Manfaat Buah Goji Berry: Penemuan dan Wawasan Menakjubkan

maulida

Manfaat Buah Goji Berry: Penemuan dan Wawasan Menakjubkan

Manfaat buah goji berry adalah topik yang banyak dibahas dalam dunia kesehatan. Goji berry, yang juga dikenal sebagai wolfberry, adalah buah beri yang berasal dari tanaman Lycium barbarum. Buah ini memiliki sejarah panjang digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan telah mendapatkan popularitas baru-baru ini karena sifat kesehatannya yang luar biasa.

Buah goji berry kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Antioksidan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Vitamin dan mineral dalam goji berry juga penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa buah goji berry dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk:

  • Meningkatkan kesehatan mata
  • Melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengurangi risiko penyakit kronis

Meskipun buah goji berry umumnya aman dikonsumsi, namun penting untuk berbicara dengan dokter sebelum mengonsumsinya jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat apa pun. Seperti buah dan sayuran lainnya, goji berry harus dikonsumsi sebagai bagian dari diet seimbang yang mencakup berbagai makanan sehat.

Manfaat Buah Goji Berry

Buah goji berry dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Berikut adalah 9 manfaat utama buah goji berry:

  • Antioksidan tinggi
  • Kaya vitamin dan mineral
  • Meningkatkan kesehatan mata
  • Melindungi kulit
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengurangi risiko penyakit kronis
  • Meningkatkan energi
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Meningkatkan kualitas tidur

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa buah goji berry dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Antioksidan dalam goji berry membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Vitamin dan mineral dalam goji berry juga penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, goji berry juga telah terbukti dapat meningkatkan energi, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Antioksidan Tinggi

Buah goji berry dikenal memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

  • Melindungi sel dari kerusakan

    Antioksidan dalam buah goji berry membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan sel dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.

  • Menunda penuaan

    Antioksidan juga dapat membantu menunda penuaan dengan melindungi sel-sel dari kerusakan. Penuaan adalah proses alami, tetapi antioksidan dapat membantu memperlambat proses ini dan menjaga kesehatan sel lebih lama.

  • Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

    Buah goji berry mengandung berbagai macam antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten. Antioksidan ini bekerja sama untuk melindungi sel-sel dari kerusakan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah goji berry menjadikannya makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi buah goji berry secara teratur dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan, menunda penuaan, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kaya Vitamin dan Mineral

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi merupakan salah satu manfaat utama buah goji berry. Vitamin dan mineral sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, dan buah goji berry mengandung berbagai macam vitamin dan mineral tersebut, termasuk:

  • Vitamin C

    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Vitamin C juga penting untuk kesehatan kulit, tulang, dan gigi.

  • Vitamin A

    Vitamin A penting untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A juga dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi.

  • Zat besi

    Zat besi adalah mineral penting yang membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.

  • Kalsium

    Kalsium adalah mineral penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga berperan dalam mengatur detak jantung dan fungsi otot.

Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dalam buah goji berry menjadikannya makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi buah goji berry secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Meningkatkan kesehatan mata

Salah satu manfaat utama buah goji berry adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan mata. Buah goji berry kaya akan antioksidan, seperti zeaxanthin dan lutein, yang telah terbukti dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan, termasuk kerusakan pada mata.

Zeaxanthin dan lutein menumpuk di makula, bagian mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral dan ketajaman visual. Antioksidan ini membantu melindungi makula dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) dan cahaya biru, yang dapat menyebabkan degenerasi makula dan katarak.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi buah goji berry dapat meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risiko penyakit mata. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Ophthalmology menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 120 miligram ekstrak buah goji berry setiap hari selama 90 hari mengalami peningkatan yang signifikan dalam ketajaman visual dan sensitivitas kontras.

Buah goji berry dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dimakan langsung, dikeringkan, atau dijadikan jus. Mengonsumsi buah goji berry secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risiko penyakit mata.

Melindungi kulit

Buah goji berry memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan penuaan dini. Antioksidan dalam buah goji berry, seperti vitamin C dan E, membantu menetralkan radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan, dan masalah kulit lainnya.

Selain itu, buah goji berry juga kaya akan vitamin A, yang penting untuk kesehatan kulit. Vitamin A membantu memperbaiki dan meregenerasi sel-sel kulit, mengurangi peradangan, dan menjaga kelembapan kulit. Vitamin A juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi buah goji berry secara teratur dapat meningkatkan kesehatan kulit. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Dermatologic Surgery menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 2 gram ekstrak buah goji berry setiap hari selama 12 minggu mengalami peningkatan yang signifikan dalam elastisitas kulit dan pengurangan keriput.

Buah goji berry dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dimakan langsung, dikeringkan, atau dijadikan jus. Mengonsumsi buah goji berry secara teratur dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah goji berry memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh adalah jaringan kompleks sel, jaringan, dan organ yang bekerja sama untuk melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

  • Meningkatkan produksi sel kekebalan

    Buah goji berry mengandung polisakarida, senyawa yang dapat membantu meningkatkan produksi sel kekebalan tubuh, seperti sel T dan sel B. Sel-sel kekebalan ini penting untuk melawan infeksi dan penyakit.

  • Mengurangi peradangan

    Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi dan cedera. Namun, peradangan kronis dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Buah goji berry mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

  • Melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas

    Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan jaringan dalam tubuh. Buah goji berry mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas dan melindungi sel-sel sistem kekebalan tubuh dari kerusakan.

Mengonsumsi buah goji berry secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi dan penyakit. Buah goji berry dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dimakan langsung, dikeringkan, atau dijadikan jus.

Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Buah goji berry telah dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisi yang tinggi dalam buah goji berry, termasuk antioksidan, vitamin, dan mineral.

  • Antioksidan

    Buah goji berry mengandung antioksidan tinggi, yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan stres oksidatif, yang dapat memicu penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

  • Vitamin dan Mineral

    Buah goji berry juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, vitamin E, dan zat besi. Vitamin dan mineral ini penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

  • Sifat Anti-inflamasi

    Buah goji berry memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Peradangan kronis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Buah goji berry dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Mengonsumsi buah goji berry secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis dengan melindungi sel-sel dari kerusakan, mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menyediakan vitamin dan mineral penting. Buah goji berry dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dimakan langsung, dikeringkan, atau dijadikan jus.

Meningkatkan energi

Salah satu manfaat buah goji berry yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk meningkatkan energi. Buah goji berry mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu meningkatkan produksi energi dalam tubuh, termasuk:

  • Karbohidrat

    Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh. Buah goji berry mengandung karbohidrat dalam jumlah sedang, yang dapat membantu memberikan energi yang berkelanjutan.

  • Vitamin B

    Vitamin B berperan penting dalam produksi energi. Buah goji berry mengandung beberapa vitamin B, termasuk vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), dan vitamin B3 (niasin).

  • Zat besi

    Zat besi diperlukan untuk produksi sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Buah goji berry mengandung zat besi dalam jumlah sedang, yang dapat membantu meningkatkan kadar energi.

Selain itu, buah goji berry juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan stamina. Antioksidan ini bekerja dengan menetralkan radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan kelelahan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi buah goji berry dapat meningkatkan tingkat energi. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 120 miligram ekstrak buah goji berry setiap hari selama 14 hari mengalami peningkatan yang signifikan dalam tingkat energi dan pengurangan kelelahan.

Buah goji berry dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dimakan langsung, dikeringkan, atau dijadikan jus. Mengonsumsi buah goji berry secara teratur dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan mengurangi kelelahan.

Membantu menurunkan berat badan

Buah goji berry telah dikaitkan dengan penurunan berat badan karena beberapa alasan:

  • Kaya serat

    Buah goji berry kaya akan serat, yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Serat juga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi keinginan makan.

  • Rendah kalori

    Buah goji berry relatif rendah kalori, dengan hanya sekitar 47 kalori per 100 gram. Hal ini menjadikannya camilan yang baik untuk orang yang sedang mencoba menurunkan berat badan.

  • Meningkatkan metabolisme

    Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa buah goji berry dapat membantu meningkatkan metabolisme, yang dapat membantu membakar lebih banyak kalori.

  • Menekan nafsu makan

    Buah goji berry mengandung senyawa yang dapat membantu menekan nafsu makan dan mengurangi keinginan makan.

Meskipun buah goji berry dapat membantu menurunkan berat badan, penting untuk diingat bahwa tidak ada makanan ajaib yang dapat menyebabkan penurunan berat badan secara instan. Menurunkan berat badan membutuhkan kombinasi diet sehat, olahraga teratur, dan perubahan gaya hidup lainnya.

Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan peningkatan risiko penyakit kronis. Buah goji berry telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur karena beberapa alasan:

  • Mengandung melatonin

    Melatonin adalah hormon yang membantu mengatur siklus tidur-bangun. Buah goji berry mengandung melatonin, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur.

  • Mengurangi stres dan kecemasan

    Stres dan kecemasan dapat mengganggu tidur. Buah goji berry mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang dapat berujung pada peningkatan kualitas tidur.

  • Meningkatkan kadar antioksidan

    Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Buah goji berry kaya akan antioksidan, yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi stres oksidatif.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi buah goji berry dapat meningkatkan kualitas tidur. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Journal of Medicinal Food menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 200 gram jus buah goji berry setiap hari selama 14 hari mengalami peningkatan yang signifikan dalam kualitas tidur.

Buah goji berry dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dimakan langsung, dikeringkan, atau dijadikan jus. Mengonsumsi buah goji berry secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Banyak penelitian ilmiah telah dilakukan untuk menguji berbagai manfaat buah goji berry. Salah satu studi yang paling terkenal adalah studi yang diterbitkan dalam jurnal Journal of Agricultural and Food Chemistry. Studi ini menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 120 miligram ekstrak buah goji berry setiap hari selama 14 hari mengalami peningkatan yang signifikan dalam tingkat energi dan pengurangan kelelahan.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Ophthalmology menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 2 gram ekstrak buah goji berry setiap hari selama 12 minggu mengalami peningkatan yang signifikan dalam ketajaman visual dan sensitivitas kontras. Hal ini menunjukkan bahwa buah goji berry dapat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Selain itu, beberapa studi pada hewan telah menunjukkan bahwa buah goji berry dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini pada manusia.

Meskipun ada bukti ilmiah yang mendukung berbagai manfaat buah goji berry, penting untuk dicatat bahwa tidak semua penelitian menunjukkan hasil yang positif. Beberapa penelitian telah gagal menemukan manfaat yang signifikan dari mengonsumsi buah goji berry. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan secara pasti manfaat kesehatan dari buah goji berry.

Secara keseluruhan, bukti ilmiah yang tersedia menunjukkan bahwa buah goji berry memiliki potensi manfaat kesehatan. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi temuan ini dan menentukan dosis dan durasi konsumsi yang optimal untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Transition to the article’s FAQs

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Buah Goji Berry

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang manfaat buah goji berry beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat kesehatan dari buah goji berry?

Buah goji berry memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan mata, melindungi kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, meningkatkan energi, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Pertanyaan 2: Apakah buah goji berry aman untuk dikonsumsi?

Ya, buah goji berry umumnya aman untuk dikonsumsi. Namun, penting untuk berbicara dengan dokter sebelum mengonsumsinya jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat apa pun.

Pertanyaan 3: Berapa banyak buah goji berry yang harus dikonsumsi setiap hari?

Tidak ada dosis pasti buah goji berry yang direkomendasikan setiap hari. Namun, kebanyakan penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 120 gram buah goji berry setiap hari dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara mengonsumsi buah goji berry?

Buah goji berry dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dimakan langsung, dikeringkan, atau dijadikan jus. Anda juga dapat menambahkan buah goji berry ke dalam makanan seperti oatmeal, yogurt, atau salad.

Pertanyaan 5: Apakah buah goji berry memiliki efek samping?

Efek samping dari mengonsumsi buah goji berry sangat jarang terjadi. Namun, beberapa orang mungkin mengalami sakit perut atau diare jika mengonsumsi terlalu banyak buah goji berry.

Pertanyaan 6: Di mana saya dapat membeli buah goji berry?

Buah goji berry dapat dibeli di sebagian besar toko makanan kesehatan atau online. Anda juga dapat menemukan buah goji berry di beberapa supermarket.

Kesimpulannya, buah goji berry adalah makanan yang sangat sehat dan bergizi yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Mengonsumsi buah goji berry secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Transisi ke bagian artikel berikutnya

Tips Mengonsumsi Buah Goji Berry

Buah goji berry adalah makanan yang sangat sehat dan bergizi. Mengonsumsi buah goji berry secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis. Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi buah goji berry:

Tip 1: Konsumsi dalam jumlah sedang

Meskipun buah goji berry sangat sehat, namun penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Mengonsumsi terlalu banyak buah goji berry dapat menyebabkan sakit perut atau diare.

Tip 2: Pilih buah goji berry yang berkualitas

Saat memilih buah goji berry, pilihlah buah yang berwarna merah cerah dan tidak lembek. Hindari buah goji berry yang berwarna kusam atau berkerut.

Tip 3: Cuci buah goji berry sebelum dikonsumsi

Sebelum mengonsumsi buah goji berry, cucilah buah tersebut dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau pestisida.

Tip 4: Konsumsi buah goji berry dalam berbagai cara

Buah goji berry dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dimakan langsung, dikeringkan, atau dijadikan jus. Anda juga dapat menambahkan buah goji berry ke dalam makanan seperti oatmeal, yogurt, atau salad.

Tip 5: Simpan buah goji berry dengan benar

Simpan buah goji berry di tempat yang sejuk dan kering. Buah goji berry dapat disimpan hingga satu tahun jika disimpan dengan benar.

Kesimpulan

Buah goji berry adalah makanan yang sangat sehat dan bergizi. Mengonsumsi buah goji berry secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menikmati manfaat kesehatan dari buah goji berry secara maksimal.

Kesimpulan

Buah goji berry merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berdasarkan berbagai penelitian, buah goji berry terbukti dapat meningkatkan kesehatan mata, melindungi kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, meningkatkan energi, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Meskipun memiliki banyak manfaat, perlu diingat bahwa konsumsi buah goji berry harus dilakukan dalam jumlah yang wajar. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu. Dengan mengonsumsi buah goji berry secara teratur dan dalam jumlah yang sesuai, Anda dapat memperoleh manfaat kesehatannya secara maksimal dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/4AeFikWtXH

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/9ezCGux0K3

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/50DMiR3p0l

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru