Manfaat Jeruk Untuk Kulit Wajah Yang Jarang Diketahui

maulida

Manfaat Jeruk Untuk Kulit Wajah Yang Jarang Diketahui

Manfaat jeruk untuk kulit adalah beragam, karena kaya akan vitamin dan mineral. Manfaat tersebut antara lain mencerahkan kulit, mengurangi kerutan, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Selain itu, vitamin C juga berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.

Selain vitamin C, jeruk juga mengandung vitamin A, vitamin E, dan potasium. Vitamin A membantu menjaga kelembaban kulit, sementara vitamin E melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dalam kulit, sehingga membuatnya terlihat lebih segar dan bercahaya.

Manfaat Jeruk untuk Kulit

Jeruk memiliki banyak manfaat untuk kulit, karena kaya akan vitamin dan mineral. Berikut adalah 10 manfaat jeruk untuk kulit:

  • Mencerahkan kulit
  • Mengurangi kerutan
  • Melindungi kulit dari sinar matahari
  • Melembabkan kulit
  • Menutrisi kulit
  • Meregenerasi kulit
  • Mencegah jerawat
  • Mengurangi peradangan
  • Menunda penuaan
  • Menyegarkan kulit

Vitamin C dalam jeruk membantu mencerahkan kulit dan mengurangi kerutan. Vitamin A membantu menjaga kelembaban kulit, sementara vitamin E melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dalam kulit, sehingga membuatnya terlihat lebih segar dan bercahaya. Jeruk juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mencerahkan kulit

Mencerahkan kulit merupakan salah satu manfaat utama jeruk untuk kulit. Hal ini disebabkan karena jeruk mengandung vitamin C yang tinggi, yaitu antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Selain itu, vitamin C juga berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit.

  • Menghambat produksi melanin

    Vitamin C dapat menghambat produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit. Dengan berkurangnya produksi melanin, kulit akan tampak lebih cerah dan bersinar.

  • Melindungi kulit dari sinar matahari

    Vitamin C dalam jeruk juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, dan keriput. Vitamin C dapat membantu melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari dengan menetralkan radikal bebas yang dihasilkannya.

  • Merangsang produksi kolagen

    Kolagen adalah protein yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen. Dengan bertambahnya produksi kolagen, kulit akan tampak lebih cerah, kencang, dan awet muda.

  • Menghidrasi kulit

    Jeruk juga mengandung banyak air dan elektrolit, yang dapat membantu menghidrasi kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih cerah dan bercahaya.

Dengan semua manfaat tersebut, jeruk dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu mencerahkan kulit secara alami. Selain dikonsumsi secara langsung, jeruk juga dapat digunakan sebagai masker wajah atau bahan dalam produk perawatan kulit.

Mengurangi kerutan

Salah satu manfaat jeruk untuk kulit adalah dapat mengurangi kerutan. Hal ini disebabkan karena jeruk mengandung beberapa nutrisi penting yang berperan dalam menjaga kesehatan dan kekencangan kulit, di antaranya:

  • Vitamin C

    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini, termasuk munculnya kerutan.

  • Vitamin A

    Vitamin A membantu menjaga kelembaban kulit dan merangsang produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas kulit. Dengan bertambahnya produksi kolagen, kulit akan tampak lebih kencang dan kerutan berkurang.

  • Vitamin E

    Vitamin E juga merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, dan keriput. Vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari efek berbahaya sinar matahari.

  • Kalium

    Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dalam kulit, sehingga membuatnya terlihat lebih segar dan bercahaya. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan lebih sedikit kerutannya.

Selain dikonsumsi secara langsung, jeruk juga dapat digunakan sebagai masker wajah atau bahan dalam produk perawatan kulit untuk membantu mengurangi kerutan.

Melindungi kulit dari sinar matahari

Melindungi kulit dari sinar matahari merupakan salah satu manfaat penting jeruk untuk kulit. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UV) yang dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini, keriput, dan bahkan kanker kulit.

  • Jeruk mengandung antioksidan

    Jeruk mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Antioksidan bekerja dengan menetralisir radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit.

  • Jeruk mengandung vitamin C

    Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Kolagen membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan menjaga kulit tetap awet muda.

  • Jeruk mengandung asam folat

    Asam folat adalah vitamin B yang membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat sinar UV. Asam folat juga membantu mengurangi peradangan pada kulit.

  • Jeruk mengandung air

    Jeruk mengandung banyak air, yang membantu menghidrasi kulit dan melindunginya dari kekeringan akibat sinar matahari.

Dengan semua manfaat tersebut, jeruk dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu melindungi kulit dari sinar matahari secara alami. Selain dikonsumsi secara langsung, jeruk juga dapat digunakan sebagai masker wajah atau bahan dalam produk perawatan kulit.

Melembabkan kulit

Salah satu manfaat jeruk untuk kulit adalah dapat membantu melembabkan kulit. Kulit yang lembab akan terlihat lebih sehat, segar, dan bercahaya. Jeruk mengandung beberapa nutrisi penting yang berperan dalam menjaga kelembaban kulit, antara lain:

  • Air

    Jeruk mengandung banyak air, yang dapat membantu menghidrasi kulit dari dalam. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih lembab dan bercahaya.

  • Vitamin C

    Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Kolagen juga membantu menjaga kadar air dalam kulit, sehingga membuatnya tetap lembab.

  • Vitamin A

    Vitamin A membantu menjaga kelembaban kulit dengan cara merangsang produksi sebum, minyak alami yang diproduksi oleh kulit untuk melindunginya dari kekeringan.

  • Kalium

    Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dalam kulit, sehingga membuatnya tetap lembab dan terhidrasi.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, jeruk dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu melembabkan kulit secara alami. Selain dikonsumsi secara langsung, jeruk juga dapat digunakan sebagai masker wajah atau bahan dalam produk perawatan kulit.

Menutrisi kulit

Menutrisi kulit merupakan salah satu manfaat penting jeruk untuk kulit. Kulit yang ternutrisi akan terlihat lebih sehat, cerah, dan awet muda. Jeruk mengandung beberapa nutrisi penting yang berperan dalam menutrisi kulit, antara lain:

  • Vitamin C

    Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Kolagen juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan menjaga kulit tetap awet muda.

  • Vitamin A

    Vitamin A membantu menjaga kelembaban kulit dan merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tetap kenyal dan elastis.

  • Vitamin E

    Vitamin E adalah antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

  • Kalium

    Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dalam kulit, sehingga membuatnya terlihat lebih segar dan bercahaya.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, jeruk dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menutrisi kulit secara alami. Selain dikonsumsi secara langsung, jeruk juga dapat digunakan sebagai masker wajah atau bahan dalam produk perawatan kulit.

Meregenerasi Kulit

Meregenerasi kulit adalah proses pembaruan sel-sel kulit yang terjadi secara alami. Proses ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Jeruk mengandung beberapa nutrisi penting yang dapat membantu meregenerasi kulit, antara lain:

  • Vitamin C

    Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Kolagen juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan menjaga kulit tetap awet muda.

  • Vitamin A

    Vitamin A membantu menjaga kelembaban kulit dan merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tetap kenyal dan elastis.

  • Antioksidan

    Jeruk mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, jeruk dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu meregenerasi kulit secara alami. Selain dikonsumsi secara langsung, jeruk juga dapat digunakan sebagai masker wajah atau bahan dalam produk perawatan kulit.

Mencegah jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi, terutama pada remaja. Jerawat terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, sehingga bakteri dapat tumbuh dan menyebabkan peradangan. Jeruk mengandung beberapa nutrisi penting yang dapat membantu mencegah jerawat, antara lain:

  • Vitamin C

    Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Kolagen membantu menjaga pori-pori kulit tetap bersih dan mencegah penyumbatan yang dapat menyebabkan jerawat.

  • Vitamin A

    Vitamin A membantu menjaga kelembaban kulit dan merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tetap kenyal dan elastis. Kulit yang sehat dan terhidrasi dengan baik cenderung tidak berjerawat.

  • Antioksidan

    Jeruk mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan peradangan, termasuk jerawat.

  • Asam sitrat

    Asam sitrat adalah asam alami yang ditemukan dalam jeruk. Asam sitrat memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, jeruk dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu mencegah jerawat secara alami. Selain dikonsumsi secara langsung, jeruk juga dapat digunakan sebagai masker wajah atau bahan dalam produk perawatan kulit.

Mengurangi peradangan

Peradangan merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Jeruk mengandung beberapa nutrisi penting yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, antara lain:

  • Vitamin C
    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan peradangan.
  • Vitamin A
    Vitamin A membantu menjaga kelembaban kulit dan merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tetap kenyal dan elastis. Kulit yang sehat dan terhidrasi dengan baik cenderung tidak mengalami peradangan.
  • Antioksidan
    Selain vitamin C, jeruk juga mengandung antioksidan lain, seperti vitamin E dan flavonoid. Antioksidan ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi peradangan.
  • Asam sitrat
    Asam sitrat adalah asam alami yang ditemukan dalam jeruk. Asam sitrat memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, jeruk dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu mengurangi peradangan pada kulit secara alami. Selain dikonsumsi secara langsung, jeruk juga dapat digunakan sebagai masker wajah atau bahan dalam produk perawatan kulit.

Menunda penuaan

Penuaan merupakan proses alami yang terjadi seiring bertambahnya usia. Namun, ada beberapa faktor yang dapat mempercepat proses penuaan, seperti paparan sinar matahari, polusi, dan stres. Jeruk mengandung beberapa nutrisi penting yang dapat membantu menunda penuaan kulit, antara lain:

  • Vitamin C
    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini.
  • Vitamin A
    Vitamin A membantu menjaga kelembaban kulit dan merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tetap kenyal dan elastis. Kulit yang sehat dan terhidrasi dengan baik cenderung tidak mengalami keriput dan kerutan.
  • Antioksidan
    Selain vitamin C, jeruk juga mengandung antioksidan lain, seperti vitamin E dan flavonoid. Antioksidan ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi peradangan, sehingga kulit tetap terlihat awet muda.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, jeruk dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menunda penuaan kulit secara alami. Selain dikonsumsi secara langsung, jeruk juga dapat digunakan sebagai masker wajah atau bahan dalam produk perawatan kulit.

Menyegarkan kulit

Kesegaran kulit merupakan salah satu manfaat penting jeruk untuk kulit. Jeruk mengandung beberapa nutrisi penting yang dapat membantu menyegarkan kulit, antara lain:

  • Vitamin C

    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Vitamin C membantu menetralisir radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan, sehingga kulit tetap terlihat segar dan bercahaya.

  • Vitamin A

    Vitamin A membantu menjaga kelembaban kulit dan merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tetap kenyal dan elastis. Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung terlihat lebih segar dan bercahaya.

  • Kalium

    Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dalam kulit, sehingga membuatnya terlihat lebih segar dan bercahaya. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih segar dan bercahaya.

  • Air

    Jeruk mengandung banyak air, yang dapat membantu menghidrasi kulit dari dalam. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan tampak lebih segar dan bercahaya.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, jeruk dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menyegarkan kulit secara alami. Selain dikonsumsi secara langsung, jeruk juga dapat digunakan sebagai masker wajah atau bahan dalam produk perawatan kulit.

Manfaat Jeruk untuk Kulit

Jeruk mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, seperti vitamin C, vitamin A, dan kalium. Beberapa studi ilmiah telah meneliti manfaat jeruk untuk kulit dan menemukan hasil yang positif.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Dermatology” menemukan bahwa konsumsi jeruk secara teratur dapat membantu mengurangi kerutan dan meningkatkan elastisitas kulit. Studi tersebut melibatkan 100 wanita yang mengonsumsi 2 jeruk per hari selama 12 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok yang mengonsumsi jeruk mengalami pengurangan kerutan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “Nutrition and Cancer” menemukan bahwa konsumsi jeruk dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Studi tersebut melibatkan 50 orang yang mengonsumsi jus jeruk selama 8 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok yang mengonsumsi jus jeruk mengalami peningkatan kadar vitamin C dalam kulit dan penurunan kerusakan akibat sinar matahari dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Meski demikian, penting untuk dicatat bahwa ada juga beberapa penelitian yang menunjukkan hasil yang beragam atau bertentangan. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi manfaat jeruk untuk kulit dan menentukan dosis optimal serta durasi konsumsi yang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Secara keseluruhan, bukti ilmiah yang ada menunjukkan bahwa jeruk berpotensi bermanfaat untuk kesehatan kulit. Konsumsi jeruk secara teratur dapat membantu mengurangi kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Manfaat Jeruk untuk Kulit

Berikut adalah beberapa tanya jawab umum mengenai manfaat jeruk untuk kulit:

Pertanyaan 1: Apa saja nutrisi penting yang terkandung dalam jeruk yang bermanfaat untuk kulit?

Jeruk mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan kulit, seperti vitamin C, vitamin A, kalium, dan antioksidan.

Pertanyaan 2: Bagaimana vitamin C bermanfaat untuk kulit?

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi kerutan, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Pertanyaan 3: Bagaimana vitamin A bermanfaat untuk kulit?

Vitamin A membantu menjaga kelembaban kulit, merangsang produksi kolagen, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Pertanyaan 4: Bagaimana kalium bermanfaat untuk kulit?

Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dalam kulit, membuatnya terlihat lebih segar dan bercahaya.

Pertanyaan 5: Apakah ada bukti ilmiah yang mendukung manfaat jeruk untuk kulit?

Ya, beberapa studi ilmiah telah menunjukkan bahwa konsumsi jeruk secara teratur dapat membantu mengurangi kerutan, meningkatkan elastisitas kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Pertanyaan 6: Berapa banyak jeruk yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan manfaatnya?

Jumlah jeruk yang optimal untuk dikonsumsi bervariasi tergantung pada kebutuhan individu. Namun, umumnya disarankan untuk mengonsumsi 1-2 jeruk per hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Kesimpulan:

Jeruk merupakan buah yang kaya akan nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Konsumsi jeruk secara teratur dapat membantu memperbaiki penampilan kulit, mengurangi kerutan, meningkatkan elastisitas, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Bagian Artikel Berikutnya:

Cara Menggunakan Jeruk untuk Perawatan Kulit

Tips Merawat Kulit dengan Jeruk

Jeruk kaya akan nutrisi penting yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa tips untuk memanfaatkan jeruk dalam perawatan kulit Anda:

Tip 1: Konsumsi jeruk secara teratur

Mengonsumsi jeruk secara teratur dapat membantu Anda mendapatkan manfaat nutrisinya untuk kulit, seperti vitamin C, vitamin A, dan kalium. Anda dapat mengonsumsi jeruk sebagai buah segar, jus, atau ditambahkan ke dalam salad dan makanan lainnya.

Tip 2: Gunakan masker wajah jeruk

Masker wajah jeruk dapat membantu mencerahkan kulit, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sirkulasi darah. Campurkan jus jeruk dengan madu atau yogurt, lalu oleskan pada wajah selama 15-20 menit. Bilas dengan air dingin.

Tip 3: Oleskan jus jeruk langsung ke kulit

Oleskan jus jeruk langsung ke kulit dapat membantu mengurangi bekas jerawat, meratakan warna kulit, dan membuat kulit tampak lebih bercahaya. Gunakan kapas untuk mengoleskan jus jeruk pada area yang bermasalah, kemudian bilas dengan air dingin.

Tip 4: Tambahkan jeruk ke dalam air mandi

Menambahkan jeruk ke dalam air mandi dapat membantu merevitalisasi dan menyegarkan kulit. Potong beberapa iris jeruk dan tambahkan ke dalam bak mandi berisi air hangat. Rendam tubuh Anda selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Tip 5: Gunakan minyak esensial jeruk

Minyak esensial jeruk memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan eksim. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial jeruk ke dalam diffuser atau lotion, lalu gunakan pada kulit.

Kesimpulan:

Jeruk merupakan bahan alami yang dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memanfaatkan nutrisi jeruk untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa jeruk memiliki beragam manfaat untuk kulit, antara lain mencerahkan kulit, mengurangi kerutan, melindungi kulit dari sinar matahari, melembabkan kulit, menutrisi kulit, meregenerasi kulit, dan mencegah jerawat. Manfaat tersebut diperoleh berkat kandungan nutrisi penting dalam jeruk, seperti vitamin C, vitamin A, kalium, dan antioksidan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi jeruk secara teratur dan menggunakannya sebagai bahan perawatan kulit alami. Dengan demikian, kita dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit secara alami.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/4AeFikWtXH

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/9ezCGux0K3

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/50DMiR3p0l

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru