Intip 7 Manfaat Buah Manggis yang Wajib Kamu Ketahui – Discover

maulida


manfaat buah manggis

Buah manggis (Garcinia mangostana) adalah buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini dikenal karena rasanya yang manis dan menyegarkan, serta kandungan nutrisinya yang tinggi.

Buah manggis memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain:

Cari Susu Etawa di Alami : https://s.shopee.co.id/4Afh25dVA4

  • Kaya akan antioksidan: Buah manggis mengandung antioksidan yang tinggi, seperti xanthone, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Memiliki sifat anti-inflamasi: Buah manggis memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.
  • Meningkatkan kesehatan jantung: Buah manggis mengandung serat dan kalium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan: Buah manggis mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Buah manggis mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain manfaat kesehatan yang disebutkan di atas, buah manggis juga dapat digunakan sebagai bahan dalam berbagai produk makanan dan minuman, seperti jus, selai, dan es krim.

Manfaat Buah Manggis

Buah manggis memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain:

  • Kaya antioksidan
  • Anti-inflamasi
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menurunkan risiko kanker
  • Menyehatkan kulit

Berikut penjelasan lebih detail tentang beberapa manfaat buah manggis:

  • Kaya antioksidan: Buah manggis mengandung antioksidan yang tinggi, seperti xanthone, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.
  • Anti-inflamasi: Buah manggis memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan rheumatoid arthritis.
  • Menjaga kesehatan jantung: Buah manggis mengandung serat dan kalium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Kalium dapat membantu mengatur tekanan darah.

Kaya Antioksidan

Salah satu manfaat utama buah manggis adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

  • Melindungi sel dari kerusakan: Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Antioksidan dalam buah manggis, seperti xanthone, dapat membantu menetralkan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.
  • Menjaga kesehatan jantung: Radikal bebas juga dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Antioksidan dalam buah manggis dapat membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan dan menjaga kesehatan jantung.
  • Meningkatkan fungsi otak: Radikal bebas juga dapat merusak sel-sel otak dan meningkatkan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson. Antioksidan dalam buah manggis dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan menjaga fungsi otak tetap sehat.
  • Menyehatkan kulit: Radikal bebas juga dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini. Antioksidan dalam buah manggis dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.

Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, buah manggis dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Anti-Inflamasi

Buah manggis memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan kronis dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan radang sendi.

Buah manggis mengandung senyawa anti-inflamasi, seperti xanthone dan mangostin. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan dengan cara menghambat produksi sitokin pro-inflamasi dan meningkatkan produksi sitokin anti-inflamasi.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah manggis dapat membantu mengurangi peradangan pada penderita penyakit kronis. Misalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi jus buah manggis selama 8 minggu dapat mengurangi nyeri sendi dan kekakuan pada penderita radang sendi.

Sifat anti-inflamasi buah manggis dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Dengan mengurangi peradangan, buah manggis dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit kronis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah manggis bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena mengandung serat dan kalium.

Serat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Kalium membantu mengatur tekanan darah.

Kolesterol LDL yang tinggi dapat menumpuk di arteri dan membentuk plak, yang dapat mempersempit arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Kolesterol HDL membantu membuang kolesterol LDL dari arteri dan membawanya kembali ke hati, di mana kolesterol tersebut dapat dikeluarkan dari tubuh.

Tekanan darah tinggi juga merupakan faktor risiko penyakit jantung. Kalium membantu mengatur tekanan darah dengan cara melemaskan pembuluh darah.

Dengan menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah yang sehat, buah manggis dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Melancarkan pencernaan

Buah manggis bermanfaat untuk melancarkan pencernaan karena mengandung serat.

  • Membantu BAB teratur: Serat membantu menyerap air dan membentuk feses yang lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Hal ini dapat mencegah sembelit dan menjaga BAB tetap teratur.
  • Meningkatkan kesehatan usus: Serat juga menjadi makanan bagi bakteri baik dalam usus. Bakteri baik ini memproduksi asam lemak rantai pendek (SCFA) yang bermanfaat untuk kesehatan usus. SCFA dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan melindungi dari penyakit usus.
  • Mencegah penyakit pencernaan: Konsumsi serat yang cukup dapat membantu mencegah penyakit pencernaan seperti divertikulitis, wasir, dan kanker usus besar.

Dengan kandungan seratnya yang tinggi, buah manggis dapat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah manggis bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C dan antioksidan.

  • Vitamin C: Vitamin C adalah nutrisi penting yang berperan penting dalam fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu memproduksi sel darah putih, yang melawan infeksi, dan juga berfungsi sebagai antioksidan.
  • Antioksidan: Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam buah manggis, seperti xanthone, dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Dengan kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi, buah manggis dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Menurunkan Risiko Kanker

Buah manggis memiliki potensi untuk menurunkan risiko kanker karena mengandung antioksidan dan nutrisi tertentu.

  • Antioksidan: Buah manggis mengandung antioksidan kuat, seperti xanthone, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan DNA dan meningkatkan risiko kanker.
  • Polifenol: Buah manggis juga kaya akan polifenol, sejenis antioksidan yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker prostat.
  • Serat: Buah manggis mengandung serat yang dapat membantu menurunkan risiko kanker usus besar. Serat membantu mempercepat waktu transit feses melalui usus besar, sehingga mengurangi waktu paparan karsinogen (zat penyebab kanker) pada lapisan usus besar.
  • Vitamin C: Buah manggis mengandung vitamin C, nutrisi penting yang berperan dalam fungsi sistem kekebalan tubuh dan membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.

Dengan kandungan antioksidan, polifenol, serat, dan vitamin C yang tinggi, buah manggis dapat membantu menurunkan risiko kanker dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Menyehatkan kulit

Buah manggis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit karena kandungan nutrisinya yang kaya, antara lain:

  • Antioksidan: Buah manggis mengandung antioksidan kuat, seperti xanthone, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penuaan dini pada kulit.
  • Vitamin C: Buah manggis mengandung vitamin C yang tinggi, nutrisi penting yang berperan dalam produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang memberikan struktur dan elastisitas pada kulit, sehingga membantu menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.
  • Sifat anti-inflamasi: Buah manggis memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Peradangan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.
  • Antibakteri: Buah manggis memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan masalah kulit lainnya.

Dengan kandungan nutrisinya yang kaya, buah manggis dapat membantu menyehatkan kulit, membuatnya tampak lebih cerah, kencang, dan awet muda.

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang manfaat buah manggis beserta jawabannya:

Apakah buah manggis aman dikonsumsi?

Ya, buah manggis umumnya aman dikonsumsi. Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi, terutama jika mereka alergi terhadap buah-buahan tropis lainnya.

Berapa banyak buah manggis yang boleh dikonsumsi setiap hari?

Tidak ada batasan pasti tentang berapa banyak buah manggis yang boleh dikonsumsi setiap hari. Namun, disarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 2-3 buah manggis per hari untuk menghindari potensi efek samping.

Apakah buah manggis dapat membantu menurunkan berat badan?

Buah manggis mengandung serat yang dapat membantu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi asupan makanan secara keseluruhan. Selain itu, buah manggis juga rendah kalori, yaitu sekitar 63 kalori per 100 gram.

Apakah buah manggis dapat dikonsumsi oleh ibu hamil?

Ya, buah manggis aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun, disarankan untuk mengonsumsi buah manggis dalam jumlah sedang dan mencuci buah secara menyeluruh sebelum dikonsumsi.

Kesimpulannya, buah manggis adalah buah yang menyehatkan dan aman dikonsumsi. Buah ini mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, penting untuk mengonsumsi buah manggis dalam jumlah sedang dan mencuci buah secara menyeluruh sebelum dikonsumsi.

Tips untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah manggis:

  • Pilih buah manggis yang segar dan matang.
  • Cuci buah manggis secara menyeluruh sebelum dikonsumsi.
  • Konsumsi buah manggis dalam jumlah sedang.
  • Jika mengalami reaksi alergi, segera hentikan konsumsi buah manggis dan konsultasikan dengan dokter.

Tips Mendapatkan Manfaat Buah Manggis Secara Maksimal

Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah manggis:

Tip 1: Pilih buah manggis yang segar dan matang.
Buah manggis yang segar memiliki kulit berwarna merah tua yang mengkilap dan tidak berkerut. Buah yang matang memiliki daging buah yang berwarna putih bersih dan lembut.

Tip 2: Cuci buah manggis secara menyeluruh sebelum dikonsumsi.
Cuci buah manggis dengan air mengalir dan sikat lembut untuk menghilangkan kotoran dan pestisida.

Tip 3: Konsumsi buah manggis dalam jumlah sedang.
Meskipun buah manggis memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Konsumsi buah manggis yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung dan diare.

Tip 4: Jika mengalami reaksi alergi, segera hentikan konsumsi buah manggis dan konsultasikan dengan dokter.
Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap buah manggis, terutama jika mereka alergi terhadap buah-buahan tropis lainnya.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menikmati manfaat buah manggis secara maksimal dan menjaga kesehatan tubuh Anda.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat buah manggis didukung oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Mahidol, Thailand. Penelitian ini menemukan bahwa konsumsi jus buah manggis dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri sendi pada penderita osteoarthritis.

Studi lain yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Okayama, Jepang, menemukan bahwa ekstrak kulit buah manggis memiliki aktivitas antioksidan yang kuat dan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Ada juga studi kasus yang melaporkan bahwa konsumsi buah manggis dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit dan diare. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

Secara keseluruhan, bukti ilmiah dan studi kasus yang ada menunjukkan bahwa buah manggis memiliki potensi manfaat kesehatan, terutama dalam hal antioksidan, anti-inflamasi, dan kesehatan pencernaan. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk sepenuhnya memahami manfaat buah manggis dan keamanannya dalam jangka panjang.

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/4Afh25dVA4

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru