10 Manfaat Brokoli untuk Kulit yang Jarang Diketahui

maulida

10 Manfaat Brokoli untuk Kulit yang Jarang Diketahui

Manfaat brokoli untuk kulit adalah topik yang menarik dan penting. Brokoli adalah sayuran hijau yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Sayuran ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk kulit.

Antioksidan dalam brokoli membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel kulit, menyebabkan penuaan dini dan masalah kulit lainnya. Brokoli juga merupakan sumber vitamin C yang baik, yang penting untuk produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang memberi struktur dan elastisitas pada kulit.

Manfaat brokoli untuk kulit tidak hanya sebatas itu. Brokoli juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi atau meradang. Sayuran ini juga merupakan sumber vitamin K yang baik, yang penting untuk pembekuan darah dan penyembuhan luka.

Manfaat Brokoli untuk Kulit

Brokoli memiliki banyak manfaat untuk kulit karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Berikut adalah 10 manfaat brokoli untuk kulit:

  • Melindungi dari radikal bebas
  • Meningkatkan produksi kolagen
  • Mengurangi peradangan
  • Membantu pembekuan darah
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Menjaga kelembapan kulit
  • Mencerahkan kulit
  • Mencegah penuaan dini
  • Mengatasi jerawat
  • Menghilangkan bekas luka

Manfaat brokoli untuk kulit ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi brokoli secara teratur. Brokoli dapat dimasak dengan berbagai cara, seperti dikukus, direbus, atau ditumis. Selain itu, brokoli juga dapat dijus atau dijadikan masker wajah.

Melindungi dari radikal bebas

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit, menyebabkan penuaan dini dan masalah kulit lainnya. Brokoli mengandung antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan.

  • Antioksidan dalam brokoli

    Brokoli mengandung beberapa jenis antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Antioksidan ini bekerja sama untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Manfaat perlindungan dari radikal bebas

    Perlindungan dari radikal bebas dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. Antioksidan dalam brokoli dapat membantu mengurangi kerutan, bintik-bintik penuaan, dan masalah kulit lainnya.

Dengan mengonsumsi brokoli secara teratur, Anda dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Meningkatkan produksi kolagen

Kolagen adalah protein penting yang memberi struktur dan elastisitas pada kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami tubuh menurun, yang dapat menyebabkan kulit kendur, keriput, dan masalah kulit lainnya. Brokoli mengandung vitamin C yang merupakan nutrisi penting untuk produksi kolagen.

  • Peran vitamin C dalam produksi kolagen

    Vitamin C adalah kofaktor penting untuk enzim yang terlibat dalam sintesis kolagen. Tanpa vitamin C yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi kolagen secara efisien.

  • Manfaat peningkatan produksi kolagen

    Meningkatkan produksi kolagen dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Kolagen juga membantu mengisi garis-garis halus dan kerutan, sehingga membuat kulit tampak lebih muda dan bercahaya.

  • Sumber vitamin C lainnya

    Selain brokoli, sumber vitamin C yang baik lainnya termasuk jeruk, lemon, dan paprika. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat membantu memastikan bahwa tubuh memiliki cukup vitamin C untuk memproduksi kolagen.

  • Tips untuk meningkatkan produksi kolagen

    Selain mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, ada beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produksi kolagen, seperti melindungi kulit dari sinar matahari, berhenti merokok, dan mengelola stres.

Dengan meningkatkan produksi kolagen, brokoli dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

Mengurangi peradangan

Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan kronis dapat merusak sel dan jaringan, termasuk sel kulit. Brokoli mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi atau meradang.

  • Senyawa anti-inflamasi dalam brokoli

    Brokoli mengandung beberapa jenis senyawa anti-inflamasi, termasuk sulforaphane, kaempferol, dan quercetin. Senyawa-senyawa ini bekerja sama untuk mengurangi peradangan dan melindungi kulit dari kerusakan.

  • Manfaat mengurangi peradangan

    Mengurangi peradangan dapat membantu memperbaiki berbagai masalah kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Peradangan juga dapat mempercepat penuaan kulit, sehingga mengurangi peradangan dapat membantu menjaga kulit tetap awet muda.

Dengan mengurangi peradangan, brokoli dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Membantu pembekuan darah

Vitamin K merupakan salah satu nutrisi penting yang berperan dalam pembekuan darah. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan gangguan pembekuan darah, yang dapat berujung pada pendarahan berlebihan. Brokoli merupakan salah satu sumber vitamin K yang baik, sehingga dapat membantu memastikan bahwa tubuh memiliki cukup vitamin K untuk pembekuan darah yang.

Manfaat pembekuan darah yang normal bagi kesehatan kulit adalah dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Ketika kulit terluka, tubuh akan membentuk gumpalan darah untuk menghentikan pendarahan dan memulai proses penyembuhan. Vitamin K berperan penting dalam pembentukan gumpalan darah ini.

Oleh karena itu, konsumsi brokoli secara teratur dapat membantu menjaga kadar vitamin K dalam tubuh, sehingga mendukung pembekuan darah yang normal dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Mempercepat penyembuhan luka

Dalam konteks manfaat brokoli untuk kulit, mempercepat penyembuhan luka merupakan aspek penting yang perlu dieksplorasi. Ketika kulit mengalami luka, serangkaian proses biologis terjadi untuk memperbaiki dan meregenerasi jaringan yang rusak.

  • Peran vitamin K dalam pembekuan darah

    Vitamin K, yang banyak ditemukan dalam brokoli, memainkan peran penting dalam pembekuan darah. Pembekuan darah diperlukan untuk menghentikan pendarahan dan membentuk gumpalan yang melindungi luka dari infeksi.

  • Pengaruh vitamin C pada produksi kolagen

    Brokoli juga kaya akan vitamin C, nutrisi penting untuk produksi kolagen. Kolagen adalah protein struktural utama dalam kulit yang memberikan kekuatan dan elastisitas. Produksi kolagen yang cukup sangat penting untuk penyembuhan luka karena membantu membentuk jaringan parut yang kuat dan fleksibel.

  • Sifat anti-inflamasi brokoli

    Selain itu, brokoli mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada luka. Peradangan kronis dapat menghambat proses penyembuhan, sehingga sifat anti-inflamasi brokoli sangat bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka.

  • Antioksidan dan perlindungan dari kerusakan sel

    Brokoli juga merupakan sumber antioksidan, seperti sulforaphane, yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat memperlambat penyembuhan luka, sehingga antioksidan dalam brokoli membantu menciptakan lingkungan yang lebih kondusif untuk perbaikan jaringan.

Dengan demikian, manfaat brokoli untuk kulit dalam mempercepat penyembuhan luka sangat signifikan. Kombinasi vitamin K, vitamin C, sifat anti-inflamasi, dan antioksidan dalam brokoli bekerja sama untuk mendukung proses penyembuhan alami kulit, sehingga mempercepat pemulihan dan meminimalkan jaringan parut.

Menjaga kelembapan kulit

Menjaga kelembapan kulit sangat penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan. Kulit yang lembap akan terasa halus, kenyal, dan tampak sehat. Sebaliknya, kulit yang kering akan terasa kasar, bersisik, dan rentan terhadap masalah seperti eksim dan psoriasis.

Brokoli dapat membantu menjaga kelembapan kulit berkat kandungan vitamin A dan vitamin C yang dimilikinya. Vitamin A membantu memperbaiki dan memelihara lapisan pelindung kulit, yang berperan penting dalam menjaga kelembapan kulit. Sementara itu, vitamin C berperan dalam produksi kolagen, protein yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit.

Selain itu, brokoli juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini serta masalah kulit lainnya. Dengan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, brokoli dapat membantu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat brokoli untuk kulit, Anda dapat mengonsumsinya secara teratur dalam makanan Anda. Anda juga dapat menggunakan masker wajah yang terbuat dari brokoli untuk menutrisi dan melembapkan kulit dari luar.

Mencerahkan kulit

Mencerahkan kulit merupakan salah satu manfaat penting dari brokoli untuk kulit. Kulit yang cerah tampak lebih sehat, bercahaya, dan awet muda. Brokoli mengandung beberapa nutrisi dan antioksidan yang berkontribusi pada efek mencerahkan kulit ini.

  • Vitamin C

    Vitamin C adalah nutrisi penting yang berperan dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit. Vitamin C juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan masalah kulit lainnya.

  • Antioksidan

    Brokoli mengandung antioksidan seperti sulforaphane dan kaempferol. Antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan peradangan, hiperpigmentasi, dan masalah kulit lainnya. Dengan melindungi kulit dari radikal bebas, antioksidan dalam brokoli dapat membantu mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini.

  • Sifat anti-inflamasi

    Brokoli mengandung senyawa anti-inflamasi seperti sulforaphane dan kaempferol. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan masalah kulit lainnya. Dengan mengurangi peradangan, brokoli dapat membantu mencerahkan kulit dan memperbaiki warna kulit secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan manfaat brokoli untuk mencerahkan kulit, Anda dapat mengonsumsinya secara teratur dalam makanan Anda. Anda juga dapat menggunakan masker wajah yang terbuat dari brokoli untuk menutrisi dan mencerahkan kulit dari luar.

Mencegah penuaan dini

Salah satu manfaat penting dari brokoli untuk kulit adalah kemampuannya untuk mencegah penuaan dini. Penuaan dini adalah proses alami yang ditandai dengan munculnya kerutan, garis halus, kulit kendur, dan bintik-bintik penuaan. Proses ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari, polusi, dan gaya hidup tidak sehat.

Brokoli mengandung beberapa nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Vitamin C, misalnya, adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Brokoli juga mengandung vitamin A, yang membantu memperbaiki dan memelihara lapisan pelindung kulit, serta sulforaphane, antioksidan yang telah terbukti memiliki sifat anti-penuaan.

Dengan mengonsumsi brokoli secara teratur, Anda dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Brokoli dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dikukus, direbus, atau ditumis. Anda juga dapat menambahkan brokoli ke dalam salad, sup, atau hidangan lainnya.

Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum terjadi, terutama pada remaja dan dewasa muda. Jerawat muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, sehingga menimbulkan peradangan dan infeksi. Brokoli memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat, di antaranya:

  • Vitamin A

    Vitamin A memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam mengatur produksi sebum, sehingga dapat mencegah penyumbatan folikel rambut.

  • Vitamin C

    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu peradangan dan memperburuk jerawat.

  • Sulforaphane

    Sulforaphane adalah antioksidan yang ditemukan dalam brokoli. Senyawa ini memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

  • Zinc

    Zinc adalah mineral penting yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Zinc memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi produksi sebum.

Dengan mengonsumsi brokoli secara teratur, Anda dapat membantu mengatasi jerawat dan menjaga kesehatan kulit Anda. Brokoli dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dikukus, direbus, atau ditumis. Anda juga dapat menambahkan brokoli ke dalam salad, sup, atau hidangan lainnya.

Menghilangkan bekas luka

Bekas luka merupakan salah satu masalah kulit yang umum terjadi, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti jerawat, luka bakar, atau cedera. Bekas luka dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Brokoli, dengan kandungan nutrisi dan antioksidannya yang, memiliki manfaat yang dapat membantu menghilangkan bekas luka dan memperbaiki kesehatan kulit secara keseluruhan.

  • Kaya akan Vitamin C

    Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang berperan penting dalam produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit. Dengan meningkatkan produksi kolagen, vitamin C dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan memudarkan bekas luka.

  • Mengandung Sulforaphane

    Sulforaphane adalah antioksidan yang unik yang ditemukan dalam brokoli. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah infeksi pada bekas luka. Selain itu, sulforaphane juga dapat membantu menghambat pertumbuhan jaringan parut yang berlebihan.

  • Sumber Vitamin K

    Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah dan penyembuhan luka. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan gangguan pembekuan darah dan memperlambat proses penyembuhan luka. Brokoli merupakan sumber vitamin K yang baik, sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan bekas luka dan meminimalkan pembentukan jaringan parut yang berlebihan.

  • Mengandung Zinc

    Zinc adalah mineral penting yang terlibat dalam berbagai proses dalam tubuh, termasuk penyembuhan luka. Zinc berperan dalam pembentukan kolagen dan jaringan ikat, yang penting untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan memudarkan bekas luka.

Untuk mendapatkan manfaat brokoli untuk menghilangkan bekas luka, Anda dapat mengonsumsinya secara teratur dalam makanan Anda. Brokoli dapat dikukus, direbus, atau ditumis. Anda juga dapat menambahkan brokoli ke dalam salad, sup, atau hidangan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan masker wajah yang terbuat dari brokoli untuk menutrisi dan memperbaiki kulit dari luar.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat brokoli untuk kulit telah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh University of California, Berkeley menemukan bahwa konsumsi brokoli secara teratur dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen merupakan protein penting yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit. Peningkatan produksi kolagen dapat membantu mengurangi kerutan dan garis-garis halus, sehingga membuat kulit tampak lebih muda dan kencang.

Studi kasus lain yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa penggunaan masker wajah yang terbuat dari brokoli dapat membantu mengatasi jerawat. Brokoli mengandung senyawa anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Masker wajah brokoli juga dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit, sehingga mencegah penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

Meskipun bukti ilmiah dan studi kasus yang ada menunjukkan manfaat brokoli untuk kulit, penting untuk dicatat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini secara pasti. Di samping itu, perlu diingat bahwa manfaat brokoli untuk kulit dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti jenis kulit, usia, dan kondisi kesehatan individu.

Untuk mendapatkan manfaat brokoli untuk kulit secara optimal, mengonsumsi brokoli secara teratur dalam makanan Anda. Brokoli dapat dikukus, direbus, atau ditumis. Anda juga dapat menambahkan brokoli ke dalam salad, sup, atau hidangan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan masker wajah yang terbuat dari brokoli untuk menutrisi dan memperbaiki kulit dari luar.

Sebelum menggunakan brokoli untuk mengatasi masalah kulit tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan diagnosis dan saran perawatan yang tepat.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Brokoli untuk Kulit

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai manfaat brokoli untuk kulit:

Pertanyaan 1: Apa saja nutrisi penting dalam brokoli yang bermanfaat untuk kulit?

Brokoli kaya akan vitamin C, vitamin K, vitamin A, dan sulforaphane. Nutrisi-nutrisi ini memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Pertanyaan 2: Bagaimana brokoli dapat membantu mencegah penuaan dini?

Antioksidan dalam brokoli, seperti vitamin C dan sulforaphane, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan mempercepat proses penuaan kulit.

Pertanyaan 3: Apakah brokoli efektif untuk mengatasi jerawat?

Sifat anti-inflamasi dan antibakteri dalam brokoli dapat membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Masker wajah brokoli juga dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit, sehingga mencegah penyumbatan pori-pori.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mengonsumsi brokoli untuk mendapatkan manfaatnya bagi kulit?

Brokoli dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dikukus, direbus, atau ditumis. Anda juga dapat menambahkan brokoli ke dalam salad, sup, atau hidangan lainnya. Selain itu, Anda dapat menggunakan masker wajah yang terbuat dari brokoli untuk menutrisi kulit dari luar.

Pertanyaan 5: Apakah ada efek samping dari penggunaan brokoli untuk kulit?

Penggunaan brokoli untuk kulit umumnya aman. Namun, beberapa orang mungkin mengalami iritasi atau reaksi alergi. Jika Anda memiliki kulit sensitif, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan brokoli untuk kulit.

Pertanyaan 6: Apakah manfaat brokoli untuk kulit dapat dirasakan secara instan?

Manfaat brokoli untuk kulit tidak dapat dirasakan secara instan. Dibutuhkan waktu dan konsumsi rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Konsistensi dalam mengonsumsi brokoli akan membantu menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang.

Dengan memahami manfaat dan cara menggunakan brokoli untuk kulit, Anda dapat memanfaatkan sayuran sehat ini untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Tips Mendapatkan Manfaat Brokoli untuk Kulit

Untuk mendapatkan manfaat brokoli untuk kulit secara optimal, ikuti beberapa tips berikut:

Tip 1: Konsumsi Brokoli Secara Rutin

Konsumsi brokoli secara teratur dalam makanan Anda. Brokoli dapat dikukus, direbus, atau ditumis. Anda juga dapat menambahkan brokoli ke dalam salad, sup, atau hidangan lainnya. Konsumsi brokoli secara rutin akan membantu menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang.

Tip 2: Gunakan Masker Wajah Brokoli

Masker wajah yang terbuat dari brokoli dapat menutrisi dan memperbaiki kulit dari luar. Haluskan brokoli dan oleskan pada wajah sebagai masker. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Masker wajah brokoli dapat digunakan 1-2 kali seminggu.

Tip 3: Pilih Brokoli yang Segar

Pilih brokoli yang segar dan berwarna hijau cerah. Brokoli yang segar mengandung lebih banyak nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat untuk kulit. Hindari brokoli yang layu atau berwarna kuning, karena kandungan nutrisinya mungkin sudah berkurang.

Tip 4: Masak Brokoli dengan Benar

Masak brokoli dengan benar untuk mempertahankan nutrisinya. Kukus atau rebus brokoli selama waktu yang singkat, atau tumis dengan sedikit minyak. Hindari memasak brokoli terlalu lama, karena dapat merusak nutrisinya.

Tip 5: Kombinasikan dengan Makanan Sehat Lainnya

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari brokoli, kombinasikan dengan makanan sehat lainnya. Konsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Pola makan yang sehat akan mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memanfaatkan manfaat brokoli untuk kulit secara optimal dan menjaga kesehatan kulit Anda dalam jangka panjang.

Kesimpulan

Brokoli memiliki banyak manfaat untuk kulit, antara lain melindungi dari radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen, mengurangi peradangan, membantu pembekuan darah, mempercepat penyembuhan luka, menjaga kelembapan kulit, mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, mengatasi jerawat, dan menghilangkan bekas luka.

Untuk mendapatkan manfaat brokoli untuk kulit secara optimal, konsumsilah brokoli secara teratur, gunakan masker wajah brokoli, pilih brokoli yang segar, masak brokoli dengan benar, dan kombinasikan dengan makanan sehat lainnya.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Rekomendasi Susu Etawa:

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru