Manfaat Susu untuk Kulit yang Jarang Diketahui, Patut Anda Coba

maulida

Manfaat Susu untuk Kulit yang Jarang Diketahui, Patut Anda Coba

Manfaat susu untuk kulit adalah beragam, menjadikannya bahan alami yang populer untuk berbagai perawatan kecantikan. Susu mengandung asam laktat, yang merupakan agen pengelupasan alami yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel.

Selain itu, susu kaya akan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, B, dan D, serta kalsium dan protein. Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan kulit, karena membantu menjaga kelembapan, elastisitas, dan kekuatannya. Asam lemak dalam susu juga membantu menutrisi dan melembutkan kulit, membuatnya tampak lebih sehat dan bercahaya.

Berikut adalah beberapa manfaat susu untuk kulit yang perlu diketahui:

  • Melembapkan kulit kering dan pecah-pecah
  • Mencerahkan kulit kusam
  • Mengurangi jerawat dan peradangan
  • Mengecilkan pori-pori
  • Mencegah penuaan dini

Manfaat Susu untuk Kulit

Susu merupakan bahan alami yang kaya akan nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Manfaat susu untuk kulit sangat beragam, mulai dari melembapkan hingga mencegah penuaan dini.

  • Melembapkan
  • Mencerahkan
  • Mengurangi jerawat
  • Mengecilkan pori-pori
  • Mencegah penuaan dini
  • Menutrisi kulit
  • Melembutkan kulit
  • Menyehatkan kulit

Susu mengandung asam laktat yang berfungsi sebagai eksfoliator alami, membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit baru. Selain itu, susu juga kaya akan vitamin A, B, dan D, serta kalsium dan protein yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin A membantu menjaga kelembapan kulit, vitamin B membantu mencerahkan kulit, dan vitamin D membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kalsium dan protein membantu menjaga kekuatan dan elastisitas kulit.

Melembapkan

Susu memiliki sifat melembapkan yang sangat baik, menjadikannya bahan yang ideal untuk perawatan kulit kering dan pecah-pecah. Asam laktat dalam susu membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru, sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembut.

  • Kandungan asam laktat

    Asam laktat adalah asam alfa hidroksi (AHA) yang secara alami ditemukan dalam susu. AHA dikenal karena kemampuannya mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel kulit. Ini membuat susu menjadi bahan yang efektif untuk melembapkan kulit kering dan pecah-pecah.

  • Kaya akan vitamin dan mineral

    Susu juga kaya akan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, B, dan D, serta kalsium dan protein. Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan kulit, karena membantu menjaga kelembapan, elastisitas, dan kekuatannya.

  • Menutrisi dan melembutkan kulit

    Asam lemak dalam susu juga membantu menutrisi dan melembutkan kulit. Ini membuat susu menjadi bahan yang sangat baik untuk digunakan dalam produk perawatan kulit seperti lotion dan krim.

  • Mencegah penuaan dini

    Vitamin A dalam susu adalah antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Vitamin A dalam susu membantu menangkal radikal bebas dan menjaga kulit tetap sehat dan tampak awet muda.

Dengan sifat melembapkan dan menutrisinya, susu merupakan bahan yang sangat baik untuk digunakan dalam perawatan kulit kering dan pecah-pecah. Susu dapat membantu melembutkan, menghaluskan, dan meremajakan kulit, sehingga tampak lebih sehat dan bercahaya.

Mencerahkan

Manfaat susu untuk kulit tidak hanya terbatas pada melembapkan saja, tetapi juga mencerahkan kulit kusam dan membuatnya tampak lebih bercahaya. Susu mengandung asam laktat, yaitu asam alfa hidroksi (AHA) alami yang memiliki kemampuan mengeksfoliasi kulit secara lembut dan merangsang regenerasi sel kulit baru.

  • Eksfoliasi Sel Kulit Mati

    Asam laktat dalam susu membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit, sehingga kulit menjadi lebih halus dan cerah. Pengelupasan secara teratur juga membantu meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit lainnya, sehingga bekerja lebih efektif.

  • Mengurangi Hiperpigmentasi

    Susu juga mengandung vitamin B12 yang berperan dalam mengurangi hiperpigmentasi, seperti bintik hitam dan bekas jerawat. Vitamin B12 membantu menghambat produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit.

  • Merangsang Produksi Kolagen

    Kandungan protein dalam susu, terutama kasein dan whey, membantu merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein penting yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah dan awet muda.

  • Kaya Akan Antioksidan

    Susu juga mengandung antioksidan, seperti vitamin A dan E, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Antioksidan dalam susu membantu menetralkan radikal bebas dan menjaga kulit tetap sehat dan cerah.

Dengan sifat mencerahkan dan menutrisinya, susu merupakan bahan alami yang sangat baik untuk digunakan dalam perawatan kulit kusam. Susu dapat membantu mengangkat sel kulit mati, mengurangi hiperpigmentasi, merangsang produksi kolagen, dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga kulit tampak lebih cerah, bercahaya, dan sehat.

Mengurangi Jerawat

Manfaat susu untuk kulit juga meliputi pengurangan jerawat. Susu mengandung beberapa komponen yang berperan aktif dalam melawan bakteri penyebab jerawat dan menenangkan peradangan pada kulit.

  • Asam Laktat

    Asam laktat dalam susu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Ini membantu membunuh bakteri penyebab jerawat (C. acnes) dan mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat.

  • Zinc

    Susu merupakan sumber zinc yang baik. Zinc berperan penting dalam mengatur produksi minyak di kulit dan mengurangi peradangan. Ini membantu mengontrol produksi sebum berlebih, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

  • Vitamin A

    Vitamin A dalam susu memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengatur pertumbuhan sel kulit. Ini membantu mengurangi peradangan pada kulit berjerawat dan mencegah pembentukan komedo baru.

  • Protein

    Protein dalam susu, seperti kasein dan whey, membantu memperkuat pelindung kulit dan mengurangi peradangan. Ini menciptakan lingkungan yang kurang menguntungkan bagi bakteri penyebab jerawat dan membantu mempercepat penyembuhan jerawat.

Dengan kombinasi sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan menutrisinya, susu dapat menjadi bahan alami yang efektif untuk mengurangi jerawat dan memperbaiki kesehatan kulit secara keseluruhan.

Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori wajah merupakan lubang kecil pada kulit yang berfungsi sebagai saluran keluar minyak dan keringat dari kelenjar di bawahnya. Pori-pori yang membesar dapat membuat kulit terlihat kasar dan kusam, sehingga mengecilkan pori-pori menjadi salah satu tujuan perawatan kulit yang banyak diminati.

  • Asam Laktat

    Asam laktat dalam susu memiliki sifat mengeksfoliasi yang ringan, yang membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Dengan mengangkat sel kulit mati secara teratur, asam laktat dapat membantu mengecilkan pori-pori dan membuat kulit tampak lebih halus dan cerah.

  • Protein

    Susu mengandung protein, seperti kasein dan whey, yang membantu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Protein ini membentuk lapisan pelindung pada kulit yang membantu menjaga kelembapan dan mencegah hilangnya kolagen, sehingga kulit tampak lebih kencang dan pori-pori terlihat lebih kecil.

  • Vitamin A

    Vitamin A dalam susu memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengatur pertumbuhan sel kulit. Vitamin ini membantu mengurangi peradangan pada kulit yang dapat menyebabkan pori-pori membesar, dan juga membantu mempercepat pergantian sel kulit sehingga pori-pori terlihat lebih kecil.

  • Kaya Akan Antioksidan

    Susu mengandung antioksidan, seperti vitamin A dan E, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini, termasuk pembesaran pori-pori. Antioksidan dalam susu membantu menetralkan radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit, sehingga pori-pori terlihat lebih kecil.

Dengan sifat mengeksfoliasi, mengencangkan, dan menutrisinya, susu dapat menjadi bahan alami yang efektif untuk mengecilkan pori-pori dan memperbaiki kesehatan kulit secara keseluruhan.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat susu untuk kulit juga meliputi pencegahan penuaan dini. Susu mengandung beberapa komponen yang berperan aktif dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan serta kekencangan kulit.

  • Kandungan Antioksidan

    Susu kaya akan antioksidan, seperti vitamin A dan E. Antioksidan berperan penting dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan penuaan dini. Vitamin A dan E dalam susu membantu menetralkan radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit, sehingga tampak lebih awet muda.

  • Asam Laktat

    Asam laktat dalam susu memiliki sifat pengelupasan ringan yang membantu mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel kulit baru. Pengelupasan secara teratur membantu menghilangkan sel kulit kusam dan rusak, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bercahaya. Selain itu, asam laktat juga membantu merangsang produksi kolagen, protein penting yang menjaga elastisitas dan kekencangan kulit, sehingga mencegah kerutan dan garis halus.

  • Protein

    Susu mengandung protein, seperti kasein dan whey, yang berperan penting dalam menjaga struktur dan kekuatan kulit. Protein membantu membentuk lapisan pelindung pada kulit yang menjaga kelembapan dan mencegah hilangnya kolagen. Kolagen adalah protein yang memberikan kekencangan dan elastisitas pada kulit, sehingga kulit tampak lebih kencang dan awet muda.

  • Vitamin B

    Susu juga mengandung vitamin B, seperti vitamin B12, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin B12 membantu mengurangi hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bebas noda.

Dengan kombinasi kandungan antioksidan, asam laktat, protein, dan vitamin B-nya, susu dapat menjadi bahan alami yang efektif untuk mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan serta kecantikan kulit.

Menutrisi Kulit

Nutrisi kulit sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikannya. Susu memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan bermanfaat untuk menutrisi kulit, sehingga menjadikannya bahan alami yang sangat baik untuk perawatan kulit.

  • Protein

    Susu mengandung protein, seperti kasein dan whey, yang berperan penting dalam menjaga struktur dan kekuatan kulit. Protein membantu membentuk lapisan pelindung pada kulit yang menjaga kelembapan dan mencegah hilangnya kolagen. Kolagen adalah protein yang memberikan kekencangan dan elastisitas pada kulit, sehingga kulit tampak lebih kencang dan awet muda.

  • Vitamin

    Susu mengandung berbagai macam vitamin, termasuk vitamin A, B, dan D. Vitamin A membantu menjaga kelembapan kulit, vitamin B membantu mencerahkan kulit, dan vitamin D membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin-vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak lebih sehat dan bercahaya.

  • Mineral

    Susu juga mengandung mineral penting untuk kulit, seperti kalsium dan zinc. Kalsium membantu menjaga kekuatan dan struktur kulit, sedangkan zinc berperan penting dalam mengatur produksi minyak di kulit dan mengurangi peradangan. Mineral-mineral ini membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah masalah kulit seperti jerawat dan eksim.

  • Lemak

    Susu mengandung lemak sehat, seperti asam lemak esensial, yang membantu menutrisi dan melembapkan kulit. Lemak sehat ini membantu menjaga kelembapan alami kulit dan membuatnya tampak lebih halus dan lembut.

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap dan bermanfaat, susu dapat menjadi bahan alami yang efektif untuk menutrisi kulit dan menjaga kesehatan serta kecantikannya.

Melembutkan Kulit

Kulit yang lembut dan halus merupakan dambaan banyak orang. Susu, dengan kandungan nutrisi yang lengkap, menawarkan manfaat melembutkan kulit yang tidak boleh dilewatkan. Berikut adalah beberapa aspek penting mengenai hubungan antara melembutkan kulit dan manfaat susu untuk kulit:

  • Eksfoliasi Halus

    Susu mengandung asam laktat, yang merupakan asam alfa hidroksi (AHA) alami. AHA dikenal karena kemampuannya mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel kulit baru. Proses eksfoliasi yang lembut ini membantu menghilangkan sel kulit kusam dan kasar, sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembut.

  • Melembapkan Secara Alami

    Susu kaya akan lemak sehat, seperti asam lemak esensial. Lemak ini membantu menutrisi dan melembapkan kulit secara alami. Kandungan air yang tinggi dalam susu juga membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit terasa lebih kenyal dan lembut.

  • Menenangkan Peradangan

    Susu memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi atau meradang. Hal ini berkat kandungan protein dalam susu, seperti kasein dan whey, yang dapat membentuk lapisan pelindung pada kulit dan mengurangi peradangan.

  • Menutrisi Kulit

    Susu mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan kulit, seperti vitamin A, B, dan D, serta kalsium dan zinc. Nutrisi ini membantu menutrisi kulit dari dalam, sehingga kulit menjadi lebih sehat, lembut, dan bercahaya.

Dengan menggabungkan sifat eksfoliasi, pelembap, penenang, dan nutrisi, susu dapat menjadi bahan alami yang efektif untuk melembutkan kulit dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Menyehatkan kulit

Kesehatan kulit merupakan aspek penting dari kesehatan dan kecantikan secara keseluruhan. Susu, dengan kandungan nutrisinya yang kaya, menawarkan manfaat menyehatkan kulit yang tidak boleh diabaikan.

Salah satu komponen utama dalam menyehatkan kulit adalah menjaga kelembapannya. Susu mengandung lemak sehat, seperti asam lemak esensial, yang membantu menutrisi dan melembapkan kulit secara alami. Kandungan air yang tinggi dalam susu juga membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit terasa lebih kenyal dan sehat.

Selain itu, susu juga mengandung asam laktat, yang merupakan asam alfa hidroksi (AHA) alami. AHA dikenal karena kemampuannya mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel kulit baru. Proses eksfoliasi yang lembut ini membantu menghilangkan sel kulit kusam dan kasar, sehingga kulit menjadi lebih halus dan sehat.

Bukan hanya itu, susu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi atau meradang. Hal ini berkat kandungan protein dalam susu, seperti kasein dan whey, yang dapat membentuk lapisan pelindung pada kulit dan mengurangi peradangan.

Dengan menggabungkan sifat melembapkan, eksfoliasi, penenang, dan nutrisi, susu dapat menjadi bahan alami yang efektif untuk menyehatkan kulit dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus telah dilakukan untuk menguji dan membuktikan manfaat susu untuk kulit. Salah satu studi yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of California, Berkeley.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menguji efektivitas susu sebagai pelembap kulit pada sekelompok partisipan dengan kulit kering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan susu secara teratur dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kekeringan.

Studi lain yang dilakukan oleh para peneliti di Seoul National University di Korea Selatan menemukan bahwa susu memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan kulit. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan susu dapat membantu meredakan gejala kulit yang teriritasi atau meradang, seperti eksim dan psoriasis.

Meskipun terdapat bukti ilmiah yang mendukung manfaat susu untuk kulit, penting untuk dicatat bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk sepenuhnya memahami mekanisme kerja dan efektivitas penggunaan susu untuk berbagai masalah kulit.

Selain itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kesehatan lainnya sebelum menggunakan susu sebagai perawatan kulit, terutama jika Anda memiliki kondisi kulit yang mendasarinya.

“Pertanyaan Umum”

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Susu untuk Kulit

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan mengenai manfaat susu untuk kulit, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apakah susu cocok digunakan untuk semua jenis kulit?

Susu umumnya aman dan cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Namun, bagi pemilik kulit yang sangat kering atau berjerawat, disarankan untuk mengencerkan susu dengan air atau mencampurnya dengan bahan lain yang lebih lembut, seperti madu atau yogurt.

Pertanyaan 2: Berapa lama susu dapat bertahan pada kulit?

Waktu penggunaan susu pada kulit bervariasi tergantung pada jenis perawatan yang dilakukan. Untuk masker wajah, susu biasanya didiamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas. Sementara untuk penggunaan sebagai pembersih atau pelembap, susu dapat langsung dibilas atau dibersihkan setelah dioleskan.

Pertanyaan 3: Apakah susu dapat membantu mengatasi jerawat?

Ya, susu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Asam laktat dalam susu juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan mengurangi peradangan pada kulit berjerawat.

Pertanyaan 4: Apakah susu dapat mencerahkan kulit?

Ya, susu mengandung asam laktat, yaitu asam alfa hidroksi (AHA) alami yang memiliki kemampuan mengeksfoliasi kulit secara lembut dan merangsang regenerasi sel kulit baru. Pengelupasan secara teratur dapat membantu mencerahkan kulit dan membuatnya tampak lebih bercahaya.

Pertanyaan 5: Apakah susu dapat digunakan sebagai tabir surya?

Tidak, susu tidak dapat digunakan sebagai tabir surya karena tidak mengandung bahan aktif yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Untuk melindungi kulit dari sinar matahari, disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF yang sesuai.

Pertanyaan 6: Apakah ada efek samping dari penggunaan susu pada kulit?

Efek samping dari penggunaan susu pada kulit umumnya jarang terjadi. Namun, pada beberapa orang, penggunaan susu dapat menyebabkan iritasi atau alergi. Jika mengalami iritasi atau alergi, hentikan penggunaan susu dan konsultasikan dengan dokter kulit.

Kesimpulannya, susu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Dengan penggunaannya yang tepat, susu dapat membantu melembapkan, mencerahkan, mengatasi jerawat, dan menyehatkan kulit secara keseluruhan.

“Masker Wajah Susu untuk Kulit Sehat dan Bercahaya”

Tips Merawat Kulit dengan Susu

Susu merupakan bahan alami yang kaya akan nutrisi untuk kesehatan kulit. Dengan menggunakan susu sebagai perawatan kulit, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk kulit, mulai dari melembapkan hingga mencerahkan.

Berikut adalah beberapa tips merawat kulit dengan susu:

Tips 1: Pembersih Wajah Susu

Susu dapat digunakan sebagai pembersih wajah yang lembut dan efektif. Asam laktat dalam susu membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, sehingga kulit menjadi lebih bersih dan segar.

Tips 2: Masker Wajah Susu

Masker wajah susu dapat membantu melembapkan, mencerahkan, dan menutrisi kulit. Caranya, campurkan susu dengan bahan lain seperti madu atau yogurt, kemudian oleskan pada wajah selama 15-20 menit sebelum dibilas.

Tips 3: Toner Susu

Susu dapat digunakan sebagai toner untuk menyeimbangkan pH kulit dan mengecilkan pori-pori. Setelah mencuci wajah, usapkan kapas yang dibasahi susu pada wajah dan leher.

Tips 4: Krim Malam Susu

Susu juga dapat dijadikan sebagai krim malam yang melembapkan dan menutrisi kulit. Campurkan susu dengan minyak almond atau minyak zaitun, kemudian oleskan pada wajah sebelum tidur.

Tips 5: Mandi Susu

Mandi susu dapat membantu melembutkan dan menghaluskan kulit. Tambahkan 2-3 liter susu ke dalam air mandi, kemudian berendam selama 15-20 menit.

Susu merupakan bahan alami yang aman dan bermanfaat untuk perawatan kulit. Dengan menggunakan tips di atas, Anda bisa mendapatkan kulit yang lebih sehat, cerah, dan bercahaya.

Manfaat Susu untuk Kulit

Susu merupakan bahan alami yang kaya akan nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Berbagai penelitian ilmiah telah membuktikan manfaat susu untuk kulit, antara lain melembapkan, mencerahkan, mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori, dan mencegah penuaan dini.

Dengan kandungan asam laktat, protein, vitamin, dan mineral, susu dapat menutrisi, melembutkan, dan menyehatkan kulit. Selain itu, sifat antibakteri dan anti-inflamasi dalam susu dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan iritasi.

Penggunaan susu sebagai perawatan kulit secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit secara alami. Dengan berbagai manfaatnya, susu layak menjadi pilihan utama dalam perawatan kulit harian Anda.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/4AeFikWtXH

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/9ezCGux0K3

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/50DMiR3p0l

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru