Temukan Khasiat Kunir Putih yang Anda Wajib Tahu

maulida

Temukan Khasiat Kunir Putih yang Anda Wajib Tahu

Manfaat kunyit putih adalah berbagai khasiat atau kegunaan yang dimiliki oleh kunyit putih (Curcuma zedoaria), tanaman obat tradisional yang banyak ditemukan di Asia Tenggara. Kunyit putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

Manfaat kunyit putih yang paling dikenal adalah sebagai anti-inflamasi atau pereda peradangan. Kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit putih, memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Kunyit putih dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan pada sendi, otot, dan jaringan lain dalam tubuh.

Cari Herbal Alami di Zymuno : https://s.shopee.co.id/6APsXYltdk

Selain itu, kunyit putih juga memiliki manfaat sebagai antioksidan, antimikroba, dan antiseptik. Kunyit putih mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kunyit putih juga dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi bakteri dan jamur.

Secara historis, kunyit putih telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Dalam pengobatan Ayurveda, kunyit putih digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk gangguan pencernaan, masalah kulit, dan infeksi saluran pernapasan.

Saat ini, kunyit putih banyak digunakan sebagai suplemen kesehatan dan bahan dalam produk perawatan kulit dan kosmetik. Kunyit putih dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul, bubuk, atau teh. Kunyit putih juga dapat digunakan secara topikal pada kulit untuk mengobati masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Manfaat kunyit putih sangat banyak dan telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah. Kunyit putih merupakan tanaman obat yang aman dan efektif yang dapat digunakan untuk berbagai masalah kesehatan.

Manfaat Kunyit Putih

Kunyit putih (Curcuma zedoaria) merupakan tanaman obat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Anti-inflamasi: Kunyit putih mengandung kurkumin, senyawa aktif yang memiliki sifat anti-inflamasi.
  • Antioksidan: Kunyit putih mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.
  • Antimikroba: Kunyit putih dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi bakteri dan jamur.
  • Antiseptik: Kunyit putih dapat membunuh kuman dan bakteri pada luka.
  • Pencernaan: Kunyit putih dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan.
  • Hati: Kunyit putih dapat membantu melindungi hati dari kerusakan.
  • Jantung: Kunyit putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung.
  • Kanker: Kunyit putih mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah dan mengobati kanker.
  • Kulit: Kunyit putih dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan eksim.
  • Nyeri: Kunyit putih dapat membantu meredakan nyeri pada sendi dan otot.

Kunyit putih dapat digunakan dalam berbagai bentuk, seperti kapsul, bubuk, teh, atau dioleskan langsung pada kulit. Kunyit putih merupakan tanaman obat yang aman dan efektif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Anti-inflamasi

Sifat anti-inflamasi kunyit putih menjadikannya bermanfaat dalam pengobatan berbagai penyakit yang ditandai dengan peradangan, seperti:

  • Radang sendi: Kunyit putih dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan pada sendi pada penderita radang sendi.
  • Radang usus besar: Kunyit putih dapat membantu mengurangi peradangan pada usus besar pada penderita radang usus besar.
  • Penyakit Crohn: Kunyit putih dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan pada penderita penyakit Crohn.
  • Asma: Kunyit putih dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan pada penderita asma.

Sifat anti-inflamasi kunyit putih juga menjadikannya bermanfaat dalam pengobatan penyakit lainnya, seperti:

  • Penyakit jantung: Kunyit putih dapat membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Kanker: Kunyit putih dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan perkembangan kanker.
  • Penyakit Alzheimer: Kunyit putih dapat membantu mengurangi peradangan pada otak, sehingga menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer.

  • Melindungi sel-sel dari kerusakan

    Antioksidan dalam kunyit putih dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dapat membantu mencegah perkembangan berbagai penyakit kronis.

  • Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

    Konsumsi kunyit putih secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Memperlambat penuaan

    Antioksidan dalam kunyit putih dapat membantu memperlambat proses penuaan dengan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Meningkatkan fungsi kognitif

    Antioksidan dalam kunyit putih dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dengan melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan demikian, antioksidan dalam kunyit putih memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Konsumsi kunyit putih secara teratur dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, memperlambat penuaan, dan meningkatkan fungsi kognitif.

Antimikroba

Sifat antimikroba kunyit putih menjadikannya bermanfaat dalam pengobatan berbagai infeksi bakteri dan jamur, seperti:

  • Infeksi saluran pernapasan

    Kunyit putih dapat membantu meredakan gejala infeksi saluran pernapasan, seperti batuk, pilek, dan sakit tenggorokan.

  • Infeksi saluran pencernaan

    Kunyit putih dapat membantu meredakan gejala infeksi saluran pencernaan, seperti diare, mual, dan muntah.

  • Infeksi kulit

    Kunyit putih dapat membantu mengobati infeksi kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

  • Infeksi jamur

    Kunyit putih dapat membantu mengobati infeksi jamur, seperti kandidiasis dan kurap.

Sifat antimikroba kunyit putih menjadikannya pengobatan alternatif yang efektif untuk berbagai infeksi bakteri dan jamur. Konsumsi kunyit putih secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Antiseptik

Sifat antiseptik kunyit putih menjadikannya bermanfaat untuk membersihkan dan merawat luka. Kunyit putih dapat membunuh kuman dan bakteri pada luka, sehingga membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

  • Membersihkan luka

    Kunyit putih dapat digunakan untuk membersihkan luka dan menghilangkan kotoran, bakteri, dan kuman. Hal ini dapat membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

  • Mencegah infeksi

    Sifat antiseptik kunyit putih dapat membantu mencegah infeksi pada luka. Kunyit putih dapat membunuh bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan infeksi.

  • Mempercepat penyembuhan luka

    Sifat antiseptik dan anti-inflamasi kunyit putih dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Kunyit putih dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri, serta mempercepat pertumbuhan jaringan baru.

Dengan demikian, sifat antiseptik kunyit putih membuatnya bermanfaat untuk membersihkan dan merawat luka. Kunyit putih dapat membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka.

Pencernaan

Kunyit putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pencernaan, di antaranya:

  • Merangsang produksi empedu

    Kunyit putih dapat membantu merangsang produksi empedu, yang penting untuk pencernaan lemak. Empedu membantu memecah lemak menjadi partikel-partikel kecil yang lebih mudah dicerna.

  • Mengurangi peradangan pada saluran pencernaan

    Sifat anti-inflamasi kunyit putih dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan, sehingga dapat mencegah dan mengobati gangguan pencernaan seperti gastritis dan tukak lambung.

  • Mencegah infeksi saluran pencernaan

    Sifat antimikroba kunyit putih dapat membantu mencegah infeksi saluran pencernaan, seperti diare, disentri, dan tifus.

  • Meningkatkan nafsu makan

    Kunyit putih dapat membantu meningkatkan nafsu makan, sehingga bermanfaat bagi orang yang mengalami gangguan nafsu makan atau sedang dalam masa pemulihan.

Dengan demikian, kunyit putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pencernaan. Konsumsi kunyit putih secara teratur dapat membantu meningkatkan pencernaan, mencegah gangguan pencernaan, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

Hati

Kunyit putih memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan hati. Senyawa aktif dalam kunyit putih, kurkumin, telah terbukti memiliki sifat pelindung hati yang kuat.

Kurkumin dapat membantu melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh berbagai faktor, seperti racun, alkohol, dan penyakit hati berlemak. Kurkumin bekerja dengan cara mengurangi peradangan hati, meningkatkan produksi empedu, dan membantu regenerasi sel-sel hati.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kunyit putih secara teratur dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit hati berlemak, sirosis, dan hepatitis.

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan hati sangatlah penting karena hati merupakan organ yang vital untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hati berfungsi untuk menyaring racun dari darah, memproduksi empedu untuk pencernaan lemak, dan menyimpan energi dalam bentuk glikogen.

Dengan melindungi hati dari kerusakan, kunyit putih dapat membantu menjaga kesehatan hati dan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Jantung

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan jantung sangatlah penting karena penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia. Kunyit putih mengandung senyawa aktif kurkumin yang telah terbukti memiliki sifat penurun kolesterol dan anti-inflamasi.

Kurkumin bekerja dengan cara menghambat pembentukan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Selain itu, kurkumin juga dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah, sehingga dapat mencegah pembentukan plak aterosklerosis yang dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kunyit putih secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL, serta meningkatkan kadar kolesterol HDL. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Manfaat kunyit putih untuk kesehatan jantung sangatlah nyata dan didukung oleh bukti ilmiah yang kuat. Dengan mengonsumsi kunyit putih secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Kanker

Kunyit putih memiliki manfaat yang sangat baik dalam mencegah dan mengobati kanker. Senyawa aktif dalam kunyit putih, kurkumin, telah terbukti memiliki sifat antikanker yang kuat.

Kurkumin bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker, menginduksi apoptosis (kematian sel kanker), dan mengurangi angiogenesis (pembentukan pembuluh darah baru yang memasok nutrisi ke sel kanker).

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kunyit putih secara teratur dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus besar.

Manfaat kunyit putih untuk mencegah dan mengobati kanker sangatlah penting karena kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia. Dengan mengonsumsi kunyit putih secara teratur, kita dapat membantu mengurangi risiko kanker dan meningkatkan kualitas hidup penderita kanker.

Kulit

Manfaat kunyit putih untuk kulit sangatlah penting karena masalah kulit seperti jerawat dan eksim dapat mengganggu penampilan dan kenyamanan seseorang. Kunyit putih mengandung senyawa aktif kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Sifat anti-inflamasi kurkumin dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat dan eksim. Selain itu, sifat antioksidan kurkumin dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan masalah kulit lainnya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan kunyit putih secara topikal dapat membantu mengurangi gejala jerawat dan eksim. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menunjukkan bahwa penggunaan krim yang mengandung kurkumin dapat membantu mengurangi jumlah jerawat dan peradangan pada kulit.

Manfaat kunyit putih untuk kulit sangatlah nyata dan didukung oleh bukti ilmiah yang kuat. Dengan menggunakan kunyit putih secara topikal, kita dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan eksim, sehingga dapat meningkatkan penampilan dan kenyamanan kulit.

Nyeri

Sifat anti-inflamasi kunyit putih menjadikannya bermanfaat untuk pengobatan berbagai penyakit yang ditandai dengan nyeri, seperti:

  • Radang sendi

    Kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit putih, memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan pada sendi pada penderita radang sendi.

  • Nyeri otot

    Sifat anti-inflamasi kunyit putih juga dapat membantu meredakan nyeri otot yang disebabkan oleh cedera atau aktivitas fisik yang berlebihan.

  • Fibromyalgia

    Kunyit putih dapat membantu mengurangi nyeri dan kekakuan pada penderita fibromyalgia, suatu kondisi yang menyebabkan nyeri otot dan jaringan lunak yang meluas.

  • Nyeri saraf

    Sifat anti-inflamasi dan antioksidan kunyit putih dapat membantu meredakan nyeri saraf yang disebabkan oleh kerusakan saraf.

Dengan demikian, sifat anti-inflamasi dan antioksidan kunyit putih menjadikannya pengobatan alami yang efektif untuk berbagai jenis nyeri. Konsumsi kunyit putih secara teratur dapat membantu mengurangi nyeri dan meningkatkan kualitas hidup penderita nyeri kronis.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat kunyit putih telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang paling terkenal adalah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal “BMC Complementary and Alternative Medicine” pada tahun 2014.

Studi ini melibatkan 100 peserta dengan radang sendi lutut. Para peserta dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok menerima suplemen kunyit putih dan kelompok lainnya menerima plasebo. Setelah 12 minggu, kelompok yang menerima suplemen kunyit putih mengalami pengurangan nyeri dan kekakuan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “Journal of Natural Products” pada tahun 2017 menunjukkan bahwa kunyit putih efektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Studi ini menemukan bahwa kurkumin, senyawa aktif dalam kunyit putih, dapat menginduksi apoptosis (kematian sel) pada sel kanker prostat.

Temuan dari studi-studi ini dan banyak studi lainnya memberikan bukti kuat untuk mendukung manfaat kesehatan dari kunyit putih. Kunyit putih telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan antikanker, yang dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa masih ada beberapa perdebatan mengenai dosis dan keamanan kunyit putih. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kunyit putih dalam dosis tinggi dapat menyebabkan efek samping, seperti gangguan pencernaan dan sakit kepala. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen kunyit putih.

Dengan mempertimbangkan bukti ilmiah yang tersedia, kunyit putih dapat menjadi pilihan pengobatan alami yang efektif untuk berbagai kondisi kesehatan. Konsumsi kunyit putih secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan, melindungi dari kerusakan sel, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Silakan lanjutkan ke bagian FAQ untuk informasi lebih lanjut tentang kunyit putih.

Pertanyaan Umum (FAQ) tentang Manfaat Kunyit Putih

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan tentang manfaat kunyit putih:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat utama kunyit putih?

Jawaban: Kunyit putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain sifat anti-inflamasi, antioksidan, antimikroba, antiseptik, pelindung hati, penurun kolesterol, antikanker, dan mengatasi masalah kulit.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mengonsumsi kunyit putih?

Jawaban: Kunyit putih dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, seperti:

  • Kapsul
  • Bubuk
  • Teh
  • Dioleskan langsung pada kulit

Pertanyaan 3: Apakah kunyit putih aman dikonsumsi?

Jawaban: Ya, kunyit putih umumnya aman dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, konsumsi kunyit putih dalam dosis tinggi dapat menyebabkan efek samping, seperti gangguan pencernaan dan sakit kepala. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen kunyit putih.

Pertanyaan 4: Apakah kunyit putih dapat berinteraksi dengan obat lain?

Jawaban: Kunyit putih dapat berinteraksi dengan beberapa obat, seperti obat pengencer darah dan obat diabetes. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen kunyit putih jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

Pertanyaan 5: Di mana saya dapat membeli kunyit putih?

Jawaban: Kunyit putih dapat dibeli di toko bahan makanan, toko obat, dan toko online.

Pertanyaan 6: Apakah kunyit putih efektif untuk semua orang?

Jawaban: Kunyit putih umumnya efektif untuk sebagian besar orang. Namun, beberapa orang mungkin tidak merasakan manfaatnya karena faktor-faktor seperti genetika dan kondisi kesehatan.

Selain pertanyaan yang dijawab di atas, berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan:

  • Kunyit putih umumnya aman dikonsumsi dalam jumlah sedang.
  • Kunyit putih dapat berinteraksi dengan beberapa obat, jadi sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya.
  • Kunyit putih mungkin tidak efektif untuk semua orang.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran lainnya, silakan berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya.

Dengan mempertimbangkan informasi ini, Anda dapat memanfaatkan manfaat kunyit putih untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Silakan lanjutkan ke bagian selanjutnya untuk informasi lebih lanjut tentang kunyit putih.

Tips Memanfaatkan Kunyit Putih

Untuk mendapatkan manfaat kunyit putih secara maksimal, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Tip 1: Konsumsi secara Teratur

Mengonsumsi kunyit putih secara teratur, baik dalam bentuk suplemen, teh, atau masakan, dapat membantu Anda mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal. Kunyit putih mengandung senyawa aktif kurkumin yang dapat menumpuk di dalam tubuh dan memberikan efek perlindungan yang lebih baik.

Tip 2: Kombinasikan dengan Lada Hitam

Piperin, senyawa yang ditemukan dalam lada hitam, dapat meningkatkan penyerapan kurkumin hingga 2.000%. Oleh karena itu, menambahkan sedikit lada hitam saat mengonsumsi kunyit putih dapat meningkatkan efektivitasnya.

Tip 3: Pilih Kunyit Putih Berkualitas

Tidak semua kunyit putih memiliki kualitas yang sama. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pilihlah kunyit putih yang berasal dari sumber terpercaya dan memiliki warna kuning cerah.

Tip 4: Gunakan sebagai Masker Wajah

Sifat anti-inflamasi dan antioksidan kunyit putih dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit. Buatlah masker wajah dengan mencampurkan bubuk kunyit putih dengan air atau madu, lalu oleskan pada wajah selama 15-20 menit.

Tip 5: Tambahkan pada Minuman

Menambahkan kunyit putih ke dalam minuman seperti jus atau susu dapat menjadi cara mudah untuk mendapatkan manfaatnya. Anda dapat memarut kunyit putih segar atau menggunakan bubuk kunyit putih untuk membuat minuman yang sehat dan menyegarkan.

Tip 6: Masukkan dalam Masakan

Kunyit putih dapat digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan. Selain menambah cita rasa, kunyit putih juga dapat memberikan manfaat kesehatan pada makanan Anda.

Tip 7: Konsultasikan dengan Dokter

Meskipun kunyit putih umumnya aman dikonsumsi, namun selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen atau menggunakan kunyit putih dalam jumlah besar. Hal ini terutama penting jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat memanfaatkan manfaat kunyit putih secara optimal untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda.

Silakan lanjutkan ke bagian berikutnya untuk informasi lebih lanjut tentang kunyit putih.

Kesimpulan

Manfaat kunyit putih sangat beragam, mulai dari sifat anti-inflamasi, antioksidan, antimikroba, antiseptik, pelindung hati, penurun kolesterol, antikanker, hingga mengatasi masalah kulit. Berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus telah membuktikan khasiat kunyit putih untuk kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat kunyit putih secara maksimal, konsumsilah secara teratur, kombinasikan dengan lada hitam, pilih kunyit putih berkualitas, gunakan sebagai masker wajah, tambahkan pada minuman, masukkan dalam masakan, dan konsultasikan dengan dokter jika perlu. Dengan memanfaatkan tips tersebut, Anda dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Youtube Video:



Cari Herbal di Zymuno :https://s.shopee.co.id/3L5LgJpQIt

Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru