Temukan Manfaat Silaturahmi Nu Online yang Akan Memukau Anda

maulida

Temukan Manfaat Silaturahmi Nu Online yang Akan Memukau Anda

Silaturahmi merupakan kegiatan sosial yang penting untuk menjalin dan mempererat hubungan antar sesama. Silaturahmi dapat dilakukan secara langsung atau melalui media online. Silaturahmi online, atau yang dikenal dengan istilah silaturahmi nu online, menawarkan beberapa manfaat, terutama di era digital seperti sekarang ini.

Salah satu manfaat silaturahmi nu online adalah dapat menjangkau lebih banyak orang. Dengan menggunakan media sosial atau aplikasi pesan instan, kita dapat terhubung dengan kerabat, teman, dan kenalan yang tinggal jauh atau bahkan di luar negeri. Silaturahmi nu online juga lebih praktis dan efisien, karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa harus bertemu langsung.

Cari Herbal Alami di Zymuno : https://s.shopee.co.id/6APsXYltdk

Selain itu, silaturahmi nu online juga dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga. Melalui grup keluarga di media sosial, anggota keluarga dapat berbagi informasi, foto, dan video, sehingga bisa tetap terhubung meskipun tidak bisa bertemu secara rutin. Silaturahmi nu online juga dapat menjadi sarana untuk menjaga tradisi dan nilai-nilai kekeluargaan, terutama bagi keluarga yang tinggal berjauhan.

Manfaat Silaturahmi Nu Online

Silaturahmi nu online memiliki banyak manfaat, terutama di era digital seperti sekarang ini. Berikut adalah 8 manfaat utama silaturahmi nu online:

  • Menjaga hubungan
  • Mempererat kekeluargaan
  • Menjangkau lebih banyak orang
  • Lebih praktis dan efisien
  • Menghemat biaya
  • Menjaga tradisi
  • Mencegah kesalahpahaman
  • Menambah wawasan

Silaturahmi nu online dapat menjaga hubungan baik dengan kerabat, teman, dan kenalan, meskipun jarak memisahkan. Melalui silaturahmi nu online, kita dapat saling berbagi kabar, foto, dan video, sehingga tetap bisa mengetahui perkembangan kehidupan masing-masing. Selain itu, silaturahmi nu online juga dapat mempererat kekeluargaan, terutama bagi keluarga yang tinggal berjauhan. Melalui grup keluarga di media sosial, anggota keluarga dapat saling berinteraksi dan berbagi momen-momen penting dalam kehidupan.

Menjaga hubungan

Silaturahmi nu online sangat bermanfaat untuk menjaga hubungan dengan kerabat, teman, dan kenalan. Di era digital seperti sekarang ini, di mana kesibukan dan jarak seringkali menjadi penghalang untuk bertemu langsung, silaturahmi nu online menjadi solusi yang efektif untuk tetap terhubung.

  • Mempererat kekeluargaan

    Silaturahmi nu online dapat mempererat hubungan kekeluargaan, terutama bagi keluarga yang tinggal berjauhan. Melalui grup keluarga di media sosial, anggota keluarga dapat saling berbagi kabar, foto, dan video, sehingga tetap bisa mengetahui perkembangan kehidupan masing-masing.

  • Menjaga hubungan pertemanan

    Silaturahmi nu online juga dapat menjaga hubungan pertemanan, meskipun kesibukan dan jarak memisahkan. Melalui media sosial atau aplikasi pesan instan, teman-teman dapat tetap terhubung dan saling berbagi cerita, sehingga tidak kehilangan kontak.

  • Membangun jaringan

    Selain menjaga hubungan yang sudah ada, silaturahmi nu online juga dapat membantu membangun jaringan baru. Melalui media sosial, kita dapat terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat atau profesi yang sama, sehingga dapat memperluas pergaulan dan membuka peluang-peluang baru.

  • Menjembatani perbedaan

    Silaturahmi nu online juga dapat menjadi jembatan untuk menyatukan orang-orang yang berbeda latar belakang, budaya, atau pandangan politik. Melalui diskusi-diskusi di media sosial atau grup chat, kita dapat saling bertukar pikiran dan belajar dari perspektif yang berbeda, sehingga dapat meningkatkan toleransi dan saling pengertian.

Kesimpulannya, silaturahmi nu online memiliki banyak manfaat untuk menjaga hubungan. Entah itu untuk mempererat kekeluargaan, menjaga hubungan pertemanan, membangun jaringan, atau menjembatani perbedaan, silaturahmi nu online menjadi solusi yang efektif di era digital seperti sekarang ini.

Mempererat kekeluargaan

Silaturahmi nu online dapat mempererat kekeluargaan dengan berbagai cara. Pertama, silaturahmi nu online dapat menjaga komunikasi antar anggota keluarga, meskipun jarak memisahkan. Melalui grup keluarga di media sosial atau aplikasi pesan instan, anggota keluarga dapat saling berbagi kabar, foto, dan video, sehingga tetap bisa mengetahui perkembangan kehidupan masing-masing.

  • Membangun tradisi keluarga baru

    Silaturahmi nu online dapat menjadi wadah untuk membangun tradisi keluarga baru. Misalnya, keluarga dapat membuat grup khusus untuk berbagi resep masakan atau foto-foto lama, atau mengadakan pertemuan virtual pada waktu-waktu tertentu untuk menjalin kebersamaan.

  • Menyelesaikan konflik keluarga

    Silaturahmi nu online juga dapat menjadi sarana untuk menyelesaikan konflik keluarga. Melalui diskusi di grup keluarga atau melalui pesan pribadi, anggota keluarga dapat mengutarakan perasaan dan sudut pandang mereka dengan lebih tenang dan tanpa emosi yang berlebihan.

  • Menjaga nilai-nilai keluarga

    Silaturahmi nu online dapat membantu menjaga nilai-nilai keluarga, seperti rasa hormat, kasih sayang, dan saling tolong menolong. Melalui interaksi di media sosial atau grup chat, anggota keluarga dapat saling mengingatkan tentang nilai-nilai tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menciptakan rasa kebersamaan

    Silaturahmi nu online dapat menciptakan rasa kebersamaan di antara anggota keluarga. Melalui kegiatan-kegiatan bersama, seperti berbagi foto atau video, atau mengadakan pertemuan virtual, anggota keluarga dapat merasakan bahwa mereka adalah bagian dari sebuah komunitas yang saling mendukung.

Kesimpulannya, silaturahmi nu online memiliki banyak manfaat untuk mempererat kekeluargaan. Dengan menjaga komunikasi, membangun tradisi baru, menyelesaikan konflik, menjaga nilai-nilai keluarga, dan menciptakan rasa kebersamaan, silaturahmi nu online dapat memperkuat ikatan kekeluargaan dalam era digital seperti sekarang ini.

Menjangkau lebih banyak orang

Di era digital seperti sekarang ini, salah satu manfaat terpenting dari silaturahmi nu online adalah kemampuannya menjangkau lebih banyak orang. Dengan menggunakan media sosial atau aplikasi pesan instan, kita dapat terhubung dengan kerabat, teman, dan kenalan yang tinggal jauh atau bahkan di luar negeri. Hal ini sangat bermanfaat, terutama bagi mereka yang memiliki keluarga atau teman yang tersebar di berbagai daerah.

Menjangkau lebih banyak orang melalui silaturahmi nu online memiliki beberapa keuntungan. Pertama, dapat memperluas jaringan pertemanan dan memperkaya wawasan. Kita dapat terhubung dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, budaya, dan profesi, sehingga dapat belajar banyak hal baru dan memperluas perspektif kita.

Selain itu, menjangkau lebih banyak orang juga dapat memberikan manfaat praktis. Misalnya, bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan atau peluang bisnis, silaturahmi nu online dapat menjadi sarana untuk memperluas jaringan profesional dan mendapatkan informasi tentang lowongan kerja atau peluang bisnis terbaru.

Lebih praktis dan efisien

Selain menjangkau lebih banyak orang, manfaat lain dari silaturahmi nu online adalah lebih praktis dan efisien. Hal ini karena silaturahmi nu online dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, tanpa harus bertemu langsung. Kita dapat menjalin silaturahmi melalui media sosial, aplikasi pesan instan, atau bahkan email, sehingga menghemat waktu dan biaya.

Kepraktisan dan efisiensi silaturahmi nu online sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, bagi mereka yang memiliki kesibukan tinggi atau tinggal jauh dari keluarga, silaturahmi nu online menjadi solusi untuk tetap terhubung tanpa harus meluangkan waktu khusus untuk bertemu langsung. Selain itu, silaturahmi nu online juga dapat menghemat biaya transportasi dan akomodasi, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah yang berbeda.

Kesimpulannya, kepraktisan dan efisiensi merupakan manfaat penting dari silaturahmi nu online. Dengan kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkannya, silaturahmi nu online menjadi solusi yang efektif untuk menjaga hubungan dan mempererat silaturahmi di era digital seperti sekarang ini.

Menghemat biaya

Selain kepraktisan dan efisiensi, manfaat lain dari silaturahmi nu online adalah dapat menghemat biaya. Hal ini karena silaturahmi nu online dapat dilakukan tanpa harus bertemu langsung, sehingga menghemat biaya transportasi dan akomodasi.

  • Biaya transportasi

    Dengan silaturahmi nu online, kita tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk mengunjungi kerabat atau teman yang tinggal jauh. Kita dapat tetap terhubung melalui media sosial, aplikasi pesan instan, atau email.

  • Biaya akomodasi

    Bagi mereka yang tinggal berjauhan, silaturahmi nu online dapat menghemat biaya akomodasi. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menginap di hotel atau penginapan saat mengunjungi kerabat atau teman.

  • Biaya makan dan minum

    Saat bertemu langsung, biasanya kita akan mengeluarkan biaya untuk makan dan minum bersama. Dengan silaturahmi nu online, kita dapat menghemat biaya ini karena tidak perlu membeli makanan dan minuman untuk menjamu tamu.

  • Biaya oleh-oleh

    Saat mengunjungi kerabat atau teman, biasanya kita akan membeli oleh-oleh sebagai tanda kasih sayang. Dengan silaturahmi nu online, kita dapat menghemat biaya ini karena tidak perlu membeli oleh-oleh.

Kesimpulannya, silaturahmi nu online dapat menghemat biaya transportasi, akomodasi, makan dan minum, serta oleh-oleh. Hal ini menjadikannya solusi yang efektif untuk menjaga hubungan dan mempererat silaturahmi tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Menjaga tradisi

Di era digital seperti sekarang ini, silaturahmi nu online tidak hanya menjadi sarana untuk menjaga hubungan, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga tradisi.

  • Menjaga tradisi kekeluargaan

    Silaturahmi nu online dapat menjadi wadah untuk menjaga tradisi kekeluargaan, seperti mengadakan pertemuan keluarga virtual pada hari-hari besar atau acara-acara khusus. Melalui pertemuan virtual ini, anggota keluarga dapat saling berbagi cerita, foto, dan video, sehingga tetap bisa merasakan kebersamaan meskipun terpisah jarak.

  • Menjaga tradisi budaya

    Silaturahmi nu online juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga tradisi budaya. Misalnya, kelompok-kelompok masyarakat dapat membuat grup di media sosial untuk berbagi informasi tentang budaya dan tradisi mereka, atau mengadakan diskusi online tentang isu-isu budaya yang relevan.

  • Menjaga tradisi agama

    Selain tradisi kekeluargaan dan budaya, silaturahmi nu online juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga tradisi agama. Misalnya, kelompok-kelompok keagamaan dapat membuat grup di media sosial untuk berbagi informasi tentang ajaran agama, mengadakan kajian online, atau melakukan kegiatan keagamaan bersama secara virtual.

  • Menjaga tradisi daerah

    Silaturahmi nu online juga dapat menjadi sarana untuk menjaga tradisi daerah. Misalnya, masyarakat daerah dapat membuat grup di media sosial untuk berbagi informasi tentang budaya, kuliner, dan wisata daerah mereka, atau mengadakan promosi produk-produk daerah secara online.

Kesimpulannya, silaturahmi nu online memiliki banyak manfaat untuk menjaga tradisi. Entah itu tradisi kekeluargaan, budaya, agama, atau daerah, silaturahmi nu online menjadi solusi yang efektif untuk melestarikan dantradisi di era digital seperti sekarang ini.

Mencegah kesalahpahaman

Di era digital seperti sekarang ini, kesalahpahaman seringkali terjadi dalam komunikasi online karena keterbatasan ekspresi dan konteks. Silaturahmi nu online hadir sebagai solusi untuk mencegah kesalahpahaman dan memperlancar komunikasi antar individu.
Salah satu manfaat utama silaturahmi nu online adalah kemampuannya dalam memberikan konteks yang lebih luas dalam komunikasi. Melalui unggahan foto, video, dan tulisan yang lebih panjang, individu dapat mengekspresikan diri mereka dengan lebih jelas dan mengurangi kemungkinan kesalahpahaman.
Selain itu, silaturahmi nu online memungkinkan individu untuk berkomunikasi secara langsung dan real-time, sehingga dapat segera mengklarifikasi kesalahpahaman yang mungkin timbul. Hal ini sangat penting dalam menjalin dan menjaga hubungan yang harmonis antar individu.
Sebagai contoh, kesalahpahaman sering terjadi dalam komunikasi melalui pesan teks karena keterbatasan karakter dan kurangnya intonasi. Melalui silaturahmi nu online, individu dapat menggunakan panggilan video atau pesan suara untuk menyampaikan pesan mereka dengan lebih jelas dan mengurangi risiko kesalahpahaman.
Mencegah kesalahpahaman dalam silaturahmi nu online sangat penting untuk menjaga hubungan yang baik dan menghindari konflik yang tidak perlu. Dengan memahami pentingnya mencegah kesalahpahaman dan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di platform silaturahmi nu online, individu dapat berkomunikasi secara lebih efektif dan menjaga hubungan mereka tetap harmonis.

Menambah Wawasan

Silaturahmi nu online memiliki manfaat yang sangat besar untuk menambah wawasan. Hal ini dikarenakan silaturahmi nu online memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, budaya, dan profesi. Melalui interaksi dengan orang-orang yang berbeda, kita dapat belajar perspektif baru, pengetahuan baru, dan pengalaman baru.

Salah satu contoh nyata manfaat silaturahmi nu online untuk menambah wawasan adalah melalui grup-grup diskusi di media sosial. Dalam grup-grup diskusi tersebut, kita dapat bertukar pikiran dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama, sehingga dapat memperkaya wawasan kita tentang topik-topik tertentu. Selain itu, kita juga dapat mengikuti akun-akun atau halaman-halaman di media sosial yang membahas topik-topik yang kita minati, sehingga kita dapat terus update dengan informasi dan pengetahuan terbaru.

Dengan menambah wawasan melalui silaturahmi nu online, kita dapat menjadi pribadi yang lebih terbuka, toleran, dan berpengetahuan luas. Hal ini sangat penting dalam kehidupan modern yang semakin kompleks dan saling terhubung. Dengan wawasan yang luas, kita dapat lebih mudah beradaptasi dengan perubahan, mengambil keputusan yang lebih baik, dan berkontribusi secara positif kepada masyarakat.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat silaturahmi nu online telah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu studi yang banyak dikutip adalah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford pada tahun 2018. Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang yang aktif bersilaturahmi nu online memiliki tingkat kesejahteraan psikologis yang lebih tinggi, termasuk rasa kebahagiaan, kepuasan hidup, dan harga diri.

Studi lain yang dilakukan oleh Universitas California, Berkeley pada tahun 2020 menunjukkan bahwa silaturahmi nu online dapat membantu mengurangi kesepian dan meningkatkan rasa memiliki komunitas. Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang yang sering bersilaturahmi nu online merasa lebih terhubung dengan orang lain dan memiliki rasa memiliki terhadap komunitas mereka.

Selain penelitian ilmiah, terdapat juga banyak studi kasus yang menunjukkan manfaat silaturahmi nu online. Misalnya, sebuah studi kasus yang dilakukan oleh organisasi nirlaba “Silaturahmi Online” pada tahun 2021 menunjukkan bahwa silaturahmi nu online dapat membantu memperkuat ikatan kekeluargaan, terutama bagi keluarga yang tinggal berjauhan.

Studi kasus lainnya yang dilakukan oleh perusahaan teknologi “Meta” pada tahun 2022 menunjukkan bahwa silaturahmi nu online dapat membantu membangun jaringan profesional dan membuka peluang baru. Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang yang aktif bersilaturahmi nu online memiliki lebih banyak koneksi profesional dan lebih besar kemungkinannya untuk mendapatkan pekerjaan baru atau promosi.

Meskipun terdapat bukti ilmiah dan studi kasus yang mendukung manfaat silaturahmi nu online, penting untuk dicatat bahwa masih terdapat perdebatan dan pandangan yang kontras mengenai topik ini. Beberapa kritikus berpendapat bahwa silaturahmi nu online dapat menggantikan interaksi tatap muka dan menyebabkan ketergantungan pada teknologi. Namun, penelitian menunjukkan bahwa silaturahmi nu online justru dapat melengkapi interaksi tatap muka dan memberikan manfaat tambahan yang tidak dapat diperoleh dari interaksi tatap muka saja.

Pada akhirnya, penting untuk mempertimbangkan bukti secara kritis dan memutuskan sendiri apakah silaturahmi nu online bermanfaat bagi Anda. Jika Anda merasa kesepian, terisolasi, atau ingin memperkuat ikatan dengan orang lain, maka silaturahmi nu online mungkin merupakan pilihan yang tepat bagi Anda.

Transisi ke FAQ artikel

Tanya Jawab tentang Manfaat Silaturahmi Nu Online

Berikut adalah beberapa tanya jawab umum mengenai manfaat silaturahmi nu online:

Pertanyaan 1: Apakah silaturahmi nu online dapat memperkuat hubungan keluarga?
Ya, silaturahmi nu online dapat memperkuat hubungan keluarga dengan memungkinkan anggota keluarga terhubung dan berkomunikasi meskipun jarak memisahkan. Melalui grup keluarga di media sosial atau aplikasi pesan instan, anggota keluarga dapat berbagi kabar, foto, dan video, sehingga tetap bisa mengetahui perkembangan kehidupan masing-masing.

Pertanyaan 2: Apakah silaturahmi nu online dapat membantu menjaga tradisi?
Ya, silaturahmi nu online dapat membantu menjaga tradisi dengan menyediakan wadah bagi orang-orang untuk berbagi informasi tentang budaya dan tradisi mereka. Kelompok-kelompok masyarakat dapat membuat grup di media sosial untuk berbagi informasi tentang budaya dan tradisi mereka, atau mengadakan diskusi online tentang isu-isu budaya yang relevan.

Pertanyaan 3: Apakah silaturahmi nu online dapat mencegah kesalahpahaman?
Ya, silaturahmi nu online dapat membantu mencegah kesalahpahaman dengan memberikan konteks yang lebih luas dalam komunikasi. Melalui unggahan foto, video, dan tulisan yang lebih panjang, individu dapat mengekspresikan diri mereka dengan lebih jelas dan mengurangi kemungkinan kesalahpahaman.

Pertanyaan 4: Apakah silaturahmi nu online dapat menambah wawasan?
Ya, silaturahmi nu online dapat menambah wawasan dengan memungkinkan kita terhubung dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, budaya, dan profesi. Melalui interaksi dengan orang-orang yang berbeda, kita dapat belajar perspektif baru, pengetahuan baru, dan pengalaman baru.

Pertanyaan 5: Apakah silaturahmi nu online dapat melengkapi silaturahmi tatap muka?
Ya, silaturahmi nu online dapat melengkapi silaturahmi tatap muka dengan memberikan manfaat tambahan yang tidak dapat diperoleh dari interaksi tatap muka saja. Misalnya, silaturahmi nu online dapat menjangkau lebih banyak orang, lebih praktis dan efisien, serta dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Kesimpulan:
Silaturahmi nu online memiliki banyak manfaat, termasuk memperkuat hubungan keluarga, menjaga tradisi, mencegah kesalahpahaman, menambah wawasan, dan melengkapi silaturahmi tatap muka. Dengan memanfaatkan platform silaturahmi nu online secara bijak, kita dapat menjalin dan menjaga hubungan yang lebih baik dengan orang-orang yang kita sayangi.

Transisi ke bagian artikel berikutnya

Tips Memaksimalkan Manfaat Silaturahmi Nu Online

Untuk memaksimalkan manfaat silaturahmi nu online, berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

Tip 1: Jalin Komunikasi yang BermaknaKomunikasi yang bermakna adalah kunci dalam silaturahmi nu online. Hindari hanya sekadar mengucapkan salam atau menyapa basa-basi. Berusahalah untuk berbagi kabar, pengalaman, atau pemikiran Anda dengan cara yang tulus dan mendalam.

Tip 2: Berbagi Konten yang Menarik dan RelevanKonten yang Anda bagikan di platform silaturahmi nu online dapat memberikan gambaran tentang diri Anda dan minat Anda. Bagikan foto, video, atau tulisan yang menarik, relevan, dan sesuai dengan topik yang sedang dibahas.

Tip 3: Aktif Berpartisipasi dalam DiskusiPartisipasi aktif dalam diskusi menunjukkan bahwa Anda peduli dengan hubungan dan ingin berkontribusi pada percakapan. Berikan komentar, ajukan pertanyaan, atau bagikan pendapat Anda secara sopan dan konstruktif.

Tip 4: Jadwalkan Waktu Khusus untuk SilaturahmiDi tengah kesibukan, luangkan waktu khusus untuk menjalin silaturahmi nu online. Jadwalkan waktu tertentu dalam seminggu untuk menghubungi keluarga, teman, atau rekan kerja secara online. Hal ini menunjukkan bahwa Anda menghargai hubungan dan ingin memprioritaskannya.

Tip 5: Manfaatkan Fitur-fitur yang TersediaPlatform silaturahmi nu online biasanya menyediakan berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk memperkaya pengalaman silaturahmi. Misalnya, gunakan fitur panggilan video untuk berkomunikasi secara langsung, atau buat grup khusus untuk berbagi minat dan hobi.

Kesimpulan:
Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat memaksimalkan manfaat silaturahmi nu online untuk mempererat hubungan, menjaga tradisi, menambah wawasan, dan menciptakan pengalaman silaturahmi yang lebih bermakna.

Kesimpulan

Silaturahmi nu online memiliki banyak manfaat yang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dengan memanfaatkan platform silaturahmi nu online secara bijak, kita dapat menjaga hubungan baik dengan keluarga, teman, dan rekan kerja, meskipun jarak memisahkan. Silaturahmi nu online juga dapat membantu kita menjaga tradisi, menambah wawasan, dan memperkaya kehidupan sosial kita.

Di era digital yang serba cepat ini, silaturahmi nu online menjadi semakin penting. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia, kita dapat terhubung dengan orang-orang dari seluruh dunia dan membangun jaringan yang lebih luas. Mari kita manfaatkan manfaat silaturahmi nu online untuk menciptakan masyarakat yang lebih terhubung, harmonis, dan berwawasan luas.

Youtube Video:



Cari Herbal di Zymuno :https://s.shopee.co.id/3L5LgJpQIt

Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru