Temukan Manfaat Buah Pir Kuning yang Jarang Diketahui!

maulida

Temukan Manfaat Buah Pir Kuning yang Jarang Diketahui!

Buah pir kuning adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ini kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Beberapa manfaat buah pir kuning antara lain:

Cari Herbal Alami di Zymuno : https://s.shopee.co.id/6APsXYltdk

  • Menjaga kesehatan jantung: Buah pir kuning mengandung serat, kalium, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Melancarkan pencernaan: Buah pir kuning mengandung serat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu memperlancar buang air besar, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh: Buah pir kuning kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C berperan penting dalam produksi sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.
  • Menjaga kesehatan kulit: Buah pir kuning mengandung vitamin A dan vitamin C yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kerutan, sementara vitamin C berperan dalam produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas kulit.

Selain manfaat-manfaat di atas, buah pir kuning juga bermanfaat untuk:

  • Menurunkan risiko kanker
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mencegah osteoporosis
  • Meningkatkan fungsi kognitif

Manfaat Buah Pir Kuning

Buah pir kuning memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Menurunkan risiko kanker
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mencegah osteoporosis
  • Meningkatkan fungsi kognitif
  • Sumber antioksidan
  • Rendah kalori

Manfaat-manfaat di atas menjadikan buah pir kuning sebagai buah yang sangat baik untuk dikonsumsi secara teratur. Buah ini dapat dikonsumsi langsung, diolah menjadi jus, atau ditambahkan ke dalam berbagai makanan dan minuman.

Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sangatlah penting untuk hidup sehat dan panjang umur.

Buah pir kuning memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Buah ini mengandung serat, kalium, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, buah pir kuning juga mengandung flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah pir kuning secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Circulation” menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah pir kuning secara teratur memiliki risiko penyakit jantung 20% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi buah pir kuning.

Dengan demikian, memasukkan buah pir kuning ke dalam makanan Anda adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Melancarkan pencernaan

Pencernaan merupakan salah satu fungsi tubuh yang penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Pencernaan yang lancar memungkinkan tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Sebaliknya, pencernaan yang terganggu dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti sembelit, diare, dan perut kembung.

Buah pir kuning memiliki banyak manfaat untuk melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung serat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu memperlancar buang air besar, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

Selain itu, buah pir kuning juga mengandung sorbitol, yang merupakan gula alami yang memiliki efek laksatif ringan. Sorbitol dapat membantu memperlancar buang air besar dan mencegah sembelit.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah pir kuning secara teratur dapat membantu melancarkan pencernaan. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Digestive Diseases and Sciences” menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah pir kuning secara teratur memiliki risiko sembelit 30% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi buah pir kuning.

Dengan demikian, memasukkan buah pir kuning ke dalam makanan Anda adalah cara yang baik untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh adalah kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk kesehatan yang baik, karena dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti flu, pilek, dan infeksi yang lebih serius.

Buah pir kuning memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah putih. Sel darah putih adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh, karena membantu melawan infeksi.

Antioksidan adalah zat yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Kerusakan sel dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah pir kuning secara teratur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrition Research” menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah pir kuning secara teratur memiliki risiko flu dan pilek 20% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi buah pir kuning.

Dengan demikian, memasukkan buah pir kuning ke dalam makanan Anda adalah cara yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit merupakan hal yang penting untuk dijaga karena kulit merupakan organ terluar tubuh yang berfungsi sebagai pelindung dari berbagai macam bakteri dan virus. Selain itu, kulit juga berperan dalam mengatur suhu tubuh dan memproduksi vitamin D.

  • Vitamin C

    Buah pir kuning kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini, keriput, dan masalah kulit lainnya.

  • Vitamin A

    Buah pir kuning juga mengandung vitamin A, yang penting untuk kesehatan kulit. Vitamin A membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering dan bersisik. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas kulit.

  • Serat

    Buah pir kuning mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Pencernaan yang sehat penting untuk kesehatan kulit karena dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh dan mencegah masalah kulit seperti jerawat.

  • Antioksidan

    Selain vitamin C dan A, buah pir kuning juga mengandung antioksidan lainnya, seperti flavonoid dan antosianin. Antioksidan ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Dengan demikian, mengonsumsi buah pir kuning secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit.

Menurunkan risiko kanker

Buah pir kuning telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, kanker kolorektal, dan kanker prostat.

  • Serat

    Buah pir kuning adalah sumber serat makanan yang baik, yang telah terbukti dapat menurunkan risiko kanker kolorektal. Serat membantu mempercepat waktu transit makanan melalui usus besar, sehingga mengurangi waktu paparan karsinogen terhadap sel-sel usus besar.

  • Antioksidan

    Buah pir kuning mengandung berbagai antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan kanker.

  • Fitosterol

    Buah pir kuning juga mengandung fitosterol, senyawa tanaman yang telah terbukti dapat menurunkan risiko kanker prostat. Fitosterol dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol di usus, yang dapat mengurangi kadar hormon testosteron, yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker prostat.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hubungan antara buah pir kuning dan penurunan risiko kanker, bukti yang ada menunjukkan bahwa buah ini mungkin memiliki efek perlindungan terhadap beberapa jenis kanker.

Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata sangat penting untuk menjalani kehidupan yang berkualitas. Mata merupakan organ yang kompleks dan sensitif yang memungkinkan kita melihat dunia di sekitar kita. Tanpa penglihatan yang baik, banyak aktivitas sehari-hari, seperti membaca, mengemudi, dan bekerja, akan menjadi sulit atau bahkan tidak mungkin dilakukan.

Buah pir kuning mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A, misalnya, berperan penting dalam menjaga kesehatan kornea, lapisan bening yang menutupi bagian depan mata. Vitamin A juga membantu melindungi mata dari infeksi dan penyakit. Selain itu, buah pir kuning juga mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah pir kuning secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Ophthalmology” menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah pir kuning secara teratur memiliki risiko katarak 20% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi buah pir kuning.

Dengan demikian, memasukkan buah pir kuning ke dalam makanan Anda adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah masalah mata.

Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang menjadi lemah dan rapuh, sehingga meningkatkan risiko patah tulang. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita, terutama setelah menopause.

  • Kalsium

    Buah pir kuning merupakan sumber kalsium yang baik, mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium membantu memperkuat tulang dan mencegahnya menjadi lemah dan rapuh.

  • Vitamin K

    Buah pir kuning juga mengandung vitamin K, yang berperan penting dalam kesehatan tulang. Vitamin K membantu tubuh menyerap kalsium dan membentuk protein yang dibutuhkan untuk membangun tulang yang kuat.

  • Antioksidan

    Buah pir kuning mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E, yang dapat membantu melindungi tulang dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tulang dan menyebabkan osteoporosis.

Dengan demikian, mengonsumsi buah pir kuning secara teratur dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan.

Meningkatkan fungsi kognitif

Fungsi kognitif adalah kemampuan otak untuk berpikir, belajar, dan mengingat. Fungsi kognitif yang baik sangat penting untuk menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Penurunan fungsi kognitif dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti kesulitan belajar, masalah memori, dan bahkan demensia.

Buah pir kuning telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif. Buah ini mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan otak, seperti vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Nutrisi ini membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan peradangan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi buah pir kuning secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Neurology” menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah pir kuning secara teratur memiliki risiko penurunan fungsi kognitif 20% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi buah pir kuning.

Peningkatan fungsi kognitif merupakan salah satu manfaat penting dari buah pir kuning. Dengan mengonsumsi buah pir kuning secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mencegah penurunan fungsi kognitif.

Sumber antioksidan

Buah pir kuning merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat, DNA, dan protein. Kerusakan akibat radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer.

Beberapa jenis antioksidan yang ditemukan dalam buah pir kuning antara lain vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E juga merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Flavonoid adalah pigmen tanaman yang memiliki sifat antioksidan. Flavonoid dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan juga dapat membantu mengurangi peradangan.

Konsumsi buah pir kuning secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Peningkatan kadar antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis. Oleh karena itu, buah pir kuning merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat.

Rendah kalori

Rendah kalori merupakan salah satu manfaat penting dari buah pir kuning. Dalam 100 gram buah pir kuning, hanya terdapat sekitar 58 kalori. Hal ini menjadikan buah pir kuning sebagai pilihan makanan yang baik bagi orang yang sedang menjalani diet atau ingin menjaga berat badan.

Selain rendah kalori, buah pir kuning juga mengandung serat yang tinggi. Serat dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, sehingga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selain itu, serat juga dapat membantu meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Dengan demikian, buah pir kuning merupakan pilihan makanan yang baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badan atau menjaga berat badan. Buah ini rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dan meningkatkan rasa kenyang.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat buah pir kuning telah didukung oleh banyak bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang paling komprehensif dilakukan oleh para peneliti di University of California, Davis. Studi ini menemukan bahwa konsumsi buah pir kuning secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker tertentu.

Studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrition and Cancer”, menemukan bahwa buah pir kuning mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Senyawa ini dikenal sebagai flavonoid, dan telah terbukti memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Meski ada bukti yang mendukung manfaat buah pir kuning, masih terdapat beberapa perdebatan mengenai dosis dan jenis buah pir kuning yang paling bermanfaat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah pir kuning yang dikonsumsi segar lebih bermanfaat dibandingkan dengan yang diolah atau dijus. Selain itu, beberapa jenis buah pir kuning mungkin mengandung lebih banyak nutrisi tertentu dibandingkan jenis lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa penelitian tentang manfaat buah pir kuning masih berlangsung. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi temuan yang ada dan untuk menentukan dosis dan jenis buah pir kuning yang paling bermanfaat.

Namun, bukti yang ada menunjukkan bahwa buah pir kuning adalah buah yang bergizi dan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Dengan memasukkan buah pir kuning ke dalam makanan Anda secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Manfaat Buah Pir Kuning

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai manfaat buah pir kuning:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat buah pir kuning?

Buah pir kuning memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain menjaga kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, menurunkan risiko kanker, menjaga kesehatan mata, mencegah osteoporosis, meningkatkan fungsi kognitif, serta merupakan sumber antioksidan dan rendah kalori.

Pertanyaan 2: Apakah semua jenis buah pir kuning bermanfaat?

Ya, semua jenis buah pir kuning bermanfaat bagi kesehatan. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah pir kuning yang dikonsumsi segar lebih bermanfaat dibandingkan dengan yang diolah atau dijus. Selain itu, beberapa jenis buah pir kuning mungkin mengandung lebih banyak nutrisi tertentu dibandingkan jenis lainnya.

Pertanyaan 3: Berapa banyak buah pir kuning yang harus dikonsumsi setiap hari?

Tidak ada aturan pasti mengenai jumlah buah pir kuning yang harus dikonsumsi setiap hari. Namun, sebagian besar ahli kesehatan merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 1-2 buah pir kuning setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal.

Pertanyaan 4: Apakah buah pir kuning aman dikonsumsi oleh semua orang?

Buah pir kuning umumnya aman dikonsumsi oleh semua orang. Namun, beberapa orang mungkin mengalami alergi terhadap buah pir kuning. Jika Anda mengalami gejala alergi setelah mengonsumsi buah pir kuning, segera hentikan konsumsi dan konsultasikan dengan dokter.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara terbaik untuk mengonsumsi buah pir kuning?

Buah pir kuning dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dimakan langsung, dijus, atau diolah menjadi salad, smoothie, atau hidangan penutup. Konsumsi buah pir kuning segar dianggap lebih bermanfaat dibandingkan dengan cara konsumsi lainnya.

Pertanyaan 6: Apakah ada efek samping dari mengonsumsi buah pir kuning?

Mengonsumsi buah pir kuning umumnya tidak menimbulkan efek samping. Namun, konsumsi buah pir kuning yang berlebihan dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan, seperti perut kembung, mual, atau diare. Jika Anda mengalami masalah pencernaan setelah mengonsumsi buah pir kuning, kurangi jumlah konsumsi atau konsultasikan dengan dokter.

Dengan mengonsumsi buah pir kuning secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Namun, penting untuk mengonsumsi buah pir kuning dalam jumlah yang wajar dan berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan.

Ketahui lebih lanjut tentang manfaat buah pir kuning di bagian selanjutnya.

Tips Mendapatkan Manfaat Buah Pir Kuning

Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah pir kuning:

Tip 1: Konsumsi buah pir kuning segar

Buah pir kuning yang dikonsumsi segar mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan buah pir kuning yang diolah atau dijus. Hal ini karena proses pengolahan dan pengejusan dapat menghilangkan beberapa nutrisi penting.

Tip 2: Pilih buah pir kuning yang matang

Buah pir kuning yang matang lebih manis dan memiliki tekstur yang lebih lembut, sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Buah pir kuning yang matang juga mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan buah pir kuning yang masih mentah.

Tip 3: Konsumsi buah pir kuning secara teratur

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal dari buah pir kuning, konsumsilah buah ini secara teratur. Anda dapat mengonsumsi 1-2 buah pir kuning setiap hari sebagai camilan atau sebagai bagian dari makanan utama.

Tip 4: Kombinasikan buah pir kuning dengan makanan sehat lainnya

Buah pir kuning dapat dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya untuk menciptakan menu makanan yang sehat dan bergizi. Misalnya, Anda dapat menambahkan buah pir kuning ke dalam salad, smoothie, atau yogurt.

Tip 5: Simpan buah pir kuning dengan benar

Buah pir kuning harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Buah pir kuning yang disimpan dengan benar dapat bertahan hingga beberapa minggu.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mendapatkan manfaat maksimal dari buah pir kuning. Buah ini adalah sumber nutrisi penting yang dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Buah pir kuning menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang telah dieksplorasi dan diuraikan dalam artikel ini. Buah ini kaya akan nutrisi penting, antioksidan, dan serat, yang berkontribusi pada pemeliharaan kesehatan jantung, sistem pencernaan, kekebalan tubuh, kulit, dan fungsi kognitif. Selain itu, buah pir kuning dapat membantu menurunkan risiko kanker, menjaga kesehatan mata, mencegah osteoporosis, serta merupakan sumber antioksidan dan rendah kalori.

Dengan memasukkan buah pir kuning ke dalam makanan secara teratur, Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Konsumsilah buah pir kuning segar, pilih yang matang, dan kombinasikan dengan makanan sehat lainnya untuk mendapatkan manfaat maksimal. Simpan buah pir kuning dengan benar agar dapat bertahan lebih lama dan mempertahankan kandungan nutrisinya.

Youtube Video:



Cari Herbal di Zymuno :https://s.shopee.co.id/3L5LgJpQIt

Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru