Manfaat Daun Durian yang Perlu Kamu Ketahui

maulida

Manfaat Daun Durian yang Perlu Kamu Ketahui

Daun durian merupakan bagian dari pohon durian yang memiliki banyak manfaat. Daun durian memiliki kandungan senyawa aktif seperti flavonoid, saponin, dan tanin yang bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat daun durian antara lain:

Sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebasMembantu menurunkan kadar gula darahMeningkatkan sistem kekebalan tubuhMembantu meredakan peradanganMembantu melancarkan pencernaanMembantu mengatasi masalah kulitDaun durian juga telah digunakan secara tradisional untuk mengobati berbagai penyakit seperti demam, diare, dan disentri. Selain itu, daun durian juga dapat digunakan sebagai bahan makanan seperti lalapan atau dibuat menjadi teh.

Dengan demikian, daun durian memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Manfaat Daun Durian

Daun durian memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah 10 aspek penting yang perlu diketahui:

  • Antioksidan
  • Antiinflamasi
  • Antibakteri
  • Antifungi
  • Antidiabetes
  • Antikanker
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Melancarkan pencernaan
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Membantu penyembuhan luka

Berbagai penelitian telah membuktikan khasiat daun durian untuk kesehatan. Misalnya, kandungan antioksidan dalam daun durian efektif menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Sementara itu, sifat antiinflamasinya bermanfaat untuk meredakan peradangan pada tubuh, termasuk peradangan sendi dan saluran pencernaan. Daun durian juga memiliki aktivitas antibakteri dan antijamur yang dapat membantu melawan infeksi.

Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat menyebabkan kerusakan sel jika jumlahnya berlebihan. Daun durian mengandung antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan stroke.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dalam daun durian dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Misalnya, satu studi menemukan bahwa konsumsi ekstrak daun durian dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah dan mengurangi stres oksidatif pada orang dewasa yang sehat. Studi lain menemukan bahwa antioksidan dalam daun durian dapat membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat stroke.

Dengan demikian, antioksidan dalam daun durian memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Konsumsi daun durian secara teratur dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit kronis.

Antiinflamasi

Inflamasi merupakan respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan kronis dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan berbagai penyakit. Daun durian memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi peradangan kronis.

  • Mengurangi Peradangan Sendi

    Daun durian mengandung senyawa flavonoid dan saponin yang memiliki sifat antiinflamasi. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi, sehingga dapat meredakan gejala nyeri dan kaku pada penderita radang sendi.

  • Melindungi Saluran Pencernaan

    Peradangan pada saluran pencernaan dapat menyebabkan berbagai masalah seperti sakit perut, diare, dan sembelit. Daun durian dapat membantu melindungi saluran pencernaan dari peradangan berkat kandungan senyawa antiinflamasinya.

  • Menyembuhkan Luka

    Daun durian memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Daun durian dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati luka bakar, luka sayat, dan luka lainnya.

  • Mencegah Kanker

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa antiinflamasi dalam daun durian dapat membantu mencegah kanker. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menginduksi kematian sel kanker.

Dengan sifat antiinflamasinya yang kuat, daun durian dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh peradangan kronis. Konsumsi daun durian secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan, melindungi jaringan dari kerusakan, dan mencegah berbagai penyakit.

Antibakteri

Daun durian memiliki sifat antibakteri yang kuat, yang berarti dapat menghambat atau membunuh pertumbuhan bakteri. Sifat ini bermanfaat untuk kesehatan dalam berbagai hal, seperti:

  • Melawan Infeksi Bakteri

    Sifat antibakteri daun durian dapat membantu melawan berbagai infeksi bakteri, seperti infeksi saluran kemih, infeksi kulit, dan infeksi saluran pernapasan. Daun durian dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati infeksi ini secara alami.

  • Melindungi Saluran Pencernaan

    Bakteri berbahaya dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan sakit perut. Daun durian dapat membantu melindungi saluran pencernaan dari bakteri berbahaya berkat sifat antibakterinya.

  • Menjaga Kesehatan Mulut

    Bakteri di mulut dapat menyebabkan masalah gigi dan gusi seperti gigi berlubang dan penyakit gusi. Daun durian dapat membantu menjaga kesehatan mulut dengan menghambat pertumbuhan bakteri di mulut.

  • Mencegah Keracunan Makanan

    Bakteri pada makanan dapat menyebabkan keracunan makanan. Sifat antibakteri daun durian dapat membantu mencegah keracunan makanan dengan menghambat pertumbuhan bakteri pada makanan.

Dengan sifat antibakterinya yang kuat, daun durian dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri. Konsumsi daun durian secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi bakteri, menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mulut, serta mencegah keracunan makanan.

Antifungi

Sifat antifungi daun durian bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh jamur. Jamur dapat menyebabkan infeksi pada kulit, kuku, dan organ dalam. Daun durian memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat menghambat pertumbuhan jamur dan membunuh sel-sel jamur.

  • Mengatasi Infeksi Jamur Kulit

    Daun durian dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur kulit seperti kurap, kadas, dan panu. Senyawa aktif dalam daun durian dapat menghambat pertumbuhan jamur dan membunuh sel-sel jamur, sehingga dapat menyembuhkan infeksi jamur kulit secara alami.

  • Melindungi Kuku dari Jamur

    Infeksi jamur pada kuku dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh, berubah warna, dan menebal. Daun durian dapat digunakan untuk melindungi kuku dari infeksi jamur berkat kandungan senyawa antifunginya.

  • Mencegah Infeksi Jamur Organ Dalam

    Jamur juga dapat menginfeksi organ dalam seperti paru-paru, saluran pencernaan, dan otak. Daun durian dapat membantu mencegah infeksi jamur organ dalam berkat kandungan senyawa antifunginya.

  • Membantu Penyembuhan Luka

    Luka yang terinfeksi jamur dapat sulit untuk disembuhkan. Daun durian dapat membantu mempercepat penyembuhan luka yang terinfeksi jamur berkat kandungan senyawa antifunginya.

Dengan sifat antifunginya yang kuat, daun durian dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh jamur. Konsumsi daun durian secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi jamur, menjaga kesehatan kulit dan kuku, serta mencegah infeksi jamur organ dalam.

Antidiabetes

Manfaat daun durian salah satunya adalah untuk mengatasi diabetes. Daun durian mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, saponin, dan tanin yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

  • Meningkatkan Produksi Insulin

    Daun durian dapat membantu meningkatkan produksi insulin oleh pankreas. Insulin adalah hormon yang membantu sel-sel tubuh menyerap glukosa dari darah. Dengan meningkatnya produksi insulin, kadar gula darah dapat menurun.

  • Meningkatkan Sensitivitas Insulin

    Selain meningkatkan produksi insulin, daun durian juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Sensitivitas insulin adalah kemampuan sel-sel tubuh untuk merespon insulin dan menyerap glukosa dari darah. Dengan meningkatnya sensitivitas insulin, kadar gula darah dapat menurun.

  • Menghambat Penyerapan Glukosa

    Daun durian juga mengandung senyawa aktif yang dapat menghambat penyerapan glukosa dari usus. Dengan menghambat penyerapan glukosa, kadar gula darah dapat menurun.

  • Mengurangi Stres Oksidatif

    Diabetes dapat menyebabkan stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel pankreas dan mengganggu produksi insulin. Daun durian mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan melindungi sel-sel pankreas.

Dengan sifat antidiabetesnya, daun durian dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Konsumsi daun durian secara teratur dapat membantu mengontrol diabetes dan mencegah komplikasi yang terkait dengan diabetes.

Antikanker

Salah satu manfaat daun durian yang paling penting adalah sifat antikankernya. Daun durian mengandung senyawa aktif yang dapat membantu mencegah dan melawan kanker.

  • Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

    Daun durian mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, saponin, dan tanin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Senyawa ini bekerja dengan mengganggu siklus sel kanker dan menginduksi kematian sel kanker.

  • Menginduksi Kematian Sel Kanker

    Selain menghambat pertumbuhan sel kanker, daun durian juga dapat menginduksi kematian sel kanker. Senyawa aktif dalam daun durian dapat mengaktifkan jalur kematian sel kanker dan menyebabkan sel kanker mati.

  • Mengurangi Peradangan

    Peradangan kronis dapat meningkatkan risiko kanker. Daun durian mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko kanker.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Sistem kekebalan tubuh yang kuat penting untuk melawan kanker. Daun durian mengandung senyawa aktif yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan sel kanker.

Dengan sifat antikankernya, daun durian dapat membantu mencegah dan melawan kanker. Konsumsi daun durian secara teratur dapat membantu mengurangi risiko kanker dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Daun durian memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan senyawa aktifnya.

Senyawa aktif dalam daun durian, seperti flavonoid dan saponin, memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara sifat antiinflamasi membantu mengurangi peradangan kronis. Kedua faktor ini penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Selain itu, daun durian juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan mineral seperti zinc dan selenium. Nutrisi ini penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih, sementara vitamin E dan zinc mendukung aktivitas sel-sel kekebalan tubuh. Selenium berperan penting dalam mengatur respons imun tubuh.

Konsumsi daun durian secara teratur dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit. Daun durian dapat dikonsumsi dalam bentuk teh, jus, atau suplemen.

Melancarkan pencernaan

Manfaat daun durian yang tidak kalah penting adalah melancarkan pencernaan. Daun durian mengandung serat yang tinggi, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat membantu melancarkan buang air besar, mencegah konstipasi, dan menjaga kesehatan usus.

  • Menambah Volume Tinja

    Serat dalam daun durian dapat menambah volume tinja, sehingga tinja menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Hal ini sangat bermanfaat bagi penderita konstipasi.

  • Mempercepat Waktu Transit

    Serat juga dapat mempercepat waktu transit makanan di usus. Hal ini penting untuk mencegah penumpukan makanan di usus, yang dapat menyebabkan konstipasi dan masalah pencernaan lainnya.

  • Menjaga Kesehatan Mikrobiota Usus

    Serat dalam daun durian juga berfungsi sebagai prebiotik, yang dapat membantu menjaga kesehatan mikrobiota usus. Mikrobiota usus yang sehat penting untuk pencernaan yang baik dan kesehatan secara keseluruhan.

  • Mencegah Wasir dan Divertikulitis

    Konsumsi serat yang cukup dapat membantu mencegah wasir dan divertikulitis. Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di anus, sedangkan divertikulitis adalah peradangan pada kantung-kantung kecil di usus besar.

Dengan manfaatnya dalam melancarkan pencernaan, daun durian dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah berbagai masalah pencernaan.

Menurunkan kadar gula darah

Manfaat daun durian yang tak kalah penting adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar gula darah. Daun durian mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, saponin, dan tanin yang memiliki sifat antidiabetes. Senyawa ini bekerja dengan berbagai cara untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

Salah satu cara kerja daun durian adalah dengan meningkatkan produksi insulin oleh pankreas. Insulin adalah hormon yang membantu sel-sel tubuh menyerap glukosa dari darah. Dengan meningkatnya produksi insulin, kadar gula darah dapat menurun. Selain itu, daun durian juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga sel-sel tubuh menjadi lebih responsif terhadap insulin dan dapat menyerap glukosa lebih baik.

Manfaat daun durian dalam menurunkan kadar gula darah telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Salah satu penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun durian dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Penelitian lain yang dilakukan pada manusia juga menunjukkan hasil yang serupa. Pemberian ekstrak daun durian selama 8 minggu dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan HbA1c pada penderita diabetes tipe 2.

Dengan kemampuannya dalam menurunkan kadar gula darah, daun durian dapat menjadi pilihan alami untuk membantu mengontrol diabetes. Konsumsi daun durian secara teratur dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes.

Membantu Penyembuhan Luka

Daun durian memiliki manfaat yang luar biasa dalam membantu penyembuhan luka. Daun durian mengandung senyawa aktif yang memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan, yang berperan penting dalam mempercepat proses penyembuhan luka.

  • Antibakteri

    Senyawa antibakteri dalam daun durian dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada luka. Dengan mengurangi infeksi, proses penyembuhan luka dapat berlangsung lebih cepat dan efektif.

  • Antiinflamasi

    Sifat antiinflamasi daun durian dapat mengurangi peradangan pada area luka. Peradangan yang berlebihan dapat menghambat proses penyembuhan luka, sehingga pengurangan peradangan sangat penting untuk mempercepat penyembuhan.

  • Antioksidan

    Daun durian mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel di sekitar luka dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat memperlambat proses penyembuhan luka, sehingga antioksidan berperan penting dalam melindungi sel-sel dan mempercepat penyembuhan.

  • Meningkatkan Aliran Darah

    Daun durian juga dapat meningkatkan aliran darah ke area luka. Aliran darah yang baik membawa nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan luka, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Dengan berbagai manfaat tersebut, daun durian dapat menjadi pilihan alami untuk membantu penyembuhan luka. Daun durian dapat digunakan secara topikal dengan cara dihaluskan atau dibuat menjadi ekstrak untuk dioleskan pada luka. Konsumsi daun durian secara oral juga dapat mendukung proses penyembuhan luka dari dalam tubuh.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat daun durian telah didukung oleh berbagai bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada menunjukkan bahwa ekstrak daun durian memiliki aktivitas antibakteri yang kuat terhadap bakteri penyebab infeksi luka, seperti Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa. Penelitian ini juga menemukan bahwa ekstrak daun durian dapat mempercepat penyembuhan luka pada tikus percobaan.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Airlangga menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak daun durian dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Penelitian ini menemukan bahwa pemberian ekstrak daun durian selama 8 minggu dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan HbA1c secara signifikan.

Studi kasus yang dilakukan oleh rumah sakit di Indonesia juga menunjukkan hasil yang positif. Seorang pasien dengan luka kronis yang tidak kunjung sembuh selama berbulan-bulan mengalami perbaikan yang signifikan setelah diobati dengan ekstrak daun durian. Luka pasien tersebut sembuh sepenuhnya dalam waktu 6 minggu setelah pengobatan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian mengenai manfaat daun durian masih terbatas. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat daun durian dan menentukan dosis serta cara penggunaan yang tepat.

Secara keseluruhan, bukti ilmiah dan studi kasus yang ada menunjukkan bahwa daun durian berpotensi menjadi pilihan alami yang bermanfaat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendukung klaim manfaat daun durian dan untuk mengembangkan pedoman penggunaan yang jelas.

FAQ Manfaat Daun Durian

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai manfaat daun durian:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat daun durian?

Daun durian memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah sebagai antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, antifungi, antidiabetes, antikanker, membantu meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, menurunkan kadar gula darah, dan membantu penyembuhan luka.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mengonsumsi daun durian?

Daun durian dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti:

  • Direbus menjadi teh
  • Dibuat jus
  • Diekstrak menjadi suplemen
  • Dioleskan langsung pada luka (untuk pengobatan topikal)

Pertanyaan 3: Apakah daun durian aman dikonsumsi?

Secara umum, daun durian aman dikonsumsi. Namun, perlu diperhatikan bahwa konsumsi daun durian dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti mual, muntah, dan diare. Selain itu, ibu hamil dan menyusui serta orang dengan kondisi medis tertentu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun durian.

Pertanyaan 4: Di mana bisa mendapatkan daun durian?

Daun durian dapat diperoleh dari pohon durian atau dibeli di pasar tradisional atau toko obat herbal.

Pertanyaan 5: Apakah ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat daun durian?

Ya, terdapat beberapa penelitian ilmiah yang menunjukkan berbagai manfaat kesehatan dari daun durian. Misalnya, penelitian telah menunjukkan bahwa daun durian memiliki aktivitas antibakteri, antiinflamasi, dan antidiabetes.

Kesimpulan: Daun durian memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tetapi konsumsi berlebihan harus dihindari. Jika memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi daun durian. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat daun durian dan menentukan dosis yang tepat.

Artikel Terkait:

  • Manfaat Daun Durian untuk Kesehatan
  • Cara Mengolah Daun Durian
  • Efek Samping Daun Durian

Tips Mengoptimalkan Manfaat Daun Durian

Untuk memperoleh manfaat optimal dari daun durian, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

Tip 1: Pilih Daun Durian Segar
Pilihlah daun durian yang masih segar dan berwarna hijau tua. Hindari daun yang layu, menguning, atau terdapat bercak-bercak hitam.

Tip 2: Bersihkan Daun Durian Secara Menyeluruh
Cuci daun durian dengan air bersih mengalir untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida. Rendam daun dalam air garam selama beberapa menit untuk membunuh bakteri.

Tip 3: Gunakan Daun Durian Segera
Daun durian sebaiknya digunakan segera setelah dipetik atau dibeli. Daun yang disimpan terlalu lama akan kehilangan khasiatnya.

Tip 4: Gunakan Dosis yang Tepat
Konsumsi daun durian dalam dosis yang wajar, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan masing-masing. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping.

Tip 5: Konsultasikan dengan Dokter
Bagi ibu hamil, menyusui, atau penderita kondisi medis tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun durian.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memperoleh manfaat optimal dari daun durian untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Kesimpulan: Daun durian merupakan tanaman bermanfaat yang memiliki banyak khasiat kesehatan. Dengan mengonsumsi daun durian secara bijak dan mengikuti tips yang diberikan, Anda dapat memaksimalkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Kesimpulan

Daun durian merupakan bagian dari pohon durian yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Daun durian mengandung senyawa aktif seperti flavonoid, saponin, dan tanin yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, kanker, infeksi bakteri dan jamur, masalah pencernaan, dan luka.

Dengan mengonsumsi daun durian secara teratur, dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mencegah berbagai penyakit. Namun, perlu diperhatikan untuk mengonsumsi daun durian dalam dosis yang tepat dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu bagi ibu hamil, menyusui, atau penderita kondisi medis tertentu.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru