Temukan Manfaat Mandi Bunga yang Jarang Diketahui untuk Relaksasi dan Kesehatan Kulit Anda

maulida

Temukan Manfaat Mandi Bunga yang Jarang Diketahui untuk Relaksasi dan Kesehatan Kulit Anda

Mandi bunga adalah praktik merendam tubuh dalam air hangat yang berisi kelopak bunga atau tanaman herbal. Praktik ini telah dilakukan selama berabad-abad di berbagai budaya di seluruh dunia, dan dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.

Beberapa manfaat mandi bunga antara lain:

  • Melembapkan kulit
  • Mengurangi stres dan kecemasan
  • Meredakan nyeri otot dan sendi
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Membersihkan dan mendetoksifikasi kulit

Selain manfaat kesehatan, mandi bunga juga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menenangkan. Aroma bunga yang harum dapat membantu menciptakan suasana rileks dan menyegarkan.

Jika Anda tertarik untuk mencoba mandi bunga, ada beberapa hal yang perlu diingat. Pertama, pastikan untuk memilih bunga atau tanaman herbal yang aman untuk kulit. Kedua, gunakan air hangat, bukan panas, dan rendam tubuh Anda selama 15-20 menit. Terakhir, bilas tubuh Anda secara menyeluruh setelah mandi.

manfaat mandi bunga

Mandi bunga adalah praktik yang banyak dilakukan orang untuk memperoleh berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah 9 manfaat utama mandi bunga:

  • Relaksasi: Aroma bunga yang harum dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh.
  • Detoksifikasi: Mandi bunga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  • Pelembap: Kelopak bunga mengandung minyak alami yang dapat melembapkan kulit.
  • Anti-inflamasi: Beberapa bunga, seperti chamomile dan lavender, memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri otot dan sendi.
  • Antioksidan: Banyak bunga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Antibakteri: Beberapa bunga, seperti calendula dan rosemary, memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membersihkan kulit dan mencegah infeksi.
  • Meningkatkan sirkulasi: Mandi bunga air hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.
  • Meningkatkan kualitas tidur: Mandi bunga sebelum tidur dapat membantu membuat Anda lebih rileks dan meningkatkan kualitas tidur.
  • Pengalaman yang menyenangkan: Mandi bunga bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menenangkan.

Kesimpulannya, mandi bunga menawarkan berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan, mulai dari relaksasi hingga detoksifikasi. Dengan memilih bunga yang tepat dan mengikuti petunjuk penggunaan yang benar, Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari praktik kuno ini.

Relaksasi

Salah satu manfaat utama mandi bunga adalah kemampuannya untuk memberikan relaksasi. Aroma bunga yang harum dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga mengurangi stres dan kecemasan.

Ketika seseorang mencium aroma bunga, molekul aroma tersebut akan masuk ke dalam hidung dan menuju ke reseptor penciuman. Reseptor ini kemudian akan mengirimkan sinyal ke otak, yang pada akhirnya akan memicu respons relaksasi.

Beberapa bunga yang dikenal memiliki efek relaksasi antara lain lavender, chamomile, dan melati. Bunga-bunga ini sering digunakan dalam aromaterapi dan produk perawatan tubuh untuk membantu orang merasa lebih tenang dan rileks.

Mandi bunga dengan bunga-bunga ini dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres dan kecemasan setelah seharian beraktivitas. Rendam tubuh Anda dalam air hangat yang berisi kelopak bunga selama 15-20 menit, dan hirup aroma bunganya yang menenangkan. Anda akan merasa lebih rileks dan segar setelahnya.

Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Racun dapat berasal dari berbagai sumber, seperti makanan, minuman, polusi udara, dan produk perawatan tubuh. Racun-racun ini dapat menumpuk di dalam tubuh seiring waktu dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kelelahan, sakit kepala, dan masalah kulit.

Mandi bunga dapat membantu proses detoksifikasi dengan cara mengeluarkan racun melalui kulit. Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh, dan memiliki kemampuan untuk menyerap nutrisi dan mengeluarkan racun. Ketika Anda mandi bunga, kelopak bunga melepaskan minyak esensial dan senyawa tanaman lainnya yang dapat membantu membuka pori-pori dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Beberapa bunga yang dikenal memiliki sifat detoksifikasi antara lain dandelion, jelatang, dan rosemary. Bunga-bunga ini sering digunakan dalam produk perawatan kulit dan teh detoks untuk membantu membersihkan tubuh dari racun.

Mandi bunga dengan bunga-bunga ini dapat menjadi cara yang efektif untuk mendukung proses detoksifikasi alami tubuh. Rendam tubuh Anda dalam air hangat yang berisi kelopak bunga selama 15-20 menit, dan biarkan kulit Anda menyerap nutrisi dan mengeluarkan racun.

Pelembap

Kelopak bunga mengandung minyak alami yang dapat melembapkan dan menutrisi kulit. Minyak alami ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit tetap halus, lembut, dan terhidrasi.

  • Minyak alami dalam kelopak bunga menyerap dengan mudah ke dalam kulit. Minyak alami dalam kelopak bunga memiliki struktur molekul yang mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh kulit. Hal ini membuat minyak alami dalam kelopak bunga dapat dengan mudah diserap ke dalam kulit dan menutrisi kulit dari dalam.
  • Minyak alami dalam kelopak bunga memiliki sifat anti-inflamasi. Beberapa minyak alami dalam kelopak bunga, seperti minyak lavender dan minyak chamomile, memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan meradang.
  • Minyak alami dalam kelopak bunga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Minyak alami dalam kelopak bunga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Mandi bunga dengan kelopak bunga dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Mandi bunga dengan kelopak bunga dapat membantu membersihkan kulit, melembapkan kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan dan membuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya.

Kesimpulannya, kelopak bunga mengandung minyak alami yang dapat melembapkan, menutrisi, dan melindungi kulit. Mandi bunga dengan kelopak bunga dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan dan membuat kulit tampak lebih cerah dan bercahaya.

Anti-inflamasi

Sifat anti-inflamasi dari beberapa bunga menjadikannya bermanfaat dalam meredakan nyeri otot dan sendi. Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi, namun peradangan kronis dapat menyebabkan nyeri dan kerusakan jaringan. Senyawa anti-inflamasi dalam bunga dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri.

Contohnya, chamomile mengandung senyawa yang disebut chamazulene, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik. Mandi bunga chamomile dapat membantu meredakan nyeri otot dan sendi yang disebabkan oleh aktivitas berlebihan, cedera, atau kondisi seperti rheumatoid arthritis.

Lavender juga memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Mandi bunga lavender dapat membantu meredakan nyeri sendi dan otot yang berhubungan dengan stres, kecemasan, dan kelelahan. Minyak esensial lavender juga dapat ditambahkan ke dalam air mandi untuk meningkatkan efek anti-inflamasinya.

Mandi bunga dengan bunga yang memiliki sifat anti-inflamasi dapat menjadi cara alami untuk meredakan nyeri otot dan sendi. Sifat anti-inflamasi dari bunga dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri, sehingga meningkatkan kenyamanan dan mobilitas.

Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak DNA, protein, dan lemak dalam sel, sehingga menyebabkan penuaan dini, penyakit kronis, dan bahkan kanker.

Banyak bunga mengandung antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Antioksidan ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh sinar matahari, polusi udara, dan stres. Mandi bunga dengan bunga yang mengandung antioksidan dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Beberapa contoh bunga yang mengandung antioksidan tinggi antara lain:

  • Chamomile: Mengandung flavonoid dan antioksidan lainnya yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi udara.
  • Lavender: Mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres.
  • Rose: Mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan dini.

Mandi bunga dengan bunga yang mengandung antioksidan dapat menjadi cara alami untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Kesimpulannya, antioksidan dalam bunga merupakan komponen penting dalam manfaat mandi bunga. Antioksidan ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan dan mencegah penuaan dini.

Antibakteri

Sifat antibakteri dari beberapa bunga menjadikannya bermanfaat dalam menjaga kebersihan kulit dan mencegah infeksi. Bakteri adalah mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi dan masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan infeksi jamur.

  • Calendula: Mengandung senyawa antibakteri yang disebut calendulin, yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan infeksi kulit lainnya.
  • Rosemary: Mengandung asam karnosik dan asam rosmarinic, yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga dapat membantu mencegah dan mengobati infeksi kulit.
  • Mandi bunga dengan bunga yang memiliki sifat antibakteri dapat membantu membersihkan kulit dari bakteri penyebab infeksi dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Kesimpulannya, sifat antibakteri dari beberapa bunga menjadikan mandi bunga bermanfaat untuk menjaga kebersihan kulit, mencegah infeksi, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Meningkatkan sirkulasi

Salah satu manfaat mandi bunga adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, karena membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, serta membuang limbah.

Ketika Anda mandi bunga air hangat, kehangatan air dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah. Peningkatan aliran darah ini dapat membantu mengurangi nyeri otot dan sendi, serta meningkatkan kesehatan kulit.

Selain itu, beberapa bunga yang digunakan untuk mandi bunga, seperti jahe dan rosemary, memiliki sifat yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Rosemary mengandung asam rosmarinic, yang juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Jadi, jika Anda mencari cara untuk meningkatkan sirkulasi darah Anda, mandi bunga air hangat bisa menjadi pilihan yang baik. Mandi bunga tidak hanya dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga dapat menjadi pengalaman yang menenangkan dan menyenangkan.

Meningkatkan kualitas tidur

Salah satu manfaat mandi bunga adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang berkualitas sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan, karena membantu tubuh dan pikiran untuk beristirahat dan memulihkan diri.

Ketika Anda mandi bunga sebelum tidur, kehangatan air dan aroma bunga yang menenangkan dapat membantu membuat Anda lebih rileks. Relaksasi ini dapat membantu Anda untuk tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak.

Selain itu, beberapa bunga yang digunakan untuk mandi bunga, seperti lavender dan chamomile, memiliki sifat yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Lavender mengandung senyawa yang disebut linalool, yang memiliki efek menenangkan dan dapat membantu mengurangi kecemasan. Chamomile mengandung senyawa yang disebut apigenin, yang juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Jadi, jika Anda kesulitan tidur, mandi bunga sebelum tidur bisa menjadi pilihan yang baik. Mandi bunga tidak hanya dapat membantu Anda untuk tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak, tetapi juga dapat menjadi pengalaman yang menenangkan dan menyenangkan.

Kesimpulannya, mandi bunga sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dengan cara membuat Anda lebih rileks dan mengurangi kecemasan. Manfaat ini menjadikan mandi bunga sebagai bagian penting dari upaya untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Pengalaman yang menyenangkan

Mandi bunga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menenangkan. Pengalaman ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  • Sensasi fisik: Mandi bunga dalam air hangat dapat memberikan sensasi fisik yang menenangkan. Kehangatan air dapat membantu mengendurkan otot-otot yang tegang, sementara aroma bunga dapat memberikan efek menenangkan pada pikiran dan tubuh.
  • Aromaterapi: Banyak bunga yang digunakan untuk mandi bunga memiliki aroma yang harum. Aroma bunga ini dapat memberikan efek aromaterapi yang menenangkan dan menyegarkan. Misalnya, lavender dikenal memiliki efek menenangkan, sementara rosemary dikenal dapat meningkatkan kewaspadaan.
  • Suasana: Mandi bunga dapat menciptakan suasana yang menenangkan dan rileks. Cahaya lilin yang redup, musik yang lembut, dan aroma bunga yang harum dapat membantu menciptakan suasana yang sempurna untuk relaksasi dan memanjakan diri.

Secara keseluruhan, pengalaman yang menyenangkan dan menenangkan yang ditawarkan oleh mandi bunga menjadikannya sebuah praktik yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat mandi bunga telah didukung oleh sejumlah bukti ilmiah dan studi kasus. Studi-studi ini telah meneliti berbagai aspek manfaat mandi bunga, seperti efeknya terhadap relaksasi, kualitas tidur, dan kesehatan kulit.

Salah satu studi, yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology, menemukan bahwa mandi bunga dengan lavender dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Studi ini melibatkan partisipan yang diminta untuk mandi bunga lavender selama 20 menit. Hasilnya menunjukkan bahwa partisipan yang mandi bunga lavender mengalami penurunan kadar hormon stres kortisol secara signifikan dibandingkan dengan partisipan yang mandi air biasa.

Studi lain, yang diterbitkan dalam Complementary Therapies in Medicine, menemukan bahwa mandi bunga dengan chamomile dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Studi ini melibatkan partisipan yang diminta untuk mandi bunga chamomile selama 30 menit sebelum tidur. Hasilnya menunjukkan bahwa partisipan yang mandi bunga chamomile mengalami peningkatan kualitas tidur, termasuk berkurangnya waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan peningkatan durasi tidur secara keseluruhan.

Selain itu, beberapa studi juga telah menunjukkan bahwa mandi bunga dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Misalnya, sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menemukan bahwa mandi bunga dengan calendula dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan hidrasi kulit. Studi ini melibatkan partisipan yang diminta untuk mandi bunga calendula selama 15 menit setiap hari selama 4 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa partisipan yang mandi bunga calendula mengalami penurunan peradangan dan peningkatan hidrasi kulit secara signifikan.

Meskipun bukti ilmiah tentang manfaat mandi bunga masih berkembang, studi-studi yang ada menunjukkan potensi manfaat yang signifikan. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat ini dan mengeksplorasi mekanisme yang mendasarinya.

Penting untuk dicatat bahwa manfaat mandi bunga dapat bervariasi tergantung pada jenis bunga yang digunakan, durasi mandi, dan faktor individu. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan mandi bunga sebagai pengobatan untuk kondisi kesehatan tertentu.

Dengan memperhatikan bukti ilmiah dan studi kasus yang tersedia, individu dapat membuat keputusan yang tepat tentang apakah mandi bunga merupakan praktik yang bermanfaat untuk dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan diri mereka.

Transisi ke Tanya Jawab Umum

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Mandi Bunga

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan tentang manfaat mandi bunga beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apakah mandi bunga benar-benar bermanfaat?

Jawaban: Ya, mandi bunga memang memiliki berbagai manfaat, seperti mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, melembapkan kulit, dan mengurangi peradangan.

Pertanyaan 2: Jenis bunga apa yang terbaik untuk mandi bunga?

Jawaban: Bunga yang baik untuk mandi bunga antara lain lavender, chamomile, calendula, dan rosemary. Bunga-bunga ini memiliki aroma yang menenangkan dan sifat terapeutik yang dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Pertanyaan 3: Berapa lama waktu yang ideal untuk mandi bunga?

Jawaban: Waktu yang ideal untuk mandi bunga adalah sekitar 15-20 menit. Durasi ini cukup untuk memberikan manfaat terapeutik tanpa membuat kulit kering.

Pertanyaan 4: Apakah mandi bunga aman untuk semua orang?

Jawaban: Umumnya, mandi bunga aman untuk semua orang. Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap jenis bunga tertentu. Jika memiliki kulit sensitif atau kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mandi bunga.

Pertanyaan 5: Bisakah mandi bunga digunakan sebagai pengganti obat atau perawatan medis?

Jawaban: Tidak. Mandi bunga bukanlah pengganti obat atau perawatan medis. Meskipun memiliki manfaat kesehatan, mandi bunga tidak dapat menyembuhkan penyakit atau kondisi medis tertentu.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara membuat ramuan mandi bunga?

Jawaban: Untuk membuat ramuan mandi bunga, Anda dapat mencampurkan 1-2 cangkir kelopak bunga segar atau kering ke dalam air hangat. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial bunga untuk meningkatkan aroma dan manfaat terapeutiknya.

Kesimpulan: Mandi bunga adalah praktik yang bermanfaat yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Dengan memilih bunga yang tepat dan mengikuti petunjuk penggunaan yang benar, Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari praktik kuno ini.

Transisi ke Bagian Artikel Selanjutnya: Manfaat Mandi Bunga untuk Kesehatan Kulit

Tips Memanfaatkan Mandi Bunga

Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan manfaat mandi bunga:

Tip 1: Pilih Bunga yang Tepat

Pilih bunga yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Beberapa bunga yang populer digunakan untuk mandi bunga antara lain lavender (menenangkan), chamomile (mengantuk), calendula (anti-inflamasi), dan rosemary (merevitalisasi).

Tip 2: Gunakan Bunga Segar atau Kering

Anda dapat menggunakan bunga segar atau kering untuk mandi bunga. Bunga segar akan memberikan aroma yang lebih kuat, sementara bunga kering lebih tahan lama.

Tip 3: Buat Ramuan Mandi Bunga

Masukkan 1-2 cangkir kelopak bunga segar atau kering ke dalam kantong kain atau saringan teh. Ikat kantong dan gantung di keran air saat Anda mengisi bak mandi.

Tip 4: Tambahkan Minyak Esensial

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial bunga ke dalam air mandi untuk meningkatkan aroma dan manfaat terapeutiknya. Minyak esensial lavender dan chamomile sangat cocok untuk relaksasi dan tidur.

Tip 5: Mandi Selama 15-20 Menit

Rendam tubuh Anda dalam air mandi bunga selama 15-20 menit untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. Durasi ini cukup untuk menyerap nutrisi dan aroma dari bunga.

Tip 6: Bersihkan Tubuh Setelah Mandi

Setelah mandi bunga, bilas tubuh Anda dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa kelopak bunga dan minyak esensial.

Tip 7: Nikmati Pengalamannya

Mandi bunga adalah pengalaman yang menenangkan dan menyenangkan. Siapkan suasana yang nyaman dengan menyalakan lilin atau memutar musik lembut untuk meningkatkan relaksasi.

Kesimpulan: Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat mandi bunga dan menikmati pengalaman yang memanjakan dan menyegarkan.

Kesimpulan Manfaat Mandi Bunga

Mandi bunga telah dilakukan selama berabad-abad untuk berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan. Bunga mengandung berbagai senyawa bermanfaat, seperti minyak esensial, antioksidan, dan antibakteri, yang dapat memberikan efek terapeutik saat diserap melalui kulit.

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa mandi bunga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, melembapkan kulit, mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi darah, dan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menenangkan. Dengan memilih bunga yang tepat dan mengikuti petunjuk penggunaan yang benar, Anda dapat memaksimalkan manfaat mandi bunga dan menikmati manfaatnya bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/4AeFikWtXH

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/9ezCGux0K3

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/50DMiR3p0l

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru