Manfaat dan Efek Samping Ubi Ungu yang Jarang Diketahui

maulida

Manfaat dan Efek Samping Ubi Ungu yang Jarang Diketahui

Manfaat dan efek samping ubi ungu perlu diketahui sebelum dikonsumsi. Ubi ungu kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi juga dapat menimbulkan beberapa efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

Manfaat ubi ungu antara lain:

  • Kaya akan antioksidan, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.
  • Sumber serat yang baik, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.
  • Memiliki indeks glikemik rendah, artinya tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tiba-tiba.
  • Sumber vitamin dan mineral yang baik, seperti vitamin A, vitamin C, dan kalium.

Namun, efek samping ubi ungu juga perlu diperhatikan:

  • Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kembung dan gas.
  • Ubi ungu mengandung oksalat, yang dapat membentuk kristal di ginjal pada beberapa orang.
  • Ubi ungu juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti obat pengencer darah.

Secara keseluruhan, ubi ungu adalah makanan yang sehat dan bergizi. Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang dan memperhatikan potensi efek sampingnya. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang konsumsi ubi ungu, konsultasikan dengan dokter Anda.

manfaat dan efek samping ubi ungu

Ubi ungu adalah makanan yang banyak dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, ubi ungu juga dapat menimbulkan beberapa efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut adalah 10 aspek penting yang perlu diketahui tentang manfaat dan efek samping ubi ungu:

  • Kaya nutrisi
  • Sumber serat
  • Indeks glikemik rendah
  • Mengandung antioksidan
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mengandung oksalat
  • Berinteraksi dengan obat-obatan tertentu

Ubi ungu adalah makanan yang sehat dan bergizi, tetapi penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang konsumsi ubi ungu, konsultasikan dengan dokter Anda.

Kaya nutrisi

Ubi ungu kaya akan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, kalium, dan serat. Nutrisi ini memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, dan mengontrol kadar gula darah.

Vitamin A penting untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Kalium penting untuk kesehatan jantung dan tekanan darah. Serat dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol.

Oleh karena itu, mengonsumsi ubi ungu secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Sumber serat

Ubi ungu merupakan sumber serat yang baik. Serat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan mengontrol kadar gula darah.

Serat bekerja dengan cara menyerap air dan membentuk gel di dalam saluran pencernaan. Gel ini akan memperlambat proses pencernaan dan penyerapan makanan. Akibatnya, kadar gula darah akan lebih terkontrol dan Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Konsumsi serat yang cukup juga dapat membantu mencegah sembelit dan divertikulitis. Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, mengonsumsi ubi ungu secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

Indeks glikemik rendah

Indeks glikemik (IG) adalah ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Makanan dengan IG tinggi dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tiba-tiba, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung.

  • Manfaat IG rendah ubi ungu

    Ubi ungu memiliki IG yang rendah, artinya tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tiba-tiba. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes dan orang yang berisiko terkena penyakit jantung. Selain itu, IG yang rendah dapat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu mengontrol berat badan.

  • Efek samping IG rendah ubi ungu

    Tidak ada efek samping khusus yang terkait dengan konsumsi ubi ungu yang memiliki IG rendah. Namun, penting untuk dicatat bahwa ubi ungu tetap mengandung karbohidrat, sehingga harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Secara keseluruhan, IG yang rendah pada ubi ungu menjadikannya pilihan makanan yang sehat bagi penderita diabetes, orang yang berisiko terkena penyakit jantung, dan orang yang ingin mengontrol berat badan.

Mengandung antioksidan

Ubi ungu mengandung antioksidan, yaitu zat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

  • Manfaat antioksidan dalam ubi ungu

    Antioksidan dalam ubi ungu dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. Selain itu, antioksidan juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh.

  • Jenis antioksidan dalam ubi ungu

    Ubi ungu mengandung berbagai jenis antioksidan, termasuk antosianin, asam klorogenat, dan beta-karoten. Antosianin adalah pigmen yang memberikan warna ungu pada ubi ungu, sedangkan asam klorogenat dan beta-karoten adalah antioksidan kuat yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan.

  • Cara kerja antioksidan dalam ubi ungu

    Antioksidan dalam ubi ungu bekerja dengan cara menetralisir radikal bebas dan mencegahnya merusak sel-sel tubuh. Selain itu, antioksidan juga dapat membantu meningkatkan produksi enzim antioksidan alami tubuh, sehingga dapat meningkatkan perlindungan tubuh terhadap radikal bebas.

  • Konsumsi ubi ungu untuk mendapatkan manfaat antioksidan

    Untuk mendapatkan manfaat antioksidan dari ubi ungu, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya menjadi berbagai hidangan, seperti jus, sup, atau kue. Ubi ungu juga dapat ditambahkan ke dalam salad, smoothies, atau yogurt.

Mengonsumsi ubi ungu secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis. Namun, penting untuk dicatat bahwa konsumsi ubi ungu yang berlebihan juga dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti kembung dan gas.

Menjaga kesehatan pencernaan

Menjaga kesehatan pencernaan sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Sistem pencernaan yang sehat memungkinkan tubuh menyerap nutrisi dari makanan dan membuang limbah dengan benar. Ubi ungu dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan karena mengandung serat dan antioksidan.

Serat adalah bagian dari makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Serat membantu menjaga pergerakan usus tetap teratur dan mencegah sembelit. Ubi ungu adalah sumber serat yang baik, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan divertikulitis.

Selain serat, ubi ungu juga mengandung antioksidan. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit pencernaan seperti kanker usus besar.

Dengan demikian, ubi ungu dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan karena mengandung serat dan antioksidan. Serat membantu menjaga pergerakan usus tetap teratur dan mencegah sembelit, sedangkan antioksidan membantu melindungi sel-sel pencernaan dari kerusakan akibat radikal bebas.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Ubi ungu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Ubi ungu mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin A berperan dalam produksi sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan juga membantu meningkatkan produksi sel darah putih dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Studi menunjukkan bahwa konsumsi ubi ungu secara teratur dapat meningkatkan kadar vitamin A dan vitamin C dalam tubuh, sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ubi ungu juga mengandung prebiotik, yang merupakan makanan bagi bakteri baik dalam usus. Bakteri baik dalam usus membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan demikian, ubi ungu dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Namun, penting untuk dicatat bahwa konsumsi ubi ungu yang berlebihan juga dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti kembung dan gas.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Ubi ungu memiliki manfaat dalam mengontrol kadar gula darah karena mengandung serat dan indeks glikemik yang rendah. Serat memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, sehingga kadar gula darah tidak naik terlalu cepat setelah makan ubi ungu. Indeks glikemik yang rendah menunjukkan bahwa ubi ungu tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tiba-tiba.

Mengontrol kadar gula darah sangat penting untuk mencegah dan mengelola diabetes. Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan organ, sehingga meningkatkan risiko berbagai komplikasi, seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Dengan mengonsumsi ubi ungu secara teratur, penderita diabetes dapat membantu mengontrol kadar gula darah mereka dan mengurangi risiko komplikasi. Selain itu, ubi ungu juga dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk orang yang berisiko terkena diabetes atau ingin menjaga kadar gula darah mereka tetap stabil.

Mencegah Penyakit Jantung

Ubi ungu memiliki manfaat dalam mencegah penyakit jantung karena mengandung antioksidan, serat, dan kalium.

  • Antioksidan

    Antioksidan dalam ubi ungu membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

  • Serat

    Serat dalam ubi ungu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung.

  • Kalium

    Kalium dalam ubi ungu membantu mengatur tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi ubi ungu secara teratur, Anda dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol, mengatur tekanan darah, dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Mengandung oksalat

Ubi ungu mengandung oksalat, yaitu senyawa alami yang dapat ditemukan pada beberapa jenis sayuran dan buah-buahan. Oksalat dapat mengikat mineral tertentu, seperti kalsium, dan membentuk kristal di dalam tubuh.

  • Dampak negatif oksalat

    Konsumsi oksalat yang berlebihan dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal pada beberapa orang. Batu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk di dalam ginjal dan dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat saat buang air kecil.

  • Manfaat oksalat

    Meskipun oksalat dapat menimbulkan efek negatif, namun oksalat juga memiliki beberapa manfaat kesehatan. Oksalat dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih.

  • Interaksi oksalat dengan nutrisi lain

    Oksalat dapat mengikat mineral tertentu, seperti kalsium, dan mengurangi penyerapannya oleh tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya kalsium bersamaan dengan makanan yang mengandung oksalat untuk memastikan bahwa tubuh mendapatkan cukup kalsium.

  • Cara mengurangi efek negatif oksalat

    Beberapa cara untuk mengurangi efek negatif oksalat antara lain:

    • Konsumsi makanan yang kaya kalsium bersamaan dengan makanan yang mengandung oksalat.
    • Minum banyak air untuk membantu mengeluarkan oksalat dari tubuh.
    • Hindari konsumsi makanan yang mengandung oksalat tinggi secara berlebihan.

Secara keseluruhan, ubi ungu mengandung oksalat yang dapat menimbulkan efek negatif dan positif bagi kesehatan. Penting untuk mengonsumsi ubi ungu secara dan memperhatikan potensi efek negatifnya, terutama jika Anda memiliki riwayat batu ginjal.

Berinteraksi dengan Obat-obatan Tertentu

Ubi ungu mengandung senyawa yang dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat-obatan, sehingga dapat memengaruhi cara kerja obat tersebut dalam tubuh. Interaksi ini dapat bersifat positif atau negatif, tergantung pada jenis obat dan kondisi kesehatan individu.

  • Penghambatan Penyerapan Obat

    Ubi ungu mengandung serat yang dapat mengikat obat-obatan tertentu di saluran pencernaan, sehingga mengurangi penyerapan obat tersebut ke dalam aliran darah. Hal ini dapat menurunkan efektivitas obat dan membuat pengobatan menjadi kurang efektif.

  • Peningkatan Penyerapan Obat

    Sebaliknya, ubi ungu juga mengandung senyawa yang dapat meningkatkan penyerapan beberapa jenis obat. Senyawa ini dapat meningkatkan kadar obat dalam darah, sehingga meningkatkan efektivitas obat dan berpotensi menimbulkan efek samping yang lebih kuat.

  • Interaksi dengan Obat Antikoagulan

    Ubi ungu mengandung vitamin K, yang berperan penting dalam pembekuan darah. Konsumsi ubi ungu secara berlebihan dapat meningkatkan kadar vitamin K dalam darah, sehingga dapat mengurangi efektivitas obat antikoagulan, seperti warfarin.

  • Interaksi dengan Obat Diabetes

    Ubi ungu memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Namun, bagi penderita diabetes yang mengonsumsi obat penurun gula darah, konsumsi ubi ungu secara berlebihan dapat menyebabkan hipoglikemia (kadar gula darah terlalu rendah).

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi ubi ungu bersamaan dengan obat-obatan tertentu. Dokter dapat memberikan saran mengenai dosis ubi ungu yang aman dan dapat meminimalkan potensi interaksi dengan obat-obatan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat dan efek samping ubi ungu telah menjadi subjek penelitian ilmiah yang ekstensif. Sejumlah studi telah mengonfirmasi khasiat ubi ungu untuk kesehatan, serta potensi efek samping yang terkait dengan konsumsinya.

Salah satu studi yang paling terkenal adalah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Studi ini menemukan bahwa ubi ungu mengandung konsentrasi tinggi antioksidan, termasuk antosianin. Antioksidan ini telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-kanker.

Studi lain yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa konsumsi ubi ungu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini menunjukkan bahwa ubi ungu dapat bermanfaat bagi penderita diabetes dan penyakit jantung.

Meskipun bukti ilmiah mendukung manfaat kesehatan ubi ungu, penting untuk dicatat bahwa konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping tertentu. Salah satu efek samping yang paling umum adalah pembentukan gas dan kembung. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang tinggi dalam ubi ungu.

Selain itu, ubi ungu mengandung oksalat, yang dapat mengikat mineral tertentu dan membentuk kristal di ginjal. Konsumsi oksalat yang berlebihan dapat meningkatkan risiko batu ginjal pada beberapa orang.

Secara keseluruhan, bukti ilmiah menunjukkan bahwa ubi ungu adalah makanan yang sehat dan bergizi. Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang dan memperhatikan potensi efek sampingnya.

Manfaat dan Efek Samping Ubi Ungu

Ubi ungu semakin populer karena manfaat kesehatannya. Namun, seperti makanan lainnya, ubi ungu juga memiliki beberapa efek samping yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa pertanyaan umum seputar manfaat dan efek samping ubi ungu beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat kesehatan dari ubi ungu?

Ubi ungu kaya akan antioksidan, serat, vitamin, dan mineral. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, sedangkan serat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Ubi ungu juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tiba-tiba.

Pertanyaan 2: Apakah ubi ungu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Ya, ubi ungu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini berarti ubi ungu tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tiba-tiba, sehingga tidak akan memperburuk kondisi diabetes.

Pertanyaan 3: Apakah ubi ungu dapat menyebabkan efek samping?

Konsumsi ubi ungu secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti kembung, gas, dan mual. Selain itu, ubi ungu juga mengandung oksalat, yang dapat memicu pembentukan batu ginjal pada beberapa orang.

Pertanyaan 4: Berapa batas aman konsumsi ubi ungu per hari?

Untuk menghindari efek samping, disarankan untuk mengonsumsi ubi ungu dalam jumlah sedang. Batas aman konsumsi ubi ungu per hari adalah sekitar 100-150 gram.

Pertanyaan 5: Apakah ubi ungu dapat dikonsumsi mentah?

Ubi ungu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mentah karena sulit dicerna dan dapat menyebabkan masalah pencernaan. Ubi ungu sebaiknya dimasak terlebih dahulu, seperti direbus, dikukus, atau dipanggang.

Pertanyaan 6: Apakah ada interaksi obat dengan konsumsi ubi ungu?

Ubi ungu dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, seperti obat pengencer darah dan obat diabetes. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi ubi ungu jika Anda sedang dalam pengobatan.

Kesimpulan

Ubi ungu adalah makanan yang sehat dengan banyak manfaat kesehatan. Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang dan memperhatikan potensi efek sampingnya. Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki kekhawatiran atau sedang dalam pengobatan sebelum mengonsumsi ubi ungu.

Artikel Terkait: Manfaat Kesehatan Ubi Ungu; Efek Samping Ubi Ungu; Cara Mengolah Ubi Ungu

Tips Mengonsumsi Ubi Ungu

Ubi ungu memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi penting untuk mengetahui cara mengonsumsinya dengan benar untuk meminimalkan efek samping dan memaksimalkan manfaatnya.

Tip 1: Konsumsi dalam Jumlah Sedang

Konsumsi ubi ungu secara berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung dan gas. Batasi konsumsi ubi ungu hingga sekitar 100-150 gram per hari untuk menghindari efek samping.

Tip 2: Masak Ubi Ungu dengan Benar

Ubi ungu tidak boleh dikonsumsi mentah karena sulit dicerna. Masak ubi ungu dengan cara merebus, mengukus, atau memanggang untuk melunakkan teksturnya dan membuatnya lebih mudah dicerna.

Tip 3: Perhatikan Interaksi Obat

Ubi ungu dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, seperti obat pengencer darah dan obat diabetes. Jika Anda sedang dalam pengobatan, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi ubi ungu.

Tip 4: Hindari Mengonsumsi Ubi Ungu Mentah

Ubi ungu mentah mengandung pati resisten yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Selalu masak ubi ungu sebelum dikonsumsi untuk menghindari efek samping ini.

Tip 5: Minum Banyak Air

Minum banyak air saat mengonsumsi ubi ungu dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal, yang merupakan salah satu efek samping potensial dari konsumsi oksalat dalam ubi ungu.

Kesimpulan

Mengonsumsi ubi ungu dengan cara yang benar dapat meminimalkan efek samping dan memaksimalkan manfaat kesehatannya. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menikmati manfaat ubi ungu tanpa khawatir akan efek samping yang merugikan.

Kesimpulan

Ubi ungu memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, mengontrol kadar gula darah, hingga mencegah penyakit jantung. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa konsumsi ubi ungu secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping tertentu, seperti kembung, gas, dan pembentukan batu ginjal.

Dengan mengonsumsi ubi ungu dalam jumlah sedang dan memperhatikan cara pengolahannya, kita dapat memperoleh manfaat kesehatan dari ubi ungu tanpa khawatir akan efek samping yang merugikan. Ubi ungu dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti direbus, dikukus, dipanggang, atau dijadikan jus. Konsumsi ubi ungu secara teratur dapat membantu kita menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit kronis.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/4AeFikWtXH

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/9ezCGux0K3

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/50DMiR3p0l

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru