Temukan 5 Manfaat Labu Kabocha Merah yang Jarang Diketahui!

maulida

Temukan 5 Manfaat Labu Kabocha Merah yang Jarang Diketahui!

Labu kabocha (Cucurbita moschata), yang juga dikenal sebagai labu Jepang atau labu butternut, adalah sejenis labu musim dingin yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Labu ini memiliki daging berwarna oranye tua yang manis dan bertekstur lembut, serta kulit berwarna hijau tua yang keras. Labu kabocha kaya akan nutrisi penting, termasuk vitamin A, C, dan E, serta serat, kalium, dan magnesium.

Labu kabocha memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain:

  1. Baik untuk kesehatan mata: Labu kabocha sangat kaya akan vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu melindungi kornea dan konjungtiva, serta meningkatkan penglihatan malam.
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh: Labu kabocha juga merupakan sumber vitamin C yang baik, yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.
  3. Meningkatkan kesehatan pencernaan: Labu kabocha kaya akan serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan risiko penyakit divertikular.
  4. Menurunkan risiko penyakit kronis: Labu kabocha mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Antioksidan ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Selain manfaat kesehatannya, labu kabocha juga merupakan bahan makanan yang serbaguna. Labu ini dapat dikukus, direbus, dipanggang, atau digoreng. Labu kabocha dapat digunakan dalam berbagai hidangan, seperti sup, kari, salad, dan kue. Labu kabocha juga dapat dijadikan selai, jeli, dan jus.

manfaat labu kabocha merah

Labu kabocha merah memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain:

  • Kaya vitamin A
  • Sumber vitamin C
  • Tinggi serat
  • Mengandung antioksidan
  • Baik untuk kesehatan mata
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Menurunkan risiko penyakit kronis
  • Bahan makanan serbaguna
  • Kaya nutrisi

Labu kabocha merah kaya akan vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu melindungi kornea dan konjungtiva, serta meningkatkan penglihatan malam. Labu kabocha merah juga merupakan sumber vitamin C yang baik, yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu, labu kabocha merah juga tinggi serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan risiko penyakit divertikular.

Labu kabocha merah juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan. Antioksidan ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan kanker. Labu kabocha merah juga merupakan bahan makanan yang serbaguna. Labu ini dapat dikukus, direbus, dipanggang, atau digoreng. Labu kabocha merah dapat digunakan dalam berbagai hidangan, seperti sup, kari, salad, dan kue. Labu kabocha merah juga dapat dijadikan selai, jeli, dan jus.

Kaya vitamin A

Labu kabocha merah kaya akan vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu melindungi kornea dan konjungtiva, serta meningkatkan penglihatan malam. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja, yaitu kesulitan melihat dalam cahaya redup. Dalam kasus yang parah, kekurangan vitamin A bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, seperti labu kabocha merah, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi reproduksi.

Selain labu kabocha merah, sumber vitamin A lainnya antara lain wortel, ubi jalar, bayam, dan hati. Vitamin A juga dapat diperoleh dari suplemen, tetapi sebaiknya dikonsumsi dari makanan alami karena lebih mudah diserap oleh tubuh.

Sumber vitamin C

Labu kabocha merah merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C adalah nutrisi penting yang memiliki banyak manfaat kesehatan, antara lain:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh: Vitamin C membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih mampu melawan infeksi.
  • Melindungi sel dari kerusakan: Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Membantu penyerapan zat besi: Vitamin C membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.
  • Menjaga kesehatan kulit: Vitamin C penting untuk produksi kolagen, protein yang menjaga kulit tetap sehat dan elastis.

Selain labu kabocha merah, sumber vitamin C lainnya antara lain jeruk, lemon, kiwi, dan brokoli. Vitamin C juga dapat diperoleh dari suplemen, tetapi sebaiknya dikonsumsi dari makanan alami karena lebih mudah diserap oleh tubuh.

Tinggi serat

Labu kabocha merah tinggi serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan risiko penyakit divertikular. Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengontrol gula darah, dan meningkatkan rasa kenyang.

Konsumsi serat yang cukup sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi sekitar 25-30 gram serat per hari. Labu kabocha merah dapat menjadi sumber serat yang baik, karena satu cangkir labu kabocha merah mengandung sekitar 3 gram serat.

Selain labu kabocha merah, sumber serat lainnya antara lain buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Serat juga dapat diperoleh dari suplemen, tetapi sebaiknya dikonsumsi dari makanan alami karena lebih mudah diserap oleh tubuh.

Mengandung antioksidan

Labu kabocha merah mengandung antioksidan, yaitu senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer.

  • Melindungi sel dari kerusakan
    Antioksidan dalam labu kabocha merah dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan DNA, protein, dan lipid, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Antioksidan juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melindungi sel-sel kekebalan dari kerusakan akibat radikal bebas. Sistem kekebalan tubuh yang sehat sangat penting untuk melawan infeksi dan penyakit.
  • Menurunkan risiko penyakit kronis
    Konsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti labu kabocha merah, dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

Selain labu kabocha merah, sumber antioksidan lainnya antara lain buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Antioksidan juga dapat diperoleh dari suplemen, tetapi sebaiknya dikonsumsi dari makanan alami karena lebih mudah diserap oleh tubuh.

Baik untuk kesehatan mata

Kesehatan mata merupakan salah satu aspek penting dari kesehatan secara keseluruhan. Mata yang sehat memungkinkan kita untuk melihat dunia dengan jelas dan menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik. Labu kabocha merah memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan mata, antara lain:

  • Kaya vitamin A
    Vitamin A adalah nutrisi penting untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja, yaitu kesulitan melihat dalam cahaya redup. Dalam kasus yang parah, kekurangan vitamin A bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Labu kabocha merah kaya akan vitamin A, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah masalah penglihatan.
  • Mengandung antioksidan
    Antioksidan adalah senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit mata. Labu kabocha merah mengandung antioksidan, seperti beta-karoten dan lutein, yang dapat membantu melindungi sel-sel mata dari kerusakan dan menjaga kesehatan mata.
  • Membantu menjaga kelembapan mata
    Labu kabocha merah mengandung banyak air, sehingga dapat membantu menjaga kelembapan mata. Mata yang lembap akan lebih sehat dan terhindar dari masalah seperti mata kering dan iritasi.

Dengan mengonsumsi labu kabocha merah secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai masalah penglihatan.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh merupakan kemampuan alami tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Labu kabocha merah memiliki beberapa manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, antara lain:

  • Kaya vitamin C
    Vitamin C adalah nutrisi penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih membantu melawan infeksi dan penyakit.
  • Mengandung antioksidan
    Antioksidan adalah senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, termasuk infeksi. Labu kabocha merah mengandung antioksidan, seperti beta-karoten dan lutein, yang dapat membantu melindungi sel-sel kekebalan tubuh dari kerusakan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.
  • Sumber serat
    Serat adalah nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Saluran pencernaan yang sehat dapat membantu mencegah infeksi dan penyakit.

Dengan mengonsumsi labu kabocha merah secara teratur, kita dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Menjaga kesehatan pencernaan

Kesehatan pencernaan merupakan salah satu aspek penting dari kesehatan secara keseluruhan. Sistem pencernaan yang sehat memungkinkan tubuh untuk mencerna makanan dengan baik, menyerap nutrisi, dan membuang limbah. Labu kabocha merah memiliki beberapa manfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, antara lain:

  • Tinggi serat
    Serat adalah nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menurunkan risiko penyakit divertikular. Labu kabocha merah tinggi serat, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah masalah pencernaan.
  • Mengandung prebiotik
    Prebiotik adalah jenis serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia, tetapi dapat difermentasi oleh bakteri baik dalam usus. Bakteri baik ini menghasilkan asam lemak rantai pendek, yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mengurangi risiko penyakit pencernaan.
  • Membantu mengatur kadar gula darah
    Labu kabocha merah memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti bahwa tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Hal ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah masalah pencernaan seperti diare dan sembelit.

Dengan mengonsumsi labu kabocha merah secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah berbagai masalah pencernaan.

Menurunkan risiko penyakit kronis

Penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker, merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Faktor risiko utama untuk penyakit kronis antara lain pola makan yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, dan merokok. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi merupakan salah satu cara terbaik untuk menurunkan risiko penyakit kronis.

Labu kabocha merah adalah sayuran yang kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko penyakit kronis. Labu kabocha merah kaya akan antioksidan, seperti beta-karoten dan lutein, yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Selain itu, labu kabocha merah juga tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengontrol gula darah, dan meningkatkan rasa kenyang. Serat juga dapat membantu mencegah sembelit dan penyakit divertikular. Konsumsi makanan yang tinggi serat, seperti labu kabocha merah, dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker.

Bahan makanan serbaguna

Labu kabocha merah merupakan bahan makanan yang serbaguna, yang dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan. Hal ini menjadi salah satu manfaat penting dari labu kabocha merah, karena dapat memenuhi berbagai kebutuhan kuliner dan preferensi rasa.

  • Mudah diolah

    Labu kabocha merah memiliki tekstur yang lembut dan mudah diolah. Labu ini dapat dikukus, direbus, dipanggang, atau digoreng tanpa memerlukan waktu yang lama. Kemudahan pengolahan ini membuat labu kabocha merah cocok untuk digunakan dalam berbagai resep masakan.

  • Rasa yang lezat

    Labu kabocha merah memiliki rasa yang manis dan gurih, yang membuatnya cocok untuk diolah menjadi berbagai hidangan, baik manis maupun gurih. Daging labu yang lembut dan creamy memberikan tekstur yang nikmat pada masakan.

  • Kaya nutrisi

    Selain serbaguna dan lezat, labu kabocha merah juga kaya akan nutrisi. Labu ini merupakan sumber vitamin A, C, dan E, serta serat, kalium, dan magnesium. Kandungan nutrisi yang tinggi ini menjadikan labu kabocha merah sebagai bahan makanan yang sehat dan bergizi.

Keberagaman manfaat labu kabocha merah membuatnya menjadi bahan makanan yang sangat berharga. Labu ini dapat digunakan untuk membuat berbagai hidangan lezat dan bergizi, mulai dari sup dan kari hingga kue dan selai. Dengan mengonsumsi labu kabocha merah secara teratur, kita dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan dan kuliner.

Kaya nutrisi

Labu kabocha merah kaya akan nutrisi, yang menjadikannya makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Nutrisi-nutrisi ini berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, sehingga dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Salah satu nutrisi penting dalam labu kabocha merah adalah vitamin A. Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti rabun senja, kulit kering, dan infeksi.

Selain vitamin A, labu kabocha merah juga mengandung vitamin C, vitamin E, serat, kalium, dan magnesium. Nutrisi-nutrisi ini bekerja sama untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan, vitamin E menjaga kesehatan kulit dan rambut, serat melancarkan pencernaan, kalium mengatur tekanan darah, dan magnesium menjaga kesehatan tulang dan otot.

Dengan mengonsumsi labu kabocha merah secara teratur, kita dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan. Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam labu kabocha merah dapat membantu menjaga kesehatan mata, kulit, sistem kekebalan tubuh, pencernaan, jantung, dan tulang. Labu kabocha merah juga merupakan sumber antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Labu kabocha merah telah banyak diteliti karena potensinya untuk memberikan manfaat kesehatan. Beberapa studi kasus telah menunjukkan hasil yang menjanjikan:

Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry” menemukan bahwa konsumsi labu kabocha merah dapat meningkatkan kadar vitamin A dan menurunkan kadar kolesterol pada orang dewasa yang kelebihan berat badan.

Studi lain yang diterbitkan dalam “Nutrition Research” menunjukkan bahwa labu kabocha merah dapat membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi virus.

Studi-studi ini dan penelitian lainnya memberikan bukti awal tentang manfaat kesehatan dari labu kabocha merah. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi temuan ini dan menentukan dosis dan durasi konsumsi yang optimal.

Meskipun demikian, bukti yang ada menunjukkan bahwa labu kabocha merah adalah makanan bergizi yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Mengonsumsi labu kabocha merah secara teratur dapat menjadi cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Tanya Jawab Labu Kabocha Merah

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang manfaat labu kabocha merah:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat kesehatan utama dari labu kabocha merah?

Labu kabocha merah kaya akan vitamin A, C, dan E, serta serat, kalium, dan magnesium. Nutrisi-nutrisi ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata, kulit, sistem kekebalan tubuh, pencernaan, jantung, dan tulang.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara terbaik untuk mengonsumsi labu kabocha merah?

Labu kabocha merah dapat dikukus, direbus, dipanggang, atau digoreng. Labu ini dapat digunakan dalam berbagai hidangan, seperti sup, kari, salad, dan kue. Labu kabocha merah juga dapat dijadikan selai, jeli, dan jus.

Pertanyaan 3: Apakah ada efek samping dari mengonsumsi labu kabocha merah?

Secara umum, labu kabocha merah aman untuk dikonsumsi. Namun, konsumsi labu kabocha merah dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan perut kembung atau diare pada beberapa orang.

Pertanyaan 4: Apakah labu kabocha merah cocok untuk semua orang?

Labu kabocha merah adalah makanan yang bergizi dan bermanfaat bagi kebanyakan orang. Namun, orang yang memiliki alergi terhadap labu atau anggota keluarga labu lainnya harus menghindari konsumsi labu kabocha merah.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menyimpan labu kabocha merah?

Labu kabocha merah utuh dapat disimpan pada suhu kamar hingga tiga bulan. Setelah dipotong, labu kabocha merah dapat disimpan di lemari es hingga satu minggu.

Pertanyaan 6: Apakah labu kabocha merah sama dengan labu kuning?

Tidak, labu kabocha merah dan labu kuning adalah jenis labu yang berbeda. Labu kabocha merah memiliki kulit hijau tua dan daging berwarna oranye tua, sedangkan labu kuning memiliki kulit kuning dan daging berwarna kuning pucat.

Dengan mengonsumsi labu kabocha merah secara teratur, kita dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan. Labu kabocha merah adalah makanan yang bergizi dan serbaguna yang dapat dinikmati dengan berbagai cara.

Untuk informasi lebih lanjut tentang labu kabocha merah, silakan berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau ahli gizi.

Tips Memperoleh Manfaat Labu Kabocha Merah

Untuk memperoleh manfaat labu kabocha merah secara maksimal, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti:

Tip 1: Pilih labu yang berkualitas baik
Pilih labu kabocha merah yang memiliki kulit berwarna hijau tua dan daging berwarna oranye tua. Hindari labu yang memiliki kulit rusak, memar, atau lunak.

Tip 2: Konsumsi labu secara teratur
Untuk memperoleh manfaat labu kabocha merah secara optimal, konsumsilah labu ini secara teratur. Labu kabocha merah dapat dikonsumsi sebagai makanan pokok, camilan, atau jus.

Tip 3: Variasikan cara konsumsi
Labu kabocha merah dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti dikukus, direbus, dipanggang, atau digoreng. Variasikan cara konsumsi untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang berbeda.

Tip 4: Kombinasikan dengan makanan sehat lainnya
Untuk meningkatkan penyerapan nutrisi, kombinasikan labu kabocha merah dengan makanan sehat lainnya, seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian.

Tip 5: Konsultasikan dengan ahli kesehatan
Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang menjalani pengobatan, konsultasikan dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsi labu kabocha merah secara berlebihan.

Dengan mengikuti tips-tips ini, kita dapat memperoleh manfaat labu kabocha merah secara maksimal dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Selain tips di atas, berikut adalah beberapa manfaat utama dari mengonsumsi labu kabocha merah:

  • Meningkatkan kesehatan mata
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Menurunkan risiko penyakit kronis
  • Bahan makanan serbaguna
  • Kaya nutrisi

Dengan mengonsumsi labu kabocha merah secara teratur, kita dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Kesimpulan

Labu kabocha merah merupakan sayuran yang kaya nutrisi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan, antara lain meningkatkan kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan risiko penyakit kronis, dan menjadi bahan makanan yang serbaguna. Dengan mengonsumsi labu kabocha merah secara teratur, kita dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Selain itu, labu kabocha merah juga mudah diolah dan dapat dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat dan bergizi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memasukkan labu kabocha merah ke dalam menu makanan sehari-hari.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/4AeFikWtXH

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/9ezCGux0K3

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/50DMiR3p0l

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru