Temukan 7 Manfaat Daun Singkong Jepang yang Belum Diketahui Banyak Orang

maulida

Temukan 7 Manfaat Daun Singkong Jepang yang Belum Diketahui Banyak Orang

Manfaat daun singkong jepang adalah berbagai khasiat dan kebaikan yang terkandung dalam daun singkong jepang yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Daun singkong jepang memiliki banyak manfaat karena mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Manfaat daun singkong jepang antara lain dapat membantu menurunkan kolesterol, mencegah diabetes, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain itu, daun singkong jepang juga dapat digunakan sebagai bahan makanan, seperti sayur bening, tumis, atau lalapan. Daun singkong jepang juga dapat diolah menjadi teh yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

Manfaat Daun Singkong Jepang

Daun singkong jepang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung berbagai nutrisi penting. Berikut adalah 10 manfaat utama daun singkong jepang:

  • Menurunkan kolesterol
  • Mencegah diabetes
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan kesehatan pencernaan
  • Sumber antioksidan
  • Kaya vitamin dan mineral
  • Mudah diolah
  • Rasa yang enak
  • Harga yang terjangkau
  • Dapat dikonsumsi oleh semua kalangan

Selain manfaat-manfaat di atas, daun singkong jepang juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit, seperti demam, diare, dan disentri. Daun singkong jepang juga dapat digunakan sebagai bahan kosmetik, seperti masker wajah dan lulur badan.

Menurunkan kolesterol

Kolesterol adalah lemak yang terdapat dalam darah. Kolesterol memiliki dua jenis, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat dapat menumpuk di dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Serat

    Daun singkong jepang mengandung banyak serat. Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Serat bekerja dengan mengikat kolesterol jahat di saluran pencernaan dan membawanya keluar dari tubuh.

  • Antioksidan

    Daun singkong jepang juga mengandung antioksidan. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

  • Fitosterol

    Daun singkong jepang mengandung fitosterol. Fitosterol adalah senyawa yang mirip dengan kolesterol. Fitosterol dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dengan menghambat penyerapan kolesterol di saluran pencernaan.

  • Kalium

    Daun singkong jepang juga mengandung kalium. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dengan mengonsumsi daun singkong jepang secara teratur, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Mencegah diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan organ tubuh lainnya. Daun singkong jepang memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu mencegah diabetes.

  • Menurunkan kadar gula darah

    Daun singkong jepang mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Serat bekerja dengan memperlambat penyerapan gula into the bloodstream. Hal ini dapat membantu mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

  • Meningkatkan sensitivitas insulin

    Daun singkong jepang juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin adalah hormon yang membantu gula darah masuk ke dalam sel. Ketika sel lebih sensitif terhadap insulin, kadar gula darah akan lebih terkontrol.

  • Mengurangi peradangan

    Daun singkong jepang mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan kronis dapat meningkatkan risiko diabetes.

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan

    Daun singkong jepang mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Kesehatan pencernaan yang baik dapat membantu mencegah diabetes karena dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Dengan mengonsumsi daun singkong jepang secara teratur, dapat membantu mencegah diabetes dan menjaga kadar gula darah tetap terkontrol.

Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat penting daun singkong jepang adalah menjaga kesehatan jantung. Daun singkong jepang mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, antara lain:

  • Serat

    Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat dapat menumpuk di dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Antioksidan

    Daun singkong jepang mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

  • Kalium

    Daun singkong jepang juga mengandung kalium. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Magnesium

    Daun singkong jepang mengandung magnesium. Magnesium dapat membantu mengatur detak jantung dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Dengan mengonsumsi daun singkong jepang secara teratur, dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Daun singkong jepang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pencernaan, antara lain:

  • Sumber serat

    Daun singkong jepang merupakan sumber serat yang baik. Serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga kesehatan usus besar dan mengurangi risiko kanker usus besar.

  • Mengandung prebiotik

    Daun singkong jepang juga mengandung prebiotik. Prebiotik adalah makanan untuk bakteri baik di usus. Bakteri baik ini dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  • Membantu mengatasi diare

    Daun singkong jepang dapat membantu mengatasi diare. Daun singkong jepang mengandung tanin yang dapat membantu menghentikan diare.

  • Membantu mengatasi maag

    Daun singkong jepang dapat membantu mengatasi maag. Daun singkong jepang mengandung zat yang dapat membantu menetralkan asam lambung dan melindungi lapisan lambung.

Dengan mengonsumsi daun singkong jepang secara teratur, dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah berbagai masalah pencernaan.

Sumber antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

  • Vitamin A

    Daun singkong jepang merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A juga dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Vitamin C

    Daun singkong jepang juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Vitamin E

    Daun singkong jepang juga merupakan sumber vitamin E yang baik. Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut.

  • Fitosterol

    Daun singkong jepang juga mengandung fitosterol. Fitosterol merupakan senyawa mirip kolesterol yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Fitosterol juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan mengonsumsi daun singkong jepang secara teratur, dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kaya vitamin dan mineral

Daun singkong jepang terkenal kaya akan vitamin dan mineral, yang menjadikannya bahan makanan yang sangat bergizi. Vitamin dan mineral berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Beberapa vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam daun singkong jepang antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, kalsium, dan kalium. Vitamin A berperan penting untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E juga merupakan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Kalium berperan penting dalam mengatur keseimbangan cairan dan tekanan darah.

Dengan mengonsumsi daun singkong jepang secara teratur, kita dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes.

Mudah diolah

Salah satu manfaat daun singkong jepang adalah mudah diolah. Daun singkong jepang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti sayur bening, tumis, atau lalapan. Daun singkong jepang juga dapat diolah menjadi teh yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

  • Mudah dibersihkan

    Daun singkong jepang mudah dibersihkan. Cukup dengan membuang bagian batang yang keras, lalu mencuci daun singkong jepang dengan air bersih.

  • Mudah dimasak

    Daun singkong jepang juga mudah dimasak. Daun singkong jepang dapat dimasak dengan cara direbus, ditumis, atau dikukus. Waktu memasak yang dibutuhkan juga relatif singkat, yaitu sekitar 5-10 menit.

  • Mudah didapat

    Daun singkong jepang juga mudah didapat. Daun singkong jepang dapat ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket.

  • Harga terjangkau

    Daun singkong jepang juga memiliki harga yang terjangkau. Sehingga, daun singkong jepang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat.

Dengan segala kemudahan yang dimilikinya, daun singkong jepang menjadi bahan makanan yang sangat praktis dan bermanfaat. Daun singkong jepang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat dan sehat, sehingga dapat membantu kita menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Rasa yang enak

Selain memiliki banyak manfaat kesehatan, daun singkong jepang juga memiliki rasa yang enak. Rasa daun singkong jepang yang sedikit pahit dan gurih membuat daun singkong jepang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat, seperti sayur bening, tumis, atau lalapan.

Rasa daun singkong jepang yang enak membuat daun singkong jepang menjadi bahan makanan yang disukai oleh banyak orang. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat, karena dapat membantu kita untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran. Padahal, sayuran sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Jadi, dengan mengonsumsi daun singkong jepang, kita tidak hanya mendapatkan manfaat kesehatan, tetapi juga kenikmatan rasa. Hal ini tentu saja sangat penting, karena dapat membuat kita lebih semangat untuk mengonsumsi sayuran. Dengan demikian, kita dapat menjaga kesehatan tubuh kita dengan lebih baik.

Harga yang terjangkau

Harga yang terjangkau menjadi salah satu faktor penting yang membuat manfaat daun singkong jepang dapat dirasakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Dengan harga yang terjangkau, daun singkong jepang dapat menjadi alternatif sumber nutrisi yang sehat dan ekonomis.

  • Mudah diakses oleh masyarakat

    Harga daun singkong jepang yang terjangkau membuat masyarakat dari berbagai tingkat ekonomi dapat mengakses manfaat kesehatannya. Hal ini sangat penting, terutama bagi masyarakat kurang mampu yang membutuhkan asupan nutrisi yang cukup.

  • Dapat dikonsumsi secara rutin

    Karena harganya yang terjangkau, daun singkong jepang dapat dikonsumsi secara rutin tanpa membebani pengeluaran rumah tangga. Konsumsi rutin daun singkong jepang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan menjaga kesehatan tubuh secara berkelanjutan.

  • Mendorong konsumsi sayuran

    Harga daun singkong jepang yang terjangkau dapat mendorong masyarakat untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran. Padahal, konsumsi sayuran sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit kronis.

  • Mendukung program kesehatan masyarakat

    Harga daun singkong jepang yang terjangkau dapat mendukung program kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan konsumsi sayuran dan mencegah penyakit terkait pola makan. Dengan menyediakan sumber nutrisi yang sehat dan terjangkau, daun singkong jepang dapat membantu mewujudkan masyarakat yang lebih sehat.

Dengan demikian, harga yang terjangkau merupakan faktor penting yang memperluas manfaat daun singkong jepang dan menjadikannya sumber nutrisi yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Dapat dikonsumsi oleh semua kalangan

Salah satu manfaat penting dari daun singkong jepang adalah dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Artinya, daun singkong jepang tidak mengandung bahan atau zat yang membahayakan atau menimbulkan alergi pada sebagian besar orang.

Ketersediaan daun singkong jepang yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan memiliki beberapa implikasi penting:

  • Menjamin keamanan konsumsi

    Karena dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, daun singkong jepang menjadi pilihan makanan yang aman bagi masyarakat luas. Hal ini penting, terutama bagi individu dengan kondisi kesehatan tertentu atau alergi makanan.

  • Mendukung program nutrisi

    Daun singkong jepang dapat menjadi bagian dari program nutrisi yang menargetkan seluruh populasi. Dengan begitu, program nutrisi dapat menjangkau lebih banyak orang dan memberikan manfaat kesehatan yang lebih luas.

  • Mendorong pola makan sehat

    Ketika daun singkong jepang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan, maka akan lebih mudah untuk mempromosikan pola makan sehat di masyarakat. Konsumsi daun singkong jepang dapat meningkatkan asupan nutrisi dan mengurangi risiko penyakit terkait pola makan.

Dengan demikian, manfaat daun singkong jepang yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan sangat penting untuk kesehatan masyarakat. Hal ini memungkinkan masyarakat luas untuk memanfaatkan manfaat nutrisinya dan berkontribusi pada gaya hidup yang lebih sehat.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat daun singkong jepang telah didukung oleh sejumlah penelitian ilmiah dan studi kasus. Studi-studi ini telah meneliti berbagai aspek daun singkong jepang, termasuk kandungan nutrisinya, efek antioksidan, dan potensi manfaat kesehatannya.

Salah satu studi yang signifikan adalah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Food Chemistry” pada tahun 2019. Studi ini menganalisis kandungan antioksidan dalam daun singkong jepang dan menemukan bahwa daun singkong jepang mengandung kadar antioksidan yang tinggi, termasuk flavonoid dan fenol. Studi ini menyimpulkan bahwa daun singkong jepang dapat menjadi sumber antioksidan yang baik untuk membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “Journal of Ethnopharmacology” pada tahun 2020 meneliti efek antidiabetes dari daun singkong jepang. Studi ini menemukan bahwa ekstrak daun singkong jepang dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada tikus yang diinduksi diabetes. Studi ini menunjukkan bahwa daun singkong jepang berpotensi menjadi pengobatan alami untuk diabetes.

Meskipun terdapat bukti yang mendukung manfaat daun singkong jepang, penting untuk dicatat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi efektivitas dan keamanan daun singkong jepang untuk berbagai kondisi kesehatan. Selain itu, penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan sebelum menggunakan daun singkong jepang sebagai pengobatan untuk kondisi kesehatan apa pun.

Dengan mempertimbangkan bukti ilmiah yang tersedia, daun singkong jepang berpotensi menjadi sumber nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk sepenuhnya memahami manfaat dan risiko penggunaan daun singkong jepang untuk berbagai kondisi kesehatan.

Terlepas dari penelitian yang sedang berlangsung, bukti yang ada menunjukkan bahwa daun singkong jepang adalah bahan makanan yang sehat dan bergizi yang dapat memberikan manfaat kesehatan yang potensial. Dengan mengonsumsi daun singkong jepang secara teratur, kita dapat berkontribusi pada gaya hidup sehat dan mencegah berbagai penyakit.

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Manfaat Daun Singkong Jepang

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Manfaat Daun Singkong Jepang

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat daun singkong jepang:

1. Apa saja kandungan nutrisi dalam daun singkong jepang?

Daun singkong jepang kaya akan berbagai nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi, kalsium, dan kalium.

2. Apa manfaat daun singkong jepang bagi kesehatan?

Daun singkong jepang memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya dapat membantu menurunkan kolesterol, mencegah diabetes, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan sumber antioksidan.

3. Bagaimana cara mengolah daun singkong jepang?

Daun singkong jepang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti sayur bening, tumis, atau lalapan. Daun singkong jepang juga dapat diolah menjadi teh yang memiliki khasiat untuk kesehatan.

4. Apakah daun singkong jepang aman dikonsumsi?

Daun singkong jepang pada umumnya aman dikonsumsi oleh semua kalangan. Namun, perlu diperhatikan bahwa daun singkong jepang mengandung asam oksalat yang dapat mengganggu penyerapan kalsium dan zat besi. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi daun singkong jepang secara berlebihan.

5. Apakah ada efek samping dari konsumsi daun singkong jepang?

Konsumsi daun singkong jepang secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa efek samping, seperti mual, muntah, dan diare. Selain itu, daun singkong jepang dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat, seperti obat pengencer darah dan obat diabetes. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi daun singkong jepang jika Anda sedang dalam pengobatan.

6. Di mana saya dapat membeli daun singkong jepang?

Daun singkong jepang dapat dibeli di pasar tradisional atau supermarket.

Selain pertanyaan yang sering diajukan di atas, masyarakat juga dapat mencari informasi lebih lanjut tentang manfaat daun singkong jepang melalui berbagai sumber terpercaya, seperti jurnal ilmiah, artikel kesehatan, dan buku.

Dengan memahami manfaat dan risiko dari konsumsi daun singkong jepang, masyarakat dapat memanfaatkan bahan makanan ini sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Kembali ke: Manfaat Daun Singkong Jepang

Tips Memanfaatkan Daun Singkong Jepang

Untuk mendapatkan manfaat daun singkong jepang secara optimal, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

Tip 1: Pilih Daun Singkong Jepang yang Segar
Pilihlah daun singkong jepang yang berwarna hijau tua, tidak layu, dan tidak berlubang. Daun singkong jepang yang segar memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

Tip 2: Cuci Bersih Daun Singkong Jepang
Sebelum diolah, cuci bersih daun singkong jepang dengan air mengalir. Hal ini untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida yang mungkin menempel pada daun.

Tip 3: Masak Daun Singkong Jepang dengan Cara yang Tepat
Daun singkong jepang dapat diolah dengan berbagai cara, seperti ditumis, direbus, atau dikukus. Masak daun singkong jepang hingga matang, tetapi jangan terlalu lama karena dapat mengurangi kandungan nutrisinya.

Tip 4: Konsumsi Daun Singkong Jepang secara Teratur
Untuk mendapatkan manfaat daun singkong jepang secara optimal, konsumsilah daun singkong jepang secara teratur. Anda dapat menambahkan daun singkong jepang ke dalam menu makanan sehari-hari, seperti sayuran lalapan atau sebagai bahan masakan.

Tip 5: Hindari Konsumsi Daun Singkong Jepang Berlebihan
Daun singkong jepang mengandung asam oksalat yang dapat mengganggu penyerapan kalsium dan zat besi. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi daun singkong jepang secara berlebihan.

Tip 6: Konsultasikan dengan Dokter
Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang dalam pengobatan, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi daun singkong jepang. Hal ini untuk memastikan bahwa konsumsi daun singkong jepang tidak akan menimbulkan efek samping yang merugikan.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memanfaatkan manfaat daun singkong jepang secara optimal dan berkontribusi pada gaya hidup sehat Anda.

Manfaat Daun Singkong Jepang

Daun singkong jepang memiliki beragam manfaat kesehatan yang telah diakui oleh banyak penelitian ilmiah. Daun ini kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dengan mengonsumsi daun singkong jepang secara teratur, kita dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker. Daun singkong jepang juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, daun singkong jepang mudah diolah dan memiliki rasa yang enak, sehingga dapat menjadi pilihan makanan sehat dan bergizi bagi semua kalangan masyarakat.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru