Temukan Khasiat Jamu Cabe Puyang yang Belum Banyak Diketahui

maulida

Temukan Khasiat Jamu Cabe Puyang yang Belum Banyak Diketahui

Jamu cabe puyang merupakan minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari cabe puyang, kunyit, dan rempah-rempah lainnya. Minuman ini dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan stamina, melancarkan pencernaan, dan mengurangi rasa sakit.

Cabe puyang mengandung senyawa yang disebut capsaicin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik. Senyawa ini dapat membantu mengurangi rasa sakit pada persendian, otot, dan sakit kepala. Selain itu, cabe puyang juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan.

Kunyit, bahan lain yang terdapat dalam jamu cabe puyang, juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Kunyit mengandung senyawa curcumin, yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakteri. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi hati, dan melindungi jantung.

Secara keseluruhan, jamu cabe puyang merupakan minuman tradisional yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minuman ini dapat membantu meningkatkan stamina, melancarkan pencernaan, mengurangi rasa sakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan melindungi sel-sel dari kerusakan.

Manfaat Jamu Cabe Puyang

Jamu cabe puyang merupakan minuman tradisional Indonesia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berbagai aspek penting terkait manfaat jamu cabe puyang antara lain:

  • Meningkatkan stamina
  • Melancarkan pencernaan
  • Mengurangi rasa sakit
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Melindungi sel dari kerusakan
  • Anti-inflamasi
  • Antioksidan
  • Antibakteri
  • Meningkatkan fungsi hati

Semua aspek tersebut saling berkaitan dan berkontribusi pada manfaat keseluruhan jamu cabe puyang. Misalnya, sifat anti-inflamasi dan analgesik jamu cabe puyang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan, sementara sifat antioksidannya dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sifat antibakteri jamu cabe puyang dapat membantu melawan infeksi dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Secara keseluruhan, jamu cabe puyang merupakan minuman tradisional yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berbagai aspek penting terkait manfaat jamu cabe puyang saling berkaitan dan berkontribusi pada khasiatnya yang luar biasa.

Meningkatkan stamina

Stamina adalah kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik dalam waktu yang lama tanpa merasa lelah. Jamu cabe puyang dapat membantu meningkatkan stamina dengan cara:

  • Meningkatkan aliran darah
    Capsaicin dalam cabe puyang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otot, sehingga memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk aktivitas fisik.
  • Mengurangi peradangan
    Sifat anti-inflamasi jamu cabe puyang dapat membantu mengurangi peradangan pada otot, sehingga mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kinerja fisik.
  • Meningkatkan kadar energi
    Jamu cabe puyang mengandung kafein dan senyawa lain yang dapat membantu meningkatkan kadar energi dan kewaspadaan.
  • Meningkatkan metabolisme
    Capsaicin dalam cabe puyang dapat membantu meningkatkan metabolisme, yang dapat membantu membakar lemak dan meningkatkan produksi energi.

Dengan cara-cara tersebut, jamu cabe puyang dapat membantu meningkatkan stamina dan kinerja fisik secara keseluruhan.

Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang lancar sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Pencernaan yang baik membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan, membuang limbah, dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan kembung.

Jamu cabe puyang dapat membantu melancarkan pencernaan dengan cara:

  • Meningkatkan produksi cairan pencernaan
    Cabe puyang mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan produksi cairan pencernaan, seperti asam lambung dan empedu. Cairan pencernaan ini penting untuk memecah makanan dan menyerap nutrisi.
  • Merangsang gerakan usus
    Capsaicin dalam cabe puyang dapat membantu merangsang gerakan usus, sehingga mempercepat waktu transit makanan dalam saluran pencernaan. Hal ini dapat membantu mencegah sembelit dan kembung.
  • Mengurangi peradangan
    Sifat anti-inflamasi jamu cabe puyang dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan, sehingga meningkatkan penyerapan nutrisi dan mencegah masalah pencernaan.

Dengan cara-cara tersebut, jamu cabe puyang dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Mengurangi rasa sakit

Jamu cabe puyang memiliki khasiat untuk mengurangi rasa sakit. Khasiat ini berkaitan dengan kandungan capsaicin dalam cabe puyang, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik.

  • Mengurangi nyeri sendi
    Sifat anti-inflamasi jamu cabe puyang dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi, sehingga mengurangi rasa nyeri dan meningkatkan mobilitas pada penderita osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.
  • Mengurangi nyeri otot
    Capsaicin dalam jamu cabe puyang dapat membantu meredakan nyeri otot dengan cara memblokir sinyal nyeri yang dikirim ke otak.
  • Mengurangi sakit kepala
    Jamu cabe puyang dapat membantu mengurangi sakit kepala dengan cara meningkatkan aliran darah ke kepala dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah di kepala.
  • Mengurangi nyeri haid
    Sifat anti-inflamasi jamu cabe puyang dapat membantu mengurangi peradangan pada rahim, sehingga mengurangi nyeri haid.

Dengan demikian, jamu cabe puyang dapat menjadi pilihan alami untuk mengurangi rasa sakit pada berbagai kondisi, seperti nyeri sendi, nyeri otot, sakit kepala, dan nyeri haid.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Jamu cabe puyang memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antara lain:

  • Meningkatkan produksi sel darah putih
    Jamu cabe puyang mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami
    Capsaicin dalam cabe puyang dapat membantu meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami, yang berperan penting dalam membunuh sel-sel yang terinfeksi virus dan bakteri.
  • Mengurangi peradangan
    Sifat anti-inflamasi jamu cabe puyang dapat membantu mengurangi peradangan kronis, yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.
  • Meningkatkan kadar antibodi
    Jamu cabe puyang mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan kadar antibodi, yang merupakan protein yang mengenali dan menghancurkan patogen.

Dengan cara-cara tersebut, jamu cabe puyang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Melindungi sel dari kerusakan

Sel-sel tubuh kita terus-menerus menghadapi berbagai jenis kerusakan, seperti kerusakan akibat radikal bebas, racun lingkungan, dan radiasi. Kerusakan sel ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini, penyakit kronis, dan kanker.

Jamu cabe puyang memiliki banyak manfaat untuk melindungi sel dari kerusakan, antara lain:

  • Antioksidan
    Jamu cabe puyang mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh.
  • Anti-inflamasi
    Sifat anti-inflamasi jamu cabe puyang dapat membantu mengurangi peradangan kronis, yang dapat merusak sel-sel dan DNA.
  • Detoksifikasi
    Jamu cabe puyang dapat membantu detoksifikasi tubuh dari racun lingkungan dan logam berat, yang dapat merusak sel-sel.
  • Meningkatkan perbaikan sel
    Jamu cabe puyang mengandung nutrisi dan senyawa yang dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Dengan cara-cara tersebut, jamu cabe puyang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, sehingga menjaga kesehatan dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

Anti-inflamasi

Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan kronis dapat merusak sel dan jaringan, serta berkontribusi pada berbagai penyakit seperti artritis, penyakit jantung, dan kanker.

  • Mengurangi nyeri dan pembengkakan
    Sifat anti-inflamasi jamu cabe puyang dapat membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan pada persendian, otot, dan jaringan lain yang mengalami peradangan.
  • Meningkatkan mobilitas
    Dengan mengurangi nyeri dan pembengkakan, jamu cabe puyang dapat membantu meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas pada penderita penyakit radang seperti artritis.
  • Melindungi kesehatan jantung
    Peradangan kronis merupakan faktor risiko penyakit jantung. Sifat anti-inflamasi jamu cabe puyang dapat membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan melindungi kesehatan jantung.
  • Mencegah kanker
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sifat anti-inflamasi jamu cabe puyang dapat membantu mencegah kanker dengan mengurangi peradangan kronis, yang merupakan faktor risiko beberapa jenis kanker.

Dengan sifat anti-inflamasinya, jamu cabe puyang dapat menjadi pilihan alami untuk mengatasi berbagai kondisi yang berhubungan dengan peradangan, serta untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan mencegah penyakit kronis.

Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel, DNA, dan komponen sel lainnya, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini, penyakit kronis, dan kanker.

  • Menetralkan radikal bebas
    Jamu cabe puyang mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan jaringan.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Antioksidan dalam jamu cabe puyang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melindungi sel-sel kekebalan dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Mencegah penyakit kronis
    Kerusakan akibat radikal bebas merupakan faktor risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker. Antioksidan dalam jamu cabe puyang dapat membantu mencegah penyakit-penyakit ini dengan melindungi sel-sel dari kerusakan.
  • Menjaga kesehatan kulit
    Radikal bebas dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini dan masalah kulit lainnya. Antioksidan dalam jamu cabe puyang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Secara keseluruhan, antioksidan dalam jamu cabe puyang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh dengan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan mengonsumsi jamu cabe puyang secara teratur, kita dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Antibakteri

Jamu cabe puyang memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi bakteri. Sifat ini berasal dari kandungan capsaicin dan senyawa lainnya dalam cabe puyang.

  • Menghambat pertumbuhan bakteri
    Capsaicin dalam jamu cabe puyang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dengan merusak membran sel bakteri. Hal ini dapat mencegah bakteri berkembang biak dan menyebar, sehingga membantu mengatasi infeksi bakteri.
  • Membunuh bakteri
    Selain menghambat pertumbuhan bakteri, jamu cabe puyang juga dapat membunuh bakteri secara langsung. Senyawa lain dalam cabe puyang, seperti flavonoid dan alkaloid, memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Jamu cabe puyang mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu melawan infeksi bakteri secara lebih efektif.
  • Mencegah infeksi
    Sifat antibakteri jamu cabe puyang dapat membantu mencegah infeksi bakteri. Dengan mengonsumsi jamu cabe puyang secara teratur, kita dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, sifat antibakteri jamu cabe puyang menjadikannya pilihan alami yang efektif untuk melawan infeksi bakteri. Dengan mengonsumsi jamu cabe puyang secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Meningkatkan fungsi hati

Kesehatan hati sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Hati berperan dalam berbagai fungsi penting, termasuk detoksifikasi, metabolisme, dan produksi protein. Jamu cabe puyang memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi hati, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan hati dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

  • Detoksifikasi
    Jamu cabe puyang mengandung senyawa yang dapat membantu detoksifikasi hati. Senyawa-senyawa ini dapat membantu hati membuang racun dan limbah dari tubuh, sehingga menjaga kesehatan hati dan mencegah penumpukan racun yang dapat merusak hati.
  • Metabolisme
    Jamu cabe puyang dapat membantu meningkatkan metabolisme hati. Hati berperan penting dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Dengan meningkatkan metabolisme hati, jamu cabe puyang dapat membantu tubuh memproses nutrisi lebih efisien dan mencegah penumpukan lemak di hati, yang dapat menyebabkan penyakit hati berlemak.
  • Produksi protein
    Hati berperan penting dalam produksi protein. Jamu cabe puyang mengandung nutrisi dan senyawa yang dapat membantu meningkatkan produksi protein hati. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan hati dan mencegah masalah kesehatan yang berhubungan dengan kekurangan protein.
  • Perlindungan dari kerusakan
    Jamu cabe puyang mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi hati dari kerusakan. Antioksidan ini dapat menetralkan radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel hati. Dengan melindungi hati dari kerusakan, jamu cabe puyang dapat membantu menjaga kesehatan hati dan mencegah penyakit hati kronis.

Dengan demikian, jamu cabe puyang memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan fungsi hati. Dengan mengonsumsi jamu cabe puyang secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan hati dan mencegah berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan hati.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat jamu cabe puyang telah didukung oleh beberapa bukti ilmiah dan studi kasus. Studi-studi ini telah meneliti berbagai aspek manfaat jamu cabe puyang, termasuk sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antibakterinya.

Salah satu studi penting yang mendukung manfaat jamu cabe puyang adalah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “Phytomedicine”. Studi ini menemukan bahwa ekstrak cabe puyang efektif dalam mengurangi peradangan dan nyeri pada pasien dengan osteoarthritis lutut. Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “Food and Chemical Toxicology” menunjukkan bahwa capsaicin dalam cabe puyang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, beberapa studi kasus telah melaporkan manfaat jamu cabe puyang dalam mengatasi infeksi bakteri. Dalam sebuah studi kasus yang dipublikasikan dalam jurnal “BMC Complementary and Alternative Medicine”, ekstrak cabe puyang ditemukan efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Meskipun bukti ilmiah yang mendukung manfaat jamu cabe puyang masih terbatas, studi-studi yang telah dilakukan menunjukkan potensi manfaatnya untuk kesehatan. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat-manfaat ini dan untuk menentukan dosis dan cara penggunaan yang optimal.

Penting untuk dicatat bahwa bukti ilmiah mengenai manfaat jamu cabe puyang masih berkembang dan dapat berubah seiring dengan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan sebelum menggunakan jamu cabe puyang untuk tujuan pengobatan.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas beberapa pertanyaan umum mengenai jamu cabe puyang.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Jamu Cabe Puyang

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang manfaat jamu cabe puyang:

Pertanyaan 1: Benarkah jamu cabe puyang dapat meredakan nyeri sendi?

Jawaban: Ya, jamu cabe puyang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada sendi. Capsaicin dalam cabe puyang juga dapat membantu memblokir sinyal nyeri yang dikirim ke otak.

Pertanyaan 2: Apakah jamu cabe puyang aman dikonsumsi setiap hari?

Jawaban: Konsumsi jamu cabe puyang dalam jumlah sedang umumnya dianggap aman. Namun, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti mual, muntah, dan diare. Sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga kesehatan sebelum mengonsumsi jamu cabe puyang secara teratur.

Pertanyaan 3: Apakah jamu cabe puyang dapat membantu menurunkan berat badan?

Jawaban: Meskipun capsaicin dalam cabe puyang dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak, tidak ada bukti ilmiah yang kuat bahwa jamu cabe puyang dapat membantu menurunkan berat badan secara signifikan.

Pertanyaan 4: Apakah jamu cabe puyang dapat mencegah kanker?

Jawaban: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sifat antioksidan dan anti-inflamasi jamu cabe puyang mungkin memiliki potensi untuk mencegah kanker. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

Pertanyaan 5: Apakah jamu cabe puyang dapat meningkatkan kesuburan?

Jawaban: Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa jamu cabe puyang dapat meningkatkan kesuburan.

Pertanyaan 6: Apakah jamu cabe puyang dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu?

Jawaban: Ya, jamu cabe puyang dapat berinteraksi dengan beberapa obat-obatan, seperti obat pengencer darah dan obat tekanan darah tinggi. Sebaiknya berkonsultasi dengan tenaga kesehatan sebelum mengonsumsi jamu cabe puyang jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Kesimpulan:

Jamu cabe puyang memiliki banyak manfaat kesehatan yang potensial, seperti meredakan nyeri sendi, meningkatkan fungsi hati, dan melindungi dari kerusakan sel. Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang dan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan sebelum menggunakannya untuk tujuan pengobatan.

Bagian Selanjutnya:

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas cara membuat dan mengonsumsi jamu cabe puyang.

Tips Mengonsumsi Jamu Cabe Puyang

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jamu cabe puyang, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

Tip 1: Gunakan cabe puyang segar

Cabe puyang segar memiliki kandungan capsaicin yang lebih tinggi dibandingkan dengan cabe puyang kering. Semakin tinggi kandungan capsaicin, semakin kuat khasiat jamu cabe puyang.

Tip 2: Konsumsi secara teratur

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, konsumsi jamu cabe puyang secara teratur, misalnya 1-2 kali sehari.

Tip 3: Konsumsi bersama makanan

Capsaicin dalam cabe puyang dapat mengiritasi saluran pencernaan. Untuk mengurangi risiko iritasi, konsumsi jamu cabe puyang bersama makanan.

Tip 4: Hindari konsumsi berlebihan

Konsumsi jamu cabe puyang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti mual, muntah, dan diare. Sebaiknya konsumsi dalam jumlah sedang, sesuai dengan kebutuhan dan toleransi tubuh.

Tip 5: Berhati-hati pada kondisi tertentu

Bagi penderita gangguan pencernaan, seperti tukak lambung atau sindrom iritasi usus, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jamu cabe puyang.

Tip 6: Hindari penggunaan pada anak-anak dan ibu hamil

Capsaicin dalam cabe puyang dapat berbahaya bagi anak-anak dan ibu hamil. Sebaiknya hindari penggunaan jamu cabe puyang pada kelompok ini.

Kesimpulan:

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengonsumsi jamu cabe puyang dengan aman dan efektif untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

Kesimpulan

Jamu cabe puyang merupakan minuman tradisional Indonesia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut antara lain meningkatkan stamina, melancarkan pencernaan, mengurangi rasa sakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi sel dari kerusakan, bersifat anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri, meningkatkan fungsi hati, dan dapat membantu mencegah beberapa penyakit kronis.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jamu cabe puyang, konsumsilah secara teratur, gunakan cabe puyang segar, konsumsi bersama makanan, dan hindari konsumsi berlebihan. Berhati-hatilah jika memiliki kondisi pencernaan tertentu, dan hindari penggunaan pada anak-anak dan ibu hamil. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengonsumsi jamu cabe puyang dengan aman dan efektif untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/4AeFikWtXH

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/9ezCGux0K3

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/50DMiR3p0l

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru