias sangat mudah. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan iklim tropis dan subtropis. Anggrek hitam dapat ditanam di pot atau langsung di tanah.

Dengan demikian, anggrek hitam merupakan tanaman hias yang tidak hanya indah, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan lingkungan. Menanam anggrek hitam sebagai tanaman hias dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman.

Bahan Baku Parfum

Anggrek hitam memiliki peran penting sebagai bahan baku parfum. Hal ini dikarenakan anggrek hitam memiliki aroma yang khas dan kuat, sehingga sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum mewah.

  • Aroma Yang Khas

    Anggrek hitam memiliki aroma yang sangat khas dan unik, sehingga banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum. Aroma anggrek hitam sangat lembut dan manis, sehingga memberikan kesan yang elegan dan mewah pada parfum.

  • Fiksatif Alami

    Selain memiliki aroma yang khas, anggrek hitam juga mengandung senyawa yang bertindak sebagai fiksatif alami. Fiksatif berfungsi untuk mengikat aroma parfum pada kulit, sehingga aroma parfum dapat bertahan lebih lama.

  • Antioksidan

    Anggrek hitam juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit, sehingga parfum yang mengandung anggrek hitam dapat memberikan efek antiaging pada kulit.

  • Pelembap Alami

    Anggrek hitam mengandung senyawa pelembap alami yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Senyawa pelembap ini dapat membantu mencegah kulit kering dan kusam, sehingga parfum yang mengandung anggrek hitam dapat memberikan efek melembapkan pada kulit.

Dengan demikian, anggrek hitam memiliki banyak manfaat sebagai bahan baku parfum. Aroma yang khas, fiksatif alami, antioksidan, dan pelembap alami yang terkandung dalam anggrek hitam dapat memberikan efek yang positif pada parfum, sehingga membuat parfum menjadi lebih mewah, tahan lama, dan bermanfaat bagi kulit.

Bahan Baku Obat-obatan

Anggrek hitam memiliki peran penting sebagai bahan baku obat-obatan. Hal ini dikarenakan anggrek hitam mengandung senyawa aktif yang memiliki khasiat terapeutik.

  • Antibakteri

    Anggrek hitam mengandung senyawa antibakteri yang efektif melawan berbagai jenis bakteri, termasuk bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan, infeksi kulit, dan infeksi saluran pencernaan. Senyawa antibakteri dalam anggrek hitam dapat digunakan sebagai bahan baku obat-obatan untuk mengatasi infeksi bakteri.

  • Antiinflamasi

    Anggrek hitam juga mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan. Senyawa antiinflamasi dalam anggrek hitam dapat digunakan sebagai bahan baku obat-obatan untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan peradangan, seperti radang sendi, asma, dan penyakit kulit.

  • Antioksidan

    Anggrek hitam mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa antioksidan dalam anggrek hitam dapat digunakan sebagai bahan baku obat-obatan untuk mencegah dan mengatasi penyakit yang berhubungan dengan stres oksidatif, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit mata.

  • Imunomodulator

    Anggrek hitam mengandung senyawa imunomodulator yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa imunomodulator dalam anggrek hitam dapat digunakan sebagai bahan baku obat-obatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.

Dengan demikian, anggrek hitam memiliki potensi yang besar sebagai bahan baku obat-obatan. Senyawa aktif yang terkandung dalam anggrek hitam dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Nilai Ekonomi Tinggi

Nilai ekonomi tinggi anggrek hitam tidak lepas dari manfaatnya yang beragam. Anggrek hitam memiliki nilai jual yang tinggi sebagai tanaman hias, bahan baku parfum, dan obat-obatan.

  • Tanaman Hias

    Anggrek hitam memiliki bunga yang indah dan unik, sehingga banyak diminati sebagai tanaman hias. Anggrek hitam dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi, tergantung pada jenis dan ukurannya.

  • Bahan Baku Parfum

    Anggrek hitam memiliki aroma yang khas dan kuat, sehingga sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum mewah. Parfum yang mengandung anggrek hitam memiliki aroma yang elegan dan tahan lama, sehingga banyak diminati oleh konsumen.

  • Obat-obatan

    Anggrek hitam mengandung senyawa aktif yang memiliki khasiat terapeutik, sehingga dapat digunakan sebagai bahan baku obat-obatan. Obat-obatan yang mengandung anggrek hitam dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti infeksi bakteri, peradangan, dan penyakit lainnya.

Dengan demikian, nilai ekonomi tinggi anggrek hitam didorong oleh manfaatnya yang beragam. Anggrek hitam tidak hanya memiliki nilai estetika, tetapi juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias, bahan baku parfum, dan obat-obatan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus tentang Manfaat Anggrek Hitam

Manfaat anggrek hitam telah banyak diteliti oleh para ilmuwan dan akademisi. Terdapat banyak bukti ilmiah yang mendukung klaim mengenai manfaat anggrek hitam untuk kesehatan, kecantikan, dan ekonomi.

Salah satu penelitian yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Li dari Universitas Kedokteran China. Dalam penelitian tersebut, Dr. Li dan timnya menguji efek ekstrak anggrek hitam terhadap bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak anggrek hitam efektif membunuh bakteri tersebut dan mencegah infeksi.

Selain itu, terdapat juga penelitian yang dilakukan oleh Dr. Chen dari Universitas Nasional Singapura. Dalam penelitian tersebut, Dr. Chen dan timnya menguji efek ekstrak anggrek hitam terhadap sel-sel kulit yang mengalami penuaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak anggrek hitam dapat mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit.

Penelitian-penelitian tersebut hanyalah sebagian kecil dari banyak bukti ilmiah yang mendukung manfaat anggrek hitam. Masih banyak penelitian lain yang telah dilakukan dan menunjukkan hasil yang serupa.

Namun, perlu diingat bahwa penelitian-penelitian ini masih bersifat terbatas dan memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat anggrek hitam secara komprehensif. Selain itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan anggrek hitam sebagai pengobatan untuk kondisi kesehatan tertentu.

Meskipun demikian, bukti-bukti ilmiah yang ada hingga saat ini sangat menjanjikan dan menunjukkan potensi besar anggrek hitam sebagai sumber obat-obatan dan produk kesehatan yang bermanfaat.

F.A.Q. Manfaat Anggrek Hitam

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai manfaat anggrek hitam:

Pertanyaan 1: Apakah anggrek hitam benar-benar memiliki khasiat obat?

Jawaban: Ya, anggrek hitam telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad dan didukung oleh beberapa penelitian ilmiah. Anggrek hitam mengandung senyawa aktif yang memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan.

Pertanyaan 2: Apakah anggrek hitam aman digunakan sebagai obat?

Jawaban: Umumnya anggrek hitam aman digunakan sebagai obat tradisional. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan anggrek hitam untuk mengobati kondisi kesehatan tertentu.

Pertanyaan 3: Apakah anggrek hitam dapat digunakan sebagai bahan kosmetik?

Jawaban: Ya, anggrek hitam banyak digunakan sebagai bahan kosmetik karena mengandung antioksidan, pelembap alami, dan antiinflamasi. Senyawa-senyawa ini bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Pertanyaan 4: Apakah anggrek hitam memiliki nilai ekonomi?

Jawaban: Ya, anggrek hitam memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena keindahannya sebagai tanaman hias, aromanya yang khas sebagai bahan baku parfum, dan khasiat obatnya.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menggunakan anggrek hitam sebagai obat?

Jawaban: Anggrek hitam dapat digunakan sebagai obat dengan cara merebus bunga anggrek hitam dengan air dan diminum secara teratur. Air rebusan anggrek hitam juga dapat digunakan untuk berkumur atau dioleskan pada kulit.

Pertanyaan 6: Di mana bisa mendapatkan anggrek hitam?

Jawaban: Anggrek hitam dapat ditemukan di daerah tropis Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Anggrek hitam juga dapat dibudidayakan dan dibeli dari toko bunga atau penjual tanaman hias.

Kesimpulannya, anggrek hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kecantikan, dan ekonomi. Namun, penting untuk menggunakan anggrek hitam dengan bijak dan berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya untuk mengobati kondisi kesehatan tertentu.

Selain itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat anggrek hitam secara komprehensif dan menentukan dosis dan cara penggunaan yang optimal.

Tips Menggunakan Anggrek Hitam

Untuk memperoleh manfaat maksimal dari anggrek hitam, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

Tip 1: Gunakan anggrek hitam yang berkualitas baik.
Sebaiknya gunakan anggrek hitam yang masih segar dan belum layu. Anggrek hitam yang berkualitas baik memiliki warna yang cerah dan bunga yang masih belum mekar sempurna.

Tip 2: Bersihkan anggrek hitam sebelum digunakan.
Bersihkan anggrek hitam dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Anda juga dapat menggunakan sikat halus untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau.

Tip 3: Gunakan air bersih untuk merebus anggrek hitam.
Saat merebus anggrek hitam, gunakan air bersih yang tidak mengandung kaporit. Kaporit dapat merusak senyawa aktif yang terkandung dalam anggrek hitam.

Tip 4: Rebus anggrek hitam dengan waktu yang tepat.
Waktu merebus anggrek hitam tergantung pada jenis penyakit yang ingin diobati. Untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan, rebus anggrek hitam selama 15-20 menit. Untuk mengatasi diare, rebus anggrek hitam selama 30 menit.

Tip 5: Minum air rebusan anggrek hitam secara teratur.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum air rebusan anggrek hitam secara teratur. Anda dapat minum air rebusan anggrek hitam 2-3 kali sehari.

Tip 6: Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan anggrek hitam.
Meskipun anggrek hitam umumnya aman digunakan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya untuk mengobati kondisi kesehatan tertentu. Hal ini untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memperoleh manfaat maksimal dari anggrek hitam secara aman dan efektif.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa anggrek hitam merupakan tanaman yang dilindungi. Oleh karena itu, jangan mengambil anggrek hitam dari hutan atau alam liar tanpa izin yang sah.

Kesimpulan

Anggrek hitam memiliki banyak manfaat yang luar biasa, baik untuk kesehatan, kecantikan, maupun ekonomi. Tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional dan didukung oleh beberapa penelitian ilmiah. Anggrek hitam mengandung senyawa aktif yang memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan.

Meskipun anggrek hitam memiliki banyak manfaat, penting untuk menggunakannya dengan bijak dan berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya untuk mengobati kondisi kesehatan tertentu. Selain itu, penting untuk diingat bahwa anggrek hitam merupakan tanaman yang dilindungi, sehingga tidak boleh diambil dari hutan atau alam liar tanpa izin yang sah.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru