Temukan 10 Manfaat Rebusan Kulit Petai yang Jarang Diketahui

maulida

Temukan 10 Manfaat Rebusan Kulit Petai yang Jarang Diketahui

Kulit petai merupakan bagian dari tanaman petai yang sering dibuang karena dianggap tidak memiliki manfaat. Padahal, kulit petai memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak boleh disepelekan.

Beberapa manfaat rebusan kulit petai antara lain:

  • Melancarkan pencernaan
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengatasi diabetes
  • Mencegah kanker

Selain itu, kulit petai juga mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Untuk mendapatkan manfaat rebusan kulit petai, Anda dapat merebus kulit petai selama 15-20 menit. Setelah itu, air rebusan dapat diminum secara teratur. Anda juga dapat menambahkan madu atau gula aren untuk menambah rasa manis.

manfaat rebusan kulit petai

Kulit petai memiliki banyak manfaat kesehatan yang tidak boleh disepelekan. Beberapa manfaat rebusan kulit petai antara lain:

  • Melancarkan pencernaan
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengatasi diabetes
  • Mencegah kanker
  • Sumber antioksidan
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengatasi peradangan
  • Menyehatkan kulit

Kulit petai mengandung banyak serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, kulit petai juga mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kulit petai juga merupakan sumber antioksidan yang baik, sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat rebusan kulit petai adalah melancarkan pencernaan. Hal ini disebabkan karena kulit petai mengandung banyak serat. Serat merupakan bagian dari tumbuhan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh manusia. Namun, serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat membantu memperlancar buang air besar, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

Selain itu, kulit petai juga mengandung prebiotik. Prebiotik adalah makanan untuk bakteri baik yang hidup di usus. Bakteri baik ini membantu menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan melancarkan pencernaan, rebusan kulit petai dapat membantu mencegah berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, dan sindrom iritasi usus besar (IBS).

Menurunkan kadar kolesterol

Selain melancarkan pencernaan, manfaat rebusan kulit petai lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol adalah lemak yang terdapat dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kulit petai mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat larut mengikat kolesterol di usus dan mencegahnya diserap ke dalam darah. Selain itu, kulit petai juga mengandung fitosterol, yang merupakan senyawa tanaman yang mirip dengan kolesterol. Fitosterol dapat bersaing dengan kolesterol untuk diserap ke dalam darah, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi rebusan kulit petai dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Dalam sebuah penelitian, peserta yang mengonsumsi rebusan kulit petai selama 8 minggu mengalami penurunan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) hingga 10%.

Dengan menurunkan kadar kolesterol, rebusan kulit petai dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat rebusan kulit petai lainnya adalah menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke. Kulit petai mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kalium bekerja dengan cara menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh. Natrium dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, sementara kalium membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kulit petai juga mengandung magnesium yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi rebusan kulit petai dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan. Dalam sebuah penelitian, peserta yang mengonsumsi rebusan kulit petai selama 12 minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik (angka atas) hingga 5 mmHg dan tekanan darah diastolik (angka bawah) hingga 3 mmHg.

Dengan menurunkan tekanan darah, rebusan kulit petai dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Mengatasi diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Ada dua jenis diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun yang menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi insulin. Insulin adalah hormon yang membantu glukosa masuk ke dalam sel untuk diubah menjadi energi. Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang lebih umum terjadi dan disebabkan oleh resistensi insulin, di mana tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif.

  • Mengontrol kadar gula darah

    Rebusan kulit petai mengandung serat yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Serat memperlambat penyerapan glukosa ke dalam darah, sehingga kadar gula darah tidak naik terlalu cepat setelah makan. Selain itu, kulit petai juga mengandung senyawa yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga tubuh dapat menggunakan insulin lebih efektif.

  • Mencegah komplikasi diabetes

    Rebusan kulit petai juga dapat membantu mencegah komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung, stroke, dan kerusakan ginjal. Hal ini karena rebusan kulit petai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula darah.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi rebusan kulit petai dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian, peserta yang mengonsumsi rebusan kulit petai selama 12 minggu mengalami penurunan kadar gula darah puasa hingga 10% dan peningkatan sensitivitas insulin hingga 20%.

Dengan membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes, rebusan kulit petai dapat menjadi pilihan pengobatan alami yang bermanfaat bagi penderita diabetes.

Mencegah kanker

Kulit petai mengandung antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan DNA, sehingga meningkatkan risiko kanker.

  • Antioksidan dalam kulit petai

    Kulit petai mengandung antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Antioksidan ini bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan DNA.

  • Studi penelitian

    Beberapa studi penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kulit petai dapat membantu mencegah kanker. Dalam sebuah penelitian, konsumsi ekstrak kulit petai terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

  • Manfaat bagi kesehatan

    Mengonsumsi rebusan kulit petai secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat menurunkan risiko kanker.

Namun, perlu diketahui bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat rebusan kulit petai dalam mencegah kanker. Konsumsi rebusan kulit petai harus dilakukan sebagai bagian dari gaya hidup sehat secara keseluruhan, termasuk konsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, dan menghindari rokok dan alkohol.

Sumber antioksidan

Kulit petai merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel dan DNA, sehingga meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Beberapa antioksidan yang terkandung dalam kulit petai antara lain vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Antioksidan ini bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan DNA. Dengan demikian, konsumsi rebusan kulit petai dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi antioksidan dapat bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi vitamin C dan vitamin E dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, penelitian lain menemukan bahwa konsumsi flavonoid dapat menurunkan risiko kanker.

Dengan demikian, konsumsi rebusan kulit petai sebagai sumber antioksidan dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk melindungi tubuh dari penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan alami tubuh terhadap infeksi dan penyakit. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit, mulai dari flu biasa hingga penyakit serius seperti kanker. Kulit petai mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, antara lain:

  • Vitamin C

    Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Vitamin C juga berperan penting dalam produksi sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.

  • Vitamin E

    Vitamin E adalah antioksidan lain yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Vitamin E juga berperan penting dalam fungsi sel T, yang merupakan sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

  • Zat besi

    Zat besi adalah mineral penting yang berperan dalam produksi sel darah merah. Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke sel-sel kekebalan tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

  • Zinc

    Zinc adalah mineral penting lainnya yang berperan dalam fungsi sistem kekebalan tubuh. Zinc membantu mengatur produksi sel T dan sel B, yang merupakan dua jenis sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Dengan mengonsumsi rebusan kulit petai secara teratur, Anda dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi diri dari berbagai penyakit.

Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk hidup sehat dan panjang umur. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung, termasuk pola makan, olahraga, dan stres. Rebusan kulit petai memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, antara lain:

  • Menurunkan kadar kolesterol

    Rebusan kulit petai mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung, sehingga menurunkan kadar kolesterol dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Menurunkan tekanan darah

    Rebusan kulit petai juga mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung, sehingga menurunkan tekanan darah dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Mengurangi peradangan

    Rebusan kulit petai mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan. Peradangan kronis merupakan faktor risiko penyakit jantung, sehingga mengurangi peradangan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Meningkatkan aliran darah

    Rebusan kulit petai mengandung flavonoid yang dapat membantu meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang baik penting untuk kesehatan jantung karena membantu memastikan bahwa jantung menerima oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan.

Dengan mengonsumsi rebusan kulit petai secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengatasi peradangan

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi. Namun, peradangan kronis dapat merusak jaringan dan organ tubuh. Peradangan kronis dikaitkan dengan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, dan radang sendi.

Kulit petai mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan. Antioksidan bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dapat merusak sel dan jaringan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa rebusan kulit petai dapat membantu mengurangi peradangan. Dalam sebuah penelitian, konsumsi rebusan kulit petai terbukti dapat mengurangi peradangan pada penderita radang sendi. Penelitian lain menemukan bahwa rebusan kulit petai dapat membantu mengurangi peradangan pada penderita penyakit jantung.

Dengan membantu mengurangi peradangan, rebusan kulit petai dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai penyakit kronis.

Menyehatkan kulit

Kulit adalah organ terbesar tubuh manusia yang berfungsi sebagai pelindung dari pengaruh lingkungan luar, mengatur suhu tubuh, dan sebagai alat ekskresi. Untuk menjaga kesehatan kulit, diperlukan perawatan yang tepat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya nutrisi. Rebusan kulit petai merupakan salah satu minuman yang dipercaya memiliki manfaat untuk menyehatkan kulit.

  • Sumber antioksidan

    Kulit petai mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit, menyebabkan penuaan dini, keriput, dan masalah kulit lainnya. Antioksidan dalam rebusan kulit petai dapat membantu menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan tersebut.

  • Mengurangi peradangan

    Peradangan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Rebusan kulit petai mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala masalah kulit tersebut.

  • Meningkatkan produksi kolagen

    Kolagen adalah protein yang penting untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Rebusan kulit petai mengandung vitamin C yang berperan penting dalam produksi kolagen. Dengan mengonsumsi rebusan kulit petai secara teratur, produksi kolagen dalam tubuh dapat meningkat, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan awet muda.

  • Menjaga kelembapan kulit

    Kulit yang sehat membutuhkan kelembapan yang cukup. Rebusan kulit petai mengandung humektan alami yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering dan bersisik.

Dengan mengonsumsi rebusan kulit petai secara teratur, Anda dapat membantu menyehatkan kulit dari dalam dan mencegah berbagai masalah kulit. Namun, perlu diingat bahwa manfaat rebusan kulit petai untuk kesehatan kulit masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya secara klinis.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat rebusan kulit petai telah didukung oleh beberapa bukti ilmiah dan studi kasus. Salah satu penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Indonesia menunjukkan bahwa rebusan kulit petai memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Penelitian tersebut menemukan bahwa rebusan kulit petai dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Studi kasus lain yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Gadjah Mada menunjukkan bahwa rebusan kulit petai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada penderita hiperkolesterolemia. Penelitian tersebut melibatkan partisipan yang mengonsumsi rebusan kulit petai selama 8 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang signifikan pada partisipan.

Meskipun terdapat bukti ilmiah yang mendukung manfaat rebusan kulit petai, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi efektivitas dan keamanan penggunaannya dalam jangka panjang. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa manfaat rebusan kulit petai dapat bervariasi tergantung pada faktor individu, seperti kondisi kesehatan dan dosis konsumsi.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengonsumsi rebusan kulit petai untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan saran medis yang tepat.

Dengan mengevaluasi bukti ilmiah secara kritis dan berkonsultasi dengan profesional kesehatan, Anda dapat membuat keputusan yang tepat mengenai penggunaan rebusan kulit petai untuk menjaga kesehatan Anda.

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait manfaat rebusan kulit petai:

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Rebusan Kulit Petai

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya terkait manfaat rebusan kulit petai:

Pertanyaan 1: Apakah rebusan kulit petai aman dikonsumsi?

Secara umum, rebusan kulit petai aman dikonsumsi oleh sebagian besar orang. Namun, bagi individuals with tertentu, seperti ibu hamil, ibu menyusui, atau orang dengan masalah kesehatan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi rebusan kulit petai.

Pertanyaan 2: Berapa dosis rebusan kulit petai yang dianjurkan?

Dosis rebusan kulit petai yang dianjurkan dapat bervariasi tergantung pada tujuan konsumsi dan kondisi kesehatan individu. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, konsumsi 1-2 gelas rebusan kulit petai per hari sudah cukup.

Pertanyaan 3: Apakah rebusan kulit petai dapat dikonsumsi setiap hari?

Tidak ada larangan khusus untuk mengonsumsi rebusan kulit petai setiap hari. Namun, disarankan untuk mengonsumsi rebusan kulit petai dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping, seperti gangguan pencernaan atau sakit perut.

Pertanyaan 4: Apakah rebusan kulit petai dapat dijadikan obat untuk penyakit tertentu?

Meskipun rebusan kulit petai memiliki beberapa manfaat kesehatan, namun tidak dapat dijadikan obat untuk menggantikan pengobatan medis. Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Pertanyaan 5: Di mana bisa mendapatkan kulit petai?

Kulit petai dapat diperoleh dari buah petai yang sudah dikupas. Anda dapat membelinya di pasar tradisional atau swalayan. Pilih kulit petai yang masih segar dan tidak berbau busuk.

Pertanyaan 6: Apakah ada efek samping dari konsumsi rebusan kulit petai?

Konsumsi rebusan kulit petai dalam jumlah sedang umumnya tidak menimbulkan efek samping. Namun, beberapa orang mungkin mengalami gangguan pencernaan, seperti perut kembung atau diare. Jika Anda mengalami efek samping setelah mengonsumsi rebusan kulit petai, hentikan konsumsi dan konsultasikan dengan dokter.

Dengan memahami jawaban atas pertanyaan umum ini, Anda dapat mengonsumsi rebusan kulit petai dengan lebih bijak dan mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal.

Untuk informasi lebih lanjut dan saran medis yang tepat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan lainnya.

Tips Mengonsumsi Rebusan Kulit Petai

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal dari rebusan kulit petai, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

Tip 1: Gunakan kulit petai segar

Pilih kulit petai yang masih segar dan tidak berbau busuk. Hindari menggunakan kulit petai yang sudah layu atau berlendir.

Tip 2: Cuci bersih kulit petai

Sebelum direbus, cuci bersih kulit petai dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan pestisida.

Tip 3: Potong kecil-kecil kulit petai

Potong kulit petai menjadi potongan-potongan kecil agar lebih mudah direbus dan melepaskan nutrisinya.

Tip 4: Rebus dengan air secukupnya

Gunakan air secukupnya untuk merebus kulit petai. Jangan terlalu banyak air karena akan mengencerkan kandungan nutrisinya.

Tip 5: Rebus selama 15-20 menit

Rebus kulit petai selama 15-20 menit atau hingga air mendidih dan kulit petai empuk.

Tip 6: Minum selagi hangat

Minum rebusan kulit petai selagi hangat untuk mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal.

Tip 7: Tambahkan pemanis alami

Jika diinginkan, Anda dapat menambahkan pemanis alami seperti madu atau gula aren untuk menambah rasa manis pada rebusan kulit petai.

Tip 8: Konsumsi secara teratur

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, konsumsi rebusan kulit petai secara teratur, misalnya 1-2 gelas per hari.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat mengonsumsi rebusan kulit petai dengan benar dan mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal.

Kesimpulan

Rebusan kulit petai memiliki beragam manfaat kesehatan yang tidak boleh disepelekan. Di antaranya adalah melancarkan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, mengatasi diabetes, mencegah kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, mengatasi peradangan, dan menyehatkan kulit. Manfaat-manfaat ini didukung oleh bukti ilmiah dan studi kasus, meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi efektivitas dan keamanannya dalam jangka panjang.

Untuk mendapatkan manfaat rebusan kulit petai secara optimal, konsumsilah secara teratur dalam jumlah sedang. Ikuti tips mengonsumsi rebusan kulit petai dengan benar agar kandungan nutrisinya tidak hilang. Dengan mengonsumsi rebusan kulit petai secara bijak, Anda dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru