Temukan Manfaat Propolis untuk Wajah yang Jarang Diketahui dan Mengagumkan

maulida

Temukan Manfaat Propolis untuk Wajah yang Jarang Diketahui dan Mengagumkan

Manfaat propolis untuk wajah sangatlah banyak, karena propolis mengandung berbagai macam senyawa aktif yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Beberapa senyawa aktif tersebut antara lain flavonoid, asam fenolik, dan terpenoid. Flavonoid memiliki sifat antioksidan tinggi, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Asam fenolik memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, yang dapat membantu mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya. Sementara itu, terpenoid memiliki sifat antiseptik dan antijamur, yang dapat membantu mencegah infeksi kulit.

Propolis juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, seperti vitamin A, C, dan E. Vitamin-vitamin ini sangat penting untuk kesehatan kulit, karena dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit, menjaga kelembapan kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari. Selain itu, propolis juga mengandung asam lemak esensial, seperti asam linoleat dan asam linolenat. Asam lemak esensial ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, karena dapat membantu memperkuat lapisan pelindung kulit dan mencegah kulit kering dan iritasi.

Manfaat propolis untuk wajah sangat beragam, mulai dari membantu mengatasi jerawat, mengurangi peradangan, hingga mencegah penuaan dini. Propolis juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit lainnya, seperti eksim, psoriasis, dan herpes. Cara penggunaan propolis untuk wajah sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan propolis cair atau krim propolis langsung ke wajah. Propolis juga dapat ditambahkan ke dalam masker wajah atau produk perawatan kulit lainnya.

Manfaat Propolis untuk Wajah

Propolis memiliki banyak manfaat untuk wajah karena mengandung berbagai senyawa aktif yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Berikut adalah 8 manfaat propolis untuk wajah:

  • Antioksidan
  • Antibakteri
  • Anti-inflamasi
  • Antiseptik
  • Antifungal
  • Sumber vitamin
  • Sumber mineral
  • Asam lemak esensial

Manfaat-manfaat tersebut membuat propolis sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, peradangan, penuaan dini, eksim, psoriasis, dan herpes. Propolis juga dapat digunakan untuk merawat kulit kering dan iritasi.

Sebagai contoh, sifat antioksidan dalam propolis dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerutan. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi dalam propolis dapat membantu mengatasi jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit. Sementara itu, sifat antiseptik dan antifungal dalam propolis dapat membantu mencegah infeksi kulit.

Propolis dapat digunakan dalam berbagai bentuk untuk merawat kulit wajah, seperti propolis cair, krim propolis, masker wajah, dan produk perawatan kulit lainnya. Propolis juga dapat dikonsumsi secara oral untuk meningkatkan kesehatan kulit dari dalam.

Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan berbagai penyakit, termasuk penyakit kulit seperti penuaan dini dan kerutan.

  • Antioksidan dalam Propolis

    Propolis mengandung berbagai macam antioksidan, termasuk flavonoid dan asam fenolik. Flavonoid adalah pigmen tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan kuat. Asam fenolik juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Manfaat Antioksidan untuk Wajah

    Antioksidan dalam propolis dapat membantu melindungi kulit wajah dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerutan. Antioksidan juga dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit yang sudah terjadi, sehingga membuat kulit tampak lebih muda dan sehat.

Secara keseluruhan, antioksidan dalam propolis sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Antioksidan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, memperbaiki kerusakan kulit yang sudah terjadi, dan membuat kulit tampak lebih muda dan sehat.

Antibakteri

Propolis memiliki sifat antibakteri yang kuat, yang menjadikannya bahan alami yang efektif untuk mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri. Beberapa jenis bakteri yang dapat diatasi oleh propolis antara lain Propionibacterium acnes, Staphylococcus aureus, dan Escherichia coli.

  • Mengatasi Jerawat

    Propionibacterium acnes adalah bakteri penyebab utama jerawat. Propolis dapat menghambat pertumbuhan bakteri ini dan mengurangi peradangan pada kulit, sehingga efektif untuk mengatasi jerawat.

  • Mencegah Infeksi Kulit

    Sifat antibakteri propolis dapat membantu mencegah infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri, seperti impetigo, selulitis, dan folikulitis.

  • Mengatasi Luka Bakar dan Luka Infeksi

    Propolis dapat membantu mempercepat penyembuhan luka bakar dan luka infeksi dengan menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

    Sifat antibakteri propolis dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab masalah kulit, seperti eksim dan psoriasis.

Secara keseluruhan, sifat antibakteri propolis sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Propolis dapat mengatasi berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri, seperti jerawat, infeksi kulit, dan luka bakar. Propolis juga dapat menjaga kesehatan kulit dengan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab masalah kulit.

Anti-inflamasi

Sifat anti-inflamasi propolis menjadikannya bahan alami yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh peradangan, seperti jerawat, eksim, psoriasis, dan rosacea. Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan yang berkepanjangan dapat merusak kulit dan menyebabkan masalah kulit kronis.

Propolis mengandung berbagai senyawa anti-inflamasi, seperti flavonoid dan asam fenolik. Senyawa-senyawa ini dapat menghambat produksi mediator inflamasi, seperti prostaglandin dan sitokin. Dengan mengurangi peradangan, propolis dapat membantu meredakan gejala masalah kulit, seperti kemerahan, bengkak, dan gatal.

Selain itu, sifat anti-inflamasi propolis juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Peradangan yang berkepanjangan dapat mengganggu proses penyembuhan luka. Propolis dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka dengan meningkatkan aliran darah ke area yang terluka dan merangsang pertumbuhan jaringan baru.

Secara keseluruhan, sifat anti-inflamasi propolis sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Propolis dapat mengatasi berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh peradangan, meredakan gejala, dan mempercepat penyembuhan luka. Propolis juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah dengan mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan kulit.

Antiseptik

Sifat antiseptik propolis sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Antiseptik adalah zat yang dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti bakteri, virus, dan jamur. Sifat antiseptik propolis dapat membantu mencegah dan mengatasi infeksi kulit, serta menjaga kesehatan kulit wajah.

Propolis mengandung berbagai senyawa antiseptik, seperti flavonoid dan asam fenolik. Senyawa-senyawa ini dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme dengan merusak struktur selnya dan mengganggu metabolisme mereka. Dengan demikian, propolis dapat membantu mencegah dan mengatasi berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh mikroorganisme, seperti jerawat, eksim, psoriasis, dan herpes.

Selain itu, sifat antiseptik propolis juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Mikroorganisme dapat menginfeksi luka dan mengganggu proses penyembuhan. Propolis dapat membantu membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada luka, sehingga mempercepat proses penyembuhan dan mencegah terjadinya infeksi.

Secara keseluruhan, sifat antiseptik propolis sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Propolis dapat mencegah dan mengatasi infeksi kulit, serta mempercepat penyembuhan luka. Propolis juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah dengan membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme penyebab masalah kulit.

Antifungal

Sifat antijamur propolis sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Antijamur adalah zat yang dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan jamur. Jamur adalah mikroorganisme yang dapat menginfeksi kulit dan menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti kurap, kadas, panu, dan kandidiasis.

Propolis mengandung berbagai senyawa antijamur, seperti flavonoid dan asam fenolik. Senyawa-senyawa ini dapat membunuh atau menghambat pertumbuhan jamur dengan merusak struktur selnya dan mengganggu metabolisme mereka. Dengan demikian, propolis dapat membantu mencegah dan mengatasi berbagai masalah kulit yang disebabkan oleh jamur.

Selain itu, sifat antijamur propolis juga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Jamur dapat menginfeksi luka dan mengganggu proses penyembuhan. Propolis dapat membantu membunuh atau menghambat pertumbuhan jamur pada luka, sehingga mempercepat proses penyembuhan dan mencegah terjadinya infeksi.

Secara keseluruhan, sifat antijamur propolis sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Propolis dapat mencegah dan mengatasi infeksi jamur pada kulit, serta mempercepat penyembuhan luka. Propolis juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah dengan membunuh atau menghambat pertumbuhan jamur penyebab masalah kulit.

Sumber Vitamin

Vitamin adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik. Vitamin berperan dalam berbagai proses tubuh, termasuk kesehatan kulit. Propolis adalah sumber vitamin yang baik, termasuk vitamin A, C, dan E. Vitamin-vitamin ini sangat penting untuk kesehatan kulit wajah.

  • Vitamin A

    Vitamin A berperan dalam pertumbuhan dan perbaikan sel kulit. Vitamin ini juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit kering, bersisik, dan mudah teriritasi.

  • Vitamin C

    Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Vitamin C juga berperan dalam produksi kolagen, protein yang membuat kulit tetap kencang dan elastis.

  • Vitamin E

    Vitamin E adalah antioksidan lain yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin ini juga membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering dan iritasi.

Dengan demikian, kandungan vitamin dalam propolis sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Vitamin-vitamin ini membantu melindungi kulit dari kerusakan, menjaga kelembapan kulit, dan meningkatkan produksi kolagen. Dengan demikian, propolis dapat membantu menjaga kulit wajah tetap sehat, awet muda, dan bercahaya.

Sumber Mineral

Propolis tidak hanya kaya akan vitamin, tetapi juga merupakan sumber mineral yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Mineral adalah nutrisi penting yang berperan dalam berbagai proses tubuh, termasuk kesehatan kulit. Propolis mengandung berbagai macam mineral, seperti seng, magnesium, kalsium, dan kalium. Mineral-mineral ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

  • Seng

    Seng berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel kulit. Mineral ini juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Kekurangan seng dapat menyebabkan kulit kering, bersisik, dan mudah teriritasi.

  • Magnesium

    Magnesium berperan dalam menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering dan iritasi. Mineral ini juga membantu mengurangi peradangan pada kulit.

  • Kalsium

    Kalsium berperan dalam menjaga kekuatan dan elastisitas kulit. Mineral ini juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

  • Kalium

    Kalium berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dalam sel kulit. Mineral ini juga membantu mengurangi bengkak pada kulit.

Dengan demikian, kandungan mineral dalam propolis sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Mineral-mineral ini membantu menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, melindungi kulit dari kerusakan, dan menjaga kekuatan serta elastisitas kulit. Dengan demikian, propolis dapat membantu menjaga kulit wajah tetap sehat, awet muda, dan bercahaya.

Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial adalah asam lemak yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus diperoleh dari makanan. Asam lemak esensial sangat penting untuk kesehatan kulit, karena dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, dan melindungi kulit dari kerusakan. Propolis adalah sumber asam lemak esensial yang baik, sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah.

  • Asam Linoleat

    Asam linoleat adalah asam lemak esensial omega-6 yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Asam linoleat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering dan iritasi. Asam lemak ini juga berperan dalam produksi kolagen, protein yang membuat kulit tetap kencang dan elastis.

  • Asam Linolenat

    Asam linolenat adalah asam lemak esensial omega-3 yang juga sangat penting untuk kesehatan kulit. Asam linolenat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Asam lemak ini juga berperan dalam produksi ceramida, lemak yang membantu menjaga pelindung kulit.

Dengan demikian, kandungan asam lemak esensial dalam propolis sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Asam lemak esensial membantu menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, dan melindungi kulit dari kerusakan. Dengan demikian, propolis dapat membantu menjaga kulit wajah tetap sehat, awet muda, dan bercahaya.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Studi ilmiah dan studi kasus telah memberikan bukti yang mendukung manfaat propolis untuk kesehatan kulit wajah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “International Journal of Dermatology” menemukan bahwa propolis efektif mengurangi jerawat pada wajah. Studi tersebut menemukan bahwa propolis memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “Skin Pharmacology and Physiology” menemukan bahwa propolis dapat membantu memperbaiki kondisi kulit eksim. Studi tersebut menemukan bahwa propolis dapat mengurangi peradangan dan gatal pada kulit eksim, serta membantu memperbaiki fungsi pelindung kulit.

Studi-studi ini memberikan bukti yang mendukung manfaat propolis untuk kesehatan kulit wajah. Propolis memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, eksim, dan penuaan dini.

Namun, penting untuk dicatat bahwa studi-studi tersebut masih terbatas dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat propolis untuk kesehatan kulit wajah. Selain itu, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, sehingga respon terhadap propolis dapat bervariasi.

Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit sebelum menggunakan propolis untuk mengatasi masalah kulit wajah. Dokter atau ahli kulit dapat membantu menentukan apakah propolis cocok untuk jenis kulit Anda dan memberikan saran penggunaan yang tepat.

Selain studi ilmiah dan studi kasus, terdapat pula banyak pengalaman pribadi dan anekdot yang mendukung manfaat propolis untuk kesehatan kulit wajah. Banyak orang melaporkan bahwa propolis membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, eksim, dan kerutan. Namun, pengalaman pribadi dan anekdot tidak dapat dijadikan bukti ilmiah dan diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat propolis untuk kesehatan kulit wajah.

Secara keseluruhan, bukti ilmiah dan studi kasus memberikan indikasi bahwa propolis memiliki manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi manfaat tersebut dan menentukan penggunaan propolis yang tepat untuk mengatasi masalah kulit wajah.

Silakan lanjutkan membaca untuk mengetahui pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) tentang propolis untuk wajah.

Manfaat Propolis untuk Wajah

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang manfaat propolis untuk wajah:

Pertanyaan 1: Apakah propolis aman untuk semua jenis kulit?

Propolis umumnya aman untuk semua jenis kulit. Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap propolis. Oleh karena itu, penting untuk melakukan tes tempel pada area kecil kulit sebelum menggunakan propolis pada wajah.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menggunakan propolis untuk wajah?

Propolis dapat digunakan untuk wajah dalam berbagai cara. Propolis dapat dioleskan langsung ke wajah dalam bentuk cair atau krim. Propolis juga dapat ditambahkan ke dalam masker wajah atau produk perawatan kulit lainnya.

Pertanyaan 3: Berapa lama propolis dapat digunakan pada wajah?

Propolis dapat digunakan pada wajah secara teratur. Namun, penting untuk memperhatikan reaksi kulit dan menghentikan penggunaan jika terjadi iritasi atau reaksi alergi.

Pertanyaan 4: Apakah propolis dapat menghilangkan jerawat?

Propolis memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi jerawat. Namun, propolis tidak dapat menghilangkan jerawat secara permanen. Propolis dapat digunakan sebagai perawatan tambahan untuk membantu mengatasi jerawat.

Pertanyaan 5: Apakah propolis dapat mencegah penuaan dini?

Propolis mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Dengan demikian, propolis dapat membantu mencegah penuaan dini dengan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Pertanyaan 6: Di mana saya dapat membeli propolis?

Propolis dapat dibeli di toko obat, toko makanan kesehatan, dan online. Pastikan untuk memilih propolis berkualitas tinggi dari sumber yang terpercaya.

Secara keseluruhan, propolis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Propolis dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti jerawat, eksim, dan penuaan dini. Propolis juga aman digunakan untuk semua jenis kulit. Namun, penting untuk melakukan tes tempel sebelum menggunakan propolis trn wajah dan memperhatikan reaksi kulit.

Jika Anda memiliki masalah kulit yang parah atau tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Silakan lanjutkan membaca untuk mengetahui pengalaman pribadi menggunakan propolis untuk wajah.

Manfaat Propolis untuk Wajah

Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan propolis untuk wajah:

Tip 1: Gunakan Propolis Secara Teratur
Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan propolis secara teratur. Oleskan propolis cair atau krim pada wajah setiap pagi dan malam.

Tip 2: Gunakan Propolis Berkualitas Tinggi
Pilih propolis berkualitas tinggi dari sumber yang terpercaya. Propolis berkualitas tinggi akan lebih efektif dalam mengatasi masalah kulit wajah.

Tip 3: Lakukan Tes Tempel Sebelum Menggunakan Propolis
Sebelum menggunakan propolis pada wajah, lakukan tes tempel pada area kecil kulit untuk memastikan tidak terjadi reaksi alergi.

Tip 4: Gunakan Propolis Bersama Bahan Alami Lainnya
Propolis dapat dikombinasikan dengan bahan alami lainnya untuk meningkatkan efektivitasnya. Misalnya, propolis dapat dicampurkan dengan madu atau minyak kelapa untuk membuat masker wajah.

Tip 5: Bersabarlah
Propolis adalah bahan alami yang membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil. Bersabarlah dan gunakan propolis secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat propolis untuk kesehatan kulit wajah Anda.

Selain tips di atas, selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli kulit jika Anda memiliki masalah kulit yang parah atau tidak kunjung membaik. Dokter atau ahli kulit dapat membantu menentukan perawatan yang tepat untuk masalah kulit Anda.

Manfaat Propolis untuk Wajah

Artikel ini telah mengeksplorasi berbagai manfaat propolis untuk wajah, didukung oleh bukti ilmiah dan studi kasus. Propolis memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, antioksidan, antiseptik, antifungi, dan kaya akan vitamin, mineral, dan asam lemak esensial. Sifat-sifat ini menjadikan propolis sebagai bahan alami yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah, seperti jerawat, eksim, psoriasis, herpes, penuaan dini, dan infeksi kulit.

Meskipun propolis aman untuk semua jenis kulit, penting untuk melakukan tes tempel sebelum menggunakannya pada wajah. Propolis dapat digunakan dalam berbagai bentuk, seperti cair, krim, masker wajah, dan produk perawatan kulit lainnya. Untuk hasil yang optimal, propolis harus digunakan secara teratur dan dikombinasikan dengan bahan alami lainnya. Namun, jika memiliki masalah kulit yang parah atau tidak kunjung membaik, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Youtube Video:



Cari Herbal di Zymuno :https://s.shopee.co.id/3L5LgJpQIt

Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru