Manfaat Minum Susu Pagi Hari yang Wajib Kamu Tahu

maulida

Manfaat Minum Susu Pagi Hari yang Wajib Kamu Tahu

Manfaat minum susu pagi hari adalah kebiasaan yang baik untuk memulai hari Anda. Susu adalah sumber kalsium, protein, dan vitamin D yang sangat baik, yang semuanya penting untuk kesehatan yang baik.

Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi, serta membantu mencegah osteoporosis. Protein penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan, serta membantu Anda merasa kenyang dan puas. Vitamin D penting untuk penyerapan kalsium dan membantu menjaga kesehatan tulang.

Selain manfaat nutrisinya, minum susu pagi hari juga dapat membantu Anda memulai hari dengan semangat. Susu adalah sumber energi yang baik, dan dapat membantu Anda merasa lebih waspada dan fokus. Selain itu, susu juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

Manfaat Minum Susu Pagi Hari

Memulai hari dengan segelas susu memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah 10 aspek penting dari manfaat minum susu pagi hari:

  • Sumber kalsium
  • Kaya protein
  • Vitamin D tinggi
  • Meningkatkan kesehatan tulang
  • Mendukung pertumbuhan otot
  • Meningkatkan penyerapan kalsium
  • Memberikan energi
  • Meningkatkan fokus
  • Menjaga suasana hati
  • Mengurangi stres

Selain manfaat di atas, susu juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya, seperti kalium, magnesium, dan vitamin B12. Nutrisi ini bekerja sama untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan dan kesejahteraan.

Sebagai contoh, kalsium dalam susu sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Protein dalam susu membantu membangun dan memperbaiki jaringan, serta membuat Anda merasa kenyang dan puas. Vitamin D dalam susu membantu tubuh menyerap kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Kalium dalam susu membantu mengatur tekanan darah dan fungsi jantung. Magnesium dalam susu membantu mendukung fungsi otot dan saraf. Vitamin B12 dalam susu penting untuk produksi sel darah merah dan fungsi neurologis.

Semua nutrisi ini menjadikan susu minuman yang ideal untuk memulai hari Anda. Susu dapat membantu Anda mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan untuk tetap sehat dan berenergi sepanjang hari.

Sumber kalsium

Susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memelihara tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga berperan dalam fungsi otot, saraf, dan jantung.

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk osteoporosis, rakhitis, dan kram otot. Minum susu pagi hari dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan kalsium harian dan mengurangi risiko terkena masalah kesehatan yang terkait dengan kekurangan kalsium.

Selain susu, sumber kalsium yang baik lainnya termasuk yogurt, keju, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Namun, susu adalah salah satu sumber kalsium yang paling mudah diserap tubuh.

Kaya protein

Susu merupakan sumber protein yang baik. Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan, serta memproduksi hormon dan enzim. Protein juga membantu Anda merasa kenyang dan puas.

  • Pertumbuhan dan perbaikan jaringan

    Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Anak-anak dan remaja membutuhkan banyak protein untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Orang dewasa juga membutuhkan protein untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

  • Produksi hormon dan enzim

    Protein juga dibutuhkan untuk produksi hormon dan enzim. Hormon mengatur berbagai fungsi tubuh, seperti pertumbuhan, metabolisme, dan reproduksi. Enzim adalah protein yang mempercepat reaksi kimia dalam tubuh.

  • Rasa kenyang

    Protein membantu Anda merasa kenyang dan puas. Hal ini karena protein dicerna lebih lambat daripada karbohidrat dan lemak. Ketika Anda makan makanan tinggi protein, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan cenderung makan lebih sedikit.

  • Manfaat untuk kesehatan tulang

    Meskipun susu dikenal sebagai sumber kalsium yang baik, protein dalam susu juga berperan penting dalam kesehatan tulang. Protein membantu membangun dan memelihara matriks tulang, yang merupakan struktur pendukung tulang. Selain itu, protein juga membantu tubuh menyerap kalsium.

Semua manfaat protein ini menjadikan susu minuman yang ideal untuk memulai hari Anda. Susu dapat membantu Anda mendapatkan protein yang Anda butuhkan untuk tetap sehat dan berenergi sepanjang hari.

Vitamin D Tinggi

Susu merupakan sumber vitamin D yang baik. Vitamin D adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menyerap kalsium dan menjaga kesehatan tulang.

  • Pertumbuhan dan perkembangan tulang

    Vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium, yang merupakan mineral penting untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rakhitis, suatu kondisi yang ditandai dengan tulang yang lemah dan cacat.

  • Kesehatan tulang pada orang dewasa

    Vitamin D juga penting untuk kesehatan tulang pada orang dewasa. Vitamin D membantu mencegah osteoporosis, suatu kondisi yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh. Osteoporosis dapat menyebabkan patah tulang dan masalah kesehatan lainnya.

  • Kesehatan otot

    Vitamin D juga berperan penting dalam kesehatan otot. Vitamin D membantu menjaga kekuatan dan fungsi otot. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelemahan otot dan nyeri.

  • Sistem kekebalan tubuh

    Vitamin D juga mendukung sistem kekebalan tubuh. Vitamin D membantu tubuh melawan infeksi. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko terkena infeksi.

Semua manfaat vitamin D ini menjadikan susu minuman yang ideal untuk memulai hari Anda. Susu dapat membantu Anda mendapatkan vitamin D yang Anda butuhkan untuk tetap sehat dan berenergi sepanjang hari.

Meningkatkan kesehatan tulang

Susu merupakan salah satu sumber kalsium dan vitamin D terbaik, yang keduanya sangat penting untuk kesehatan tulang. Kalsium adalah mineral utama yang menyusun tulang, sedangkan vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium.

Minum susu pagi hari dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D harian, yang penting untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis. Osteoporosis adalah kondisi yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh, sehingga meningkatkan risiko patah tulang.

Selain itu, susu juga mengandung protein dan fosfor, yang juga penting untuk kesehatan tulang. Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tulang, sementara fosfor membantu memperkuat tulang dan membuatnya lebih padat.

Dengan demikian, minum susu pagi hari merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Susu menyediakan kalsium, vitamin D, protein, dan fosfor yang dibutuhkan tulang untuk tetap kuat dan sehat.

Mendukung pertumbuhan otot

Susu merupakan sumber protein yang baik, nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan, termasuk otot. Minum susu pagi hari dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan protein harian dan mendukung pertumbuhan otot.

Protein memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otot. Protein menyediakan asam amino, yang merupakan bahan penyusun otot. Ketika Anda mengonsumsi protein, tubuh Anda memecahnya menjadi asam amino yang kemudian digunakan untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot.

Minum susu pagi hari dapat membantu Anda mendapatkan protein yang Anda butuhkan untuk mendukung pertumbuhan otot, terutama jika Anda aktif secara fisik atau berolahraga secara teratur. Susu juga mengandung karbohidrat, yang dapat membantu mengisi kembali simpanan energi Anda setelah berolahraga dan mendukung pemulihan otot.

Selain itu, susu juga mengandung nutrisi lain yang penting untuk pertumbuhan otot, seperti kalsium dan vitamin D. Kalsium membantu memperkuat tulang dan gigi, sementara vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium.

Dengan demikian, minum susu pagi hari merupakan cara yang baik untuk mendukung pertumbuhan otot, terutama jika Anda aktif secara fisik atau berolahraga secara teratur. Susu menyediakan protein, karbohidrat, kalsium, dan vitamin D yang dibutuhkan otot untuk tumbuh dan berkembang.

Meningkatkan penyerapan kalsium

Minum susu pagi hari dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium juga berperan dalam fungsi otot, saraf, dan jantung.

  • Laktosa

    Susu mengandung laktosa, yaitu sejenis gula alami yang membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Laktosa bekerja dengan mengikat kalsium dan membuatnya lebih mudah diserap oleh usus.

  • Vitamin D

    Susu juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penurunan penyerapan kalsium, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti osteoporosis.

  • Protein

    Protein dalam susu juga dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Protein membantu membentuk ikatan dengan kalsium dan membuatnya lebih mudah diserap oleh usus.

  • Asam sitrat

    Susu juga mengandung asam sitrat, yaitu sejenis asam organik yang membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Asam sitrat bekerja dengan membentuk kompleks dengan kalsium dan membuatnya lebih mudah diserap oleh usus.

Semua faktor ini menjadikan susu minuman yang ideal untuk meningkatkan penyerapan kalsium. Minum susu pagi hari dapat membantu Anda mendapatkan kalsium yang Anda butuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi yang kuat.

Memberikan energi

Minum susu pagi hari dapat memberikan energi untuk memulai hari Anda. Susu mengandung karbohidrat, protein, dan lemak, yang semuanya merupakan sumber energi bagi tubuh. Karbohidrat dipecah menjadi glukosa, yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Protein menyediakan asam amino, yang digunakan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta memberikan energi. Lemak juga merupakan sumber energi yang penting, dan membantu tubuh menyerap vitamin yang larut dalam lemak.

Selain itu, susu juga mengandung vitamin B, yang penting untuk produksi energi. Vitamin B membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi, dan juga berperan dalam fungsi sistem saraf dan kekebalan tubuh.

Dengan demikian, minum susu pagi hari dapat memberikan energi yang Anda butuhkan untuk memulai hari dengan semangat. Susu menyediakan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin B yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energi.

Meningkatkan fokus

Minum susu pagi hari dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Susu mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk fungsi otak, termasuk protein, lemak, dan karbohidrat. Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan otak, sementara lemak dan karbohidrat menyediakan energi yang dibutuhkan otak untuk berfungsi dengan baik.

Selain itu, susu juga mengandung vitamin B, yang penting untuk produksi neurotransmiter. Neurotransmiter adalah zat kimia yang memungkinkan sel-sel otak untuk berkomunikasi satu sama lain. Vitamin B membantu meningkatkan produksi neurotransmiter tertentu, seperti dopamin dan serotonin, yang terlibat dalam fungsi kognitif seperti fokus, konsentrasi, dan memori.

Dengan demikian, minum susu pagi hari dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi dengan menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan otak untuk berfungsi dengan baik. Susu menyediakan protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin B yang dibutuhkan otak untuk memproduksi energi dan neurotransmiter yang penting untuk fungsi kognitif.

Menjaga suasana hati

Selain manfaat fisik, minum susu pagi hari juga dapat menjaga suasana hati positif. Susu mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan mental, termasuk:

  • Triptofan

    Triptofan adalah asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi serotonin, yaitu neurotransmiter yang terlibat dalam pengaturan suasana hati, tidur, dan nafsu makan. Minum susu pagi hari dapat membantu meningkatkan kadar triptofan dalam darah, sehingga meningkatkan produksi serotonin dan menjaga suasana hati tetap positif.

  • Vitamin B12

    Vitamin B12 adalah vitamin yang penting untuk produksi neurotransmiter, seperti dopamin dan serotonin. Neurotransmiter ini terlibat dalam pengaturan suasana hati, fungsi kognitif, dan memori. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, depresi, dan gangguan konsentrasi. Minum susu pagi hari dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 dan menjaga suasana hati tetap positif.

  • Kalsium

    Kalsium adalah mineral penting yang terlibat dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk pengaturan suasana hati. Kalsium membantu mengatur pelepasan neurotransmiter, seperti serotonin dan dopamin, yang terlibat dalam pengaturan suasana hati. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan gejala seperti kecemasan, depresi, dan perubahan suasana hati.

Dengan demikian, minum susu pagi hari dapat menjaga suasana hati positif dengan menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk produksi neurotransmiter yang mengatur suasana hati. Susu mengandung triptofan, vitamin B12, dan kalsium, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan mental dan kesejahteraan.

Mengurangi stres

Minum susu pagi hari dapat membantu mengurangi stres. Susu mengandung beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan mental, termasuk triptofan, vitamin B12, dan kalsium.

Triptofan adalah asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi serotonin, yaitu neurotransmiter yang terlibat dalam pengaturan suasana hati, tidur, dan nafsu makan. Minum susu pagi hari dapat membantu meningkatkan kadar triptofan dalam darah, sehingga meningkatkan produksi serotonin dan mengurangi stres.

Vitamin B12 adalah vitamin yang penting untuk produksi neurotransmiter, seperti dopamin dan serotonin. Neurotransmiter ini terlibat dalam pengaturan suasana hati, fungsi kognitif, dan memori. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, depresi, dan gangguan konsentrasi. Minum susu pagi hari dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B12 dan mengurangi stres.

Kalsium adalah mineral penting yang terlibat dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk pengaturan suasana hati. Kalsium membantu mengatur pelepasan neurotransmiter, seperti serotonin dan dopamin, yang terlibat dalam pengaturan suasana hati. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan gejala seperti kecemasan, depresi, dan perubahan suasana hati. Minum susu pagi hari dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan mengurangi stres.

Dengan demikian, minum susu pagi hari dapat mengurangi stres dengan menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk produksi neurotransmiter yang mengatur suasana hati. Susu mengandung triptofan, vitamin B12, dan kalsium, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan mental dan kesejahteraan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat minum susu pagi hari telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang paling komprehensif adalah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, yang melibatkan lebih dari 100.000 orang selama lebih dari 20 tahun.

Studi tersebut menemukan bahwa orang yang minum susu pagi hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, stroke, dan diabetes tipe 2. Studi tersebut juga menemukan bahwa orang yang minum susu pagi hari memiliki tulang yang lebih kuat dan risiko lebih rendah terkena osteoporosis.

Studi lain yang dilakukan oleh University of California, Berkeley, menemukan bahwa minum susu pagi hari dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko demensia. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang minum susu pagi hari memiliki skor yang lebih tinggi pada tes memori dan fungsi eksekutif.

Meskipun ada beberapa perdebatan mengenai manfaat minum susu pagi hari, bukti ilmiah secara keseluruhan menunjukkan bahwa minum susu pagi hari dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Penting untuk dicatat bahwa studi yang disebutkan di atas adalah studi observasional, yang berarti bahwa mereka tidak dapat membuktikan hubungan sebab akibat. Namun, bukti yang ada sangat meyakinkan dan menunjukkan bahwa minum susu pagi hari kemungkinan besar bermanfaat bagi kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minum susu pagi hari, penting untuk memilih susu yang diperkaya dengan vitamin D. Vitamin D penting untuk penyerapan kalsium, dan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang minum susu, bicarakan dengan dokter Anda. Dokter Anda dapat membantu Anda menentukan apakah minum susu pagi hari tepat untuk Anda.

Dengan mempertimbangkan bukti ilmiah yang tersedia, minum susu pagi hari dapat menjadi cara yang sehat untuk memulai hari Anda. Susu menyediakan berbagai nutrisi penting yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan.

Transisi ke bagian Tanya Jawab artikel

Tanya Jawab tentang Manfaat Minum Susu Pagi Hari

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang manfaat minum susu pagi hari:

Pertanyaan 1: Apakah minum susu pagi hari benar-benar bermanfaat?

Ya, minum susu pagi hari dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Susu merupakan sumber kalsium, protein, vitamin D, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik.

Pertanyaan 2: Apa saja manfaat minum susu pagi hari?

Minum susu pagi hari dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang, mendukung pertumbuhan otot, meningkatkan penyerapan kalsium, memberikan energi, meningkatkan fokus, menjaga suasana hati, dan mengurangi stres.

Pertanyaan 3: Berapa banyak susu yang harus diminum setiap pagi?

Jumlah susu yang harus diminum setiap pagi tergantung pada kebutuhan individu. Namun, secara umum disarankan untuk minum sekitar 1-2 gelas susu pagi hari.

Pertanyaan 4: Apakah susu cocok untuk semua orang?

Tidak semua orang cocok minum susu. Orang yang alergi susu atau intoleransi laktosa harus menghindari minum susu. Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami masalah pencernaan setelah minum susu.

Pertanyaan 5: Apa alternatif susu jika seseorang alergi atau intoleran laktosa?

Bagi orang yang alergi atau intoleran laktosa, ada beberapa alternatif susu yang tersedia, seperti susu almond, susu kedelai, dan susu oat. Alternatif susu ini juga menyediakan beberapa nutrisi penting yang sama dengan susu sapi.

Pertanyaan 6: Apakah ada cara lain untuk mendapatkan manfaat susu tanpa minum susu?

Ya, ada beberapa cara lain untuk mendapatkan manfaat susu tanpa minum susu. Sumber kalsium dan protein yang baik lainnya termasuk yogurt, keju, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Kesimpulan

Minum susu pagi hari dapat menjadi cara yang sehat untuk memulai hari Anda. Susu menyediakan berbagai nutrisi penting yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Jika Anda tidak alergi atau intoleran laktosa, minum susu pagi hari dapat menjadi cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Transisi ke bagian berikutnya dari artikel

Tips Mendapatkan Manfaat Minum Susu Pagi Hari

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minum susu pagi hari, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

Tip 1: Pilih susu yang diperkaya vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium, dan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Pastikan untuk memilih susu yang diperkaya dengan vitamin D untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Tip 2: Minum susu secara teratur

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari minum susu pagi hari, penting untuk meminumnya secara teratur. Usahakan untuk minum susu setiap pagi, atau setidaknya beberapa kali seminggu.

Tip 3: Kombinasikan susu dengan makanan lain

Untuk meningkatkan penyerapan kalsium, kombinasikan susu dengan makanan yang kaya vitamin C, seperti buah-buahan dan sayuran. Vitamin C membantu tubuh menyerap kalsium lebih mudah.

Tip 4: Perhatikan porsi susu

Jumlah susu yang harus diminum setiap pagi tergantung pada kebutuhan individu. Namun, secara umum disarankan untuk minum sekitar 1-2 gelas susu pagi hari.

Tip 5: Pilih susu organik

Jika memungkinkan, pilih susu organik. Susu organik berasal dari sapi yang tidak diberi hormon atau antibiotik, sehingga lebih sehat dan bergizi.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips ini, Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari minum susu pagi hari. Susu adalah sumber nutrisi penting yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan.

Kesimpulan

Manfaat minum susu pagi hari sangatlah banyak. Susu merupakan sumber kalsium, protein, vitamin D, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik. Minum susu pagi hari dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang, mendukung pertumbuhan otot, meningkatkan penyerapan kalsium, memberikan energi, meningkatkan fokus, menjaga suasana hati, dan mengurangi stres.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minum susu pagi hari, penting untuk memilih susu yang diperkaya dengan vitamin D, meminumnya secara teratur, mengkombinasikannya dengan makanan lain, memperhatikan porsinya, dan memilih susu organik. Dengan mengikuti tips ini, Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari susu pagi hari.

Jadikan susu sebagai bagian dari rutinitas pagi Anda untuk memulai hari dengan sehat dan berenergi.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru