Temukan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang Jarang Diketahui, Menakjubkan!

maulida

Temukan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang Jarang Diketahui, Menakjubkan!

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan adalah program perlindungan sosial bagi tenaga kerja di Indonesia yang dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan). Program ini memberikan jaminan sosial kepada pekerja berupa jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan kematian, dan jaminan pensiun.

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan sangat penting bagi tenaga kerja karena memberikan perlindungan terhadap risiko-risiko yang mungkin terjadi selama bekerja, seperti kecelakaan kerja, sakit, meninggal dunia, atau kehilangan pekerjaan. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan manfaat jangka panjang seperti jaminan hari tua dan jaminan pensiun, yang dapat membantu pekerja mempersiapkan masa depan finansial mereka.

BPJS Ketenagakerjaan memiliki sejarah panjang di Indonesia. Program ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1951 dengan nama Dana Jaminan Sosial (DJS). Sejak saat itu, program ini telah mengalami beberapa kali perubahan nama dan struktur, hingga akhirnya pada tahun 2014 resmi menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan sangat penting bagi tenaga kerja Indonesia karena memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko yang mungkin terjadi selama bekerja. Berikut adalah 10 manfaat utama BPJS Ketenagakerjaan:

  • Jaminan Kesehatan
  • Jaminan Kecelakaan Kerja
  • Jaminan Hari Tua
  • Jaminan Kematian
  • Jaminan Pensiun
  • Bantuan Beasiswa
  • Pelatihan Kerja
  • Tabungan Perumahan
  • Kredit Usaha
  • Konsultasi Hukum

Manfaat-manfaat tersebut saling berkaitan dan memberikan perlindungan yang komprehensif bagi tenaga kerja. Misalnya, jaminan kesehatan dapat digunakan untuk biaya pengobatan jika pekerja mengalami sakit atau kecelakaan. Jaminan kecelakaan kerja memberikan santunan jika pekerja mengalami kecelakaan saat bekerja. Jaminan hari tua memberikan tabungan yang dapat digunakan saat pekerja memasuki masa pensiun. Jaminan kematian memberikan santunan kepada keluarga pekerja jika pekerja meninggal dunia. Dan seterusnya.

Jaminan Kesehatan

Jaminan kesehatan adalah salah satu manfaat utama dari BPJS Ketenagakerjaan. Manfaat ini memberikan perlindungan kesehatan bagi pekerja dan keluarganya, termasuk biaya pengobatan, rawat inap, dan obat-obatan. Jaminan kesehatan sangat penting karena dapat membantu pekerja mengakses layanan kesehatan yang berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Sebagai contoh, jika seorang pekerja mengalami kecelakaan kerja dan harus dirawat di rumah sakit, biaya pengobatannya akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini dapat sangat membantu pekerja, terutama jika mereka tidak memiliki asuransi kesehatan lainnya. Selain itu, jaminan kesehatan BPJS Ketenagakerjaan juga dapat digunakan untuk biaya pemeriksaan kesehatan rutin, sehingga pekerja dapat menjaga kesehatannya dengan baik.

Dengan demikian, jaminan kesehatan BPJS Ketenagakerjaan merupakan manfaat yang sangat penting bagi pekerja Indonesia. Manfaat ini memberikan perlindungan kesehatan yang komprehensif dan dapat membantu pekerja mengakses layanan kesehatan yang berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Jaminan Kecelakaan Kerja

Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) merupakan salah satu manfaat utama dari BPJS Ketenagakerjaan. Manfaat ini memberikan perlindungan bagi pekerja yang mengalami kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja. Manfaat JKK meliputi biaya pengobatan, santunan pengganti upah, dan santunan cacat.

JKK sangat penting bagi pekerja karena dapat memberikan perlindungan finansial jika pekerja mengalami kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja. Manfaat ini dapat membantu pekerja untuk tetap memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya, meskipun mereka tidak dapat bekerja karena mengalami kecelakaan atau penyakit.

Sebagai contoh, jika seorang pekerja mengalami kecelakaan kerja dan harus dirawat di rumah sakit, biaya pengobatannya akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, pekerja tersebut juga akan mendapatkan santunan pengganti upah selama tidak dapat bekerja. Santunan ini dapat membantu pekerja untuk tetap memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya selama masa penyembuhan.

Dengan demikian, Jaminan Kecelakaan Kerja merupakan manfaat yang sangat penting dari BPJS Ketenagakerjaan. Manfaat ini memberikan perlindungan finansial bagi pekerja jika mengalami kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja, sehingga mereka dapat tetap memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarganya.

Jaminan Hari Tua

Jaminan Hari Tua (JHT) adalah salah satu manfaat utama dari BPJS Ketenagakerjaan. Manfaat ini memberikan perlindungan finansial bagi pekerja ketika mereka memasuki masa pensiun. Manfaat JHT berupa tabungan yang dapat diambil oleh pekerja ketika mereka mencapai usia pensiun atau mengalami cacat total tetap.

  • Manfaat JHT

    Manfaat JHT sangat penting bagi pekerja karena dapat memberikan jaminan finansial di masa pensiun. Tabungan JHT dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, membeli rumah, atau biaya pendidikan anak.

  • Cara Kerja JHT

    Manfaat JHT dihitung berdasarkan iuran yang dibayarkan oleh pekerja dan pemberi kerja. Iuran JHT sebesar 5,7% dari gaji pekerja, di mana 2% dibayar oleh pekerja dan 3,7% dibayar oleh pemberi kerja.

  • Syarat Pengambilan JHT

    Manfaat JHT dapat diambil oleh pekerja ketika mereka mencapai usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

  • Pentingnya JHT

    Manfaat JHT sangat penting bagi pekerja karena dapat memberikan ketenangan pikiran di masa pensiun. Dengan adanya JHT, pekerja tidak perlu khawatir akan kehabisan uang di masa tua.

Dengan demikian, Jaminan Hari Tua merupakan manfaat yang sangat penting dari BPJS Ketenagakerjaan. Manfaat ini memberikan perlindungan finansial bagi pekerja di masa pensiun, sehingga mereka dapat hidup sejahtera dan mandiri.

Jaminan Kematian

Manfaat Jaminan Kematian (JKM) merupakan bagian dari program BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan perlindungan finansial kepada keluarga pekerja jika pekerja meninggal dunia. Manfaat JKM berupa santunan kematian yang dapat digunakan untuk biaya pemakaman dan kebutuhan keluarga yang ditinggalkan.

  • Santunan Kematian

    Santunan kematian yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan sebesar 48 kali upah yang dilaporkan. Santunan ini diberikan kepada ahli waris yang sah dari pekerja yang meninggal dunia.

  • Syarat Mendapatkan Santunan Kematian

    Untuk mendapatkan santunan kematian, pekerja harus terdaftar aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan telah membayar iuran minimal selama 6 bulan berturut-turut.

  • Pentingnya Jaminan Kematian

    Manfaat Jaminan Kematian sangat penting bagi pekerja karena dapat memberikan ketenangan pikiran bagi keluarga yang ditinggalkan. Dengan adanya Jaminan Kematian, keluarga pekerja tidak perlu khawatir akan biaya pemakaman dan kebutuhan hidup sehari-hari jika pekerja meninggal dunia.

Dengan demikian, Jaminan Kematian merupakan salah satu manfaat penting dari BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan perlindungan finansial kepada keluarga pekerja jika pekerja meninggal dunia.

Jaminan Pensiun

Jaminan Pensiun merupakan salah satu manfaat utama dari BPJS Ketenagakerjaan. Manfaat ini memberikan perlindungan finansial bagi pekerja ketika mereka memasuki masa pensiun. Manfaat Jaminan Pensiun berupa uang tunai yang dibayarkan setiap bulan kepada pekerja pensiun selama hidupnya.

  • Komponen Jaminan Pensiun

    Manfaat Jaminan Pensiun terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

    1. Uang pensiun
    2. Tunjangan hari tua
    3. Jaminan kematian
  • Persyaratan Mendapatkan Jaminan Pensiun

    Untuk mendapatkan manfaat Jaminan Pensiun, pekerja harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:

    1. Terdaftar aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan
    2. Membayar iuran Jaminan Pensiun minimal selama 15 tahun
    3. Mencapai usia pensiun
  • Manfaat Jaminan Pensiun

    Manfaat Jaminan Pensiun sangat penting bagi pekerja karena dapat memberikan jaminan finansial di masa pensiun. Dengan adanya Jaminan Pensiun, pekerja dapat hidup sejahtera dan mandiri di masa tua.

Dengan demikian, Jaminan Pensiun merupakan manfaat yang sangat penting dari BPJS Ketenagakerjaan. Manfaat ini memberikan perlindungan finansial bagi pekerja di masa pensiun, sehingga mereka dapat hidup sejahtera dan mandiri.

Bantuan Beasiswa

Bantuan Beasiswa merupakan salah satu manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan kepada anak-anak peserta BPJS Ketenagakerjaan yang berprestasi dan kurang mampu. Manfaat ini sangat penting karena dapat membantu meringankan biaya pendidikan anak-anak pekerja, sehingga mereka dapat terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sebagai contoh, seorang pekerja yang memiliki anak berprestasi dan kurang mampu dapat mengajukan bantuan beasiswa dari BPJS Ketenagakerjaan. Jika memenuhi persyaratan, anak tersebut dapat menerima bantuan beasiswa untuk biaya pendidikan, seperti biaya sekolah, biaya buku, dan biaya transportasi.

Dengan adanya Bantuan Beasiswa, pekerja tidak perlu khawatir akan biaya pendidikan anak-anak mereka. Hal ini dapat memberikan ketenangan pikiran bagi pekerja, sehingga mereka dapat fokus bekerja dan meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Pelatihan Kerja

Pelatihan kerja merupakan salah satu manfaat penting dari BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan perlindungan bagi pekerja dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka. Manfaat ini sangat penting karena dapat membantu pekerja meningkatkan kompetensi dan produktivitas, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dan keluarga.

Sebagai contoh, seorang pekerja yang ingin meningkatkan keterampilannya dalam bidang tertentu dapat mengikuti pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Pelatihan ini dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat membantu pekerja meningkatkan kinerja dan produktivitas di tempat kerja.

Selain itu, pelatihan kerja juga dapat membantu pekerja untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi dan tuntutan pasar kerja yang semakin kompetitif. Dengan mengikuti pelatihan kerja, pekerja dapat memperoleh keterampilan dan pengetahuan terbaru yang dibutuhkan oleh dunia kerja, sehingga dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Tabungan Perumahan

Tabungan Perumahan merupakan salah satu manfaat penting dari BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan perlindungan bagi pekerja dalam memiliki rumah sendiri. Manfaat ini sangat penting karena dapat membantu pekerja memenuhi kebutuhan dasar akan tempat tinggal yang layak dan meningkatkan kesejahteraan mereka.

Sebagai contoh, seorang pekerja yang ingin memiliki rumah sendiri dapat memanfaatkan Tabungan Perumahan dari BPJS Ketenagakerjaan. Tabungan ini dapat digunakan untuk biaya pembelian rumah, biaya renovasi rumah, atau biaya pembangunan rumah. Dengan adanya Tabungan Perumahan, pekerja dapat memiliki rumah sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar sekaligus.

Selain itu, Tabungan Perumahan juga dapat membantu pekerja untuk berinvestasi di bidang properti. Dengan menabung secara rutin di Tabungan Perumahan, pekerja dapat mengumpulkan dana yang cukup untuk membeli rumah atau tanah. Investasi di bidang properti dapat memberikan keuntungan yang besar dalam jangka panjang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarga.

Kredit Usaha

Kredit usaha merupakan salah satu manfaat penting dari BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan perlindungan bagi pekerja dalam mengembangkan usaha mereka. Manfaat ini sangat penting karena dapat membantu pekerja meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka dan keluarga.

Sebagai contoh, seorang pekerja yang ingin memulai atau mengembangkan usahanya dapat mengajukan kredit usaha dari BPJS Ketenagakerjaan. Kredit ini dapat digunakan untuk biaya modal usaha, biaya pembelian peralatan, atau biaya sewa tempat usaha. Dengan adanya kredit usaha, pekerja dapat mengembangkan usahanya tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar sekaligus.

Selain itu, kredit usaha juga dapat membantu pekerja untuk menciptakan lapangan kerja baru. Dengan mengembangkan usahanya, pekerja dapat menyerap tenaga kerja tambahan, sehingga dapat mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Konsultasi Hukum

Konsultasi hukum merupakan salah satu manfaat penting dari BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan perlindungan bagi pekerja dalam menghadapi permasalahan hukum yang berkaitan dengan ketenagakerjaan. Manfaat ini sangat penting karena dapat membantu pekerja untuk mendapatkan solusi yang tepat dan cepat atas permasalahan hukum yang mereka hadapi, sehingga dapat melindungi hak-hak mereka sebagai pekerja.

Sebagai contoh, seorang pekerja yang mengalami permasalahan hukum dengan perusahaan, seperti masalah pemutusan hubungan kerja atau tunggakan upah, dapat memanfaatkan layanan konsultasi hukum dari BPJS Ketenagakerjaan. Melalui layanan ini, pekerja dapat berkonsultasi dengan pengacara yang berpengalaman di bidang ketenagakerjaan untuk mendapatkan solusi yang tepat dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Selain itu, layanan konsultasi hukum juga dapat membantu pekerja untuk mencegah terjadinya permasalahan hukum di kemudian hari. Dengan berkonsultasi dengan pengacara, pekerja dapat mengetahui hak dan kewajiban mereka sebagai pekerja, sehingga dapat menghindari tindakan yang dapat merugikan mereka di kemudian hari.

Studi Kasus dan Bukti Ilmiah

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan telah dibuktikan oleh banyak studi kasus dan penelitian ilmiah. Salah satu studi kasus yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Indonesia pada tahun 2018. Penelitian ini menemukan bahwa pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan memiliki tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerja yang tidak terdaftar.

Studi tersebut menemukan bahwa pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan memiliki pendapatan yang lebih tinggi, akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan, dan tingkat keamanan finansial yang lebih tinggi. Selain itu, studi tersebut juga menemukan bahwa pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan lebih mungkin untuk memiliki rumah sendiri dan memiliki tabungan untuk masa pensiun.

Studi lain yang dilakukan oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) pada tahun 2019 menemukan bahwa BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Studi tersebut menemukan bahwa BPJS Ketenagakerjaan telah menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Bukti ilmiah dan studi kasus tersebut menunjukkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan memberikan manfaat yang nyata bagi pekerja dan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi pekerja untuk mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan perlindungan dan manfaat yang ditawarkan.

Namun, penting juga untuk dicatat bahwa ada beberapa perdebatan mengenai efektivitas BPJS Ketenagakerjaan. Beberapa kritikus berpendapat bahwa BPJS Ketenagakerjaan belum mampu memberikan perlindungan yang memadai bagi pekerja, terutama bagi pekerja informal dan pekerja kontrak.

Terlepas dari perdebatan tersebut, bukti ilmiah dan studi kasus menunjukkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan manfaat yang signifikan bagi pekerja dan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, penting untuk terus mendukung dan memperkuat program ini agar dapat memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pekerja Indonesia.

Dengan demikian, penting bagi pekerja untuk mempertimbangkan bukti ilmiah dan studi kasus yang tersedia untuk mengambil keputusan yang tepat mengenai apakah akan mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan atau tidak.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat BPJS Ketenagakerjaan:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan?

Jawaban: Manfaat yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan meliputi Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun, Bantuan Beasiswa, Pelatihan Kerja, Tabungan Perumahan, Kredit Usaha, dan Konsultasi Hukum.

Pertanyaan 2: Siapa saja yang berhak mendapatkan manfaat BPJS Ketenagakerjaan?

Jawaban: Setiap pekerja yang bekerja di Indonesia berhak mendapatkan manfaat BPJS Ketenagakerjaan, baik pekerja formal maupun informal.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan?

Jawaban: Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan melalui perusahaan tempat bekerja atau melalui kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Pertanyaan 4: Berapa iuran yang harus dibayar untuk BPJS Ketenagakerjaan?

Jawaban: Iuran BPJS Ketenagakerjaan dibayar oleh pekerja dan pemberi kerja dengan besaran tertentu sesuai dengan program yang dipilih.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mengajukan klaim manfaat BPJS Ketenagakerjaan?

Jawaban: Pengajuan klaim manfaat BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan melalui kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa dokumen yang diperlukan.

Pertanyaan 6: Apa saja manfaat jangka panjang dari BPJS Ketenagakerjaan?

Jawaban: Manfaat jangka panjang dari BPJS Ketenagakerjaan meliputi Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun, yang memberikan perlindungan finansial bagi pekerja di masa depan.

Dengan memahami manfaat dan cara kerja BPJS Ketenagakerjaan, pekerja dapat memperoleh perlindungan dan jaminan sosial yang komprehensif untuk kesejahteraan mereka dan keluarga.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan di www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Tips Mengoptimalkan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan program perlindungan sosial yang memberikan berbagai manfaat bagi pekerja di Indonesia. Untuk mengoptimalkan manfaat yang diperoleh, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan:

Tip 1: Daftar Sejak Dini

Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan sejak dini akan memberikan perlindungan yang lebih komprehensif selama masa bekerja. Dengan mendaftar sejak awal, pekerja dapat memperoleh manfaat jangka panjang seperti Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

Tip 2: Pilih Program yang Tepat

BPJS Ketenagakerjaan menawarkan berbagai program dengan manfaat yang berbeda-beda. Pilihlah program yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial. Pertimbangkan besaran iuran dan manfaat yang akan diperoleh sebelum memilih program.

Tip 3: Bayar Iuran Secara Teratur

Pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan secara teratur sangat penting untuk memastikan kelangsungan perlindungan. Hindari menunggak iuran karena dapat menyebabkan sanksi dan terputusnya manfaat.

Tip 4: Laporkan Perubahan Data

Apabila terjadi perubahan data, seperti perubahan alamat atau status pekerjaan, segera laporkan ke BPJS Ketenagakerjaan. Pelaporan perubahan data akan memastikan bahwa manfaat BPJS Ketenagakerjaan dapat diterima dengan tepat.

Tip 5: Manfaatkan Layanan Konsultasi

BPJS Ketenagakerjaan menyediakan layanan konsultasi gratis bagi peserta. Manfaatkan layanan ini untuk mendapatkan informasi dan penjelasan yang jelas mengenai manfaat dan cara pengajuan klaim.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, pekerja dapat mengoptimalkan manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi kesejahteraan mereka dan keluarga di masa depan.

Kesimpulan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan program perlindungan sosial yang sangat penting bagi pekerja di Indonesia. Dengan mengoptimalkan manfaat BPJS Ketenagakerjaan, pekerja dapat memperoleh perlindungan yang komprehensif untuk menghadapi risiko-risiko yang mungkin terjadi selama bekerja dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Kesimpulan

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan sangatlah penting bagi pekerja di Indonesia. Program ini memberikan perlindungan komprehensif terhadap berbagai risiko yang mungkin dihadapi selama bekerja, seperti kecelakaan kerja, sakit, kematian, dan kehilangan pekerjaan. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan manfaat jangka panjang seperti jaminan hari tua dan jaminan pensiun, yang dapat membantu pekerja mempersiapkan masa depan finansial mereka.

Dengan mendaftar dan memanfaatkan manfaat BPJS Ketenagakerjaan secara optimal, pekerja dapat memperoleh perlindungan dan jaminan sosial yang lebih baik untuk kesejahteraan mereka dan keluarga. Program ini merupakan salah satu pilar penting dalam sistem jaminan sosial Indonesia, sehingga sangat penting untuk mendukung dan memperkuatnya.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/4AeFikWtXH

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/9ezCGux0K3

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/50DMiR3p0l

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru