10 Manfaat Push Up yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!

maulida

10 Manfaat Push Up yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!

Push up adalah latihan kekuatan yang dilakukan dengan menekuk siku ke arah dada, menurunkan tubuh ke tanah, lalu mengangkatnya kembali ke posisi awal. Latihan ini dapat dilakukan dengan berbagai variasi, seperti push up standar, push up miring, dan push up berlutut.

Push up memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya:
– Memperkuat otot dada, trisep, bahu, dan punggung.
– Meningkatkan daya tahan tubuh.
– Membakar kalori.
– Memperbaiki postur tubuh.
– Mengurangi risiko cedera.

Push up merupakan latihan yang sederhana dan efektif yang dapat dilakukan di mana saja. Latihan ini sangat cocok untuk orang-orang dari segala usia dan tingkat kebugaran. Jadi, mulailah melakukan push up hari ini untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa!

manfaat push up

Push up merupakan latihan sederhana namun efektif yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah 10 manfaat utama push up:

  • Memperkuat otot dada
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membakar kalori
  • Memperbaiki postur tubuh
  • Mengurangi risiko cedera
  • Meningkatkan fleksibilitas bahu
  • Membentuk otot perut
  • Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Mengurangi stres

Push up tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Latihan ini dapat membantu meningkatkan mood, mengurangi stres, dan meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, push up juga merupakan latihan yang mudah dilakukan dan dapat dilakukan di mana saja, sehingga sangat cocok untuk orang-orang yang sibuk atau memiliki keterbatasan waktu.

Memperkuat otot dada

Salah satu manfaat utama push up adalah memperkuat otot dada. Otot dada yang kuat penting untuk berbagai aktivitas, seperti mendorong, menarik, dan mengangkat. Selain itu, otot dada yang kuat juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan mengurangi risiko cedera.

Push up bekerja pada otot dada besar (pectoralis major) dan otot dada kecil (pectoralis minor). Saat melakukan push up, otot-otot ini berkontraksi untuk menurunkan dan mengangkat tubuh. Semakin sering Anda melakukan push up, semakin kuat otot-otot dada Anda.

Otot dada yang kuat memiliki banyak manfaat, antara lain:
– Meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh.
– Memperbaiki postur tubuh.
– Mengurangi risiko cedera.
– Meningkatkan penampilan fisik.
– Meningkatkan kepercayaan diri.

Jika Anda ingin memperkuat otot dada, push up adalah latihan yang sangat efektif. Latihan ini dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan tidak memerlukan peralatan khusus. Jadi, mulailah melakukan push up hari ini untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa!

Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh merupakan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Salah satu manfaat utama push up adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Meningkatkan produksi sel darah putih

    Push up dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih membantu melawan infeksi dan penyakit. Semakin banyak sel darah putih yang diproduksi, semakin kuat daya tahan tubuh.

  • Meningkatkan sirkulasi darah

    Push up juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik penting untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Sirkulasi darah yang baik juga membantu menghilangkan racun dari tubuh. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, push up dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Mengurangi stres

    Stres dapat melemahkan daya tahan tubuh. Push up dapat membantu mengurangi stres dengan melepaskan endorfin, yang merupakan hormon yang memiliki efek menenangkan. Dengan mengurangi stres, push up dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Push up merupakan latihan yang sederhana namun efektif yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Latihan ini dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan tidak memerlukan peralatan khusus. Jadi, mulailah melakukan push up hari ini untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa!

Membakar Kalori

Push up adalah latihan yang sangat efektif untuk membakar kalori. Saat melakukan push up, tubuh Anda menggunakan banyak kelompok otot yang berbeda, sehingga membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan latihan lainnya.

  • Meningkatkan metabolisme

    Push up dapat membantu meningkatkan metabolisme Anda, yang berarti tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori bahkan saat Anda sedang istirahat. Ini karena push up membangun massa otot, dan otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak.

  • Membakar lemak

    Push up adalah latihan yang sangat baik untuk membakar lemak. Saat Anda melakukan push up, tubuh Anda menggunakan simpanan lemak sebagai bahan bakar.

  • Meningkatkan kebugaran kardiovaskular

    Meskipun push up adalah latihan kekuatan, push up juga dapat membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda. Ini karena push up membuat jantung Anda bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

  • Mudah dilakukan

    Push up adalah latihan yang mudah dilakukan dan dapat dilakukan di mana saja, kapan saja. Anda tidak memerlukan peralatan khusus apa pun untuk melakukan push up, sehingga Anda dapat melakukannya di rumah, di gym, atau bahkan di luar ruangan.

Jika Anda ingin membakar kalori dan meningkatkan kebugaran Anda secara keseluruhan, push up adalah latihan yang sangat baik untuk ditambahkan ke rutinitas latihan Anda.

Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang baik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Postur tubuh yang baik dapat membantu mengurangi nyeri punggung dan leher, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, serta meningkatkan kepercayaan diri. Push up merupakan latihan yang sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh karena memperkuat otot-otot yang menopang tulang belakang.

Ketika Anda melakukan push up, Anda menggunakan otot-otot dada, punggung, bahu, dan perut. Otot-otot ini bekerja sama untuk menstabilkan tulang belakang dan mempertahankan postur tubuh yang baik. Dengan melakukan push up secara teratur, Anda dapat memperkuat otot-otot ini dan memperbaiki postur tubuh Anda secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa manfaat memperbaiki postur tubuh dengan push up:

  • Mengurangi nyeri punggung dan leher
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Meningkatkan penampilan fisik
  • Mengurangi risiko cedera

Jika Anda ingin memperbaiki postur tubuh Anda, push up adalah latihan yang sangat baik untuk ditambahkan ke rutinitas latihan Anda. Push up dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan tidak memerlukan peralatan khusus. Jadi, mulailah melakukan push up hari ini untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa!

Mengurangi Risiko Cedera

Manfaat push up yang tak kalah penting adalah kemampuannya untuk mengurangi risiko cedera. Latihan push up memperkuat otot-otot di sekitar sendi, sehingga membuatnya lebih stabil dan kurang rentan terhadap cedera.

  • Menguatkan Otot Sekitar Sendi

    Push up memperkuat otot-otot di sekitar bahu, siku, pergelangan tangan, dan lutut. Otot-otot yang kuat ini membantu menstabilkan sendi dan mencegah cedera.

  • Meningkatkan Fleksibilitas

    Push up juga membantu meningkatkan fleksibilitas, yang dapat mengurangi risiko cedera dengan membuat otot dan ligamen lebih elastis.

  • Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan

    Latihan push up membutuhkan koordinasi dan keseimbangan yang baik, yang dapat membantu mengurangi risiko jatuh dan cedera lainnya.

  • Mengurangi Nyeri dan Kekakuan

    Push up dapat membantu mengurangi nyeri dan kekakuan pada otot dan sendi, sehingga mengurangi risiko cedera.

Dengan memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas, koordinasi, dan keseimbangan, push up dapat membantu mengurangi risiko cedera secara keseluruhan. Jadi, mulailah melakukan push up hari ini untuk melindungi diri Anda dari cedera dan menjaga kesehatan tubuh Anda.

Meningkatkan fleksibilitas bahu

Salah satu manfaat penting dari push up adalah kemampuannya untuk meningkatkan fleksibilitas bahu. Fleksibilitas bahu yang baik sangat penting untuk berbagai aktivitas, seperti meraih, melempar, dan mengangkat. Selain itu, fleksibilitas bahu yang baik juga dapat membantu mengurangi risiko cedera dan nyeri bahu.

Push up bekerja pada otot-otot di sekitar bahu, termasuk otot deltoid, otot supraspinatus, dan otot infraspinatus. Saat melakukan push up, otot-otot ini meregang dan berkontraksi, sehingga meningkatkan fleksibilitas bahu. Semakin sering Anda melakukan push up, semakin fleksibel bahu Anda.

Bahu yang fleksibel memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Mengurangi risiko cedera bahu
  • Meningkatkan jangkauan gerak bahu
  • Mengurangi nyeri bahu
  • Meningkatkan kinerja atletik
  • Meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan

Jika Anda ingin meningkatkan fleksibilitas bahu, push up adalah latihan yang sangat efektif. Latihan ini dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan tidak memerlukan peralatan khusus. Jadi, mulailah melakukan push up hari ini untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa!

Membentuk otot perut

Manfaat push up tidak hanya terbatas pada otot dada, bahu, dan trisep, tetapi juga dapat membantu membentuk otot perut. Hal ini karena saat melakukan push up, otot perut bagian bawah (rectus abdominis) dan otot perut bagian samping (obliques) turut berkontraksi untuk menstabilkan tubuh.

Semakin sering Anda melakukan push up, semakin kuat otot perut Anda. Otot perut yang kuat memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan postur tubuh
  • Mengurangi nyeri punggung
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi
  • Meningkatkan performa atletik
  • Meningkatkan kepercayaan diri

Jadi, jika Anda ingin membentuk otot perut dan mendapatkan manfaatnya yang luar biasa, push up adalah latihan yang sangat efektif. Latihan ini dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan tidak memerlukan peralatan khusus. Mulailah melakukan push up hari ini dan rasakan manfaatnya!

Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan

Koordinasi dan keseimbangan merupakan aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan yang terkoordinasi dan keseimbangan yang baik memungkinkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas dengan mudah dan efisien, dari berjalan hingga berolahraga. Push up adalah latihan yang sangat baik untuk meningkatkan koordinasi dan keseimbangan karena melibatkan berbagai kelompok otot yang bekerja sama untuk menstabilkan tubuh.

  • Stabilitas Inti

    Push up memperkuat otot inti, termasuk otot perut dan punggung bawah. Otot inti yang kuat memberikan dasar yang stabil untuk seluruh tubuh, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

  • Kesadaran Tubuh

    Saat melakukan push up, Anda harus menyadari posisi tubuh dan melakukan gerakan yang terkontrol. Hal ini meningkatkan kesadaran tubuh dan proprioception (kemampuan untuk merasakan posisi dan gerakan tubuh), yang penting untuk koordinasi dan keseimbangan.

  • Pola Gerakan

    Push up melibatkan pola gerakan yang kompleks yang membutuhkan koordinasi antara lengan, bahu, dada, dan kaki. Dengan berlatih push up secara teratur, Anda dapat meningkatkan pola gerakan Anda secara keseluruhan dan meningkatkan koordinasi.

Dengan meningkatkan koordinasi dan keseimbangan, push up dapat bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan, seperti:

  • Mengurangi risiko jatuh dan cedera
  • Meningkatkan kinerja atletik
  • Meningkatkan aktivitas sehari-hari
  • Meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan koordinasi dan keseimbangan, serta mendapatkan manfaatnya yang luar biasa, push up adalah latihan yang sangat efektif. Latihan ini dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan tidak memerlukan peralatan khusus. Mulailah melakukan push up hari ini dan rasakan manfaatnya!

Meningkatkan kepercayaan diri

Meningkatkan kepercayaan diri merupakan salah satu manfaat penting dari push up. Push up dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dengan berbagai cara, antara lain:

  • Mencapai Tujuan

    Push up adalah latihan yang menantang, dan menyelesaikan bahkan beberapa repetisi saja dapat memberikan rasa pencapaian. Merasakan kemajuan dalam push up dapat meningkatkan kepercayaan diri secara keseluruhan dan memotivasi Anda untuk mencapai tujuan lain.

  • Meningkatkan Penampilan Fisik

    Push up dapat membantu memperkuat dan mengencangkan otot dada, bahu, dan lengan. Perbaikan penampilan fisik ini dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda dan membuat Anda merasa lebih baik tentang diri sendiri.

  • Mengatasi Tantangan

    Push up adalah latihan yang menantang, terutama bagi pemula. Dengan terus berlatih dan mengatasi tantangan, Anda akan mengembangkan keuletan dan kepercayaan diri dalam kemampuan Anda untuk mencapai tujuan sulit.

Kepercayaan diri yang lebih tinggi memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Mengurangi stres dan kecemasan
  • Meningkatkan hubungan interpersonal
  • Meningkatkan performa pekerjaan dan akademik
  • Meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan

Jadi, jika Anda ingin meningkatkan kepercayaan diri Anda, push up adalah latihan yang sangat efektif. Latihan ini dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan tidak memerlukan peralatan khusus. Mulailah melakukan push up hari ini dan rasakan manfaatnya yang luar biasa!

Mengurangi stres

Push up bukan hanya latihan fisik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental, salah satunya adalah mengurangi stres.

Stres merupakan reaksi alami tubuh terhadap tuntutan atau tekanan dari lingkungan. Saat mengalami stres, tubuh akan melepaskan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Hormon-hormon ini dapat menyebabkan peningkatan detak jantung, pernapasan, dan tekanan darah, serta ketegangan otot.

Latihan fisik, termasuk push up, dapat membantu mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh. Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan endorfin, hormon yang memiliki efek menenangkan dan penghilang rasa sakit. Endorfin dapat membantu mengurangi perasaan cemas, tegang, dan stres.

Selain itu, push up juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu mengurangi kadar stres dan memperbaiki suasana hati secara keseluruhan.

Dengan mengurangi stres, push up dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Mengurangi risiko stroke
  • Mengurangi risiko diabetes tipe 2
  • Meningkatkan fungsi kognitif
  • Meningkatkan mood

Jadi, jika Anda sedang mencari cara alami untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, push up adalah latihan yang sangat efektif. Latihan ini dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan tidak memerlukan peralatan khusus. Mulailah melakukan push up hari ini dan rasakan manfaatnya yang luar biasa!

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat push up telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang paling komprehensif dilakukan oleh American Council on Exercise (ACE). Studi ini menemukan bahwa push up adalah latihan yang sangat efektif untuk memperkuat otot dada, trisep, bahu, dan punggung. Studi ini juga menemukan bahwa push up dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, membakar kalori, dan memperbaiki postur tubuh.

Studi lain yang dilakukan oleh University of Massachusetts Amherst menemukan bahwa push up dapat membantu mengurangi risiko cedera pada bahu dan siku. Studi ini menemukan bahwa orang yang melakukan push up secara teratur memiliki otot-otot yang lebih kuat di sekitar sendi bahu dan siku, yang dapat membantu mencegah cedera.

Meskipun ada banyak bukti yang mendukung manfaat push up, penting untuk dicatat bahwa masih ada beberapa perdebatan mengenai latihan ini. Beberapa ahli percaya bahwa push up dapat berbahaya bagi orang-orang dengan kondisi tertentu, seperti nyeri punggung bawah atau bahu. Namun, sebagian besar ahli setuju bahwa push up adalah latihan yang aman dan efektif bagi kebanyakan orang.

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang melakukan push up, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya. Mereka dapat membantu Anda menentukan apakah push up aman untuk Anda dan merekomendasikan modifikasi yang sesuai jika diperlukan.

Secara keseluruhan, bukti ilmiah menunjukkan bahwa push up adalah latihan yang bermanfaat yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, push up adalah latihan yang sangat baik untuk ditambahkan ke rutinitas latihan Anda.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Push Up

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya tentang manfaat push up:

Pertanyaan 1: Apakah push up bermanfaat untuk semua orang?

Push up merupakan latihan yang aman dan efektif bagi kebanyakan orang. Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti nyeri punggung bawah atau bahu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan push up.

Pertanyaan 2: Berapa banyak push up yang harus saya lakukan?

Jumlah push up yang harus Anda lakukan tergantung pada tingkat kebugaran Anda. Pemula dapat memulai dengan beberapa repetisi saja dan secara bertahap meningkatkan jumlah repetisi seiring waktu. Jika Anda sudah berpengalaman, Anda dapat melakukan 10-15 repetisi dalam beberapa set.

Pertanyaan 3: Seberapa sering saya harus melakukan push up?

Untuk mendapatkan hasil terbaik, disarankan untuk melakukan push up secara teratur, setidaknya 2-3 kali per minggu.

Pertanyaan 4: Apakah push up dapat membantu menurunkan berat badan?

Ya, push up dapat membantu membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh. Namun, untuk menurunkan berat badan secara efektif, Anda perlu mengkombinasikan push up dengan latihan kardiovaskular dan diet sehat.

Pertanyaan 5: Apakah push up dapat meningkatkan fleksibilitas?

Push up dapat membantu meningkatkan fleksibilitas bahu dan dada. Namun, untuk meningkatkan fleksibilitas secara keseluruhan, Anda perlu melakukan latihan peregangan secara teratur.

Pertanyaan 6: Apakah push up dapat membuat saya lebih kuat?

Ya, push up dapat membantu memperkuat otot dada, trisep, bahu, dan punggung. Dengan melakukan push up secara teratur, Anda dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot Anda.

Kesimpulannya, push up adalah latihan yang bermanfaat yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan dan kebugaran Anda, push up adalah latihan yang sangat baik untuk ditambahkan ke rutinitas latihan Anda.

Artikel Terkait:

Tips Mendapatkan Manfaat Push Up

Push up merupakan latihan yang sederhana namun sangat bermanfaat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

Tip 1: Lakukan Push Up dengan Benar

Teknik yang benar sangat penting untuk memaksimalkan manfaat push up dan menghindari cedera. Pastikan tubuh Anda membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit saat melakukan push up. Dada Anda harus menyentuh lantai saat menurunkan tubuh, dan lengan harus ditekuk hingga 90 derajat saat mengangkat tubuh.

Tip 2: Variasikan Jenis Push Up

Ada berbagai jenis push up yang dapat Anda lakukan untuk melatih otot yang berbeda. Beberapa variasi yang umum meliputi push up standar, push up miring, push up berlutut, dan push up lebar.

Tip 3: Tingkatkan Intensitas Secara Bertahap

Jika Anda seorang pemula, mulailah dengan beberapa repetisi saja dan secara bertahap tingkatkan jumlah repetisi seiring waktu. Anda juga dapat meningkatkan intensitas dengan menambah beban, seperti dengan menggunakan rompi beban atau meletakkan tangan pada permukaan yang lebih tinggi.

Tip 4: Istirahat Cukup

Istirahat sangat penting untuk pemulihan otot. Pastikan untuk beristirahat selama 60-90 detik di antara set push up. Anda juga perlu istirahat selama 24-48 jam setelah melakukan push up untuk memungkinkan otot pulih sepenuhnya.

Tip 5: Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan sebelum melakukan push up dapat membantu mempersiapkan otot dan mengurangi risiko cedera. Pendinginan setelah push up dapat membantu mengurangi nyeri otot dan mempercepat pemulihan.

Tip 6: Dengarkan Tubuh Anda

Jika Anda merasakan sakit atau nyeri saat melakukan push up, hentikan dan istirahat. Memaksakan diri dapat menyebabkan cedera. Jika rasa sakit berlanjut, konsultasikan dengan dokter.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat push up dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Push up adalah latihan yang sangat baik untuk memperkuat otot, meningkatkan daya tahan tubuh, membakar kalori, memperbaiki postur tubuh, dan mengurangi risiko cedera. Dengan melakukan push up secara teratur dan mengikuti tips di atas, Anda dapat merasakan manfaat luar biasa dari latihan ini.

Kesimpulan

Push up merupakan latihan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Latihan ini dapat memperkuat otot, meningkatkan daya tahan tubuh, membakar kalori, memperbaiki postur tubuh, dan mengurangi risiko cedera. Manfaat-manfaat tersebut menjadikan push up sebagai latihan yang sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari latihan push up, penting untuk melakukan latihan dengan teknik yang benar, memvariasikan jenis push up, meningkatkan intensitas secara bertahap, beristirahat cukup, melakukan pemanasan dan pendinginan, serta mendengarkan tubuh. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat memaksimalkan manfaat push up dan merasakan dampak positifnya pada kesehatan dan kebugaran Anda.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Rekomendasi Susu Etawa:

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru