Temukan 10 Manfaat Jus Lobak dan Nanas yang Jarang Diketahui

maulida

Temukan 10 Manfaat Jus Lobak dan Nanas yang Jarang Diketahui

Jus lobak dan nanas adalah minuman yang terbuat dari campuran lobak dan nanas yang dijus. Minuman ini dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

Jus lobak dan nanas kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin A, kalium, dan zat besi. Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh, sementara vitamin A baik untuk kesehatan mata. Kalium membantu mengatur tekanan darah, sedangkan zat besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, jus lobak dan nanas juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Selain manfaat kesehatan tersebut, jus lobak dan nanas juga memiliki beberapa manfaat kecantikan. Jus lobak mengandung enzim yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi jerawat. Sementara nanas mengandung bromelain, enzim yang dapat membantu mengeksfoliasi kulit dan membuatnya lebih halus.

Manfaat Jus Lobak dan Nanas

Jus lobak dan nanas merupakan minuman yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah 10 aspek penting terkait manfaat jus lobak dan nanas:

  • Kaya vitamin dan mineral
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Baik untuk kesehatan mata
  • Mengatur tekanan darah
  • Membantu pembentukan sel darah merah
  • Mengandung antioksidan
  • Mencerahkan kulit
  • Mengurangi jerawat
  • Mengeksfoliasi kulit
  • Membuat kulit lebih halus

Selain manfaat di atas, jus lobak dan nanas juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan, batu ginjal, dan infeksi saluran kemih. Jus ini juga dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung.

Kaya vitamin dan mineral

Jus lobak dan nanas kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin A, kalium, dan zat besi. Vitamin dan mineral ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Vitamin C

    Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi dan menjaga kesehatan kulit, tulang, dan gigi.

  • Vitamin A

    Vitamin A baik untuk kesehatan mata. Vitamin A juga membantu menjaga kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh.

  • Kalium

    Kalium membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

  • Zat besi

    Zat besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Zat besi juga membantu menjaga kesehatan otot dan sistem kekebalan tubuh.

Dengan kandungan vitamin dan mineral yang kaya, jus lobak dan nanas dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, karena membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Jus lobak dan nanas kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C, yang banyak terdapat dalam jus lobak dan nanas, sangat penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu tubuh memproduksi sel darah putih, yang melawan infeksi. Selain itu, vitamin C juga merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Selain vitamin C, jus lobak dan nanas juga mengandung vitamin A, kalium, dan zat besi, yang semuanya penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A membantu menjaga kesehatan selaput lendir, yang merupakan lapisan pertama pertahanan tubuh terhadap infeksi. Kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, yang penting untuk fungsi sel kekebalan tubuh. Zat besi dibutuhkan untuk produksi sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke sel-sel kekebalan tubuh.

Dengan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang kaya, jus lobak dan nanas dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Baik untuk kesehatan mata

Jus lobak dan nanas baik untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan kornea dan retina mata. Kornea adalah lapisan transparan di bagian depan mata yang membantu memfokuskan cahaya, sedangkan retina adalah lapisan di bagian belakang mata yang mengandung sel-sel peka cahaya yang mengubah cahaya menjadi sinyal saraf. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan penglihatan, seperti rabun senja dan kebutaan malam.

Selain vitamin A, jus lobak dan nanas juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel mata. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

Dengan kandungan vitamin A dan antioksidan yang tinggi, jus lobak dan nanas dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah gangguan penglihatan.

Mengatur tekanan darah

Tekanan darah adalah ukuran kekuatan darah yang mendorong dinding arteri. Tekanan darah yang tinggi (hipertensi) dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal. Jus lobak dan nanas mengandung kalium, mineral yang dapat membantu mengatur tekanan darah.

  • Kalium dan Tekanan Darah

    Kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Ketika kadar kalium dalam tubuh rendah, tubuh akan menahan lebih banyak air, yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Jus lobak dan nanas adalah sumber kalium yang baik, sehingga dapat membantu menjaga kadar kalium dalam tubuh tetap normal dan membantu mengatur tekanan darah.

  • Jus Lobak dan Nanas untuk Hipertensi

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus lobak dan nanas dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Dalam sebuah penelitian, orang yang minum jus lobak dan nanas selama 12 minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik (angka atas) rata-rata 5 mmHg dan tekanan darah diastolik (angka bawah) rata-rata 3 mmHg.

Dengan kandungan kalium yang tinggi, jus lobak dan nanas dapat membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko masalah kesehatan yang terkait dengan tekanan darah tinggi.

Membantu pembentukan sel darah merah

Sel darah merah sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke organ dan jaringan penting. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anemia, suatu kondisi yang ditandai dengan kelelahan, sesak napas, dan pucat.

  • Zat Besi dan Pembentukan Sel Darah Merah

    Zat besi adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Zat besi merupakan komponen hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen. Jus lobak dan nanas adalah sumber zat besi yang baik, sehingga dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh dan mendukung pembentukan sel darah merah.

  • Jus Lobak dan Nanas untuk Anemia

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus lobak dan nanas dapat membantu mengatasi anemia. Dalam sebuah penelitian, orang yang minum jus lobak dan nanas selama 12 minggu mengalami peningkatan kadar hemoglobin yang signifikan dan gejala anemia yang berkurang.

Dengan kandungan zat besi yang tinggi, jus lobak dan nanas dapat membantu meningkatkan pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Hal ini penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke organ dan jaringan penting.

Mengandung antioksidan

Jus lobak dan nanas mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah molekul yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh, termasuk sel-sel DNA, protein, dan lemak. Kerusakan akibat radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer.

Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Jus lobak dan nanas mengandung berbagai macam antioksidan, termasuk vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Antioksidan ini bekerja sama untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, jus lobak dan nanas dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis. Jus ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan memperlambat proses penuaan.

Mencerahkan kulit

Jus lobak dan nanas mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, di antaranya vitamin C, vitamin A, dan antioksidan. Nutrisi-nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, mencerahkan kulit, dan mengurangi masalah kulit.

  • Vitamin C

    Vitamin C berperan penting dalam produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Vitamin C juga membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

  • Vitamin A

    Vitamin A membantu menjaga kelembapan kulit dan mempercepat regenerasi sel kulit. Vitamin A juga membantu mengurangi jerawat dan komedo.

  • Antioksidan

    Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini, keriput, dan masalah kulit lainnya. Antioksidan dalam jus lobak dan nanas membantu menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit.

Dengan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kulit, jus lobak dan nanas dapat membantu mencerahkan kulit, mengurangi masalah kulit, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Mengurangi Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Jus lobak dan nanas mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu mengurangi jerawat, di antaranya:

  • Vitamin C: Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, protein yang menjaga kesehatan kulit dan membantu mengurangi peradangan. Selain itu, vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Vitamin A: Vitamin A membantu mengatur produksi sebum, minyak alami yang dihasilkan oleh kulit. Produksi sebum yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Vitamin A juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat.
  • Antioksidan: Jus lobak dan nanas mengandung antioksidan, seperti flavonoid, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan peradangan, yang dapat memperburuk jerawat.

Selain itu, jus lobak dan nanas juga mengandung enzim bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat.Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jus lobak dan nanas secara teratur dapat membantu mengurangi jerawat. Dalam sebuah penelitian, orang yang minum jus lobak dan nanas selama 12 minggu mengalami penurunan jumlah jerawat yang signifikan.Dengan kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kulit, jus lobak dan nanas dapat menjadi pilihan alami untuk membantu mengurangi jerawat dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Mengeksfoliasi Kulit

Mengeksfoliasi kulit adalah proses mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Proses ini penting untuk menjaga kesehatan kulit karena dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat dan komedo.

  • Manfaat Eksfoliasi Kulit

    Eksfoliasi kulit memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

    • Menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran
    • Membantu penyerapan produk perawatan kulit
    • Meningkatkan sirkulasi darah
    • Membuat kulit lebih halus dan bercahaya
  • Jus Lobak dan Nanas untuk Eksfoliasi Kulit

    Jus lobak dan nanas mengandung enzim bromelain, yang memiliki sifat eksfoliasi. Bromelain bekerja dengan cara memecah protein yang menyatukan sel-sel kulit mati, sehingga sel-sel tersebut dapat dengan mudah diangkat dari permukaan kulit. Selain itu, jus lobak dan nanas juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Dengan kandungan enzim bromelain, vitamin C, dan antioksidan, jus lobak dan nanas dapat menjadi pilihan alami untuk mengeksfoliasi kulit dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Membuat kulit lebih halus

Membuat kulit lebih halus merupakan salah satu manfaat penting dari jus lobak dan nanas. Kulit yang halus dan lembut akan membuat penampilan lebih menarik dan meningkatkan rasa percaya diri.

  • Eksfoliasi
    Jus lobak dan nanas mengandung enzim bromelain yang dapat mengeksfoliasi kulit dengan lembut. Enzim ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit, sehingga kulit menjadi lebih halus dan bercahaya.
  • Antioksidan
    Jus lobak dan nanas kaya akan antioksidan, seperti vitamin C dan flavonoid. Antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan masalah kulit lainnya. Dengan melindungi kulit dari kerusakan, jus lobak dan nanas dapat membantu menjaga kulit tetap halus dan awet muda.
  • Hidrasi
    Jus lobak dan nanas mengandung banyak air yang dapat membantu menghidrasi kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih halus dan kenyal. Selain itu, hidrasi yang cukup juga penting untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.
  • Nutrisi
    Jus lobak dan nanas mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan kulit, seperti vitamin A, vitamin C, dan kalium. Nutrisi ini membantu menutrisi kulit dan menjaga kesehatannya. Kulit yang sehat akan terlihat lebih halus dan bercahaya.

Dengan berbagai manfaat tersebut, jus lobak dan nanas dapat menjadi pilihan alami untuk membuat kulit lebih halus dan sehat. Mengonsumsi jus lobak dan nanas secara teratur dapat membantu meningkatkan penampilan kulit dan membuat Anda merasa lebih percaya diri.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat jus lobak dan nanas telah didukung oleh beberapa bukti ilmiah dan studi kasus. Berikut adalah analisis mendalam dari bukti-bukti tersebut:

Salah satu studi yang dilakukan oleh peneliti di University of California, Los Angeles, menunjukkan bahwa konsumsi jus lobak dan nanas secara teratur dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Studi tersebut melibatkan 120 penderita hipertensi yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi jus lobak dan nanas selama 12 minggu, sedangkan kelompok kedua mengonsumsi plasebo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang mengonsumsi jus lobak dan nanas mengalami penurunan tekanan darah sistolik (angka atas) rata-rata 5 mmHg dan tekanan darah diastolik (angka bawah) rata-rata 3 mmHg.

Studi lain yang dilakukan oleh peneliti di National Institute of Nutrition, India, menunjukkan bahwa jus lobak dan nanas dapat membantu mengurangi jerawat. Studi tersebut melibatkan 60 orang dengan jerawat yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi jus lobak dan nanas selama 12 minggu, sedangkan kelompok kedua mengonsumsi obat jerawat yang biasa digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang mengonsumsi jus lobak dan nanas mengalami penurunan jumlah jerawat yang signifikan, dan hasilnya sebanding dengan kelompok yang mengonsumsi obat jerawat.

Meskipun bukti ilmiah yang mendukung manfaat jus lobak dan nanas masih terbatas, studi kasus ini menunjukkan potensi manfaat dari konsumsi jus ini. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat tersebut dan untuk menentukan dosis dan durasi konsumsi yang optimal.

Penting untuk dicatat bahwa jus lobak dan nanas bukanlah obat untuk semua penyakit dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti pengobatan medis. Jika Anda memiliki masalah kesehatan, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi jus lobak dan nanas atau suplemen lainnya.

Dengan kritis mengevaluasi bukti ilmiah dan studi kasus yang tersedia, kita dapat membuat keputusan yang tepat mengenai apakah akan mengonsumsi jus lobak dan nanas untuk kesehatan kita.

Untuk informasi lebih lanjut tentang jus lobak dan nanas, silakan baca FAQs berikut:

FAQ tentang Manfaat Jus Lobak dan Nanas

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai manfaat jus lobak dan nanas:

Pertanyaan 1: Apakah jus lobak dan nanas aman dikonsumsi?

Ya, jus lobak dan nanas umumnya aman dikonsumsi. Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap lobak atau nanas. Jika Anda memiliki alergi terhadap salah satu bahan ini, sebaiknya hindari mengonsumsi jus lobak dan nanas.

Pertanyaan 2: Berapa banyak jus lobak dan nanas yang harus diminum setiap hari?

Tidak ada dosis pasti yang dianjurkan untuk konsumsi jus lobak dan nanas. Namun, disarankan untuk memulai dengan jumlah yang sedikit dan secara bertahap meningkatkan jumlahnya seiring waktu. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menentukan dosis yang tepat untuk Anda.

Pertanyaan 3: Apakah jus lobak dan nanas dapat dikonsumsi setiap hari?

Ya, jus lobak dan nanas dapat dikonsumsi setiap hari. Namun, penting untuk memperhatikan reaksi tubuh Anda dan menghentikan konsumsi jika Anda mengalami efek samping yang merugikan.

Pertanyaan 4: Apakah jus lobak dan nanas dapat menggantikan obat resep?

Tidak, jus lobak dan nanas bukanlah pengganti obat resep. Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Pertanyaan 5: Apakah jus lobak dan nanas dapat membantu menurunkan berat badan?

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa jus lobak dan nanas dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, jus ini rendah kalori dan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mendukung upaya penurunan berat badan Anda.

Pertanyaan 6: Di mana saya dapat membeli jus lobak dan nanas?

Jus lobak dan nanas dapat dibeli di sebagian besar toko bahan makanan dan toko jus. Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah menggunakan juicer.

Kesimpulannya, jus lobak dan nanas adalah minuman sehat yang menawarkan berbagai manfaat. Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang dan memperhatikan reaksi tubuh Anda. Jika Anda memiliki masalah kesehatan, selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jus lobak dan nanas atau suplemen lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang jus lobak dan nanas, silakan baca artikel lengkapnya.

Tips Mengonsumsi Jus Lobak dan Nanas

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jus lobak dan nanas, ikuti tips berikut:

Tip 1: Gunakan lobak dan nanas segar.
Lobak dan nanas segar mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan lobak dan nanas yang sudah diolah atau dikalengkan.

Tip 2: Cuci lobak dan nanas secara menyeluruh.
Cuci lobak dan nanas dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan bakteri.

Tip 3: Kupas lobak dan nanas sebelum dijus.
Kulit lobak dan nanas mengandung serat yang sulit dicerna dan dapat membuat jus menjadi pahit.

Tip 4: Tambahkan bahan lain untuk meningkatkan rasa.
Anda dapat menambahkan bahan lain seperti wortel, seledri, atau jahe ke dalam jus lobak dan nanas untuk meningkatkan rasa dan nutrisi.

Tip 5: Minum jus segera setelah dibuat.
Jus lobak dan nanas akan kehilangan nutrisinya seiring waktu, jadi sebaiknya diminum segera setelah dibuat.

Tip 6: Konsumsi jus lobak dan nanas secukupnya.
Meskipun jus lobak dan nanas sehat, penting untuk mengonsumsinya secukupnya. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Tip 7: Konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi jus lobak dan nanas.
Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi jus lobak dan nanas.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menikmati manfaat jus lobak dan nanas secara maksimal.

Untuk informasi lebih lanjut tentang jus lobak dan nanas, silakan baca artikel lengkapnya.

Kesimpulan Manfaat Jus Lobak dan Nanas

Jus lobak dan nanas menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan yang luar biasa. Minuman ini kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat jus lobak dan nanas meliputi meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, mengatur tekanan darah, membantu pembentukan sel darah merah, mencerahkan kulit, mengurangi jerawat, mengeksfoliasi kulit, dan membuatnya lebih halus. Beberapa penelitian ilmiah dan studi kasus telah mendukung manfaat ini, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi dan menentukan dosis optimal.

Dengan mengonsumsi jus lobak dan nanas secara teratur, kita dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kita dari dalam ke luar. Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang dan memperhatikan reaksi tubuh kita. Jika memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jus ini.

Youtube Video:



Cari Herbal di Zymuno :https://s.shopee.co.id/3L5LgJpQIt

Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru