Manfaat Jus Alpukat yang Jarang Diketahui, Wajib Baca!

maulida

Manfaat Jus Alpukat yang Jarang Diketahui, Wajib Baca!

Jus alpukat adalah minuman kaya nutrisi yang dibuat dengan menghaluskan daging buah alpukat dengan sedikit cairan, seperti air atau susu. Minuman ini memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan vitamin, mineral, dan lemak sehatnya yang tinggi.

Salah satu manfaat utama jus alpukat adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Selain itu, jus alpukat juga merupakan sumber potasium yang baik, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Jus alpukat juga kaya akan antioksidan, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer.

Selain manfaat kesehatan, jus alpukat juga merupakan minuman yang mengenyangkan dan bergizi. Kandungan lemak sehatnya dapat membantu memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dan mendukung penurunan berat badan.

manfaat jus alpukat

Jus alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan nutrisinya yang kaya, termasuk vitamin, mineral, dan lemak sehat. Berikut adalah 10 manfaat utama jus alpukat:

  • Menurunkan kolesterol
  • Menurunkan tekanan darah
  • Melindungi sel dari kerusakan
  • Mengurangi risiko penyakit kronis
  • Mengenyangkan
  • Bergizi
  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mendukung penurunan berat badan
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Melawan peradangan

Sebagai contoh, kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam jus alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Selain itu, potasium dalam jus alpukat dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan efek natrium dalam tubuh. Jus alpukat juga kaya akan antioksidan, yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer.

Menurunkan kolesterol

Kolesterol adalah zat lemak yang terdapat dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jus alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat setiap hari selama 2 minggu mengalami penurunan kadar kolesterol LDL yang signifikan. Studi lain yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi jus alpukat setiap hari selama 3 minggu mengalami penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL.

Jus alpukat juga merupakan sumber potasium yang baik, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, jus alpukat dapat menjadi minuman yang bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan risiko penyakit jantung.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Jus alpukat dapat membantu menurunkan tekanan darah karena mengandung potasium yang tinggi. Potasium adalah mineral yang dapat membantu menyeimbangkan efek natrium dalam tubuh, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat setiap hari selama 2 minggu mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan. Studi lain yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi jus alpukat setiap hari selama 3 minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Menurunkan tekanan darah sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Jus alpukat dapat menjadi minuman yang bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Melindungi sel dari kerusakan

Jus alpukat kaya akan antioksidan, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer.

  • Antioksidan dalam jus alpukat

    Jus alpukat mengandung berbagai antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin E, dan karotenoid. Antioksidan ini bekerja sama untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Manfaat perlindungan sel

    Antioksidan dalam jus alpukat dapat membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan penyakit Alzheimer.

  • Jus alpukat sebagai sumber antioksidan

    Jus alpukat merupakan sumber antioksidan yang baik. Minum jus alpukat secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh dan melindungi sel dari kerusakan.

  • Implikasi bagi kesehatan

    Jus alpukat dapat menjadi bagian dari diet sehat yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Dengan mengonsumsi jus alpukat secara teratur, Anda dapat membantu melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan dan mengurangi risiko penyakit kronis. Jus alpukat adalah minuman yang lezat dan bergizi yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Mengurangi risiko penyakit kronis

Jus alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Penyakit kronis adalah kondisi kesehatan yang berlangsung lama dan umumnya tidak dapat disembuhkan, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Jus alpukat mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit-penyakit ini.

  • Antioksidan

    Jus alpukat kaya akan antioksidan, seperti vitamin C dan E. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

  • Lemak sehat

    Jus alpukat mengandung lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak sehat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kadar kolesterol LDL yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung.

  • Serat

    Jus alpukat mengandung serat, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker usus besar. Serat membantu memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

  • Kalium

    Jus alpukat mengandung kalium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Dengan mengonsumsi jus alpukat secara teratur, Anda dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Jus alpukat adalah minuman yang lezat dan bergizi yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Mengenyangkan

Salah satu manfaat jus alpukat adalah kemampuannya untuk mengenyangkan. Jus alpukat mengandung lemak sehat dan serat, yang dapat membantu memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Ketika Anda merasa kenyang, Anda cenderung makan lebih sedikit. Hal ini dapat membantu Anda mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dan mendukung penurunan berat badan. Selain itu, jus alpukat juga merupakan sumber nutrisi penting, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Ini menjadikannya minuman yang mengenyangkan dan bergizi.

Beberapa contoh manfaat mengenyangkan dari jus alpukat adalah:

  • Jus alpukat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.
  • Jus alpukat dapat membantu mendukung penurunan berat badan.
  • Jus alpukat merupakan sumber nutrisi penting, menjadikannya minuman yang mengenyangkan dan bergizi.

Jika Anda mencari minuman yang mengenyangkan dan bergizi, jus alpukat adalah pilihan yang tepat. Jus alpukat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, mengurangi asupan kalori, dan mendukung penurunan berat badan.

Bergizi

Jus alpukat bukan hanya minuman yang mengenyangkan, tetapi juga bergizi. Jus alpukat mengandung berbagai vitamin, mineral, dan lemak sehat, menjadikannya minuman yang menyehatkan sekaligus mengenyangkan.

Beberapa nutrisi penting yang terkandung dalam jus alpukat meliputi:

  • Vitamin C: Vitamin C adalah antioksidan penting yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.
  • Vitamin E: Vitamin E adalah antioksidan lain yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.
  • Kalium: Kalium adalah mineral penting yang membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.
  • Lemak tak jenuh tunggal: Lemak tak jenuh tunggal adalah jenis lemak sehat yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
  • Lemak tak jenuh ganda: Lemak tak jenuh ganda adalah jenis lemak sehat lainnya yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Kandungan nutrisi yang kaya dalam jus alpukat menjadikannya minuman yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Jus alpukat dapat membantu meningkatkan asupan vitamin, mineral, dan lemak sehat, sekaligus mendukung kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Jus alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan jantung. Jus alpukat mengandung lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kadar kolesterol LDL yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Selain itu, jus alpukat juga mengandung kalium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Dengan mengonsumsi jus alpukat secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda. Jus alpukat adalah minuman yang lezat dan bergizi yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Mendukung penurunan berat badan

Salah satu manfaat jus alpukat yang menarik adalah kemampuannya untuk mendukung penurunan berat badan. Jus alpukat mengandung lemak sehat dan serat, dua nutrisi yang dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Lemak sehat dalam jus alpukat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, dapat memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Serat dalam jus alpukat juga dapat membantu memperlambat pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang. Selain itu, jus alpukat mengandung sedikit kalori dan gula, menjadikannya pilihan minuman yang baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Beberapa contoh manfaat jus alpukat untuk penurunan berat badan meliputi:

  • Meningkatkan rasa kenyang: Lemak sehat dan serat dalam jus alpukat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.
  • Mengurangi keinginan makan: Jus alpukat dapat membantu mengurangi keinginan makan dengan meningkatkan rasa kenyang dan menstabilkan kadar gula darah.
  • Mendukung metabolisme: Lemak sehat dalam jus alpukat dapat membantu meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori.

Jus alpukat dapat menjadi tambahan yang bermanfaat untuk diet penurunan berat badan. Jus alpukat dapat membantu Anda merasa kenyang, mengurangi keinginan makan, dan meningkatkan metabolisme. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, pertimbangkan untuk menambahkan jus alpukat ke dalam makanan Anda.

Meningkatkan fungsi otak

Jus alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah kemampuannya untuk meningkatkan fungsi otak. Jus alpukat mengandung lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, yang penting untuk kesehatan otak.

  • Meningkatkan aliran darah ke otak

    Lemak sehat dalam jus alpukat dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Aliran darah yang baik ke otak sangat penting untuk fungsi kognitif yang optimal, seperti memori dan konsentrasi.

  • Melindungi sel-sel otak dari kerusakan

    Jus alpukat juga mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan E. Antioksidan membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit neurodegeneratif.

  • Mendukung produksi neurotransmiter

    Jus alpukat mengandung vitamin B6, yang penting untuk produksi neurotransmiter. Neurotransmiter adalah bahan kimia yang memungkinkan sel-sel otak berkomunikasi satu sama lain. Produksi neurotransmiter yang cukup penting untuk fungsi kognitif yang optimal.

  • Mengurangi peradangan di otak

    Jus alpukat mengandung senyawa anti-inflamasi, seperti asam lemak omega-3. Senyawa anti-inflamasi membantu mengurangi peradangan di otak. Peradangan kronis di otak telah dikaitkan dengan penurunan fungsi kognitif.

Dengan mengonsumsi jus alpukat secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan fungsi otak Anda. Jus alpukat adalah minuman yang lezat dan bergizi yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan fungsi otak.

Melawan peradangan

Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan kronis dapat merusak sel dan jaringan, serta berkontribusi pada berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan artritis.

  • Antioksidan

    Jus alpukat kaya akan antioksidan, seperti vitamin C dan E. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat memicu peradangan.

  • Lemak sehat

    Jus alpukat mengandung lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak sehat ini dapat membantu mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar senyawa pro-inflamasi dalam tubuh.

  • Senyawa anti-inflamasi

    Jus alpukat mengandung senyawa anti-inflamasi, seperti asam lemak omega-3 dan fitosterol. Senyawa ini membantu mengurangi peradangan dengan menghambat produksi mediator inflamasi.

  • Potasium

    Jus alpukat merupakan sumber potasium yang baik. Potasium membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri yang terkait dengan peradangan.

Dengan mengonsumsi jus alpukat secara teratur, Anda dapat membantu melawan peradangan dan mengurangi risiko penyakit kronis. Jus alpukat adalah minuman yang lezat dan bergizi yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat jus alpukat didukung oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang dilakukan oleh American Heart Association menemukan bahwa konsumsi alpukat setiap hari selama 2 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) secara signifikan. Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association menemukan bahwa orang yang mengonsumsi jus alpukat setiap hari selama 3 minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Studi kasus juga memberikan bukti anekdotal tentang manfaat jus alpukat. Misalnya, seorang wanita yang menderita tekanan darah tinggi melaporkan mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan setelah mengonsumsi jus alpukat secara teratur. Studi kasus lain menunjukkan bahwa jus alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan fungsi kognitif pada orang lanjut usia.

Meskipun bukti ilmiah dan studi kasus mendukung manfaat jus alpukat, penting untuk dicatat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini. Selain itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan perubahan signifikan pada pola makan atau gaya hidup Anda.

Dengan mempertimbangkan bukti yang tersedia, dapat disimpulkan bahwa jus alpukat berpotensi memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat ini dan menentukan dosis dan durasi konsumsi yang optimal.

Berikut beberapa pertanyaan umum terkait manfaat jus alpukat:

Tanya Jawab Umum tentang Manfaat Jus Alpukat

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang manfaat jus alpukat:

Pertanyaan 1: Apakah jus alpukat benar-benar bermanfaat bagi kesehatan?

Ya, jus alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan. Jus alpukat kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan. Kandungan nutrisi ini bermanfaat untuk kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, meningkatkan fungsi otak, melawan peradangan, dan mendukung penurunan berat badan.

Pertanyaan 2: Berapa banyak jus alpukat yang harus saya konsumsi setiap hari?

Jumlah jus alpukat yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari bervariasi tergantung pada kebutuhan dan kondisi kesehatan individu. Namun, secara umum, direkomendasikan untuk mengonsumsi setengah hingga satu buah alpukat per hari atau sekitar 100-200 ml jus alpukat.

Pertanyaan 3: Apakah jus alpukat aman untuk dikonsumsi oleh semua orang?

Jus alpukat umumnya aman untuk dikonsumsi oleh sebagian besar orang. Namun, bagi orang yang memiliki alergi terhadap alpukat atau lateks, disarankan untuk menghindari konsumsi jus alpukat.

Pertanyaan 4: Apakah jus alpukat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)?

Ya, jus alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Pertanyaan 5: Apakah jus alpukat dapat membantu menurunkan tekanan darah?

Ya, jus alpukat mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Potasium membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh, yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Pertanyaan 6: Apakah jus alpukat dapat membantu meningkatkan fungsi otak?

Ya, jus alpukat mengandung lemak sehat, antioksidan, dan nutrisi penting lainnya yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Jus alpukat dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak, melindungi sel-sel otak dari kerusakan, dan mendukung produksi neurotransmiter.

Secara keseluruhan, jus alpukat merupakan minuman yang menyehatkan dan bergizi yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Dengan mengonsumsi jus alpukat secara teratur, Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah kesehatan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya sebelum melakukan perubahan signifikan pada pola makan atau gaya hidup Anda.

Tips Memaksimalkan Manfaat Jus Alpukat

Untuk memaksimalkan manfaat jus alpukat, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Pilih alpukat yang matang: Alpukat yang matang memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan alpukat yang belum matang. Pilih alpukat yang kulitnya berwarna hijau tua hingga kehitaman dan terasa sedikit empuk saat ditekan.

Buang biji dan kulitnya: Biji dan kulit alpukat tidak dapat dikonsumsi. Saat membuat jus alpukat, pastikan Anda membuang biji dan kulitnya terlebih dahulu.

Tambahkan bahan-bahan sehat: Anda dapat menambahkan bahan-bahan sehat lainnya ke dalam jus alpukat, seperti buah-buahan, sayuran, atau kacang-kacangan. Misalnya, Anda dapat menambahkan pisang, bayam, atau almond ke dalam jus alpukat untuk meningkatkan kandungan nutrisi dan rasanya.

Minum segera setelah dibuat: Jus alpukat akan kehilangan sebagian nutrisinya jika disimpan terlalu lama. Oleh karena itu, disarankan untuk minum jus alpukat segera setelah dibuat.

Konsumsi secara teratur: Untuk mendapatkan manfaat jus alpukat secara maksimal, konsumsilah jus alpukat secara teratur. Anda dapat mengonsumsi jus alpukat sebagai minuman sarapan, camilan, atau setelah berolahraga.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memaksimalkan manfaat jus alpukat untuk kesehatan Anda.

Jus alpukat merupakan minuman yang menyehatkan dan bergizi yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Dengan mengonsumsi jus alpukat secara teratur, Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, meningkatkan fungsi otak, melawan peradangan, dan mendukung penurunan berat badan.

Kesimpulan

Jus alpukat merupakan minuman bergizi yang kaya akan vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi jus alpukat secara teratur dapat memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi otak, melawan peradangan, dan mendukung penurunan berat badan.

Dengan mengonsumsi jus alpukat secara teratur, Anda dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Jus alpukat dapat menjadi bagian dari diet sehat dan seimbang yang dapat membantu Anda mencapai tujuan kesehatan Anda. Untuk memaksimalkan manfaat jus alpukat, pilih alpukat yang matang, buang biji dan kulitnya, tambahkan bahan-bahan sehat lainnya, minum segera setelah dibuat, dan konsumsi secara teratur.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/4AeFikWtXH

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/9ezCGux0K3

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/50DMiR3p0l

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru