Temukan Manfaat Coklat Bubuk yang Belum Diketahui!

maulida

Temukan Manfaat Coklat Bubuk yang Belum Diketahui!

K coklat bubuk adalah bubuk yang terbuat dari biji kakao yang telah dikeringkan, disangrai, dan digiling. Bubuk ini kaya akan antioksidan, mineral, dan serat, sehingga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Beberapa manfaat cokelat bubuk antara lain:

  • Membantu menurunkan tekanan darah
  • Membantu meningkatkan kesehatan jantung
  • Membantu mengurangi risiko stroke
  • Membantu meningkatkan fungsi kognitif
  • Membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

Selain manfaat kesehatan tersebut, cokelat bubuk juga dapat digunakan sebagai bahan makanan, seperti dalam minuman cokelat, kue, dan makanan penutup lainnya.

Manfaat Coklat Bubuk

Manfaat coklat bubuk sangat beragam, mulai dari manfaat kesehatan hingga manfaat kuliner. Berikut adalah 8 aspek penting terkait manfaat coklat bubuk:

  • Kaya antioksidan
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mengurangi risiko stroke
  • Meningkatkan fungsi kognitif
  • Melindungi kulit dari sinar matahari
  • Bahan makanan yang lezat
  • Mudah didapat dan diolah

Coklat bubuk kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Antioksidan ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, coklat bubuk juga mengandung flavonoid yang dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Dari segi kuliner, coklat bubuk dapat digunakan sebagai bahan makanan yang lezat, seperti dalam minuman cokelat, kue, dan makanan penutup lainnya. Coklat bubuk juga mudah didapat dan diolah, sehingga menjadikannya bahan makanan yang praktis dan bermanfaat.

Kaya antioksidan

Manfaat coklat bubuk sangat terkait dengan kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

  • Antioksidan dalam coklat bubuk termasuk flavonoid dan polifenol

    Flavonoid adalah antioksidan yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi kognitif, dan melindungi jantung. Polifenol adalah jenis antioksidan lain yang telah terbukti memiliki sifat antikanker dan anti-penuaan.

  • Coklat bubuk mengandung antioksidan lebih tinggi daripada banyak makanan lain

    Satu porsi coklat bubuk (2 sendok makan) mengandung lebih banyak antioksidan daripada satu porsi blueberry, raspberry, atau stroberi.

  • Antioksidan dalam coklat bubuk dapat membantu melindungi dari berbagai penyakit

    Antioksidan dalam coklat bubuk telah terbukti membantu melindungi dari penyakit jantung, stroke, kanker, dan penyakit Alzheimer.

  • Mengkonsumsi coklat bubuk secara teratur dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh

    Mengkonsumsi coklat bubuk secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah, yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.

Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, coklat bubuk merupakan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Mengkonsumsi coklat bubuk secara teratur dapat membantu melindungi dari berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat coklat bubuk dalam menurunkan tekanan darah telah banyak diteliti dan dibuktikan. Coklat bubuk mengandung senyawa yang disebut flavanol, yang telah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  • Flavanol dalam coklat bubuk dapat membantu mengendurkan pembuluh darah

    Flavanol dalam coklat bubuk dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir lebih mudah. Hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  • Coklat bubuk dapat membantu meningkatkan produksi oksida nitrat

    Oksida nitrat adalah senyawa yang membantu melebarkan pembuluh darah. Coklat bubuk dapat membantu meningkatkan produksi oksida nitrat, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  • Coklat bubuk dapat membantu mengurangi peradangan

    Peradangan dapat berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi. Coklat bubuk mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah.

  • Mengkonsumsi coklat bubuk secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah

    Studi telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi coklat bubuk secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, mengkonsumsi coklat bubuk secara teratur dapat menjadi cara alami untuk membantu menurunkan tekanan darah Anda. Coklat bubuk dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dalam minuman cokelat, kue, dan makanan penutup lainnya.

Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat coklat bubuk dalam meningkatkan kesehatan jantung telah banyak diteliti dan dibuktikan. Coklat bubuk mengandung senyawa yang disebut flavanol, yang telah terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Flavanol dalam coklat bubuk dapat membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi peradangan. Ketiga faktor ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Flavanol dalam coklat bubuk dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan produksi oksida nitrat, senyawa yang membantu melebarkan pembuluh darah.

Aliran darah yang baik juga penting untuk kesehatan jantung. Flavanol dalam coklat bubuk dapat membantu meningkatkan aliran darah dengan membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Peradangan adalah faktor risiko utama penyakit jantung. Coklat bubuk mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Mengkonsumsi coklat bubuk secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi peradangan.

Mengurangi risiko stroke

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika suplai darah ke otak terputus, yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan bahkan kematian. Ada banyak faktor risiko stroke, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan merokok. Cokelat bubuk mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi beberapa faktor risiko ini, sehingga dapat membantu mengurangi risiko stroke.

  • Flavanol dalam cokelat bubuk dapat membantu menurunkan tekanan darah

    Seperti yang telah dibahas sebelumnya, flavanol dalam cokelat bubuk dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan produksi oksida nitrat. Menurunkan tekanan darah dapat membantu mengurangi risiko stroke.

  • Flavanol dalam cokelat bubuk dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)

    HDL adalah jenis kolesterol “baik” yang membantu mengeluarkan kolesterol jahat (LDL) dari tubuh. Cokelat bubuk mengandung flavanol yang dapat membantu meningkatkan kadar HDL, sehingga dapat membantu mengurangi risiko stroke.

  • Flavanol dalam cokelat bubuk dapat membantu mengurangi peradangan

    Peradangan adalah faktor risiko stroke. Cokelat bubuk mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko stroke.

  • Mengkonsumsi cokelat bubuk secara teratur dapat membantu mengurangi risiko stroke

    Studi telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi cokelat bubuk secara teratur dapat membantu mengurangi risiko stroke pada orang dengan faktor risiko stroke.

Jika Anda memiliki risiko stroke, mengkonsumsi cokelat bubuk secara teratur dapat menjadi cara alami untuk membantu mengurangi risiko stroke Anda. Cokelat bubuk dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dalam minuman cokelat, kue, dan makanan penutup lainnya.

Meningkatkan fungsi kognitif

Manfaat coklat bubuk tidak hanya terbatas pada kesehatan fisik, tetapi juga dapat meningkatkan fungsi kognitif. Cokelat bubuk mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan memori.

  • Flavanol dalam cokelat bubuk dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak

    Flavanol dalam cokelat bubuk dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dengan membantu mengendurkan pembuluh darah dan meningkatkan produksi oksida nitrat. Aliran darah yang baik ke otak sangat penting untuk fungsi kognitif yang optimal.

  • Theobromine dalam cokelat bubuk dapat membantu meningkatkan konsentrasi

    Theobromine adalah alkaloid yang ditemukan dalam cokelat bubuk yang memiliki efek stimulan ringan. Theobromine dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus.

  • Cokelat bubuk dapat membantu meningkatkan memori

    Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi cokelat bubuk secara teratur dapat membantu meningkatkan memori pada orang dewasa yang lebih tua. Cokelat bubuk mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan.

Mengkonsumsi cokelat bubuk secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dengan meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan memori. Cokelat bubuk dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dalam minuman cokelat, kue, dan makanan penutup lainnya.

Melindungi kulit dari sinar matahari

Manfaat coklat bubuk juga dapat dirasakan untuk kesehatan kulit. Coklat bubuk mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

  • Antioksidan dalam coklat bubuk dapat membantu menetralisir radikal bebas

    Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Antioksidan dalam coklat bubuk dapat membantu menetralisir radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan.

  • Coklat bubuk dapat membantu meningkatkan produksi kolagen

    Kolagen adalah protein yang penting untuk menjaga kesehatan dan elastisitas kulit. Coklat bubuk mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

  • Coklat bubuk dapat membantu melindungi kulit dari peradangan

    Peradangan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti kemerahan, iritasi, dan jerawat. Coklat bubuk mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menjaga kesehatan kulit.

  • Mengkonsumsi coklat bubuk secara teratur dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari

    Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi coklat bubuk secara teratur dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Coklat bubuk dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit yang terpapar sinar matahari.

Jika Anda ingin melindungi kulit Anda dari sinar matahari, mengkonsumsi coklat bubuk secara teratur dapat menjadi cara alami yang bermanfaat. Coklat bubuk dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti dalam minuman cokelat, kue, dan makanan penutup lainnya.

Bahan makanan yang lezat

Manfaat coklat bubuk tidak hanya terbatas pada kesehatan, tetapi juga dapat digunakan sebagai bahan makanan yang lezat. Coklat bubuk memiliki rasa yang kaya dan unik yang dapat menambah kelezatan berbagai makanan dan minuman.

  • Coklat bubuk dapat digunakan untuk membuat minuman cokelat yang lezat

    Minuman cokelat adalah minuman populer yang dibuat dengan mencampurkan coklat bubuk dengan susu atau air. Minuman cokelat memiliki rasa yang manis dan creamy yang dapat dinikmati oleh orang-orang dari segala usia.

  • Coklat bubuk dapat digunakan untuk membuat kue dan makanan penutup lainnya

    Coklat bubuk adalah bahan umum dalam berbagai jenis kue dan makanan penutup. Coklat bubuk dapat digunakan untuk membuat kue cokelat, brownies, dan puding cokelat. Coklat bubuk juga dapat digunakan untuk membuat frosting dan glasir.

  • Coklat bubuk dapat digunakan untuk membuat saus dan bumbu

    Coklat bubuk dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis saus dan bumbu. Saus cokelat dapat digunakan untuk menyiram es krim dan buah-buahan. Coklat bubuk juga dapat digunakan untuk membuat bumbu untuk daging dan sayuran.

  • Coklat bubuk dapat digunakan untuk membuat cokelat panas

    Cokelat panas adalah minuman hangat yang dibuat dengan mencampurkan coklat bubuk dengan susu atau air panas. Cokelat panas memiliki rasa yang manis dan kaya yang dapat menghangatkan tubuh pada hari yang dingin.

Selain rasanya yang lezat, coklat bubuk juga dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan. Coklat bubuk mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Coklat bubuk juga mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Mudah didapat dan diolah

Salah satu manfaat penting dari coklat bubuk adalah kemudahan memperoleh dan mengolahnya. Coklat bubuk tersedia secara luas di berbagai toko dan supermarket, membuatnya mudah diakses oleh siapa saja.

  • Mudah disimpan dan digunakan

    Coklat bubuk memiliki masa simpan yang lama dan dapat disimpan di dapur pada suhu ruangan. Hal ini menjadikannya bahan makanan yang praktis dan mudah digunakan kapan saja.

  • Dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman

    Coklat bubuk memiliki sifat serbaguna dan dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Coklat bubuk dapat digunakan untuk membuat minuman cokelat, kue, makanan penutup, saus, dan bumbu.

  • Mudah dicampur dan disesuaikan

    Coklat bubuk dapat dengan mudah dicampur dengan bahan-bahan lain untuk menciptakan berbagai rasa dan tekstur. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan resep dan membuat makanan dan minuman sesuai dengan preferensi mereka.

  • Cocok untuk berbagai kebutuhan diet

    Coklat bubuk adalah bahan makanan yang fleksibel yang dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan diet. Coklat bubuk dapat digunakan dalam makanan vegan, bebas gluten, dan rendah lemak.

Kemudahan memperoleh dan mengolah coklat bubuk menjadikannya bahan makanan yang sangat bermanfaat. Hal ini memungkinkan orang untuk menikmati kelezatan dan manfaat kesehatan coklat bubuk dengan mudah dan praktis.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menguji manfaat kesehatan dari coklat bubuk. Salah satu studi yang paling komprehensif dilakukan oleh Harvard School of Public Health, yang melibatkan lebih dari 100.000 peserta selama 20 tahun.

Studi ini menemukan bahwa konsumsi coklat bubuk secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Studi ini juga menemukan bahwa coklat bubuk dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrition and Metabolism” menemukan bahwa coklat bubuk dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. Studi ini juga menemukan bahwa coklat bubuk dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL (“kolesterol jahat”).

Meskipun masih terdapat beberapa perdebatan mengenai manfaat kesehatan dari coklat bubuk, bukti yang ada menunjukkan bahwa coklat bubuk dapat menjadi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar penelitian yang dilakukan mengenai manfaat kesehatan coklat bubuk menggunakan coklat bubuk tanpa pemanis dan tidak diproses. Coklat bubuk yang telah diproses atau ditambahkan gula mungkin tidak memberikan manfaat kesehatan yang sama.

Jika Anda ingin menikmati manfaat kesehatan dari coklat bubuk, disarankan untuk mengkonsumsi coklat bubuk tanpa pemanis dan tidak diproses. Anda dapat menambahkan coklat bubuk ke dalam minuman, makanan penutup, atau makanan lainnya.

Dengan mengkonsumsi coklat bubuk secara teratur, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2, serta peningkatan fungsi kognitif dan perlindungan kulit.

Baca juga: FAQ Mengenai Manfaat Coklat Bubuk

FAQ Manfaat Coklat Bubuk

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai manfaat coklat bubuk:

Pertanyaan 1: Apakah coklat bubuk benar-benar bermanfaat bagi kesehatan?

Jawaban: Ya, coklat bubuk mengandung antioksidan, mineral, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi coklat bubuk secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Pertanyaan 2: Apa saja kandungan bermanfaat yang terdapat dalam coklat bubuk?

Jawaban: Coklat bubuk mengandung berbagai senyawa bermanfaat, termasuk flavanol, flavonoid, dan theobromine. Senyawa-senyawa ini memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan dapat meningkatkan fungsi kognitif.

Pertanyaan 3: Apakah semua jenis coklat bubuk memiliki manfaat kesehatan yang sama?

Jawaban: Tidak, tidak semua jenis coklat bubuk memiliki manfaat kesehatan yang sama. Coklat bubuk yang tidak diproses dan tanpa pemanis memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dan memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan coklat bubuk yang telah diproses atau ditambahkan gula.

Pertanyaan 4: Berapa banyak coklat bubuk yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat kesehatannya?

Jawaban: Jumlah coklat bubuk yang direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat kesehatannya adalah sekitar 2-3 sendok makan per hari.

Pertanyaan 5: Apakah ada efek samping dari konsumsi coklat bubuk?

Jawaban: Konsumsi coklat bubuk secara umum aman bagi kebanyakan orang. Namun, konsumsi coklat bubuk yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, sakit perut, atau gangguan tidur.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara terbaik mengonsumsi coklat bubuk?

Jawaban: Coklat bubuk dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dicampurkan ke dalam minuman, ditaburkan di atas makanan penutup, atau digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kue dan roti.

Kesimpulannya, coklat bubuk adalah makanan yang kaya akan antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Konsumsi coklat bubuk secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis, meningkatkan fungsi kognitif, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Baca juga: Manfaat Coklat Bubuk

Tips Memanfaatkan Cokelat Bubuk

Cokelat bubuk menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi risiko penyakit jantung hingga meningkatkan fungsi kognitif. Dengan mengikuti beberapa tips sederhana, Anda dapat memaksimalkan manfaat coklat bubuk dalam kehidupan sehari-hari.

Tip 1: Pilih Cokelat Bubuk Berkualitas

Pilihlah coklat bubuk tanpa pemanis dan tidak diproses, karena jenis ini mengandung antioksidan tertinggi. Hindari coklat bubuk yang telah ditambahkan gula atau bahan lain yang tidak sehat.

Tip 2: Konsumsi Secara Teratur

Konsumsilah coklat bubuk sekitar 2-3 sendok makan per hari untuk mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal. Anda dapat menambahkannya ke dalam minuman, makanan penutup, atau digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kue dan roti.

Tip 3: Kombinasikan dengan Makanan Sehat

Kombinasikan coklat bubuk dengan makanan sehat lainnya, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau yogurt. Hal ini akan meningkatkan penyerapan antioksidan dan nutrisi lainnya yang terdapat dalam coklat bubuk.

Tip 4: Gunakan sebagai Pengganti Gula

Cokelat bubuk dapat digunakan sebagai pengganti gula dalam beberapa resep makanan dan minuman. Hal ini akan membantu Anda mengurangi konsumsi gula dan mendapatkan manfaat kesehatan dari coklat bubuk.

Tip 5: Nikmati dalam Jumlah Sedang

Meskipun coklat bubuk bermanfaat bagi kesehatan, namun konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala atau gangguan tidur. Nikmatilah coklat bubuk dalam jumlah sedang dan imbangi dengan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat kesehatan dari coklat bubuk dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Baca juga: Manfaat Coklat Bubuk

Kesimpulan

Coklat bubuk merupakan bahan makanan yang kaya akan antioksidan, mineral, dan serat. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi coklat bubuk secara teratur dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2, meningkatkan fungsi kognitif, melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal dari coklat bubuk, disarankan untuk memilih coklat bubuk tanpa pemanis dan tidak diproses, mengonsumsinya secara teratur, dan mengkombinasikannya dengan makanan sehat lainnya. Coklat bubuk juga dapat digunakan sebagai pengganti gula dalam beberapa resep makanan dan minuman. Dengan mengikuti tips tersebut, Anda dapat memaksimalkan manfaat kesehatan dari coklat bubuk dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/4AeFikWtXH

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/9ezCGux0K3

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/50DMiR3p0l

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru