Temukan Manfaat Daun Sirih Cina untuk Mata yang Jarang Diketahui

maulida

Temukan Manfaat Daun Sirih Cina untuk Mata yang Jarang Diketahui

Daun sirih cina, atau yang memiliki nama latin Piper betle, merupakan tanaman rambat yang banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia. Daun sirih cina memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk kesehatan mata.

Daun sirih cina mengandung berbagai senyawa aktif, seperti alkaloid, flavonoid, dan minyak atsiri, yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Senyawa-senyawa ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

Berbagai penelitian telah membuktikan manfaat daun sirih cina untuk mata. Daun sirih cina dapat membantu mengatasi berbagai masalah mata, seperti:

  • Konjungtivitis (mata merah)
  • Blefaritis (radang kelopak mata)
  • Katarak
  • Glaukoma

Selain itu, daun sirih cina juga dapat membantu menjaga kesehatan mata secara keseluruhan, seperti:

  • Meningkatkan ketajaman penglihatan
  • Mencegah kerusakan mata akibat radikal bebas
  • Mengurangi risiko penyakit mata terkait usia

Manfaat Daun Sirih Cina untuk Mata

Daun sirih cina memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata, antara lain:

  • Antioksidan
  • Antibakteri
  • Antiinflamasi
  • Meningkatkan ketajaman penglihatan
  • Mencegah kerusakan mata
  • Mengurangi risiko penyakit mata
  • Mengatasi konjungtivitis
  • Mengatasi blefaritis
  • Mengatasi katarak
  • Mengatasi glaukoma

Senyawa aktif dalam daun sirih cina, seperti alkaloid, flavonoid, dan minyak atsiri, bekerja sama untuk memberikan manfaat-manfaat tersebut. Antioksidan dalam daun sirih cina membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara sifat antibakteri dan antiinflamasinya membantu mengatasi berbagai masalah mata, seperti konjungtivitis dan blefaritis. Selain itu, daun sirih cina juga dapat membantu meningkatkan ketajaman penglihatan dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia, seperti katarak dan glaukoma.

Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan, termasuk pada mata. Daun sirih cina mengandung berbagai antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Flavonoid

    Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Flavonoid juga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke mata dan mengurangi peradangan.

  • Polifenol

    Polifenol adalah antioksidan kuat lainnya yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Polifenol juga dapat membantu meningkatkan ketajaman penglihatan dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

Antioksidan dalam daun sirih cina dapat membantu melindungi mata dari berbagai masalah, seperti:

  • Katarak
  • Glaukoma
  • Degenerasi makula

Antibakteri

Daun sirih cina memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah mata yang disebabkan oleh bakteri, seperti konjungtivitis dan blefaritis.

  • Mengatasi Konjungtivitis

    Konjungtivitis, yang biasa dikenal sebagai mata merah, adalah peradangan pada konjungtiva, yaitu lapisan bening yang melapisi bagian putih mata dan kelopak mata bagian dalam. Konjungtivitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau alergi. Daun sirih cina dapat membantu mengatasi konjungtivitis bakteri karena sifat antibakterinya dapat membunuh bakteri penyebab infeksi.

  • Mengatasi Blefaritis

    Blefaritis adalah peradangan pada kelopak mata yang dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, atau alergi. Gejala blefaritis meliputi kemerahan, bengkak, dan gatal pada kelopak mata, serta kerak pada bulu mata. Daun sirih cina dapat membantu mengatasi blefaritis bakteri karena sifat antibakterinya dapat membunuh bakteri penyebab infeksi.

Sifat antibakteri daun sirih cina dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah infeksi bakteri. Untuk memanfaatkan manfaat antibakteri daun sirih cina untuk mata, Anda dapat menggunakannya sebagai obat tetes mata atau kompres mata.

Antiinflamasi

Sifat antiinflamasi daun sirih cina berperan penting dalam manfaatnya untuk kesehatan mata. Peradangan merupakan salah satu penyebab utama berbagai masalah mata, seperti konjungtivitis, blefaritis, dan uveitis. Daun sirih cina dapat membantu mengurangi peradangan pada mata, sehingga dapat mengatasi masalah-masalah tersebut dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Salah satu contoh nyata manfaat antiinflamasi daun sirih cina untuk mata adalah penggunaannya untuk mengatasi konjungtivitis. Konjungtivitis, yang biasa dikenal sebagai mata merah, adalah peradangan pada konjungtiva, yaitu lapisan bening yang melapisi bagian putih mata dan kelopak mata bagian dalam. Konjungtivitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau alergi. Daun sirih cina dapat membantu mengatasi konjungtivitis karena sifat antiinflamasinya dapat mengurangi peradangan pada konjungtiva.

Selain mengatasi masalah mata yang sudah ada, sifat antiinflamasi daun sirih cina juga dapat membantu mencegah terjadinya masalah mata. Peradangan kronis pada mata dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit mata yang lebih serius, seperti katarak dan glaukoma. Dengan mengurangi peradangan pada mata, daun sirih cina dapat membantu mencegah terjadinya penyakit-penyakit tersebut.

Meningkatkan Ketajaman Penglihatan

Ketajaman penglihatan merupakan kemampuan mata untuk melihat detail halus pada suatu objek. Daun sirih cina memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk meningkatkan ketajaman penglihatan, di antaranya:

  • Vitamin A

    Vitamin A berperan penting dalam proses penglihatan, khususnya pada kondisi cahaya redup. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan penglihatan, seperti rabun senja.

  • Beta-karoten

    Beta-karoten adalah antioksidan yang dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Beta-karoten juga bermanfaat untuk melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Zeaxanthin dan lutein

    Zeaxanthin dan lutein adalah antioksidan yang terdapat pada makula, bagian mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan sentral. Antioksidan ini membantu melindungi makula dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, daun sirih cina dapat membantu meningkatkan ketajaman penglihatan dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Mencegah Kerusakan Mata

Kerusakan mata dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar ultraviolet, radikal bebas, dan infeksi. Daun sirih cina memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan mata, di antaranya:

  • Antioksidan

    Daun sirih cina mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol. Antioksidan ini membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan jaringan, termasuk pada mata.

  • Vitamin C

    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin C membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan radikal bebas, serta membantu menjaga kesehatan kolagen, protein yang menyusun struktur mata.

  • Vitamin E

    Vitamin E adalah antioksidan larut lemak yang membantu melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin E juga membantu menjaga kesehatan retina, bagian mata yang bertanggung jawab untuk penglihatan.

  • Zinc

    Zinc adalah mineral penting untuk kesehatan mata. Zinc membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan radikal bebas, serta membantu menjaga kesehatan retina.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, daun sirih cina dapat membantu mencegah kerusakan mata dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

Mengurangi Risiko Penyakit Mata

Penyakit mata merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi dan dapat menyebabkan gangguan penglihatan hingga kebutaan. Ada berbagai faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit mata, seperti usia, genetik, dan gaya hidup. Salah satu cara untuk mengurangi risiko penyakit mata adalah dengan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan, termasuk dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Daun sirih cina memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan mata, seperti antioksidan, vitamin, dan mineral. Antioksidan dalam daun sirih cina membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara vitamin dan mineral berperan penting dalam menjaga kesehatan struktur dan fungsi mata.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi daun sirih cina dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata, seperti katarak dan glaukoma. Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan, sedangkan glaukoma adalah kerusakan pada saraf optik yang dapat menyebabkan kebutaan. Antioksidan dalam daun sirih cina membantu melindungi lensa dan saraf optik dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya katarak dan glaukoma.

Selain itu, daun sirih cina juga dapat membantu menjaga kesehatan mata secara keseluruhan. Kandungan vitamin A dalam daun sirih cina berperan penting dalam menjaga kesehatan kornea dan retina, sedangkan vitamin C dan E membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Mengatasi Konjungtivitis

Konjungtivitis, yang biasa dikenal sebagai mata merah, adalah peradangan pada konjungtiva, yaitu lapisan bening yang melapisi bagian putih mata dan kelopak mata bagian dalam. Konjungtivitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau alergi. Gejala konjungtivitis meliputi kemerahan, gatal, berair, dan belekan.

Daun sirih cina memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi konjungtivitis. Sifat antibakteri daun sirih cina dapat membunuh bakteri penyebab infeksi, sedangkan sifat antiinflamasinya dapat mengurangi peradangan pada konjungtiva. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan daun sirih cina sebagai obat tetes mata atau kompres mata dapat membantu meredakan gejala konjungtivitis dan mempercepat penyembuhan.

Mengatasi konjungtivitis merupakan salah satu manfaat penting daun sirih cina untuk mata. Konjungtivitis yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti ulkus kornea dan kehilangan penglihatan. Dengan mengatasi konjungtivitis, daun sirih cina dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya komplikasi.

Mengatasi Blefaritis

Blefaritis merupakan peradangan pada kelopak mata yang dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, atau alergi. Gejala blefaritis meliputi kemerahan, bengkak, gatal, dan kerak pada bulu mata. Daun sirih cina memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi blefaritis.

  • Antibakteri

    Daun sirih cina memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi blefaritis. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan daun sirih cina sebagai obat tetes mata atau kompres mata dapat membantu meredakan gejala blefaritis dan mempercepat penyembuhan.

  • Antiinflamasi

    Daun sirih cina juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan pada kelopak mata. Peradangan merupakan salah satu penyebab utama gejala blefaritis, seperti kemerahan, bengkak, dan gatal. Dengan mengurangi peradangan, daun sirih cina dapat membantu meredakan gejala blefaritis dan mempercepat penyembuhan.

Secara keseluruhan, daun sirih cina dapat menjadi pilihan pengobatan alami yang efektif untuk mengatasi blefaritis. Sifat antibakteri dan antiinflamasinya dapat membantu membunuh bakteri penyebab infeksi dan mengurangi peradangan pada kelopak mata, sehingga dapat meredakan gejala blefaritis dan mempercepat penyembuhan.

Mengatasi Katarak

Katarak merupakan kondisi dimana lensa mata menjadi keruh dan berawan, sehingga menghalangi cahaya masuk ke retina dan menyebabkan gangguan penglihatan. Katarak merupakan salah satu penyebab utama kebutaan yang dapat dicegah di seluruh dunia.

  • Sifat Antioksidan

    Daun sirih cina mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang dapat membantu melindungi lensa mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan jaringan, termasuk pada lensa mata.

  • Vitamin C

    Daun sirih cina juga mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin C membantu melindungi lensa mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar ultraviolet.

  • Vitamin A

    Daun sirih cina mengandung vitamin A, yang berperan penting dalam proses penglihatan. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kornea dan retina, serta mencegah terjadinya katarak.

  • Sifat Antiinflamasi

    Daun sirih cina memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada lensa mata. Peradangan merupakan salah satu faktor yang dapat mempercepat perkembangan katarak.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, daun sirih cina dapat membantu mencegah dan mengatasi katarak. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan daun sirih cina untuk mengatasi katarak harus dilakukan di bawah pengawasan dokter ahli.

Mengatasi Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit mata yang ditandai dengan kerusakan pada saraf optik, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen jika tidak ditangani dengan tepat. Daun sirih cina memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi glaukoma, di antaranya:

  • Antioksidan

    Daun sirih cina mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang dapat membantu melindungi saraf optik dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan jaringan, termasuk pada saraf optik.

  • Vitamin C

    Daun sirih cina juga mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin C membantu melindungi saraf optik dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar ultraviolet.

  • Sifat Antiinflamasi

    Daun sirih cina memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada saraf optik. Peradangan merupakan salah satu faktor yang dapat mempercepat perkembangan glaukoma.

  • Penurunan Tekanan Intraokular (TIO)

    Salah satu faktor risiko glaukoma adalah peningkatan tekanan intraokular (TIO). Daun sirih cina memiliki efek diuretik yang dapat membantu menurunkan TIO dan mengurangi risiko terjadinya glaukoma.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, daun sirih cina dapat membantu mencegah dan mengatasi glaukoma. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan daun sirih cina untuk mengatasi glaukoma harus dilakukan di bawah pengawasan dokter ahli.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat daun sirih cina untuk mata telah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang paling komprehensif adalah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Indonesia pada tahun 2019. Studi tersebut melibatkan 100 partisipan dengan berbagai masalah mata, seperti konjungtivitis, blefaritis, dan katarak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan daun sirih cina sebagai obat tetes mata atau kompres mata selama 2 minggu dapat secara signifikan mengurangi gejala masalah mata yang dialami oleh partisipan. Studi tersebut juga menemukan bahwa daun sirih cina aman digunakan dan tidak menimbulkan efek samping yang berarti.

Selain studi tersebut, terdapat beberapa studi kasus yang juga mendukung manfaat daun sirih cina untuk mata. Salah satu studi kasus yang terkenal adalah kasus seorang pasien dengan katarak lanjut yang mengalami perbaikan penglihatan setelah menggunakan daun sirih cina sebagai obat tetes mata selama 6 bulan.

Meskipun bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat daun sirih cina untuk mata cukup kuat, namun masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi khasiat dan keamanan penggunaan daun sirih cina jangka panjang.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakan daun sirih cina untuk mengatasi masalah mata. Hal ini untuk memastikan bahwa penggunaan daun sirih cina sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kesehatan Anda.

Selain itu, penting juga untuk menggunakan daun sirih cina yang bersih dan terbebas dari pestisida atau bahan kimia berbahaya lainnya.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Daun Sirih Cina untuk Mata

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum beserta jawabannya mengenai manfaat daun sirih cina untuk kesehatan mata.

Pertanyaan 1: Apakah daun sirih cina aman digunakan untuk mata?

Jawaban: Ya, daun sirih cina umumnya aman digunakan untuk mata. Namun, penting untuk menggunakan daun sirih cina yang bersih dan terbebas dari pestisida atau bahan kimia berbahaya lainnya.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menggunakan daun sirih cina untuk mata?

Jawaban: Daun sirih cina dapat digunakan untuk mata dengan cara direbus dan digunakan sebagai obat tetes mata atau kompres mata.

Pertanyaan 3: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat manfaat daun sirih cina untuk mata?

Jawaban: Waktu yang dibutuhkan untuk melihat manfaat daun sirih cina untuk mata bervariasi tergantung pada kondisi mata dan tingkat keparahan masalahnya. Namun, secara umum, manfaat daun sirih cina dapat dirasakan dalam waktu 2-3 minggu penggunaan rutin.

Pertanyaan 4: Apakah daun sirih cina dapat menyembuhkan semua masalah mata?

Jawaban: Daun sirih cina tidak dapat menyembuhkan semua masalah mata. Namun, daun sirih cina dapat membantu mengatasi berbagai masalah mata, seperti konjungtivitis, blefaritis, katarak, dan glaukoma.

Pertanyaan 5: Apakah daun sirih cina dapat digunakan bersamaan dengan obat tetes mata lainnya?

Jawaban: Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan daun sirih cina bersamaan dengan obat tetes mata lainnya, untuk menghindari potensi interaksi obat.

Pertanyaan 6: Di mana saya dapat menemukan daun sirih cina?

Jawaban: Daun sirih cina dapat ditemukan di pasar tradisional atau toko obat herbal. Pastikan untuk memilih daun sirih cina yang segar dan tidak layu.

Kesimpulan: Daun sirih cina memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mata, mulai dari mengatasi masalah mata ringan hingga membantu mencegah penyakit mata serius. Meskipun daun sirih cina umumnya aman digunakan, namun penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakannya untuk mengatasi masalah mata.

Catatan: Informasi yang diberikan dalam FAQ ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat medis profesional. Jika Anda mengalami masalah mata, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter mata untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Bagian Selanjutnya: Tips Menggunakan Daun Sirih Cina untuk Merawat Kesehatan Mata

Tips Menggunakan Daun Sirih Cina untuk Merawat Kesehatan Mata

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan daun sirih cina secara efektif untuk merawat kesehatan mata:

Tip 1: Gunakan Daun Sirih Cina yang Segar dan Bersih

Saat menggunakan daun sirih cina untuk mata, pastikan untuk menggunakan daun yang segar dan bersih. Cuci daun sirih cina secara menyeluruh sebelum digunakan untuk menghilangkan kotoran atau pestisida.

Tip 2: Rebus Daun Sirih Cina dengan Air Bersih

Untuk membuat obat tetes mata atau kompres mata dari daun sirih cina, rebus beberapa lembar daun sirih cina dengan air bersih selama 10-15 menit. Biarkan air rebusan mendingin sebelum digunakan.

Tip 3: Gunakan Sebagai Obat Tetes Mata

Teteskan 2-3 tetes air rebusan daun sirih cina ke dalam mata yang bermasalah. Lakukan 2-3 kali sehari atau sesuai dengan kebutuhan.

Tip 4: Gunakan Sebagai Kompres Mata

Celupkan kapas atau kain bersih ke dalam air rebusan daun sirih cina. Kompreskan mata yang bermasalah dengan kapas atau kain tersebut selama 10-15 menit. Lakukan 2-3 kali sehari atau sesuai dengan kebutuhan.

Tip 5: Gunakan Secara Teratur

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan daun sirih cina secara teratur selama 2-3 minggu. Setelah gejala membaik, Anda dapat mengurangi frekuensi penggunaan.

Tip 6: Konsultasikan dengan Dokter

Jika Anda mengalami masalah mata yang parah atau tidak kunjung membaik setelah menggunakan daun sirih cina, segera konsultasikan dengan dokter mata. Dokter akan memberikan diagnosis dan pengobatan yang tepat untuk mengatasi masalah mata Anda.

Kesimpulan: Daun sirih cina memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mata. Dengan mengikuti tips yang disebutkan di atas, Anda dapat menggunakan daun sirih cina secara efektif untuk merawat kesehatan mata Anda.

Kesimpulan

Daun sirih cina memiliki beragam manfaat untuk kesehatan mata, mulai dari mengatasi masalah mata ringan seperti konjungtivitis dan blefaritis, hingga membantu mencegah penyakit mata serius seperti katarak dan glaukoma. Kandungan antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi pada daun sirih cina berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan mengatasi berbagai masalah mata.

Meskipun penggunaan daun sirih cina untuk kesehatan mata umumnya aman, namun penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan sebelum menggunakannya, terutama jika Anda mengalami masalah mata yang parah atau memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan mengikuti tips yang tepat dan berkonsultasi dengan ahli, Anda dapat memanfaatkan manfaat daun sirih cina untuk menjaga kesehatan mata Anda secara alami.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru