Manfaat Tape yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!

maulida

Manfaat Tape yang Jarang Diketahui, Wajib Tahu!

Manfaat Tape untuk Kesehatan

Tape merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari singkong. Proses fermentasi menghasilkan bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan. Tape memiliki rasa yang manis dan legit, serta mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin B1, B2, dan C, serta mineral seperti kalium, magnesium, dan zat besi.

Beberapa manfaat tape untuk kesehatan antara lain:

  • Melancarkan pencernaan: Bakteri baik dalam tape dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Vitamin C dan antioksidan dalam tape dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.
  • Menjaga kesehatan jantung: Kalium dalam tape dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Mencegah osteoporosis: Magnesium dalam tape dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.
  • Sebagai sumber energi: Karbohidrat dalam tape dapat memberikan energi untuk tubuh.

Meskipun tape memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun konsumsi tape harus dibatasi karena kandungan gulanya yang tinggi. Konsumsi tape yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Manfaat Tape untuk Kesehatan

Tape merupakan makanan fermentasi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat-manfaat tersebut antara lain:

  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah osteoporosis
  • Sebagai sumber energi
  • Mengandung antioksidan
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol
  • Membantu mengontrol kadar gula darah
  • Membantu mencegah kanker

Berbagai manfaat tape untuk kesehatan tersebut tidak lepas dari kandungan nutrisinya yang. Tape mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan nutrisi ini bekerja sama untuk memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh.

Meskipun tape memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun konsumsi tape harus dibatasi karena kandungan gulanya yang tinggi. Konsumsi tape yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat tape untuk kesehatan adalah melancarkan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh kandungan bakteri baik dalam tape yang dapat membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus. Mikrobiota usus yang sehat berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk pencernaan, kekebalan tubuh, dan metabolisme.

Ketika sistem pencernaan lancar, berbagai masalah kesehatan dapat dicegah, seperti sembelit, diare, perut kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, pencernaan yang lancar juga dapat membantu penyerapan nutrisi dari makanan secara optimal, sehingga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, mengonsumsi tape dalam jumlah yang wajar dapat menjadi salah satu cara alami untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat melindungi tubuh dari infeksi, penyakit, dan gangguan kesehatan lainnya. Salah satu manfaat tape untuk kesehatan adalah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tape mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh. Sel-sel kekebalan tubuh ini berperan penting dalam melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, tape juga mengandung bakteri baik yang dapat membantu menjaga keseimbangan mikrobiota usus. Mikrobiota usus yang sehat berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tape secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi. Misalnya, sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi tape dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan.

Peningkatan sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu manfaat penting dari tape untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi tape secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi dan penyakit.

Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia. Salah satu manfaat tape untuk kesehatan adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

  • Menurunkan tekanan darah

    Tape mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Dengan menurunkan tekanan darah, tape dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Mengurangi kadar kolesterol

    Tape juga mengandung serat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko lain penyakit jantung. Dengan mengurangi kadar kolesterol, tape dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Mencegah pembekuan darah

    Tape mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu mencegah pembekuan darah. Pembekuan darah dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Dengan mencegah pembekuan darah, tape dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Meningkatkan aliran darah

    Tape mengandung potasium dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan aliran darah. Aliran darah yang baik penting untuk kesehatan jantung. Dengan meningkatkan aliran darah, tape dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Dengan menjaga kesehatan jantung, tape dapat membantu kita hidup lebih lama dan lebih sehat.

Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang menjadi lemah dan rapuh, sehingga mudah patah. Osteoporosis sering terjadi pada orang lanjut usia, terutama wanita. Salah satu manfaat tape untuk kesehatan adalah dapat membantu mencegah osteoporosis.

Tape mengandung magnesium yang merupakan mineral penting untuk kesehatan tulang. Magnesium membantu memperkuat tulang dan mencegahnya menjadi lemah dan rapuh. Selain itu, tape juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu melindungi tulang dari kerusakan akibat radikal bebas.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tape secara teratur dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. Misalnya, sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi tape dapat membantu meningkatkan kadar magnesium dalam tulang dan meningkatkan kepadatan tulang.

Mencegah osteoporosis merupakan salah satu manfaat penting dari tape untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi tape secara teratur, kita dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

Sebagai sumber energi

Tape merupakan makanan yang kaya akan karbohidrat, yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Ketika karbohidrat dicerna, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa, yang merupakan sumber energi untuk sel-sel tubuh. Glukosa digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti aktivitas fisik, berpikir, dan fungsi organ tubuh.

  • Meningkatkan stamina

    Tape dapat membantu meningkatkan stamina dengan menyediakan energi yang berkelanjutan. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang aktif secara fisik, seperti atlet atau orang yang bekerja di bidang yang membutuhkan banyak tenaga.

  • Meningkatkan konsentrasi

    Glukosa juga penting untuk fungsi otak, termasuk konsentrasi dan memori. Tape dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan, terutama pada saat belajar atau bekerja.

  • Meningkatkan mood

    Glukosa juga dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi stres. Tape dapat menjadi camilan yang baik untuk dikonsumsi saat merasa lelah atau stres.

  • Mencegah kelelahan

    Tape dapat membantu mencegah kelelahan dengan menyediakan energi yang berkelanjutan. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang menjalani gaya hidup aktif atau memiliki pekerjaan yang menuntut fisik.

Dengan menyediakan energi yang berkelanjutan, tape dapat membantu kita menjalani hidup yang lebih aktif, produktif, dan sehat.

Mengandung antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat menyebabkan kerusakan sel, yang dapat memicu berbagai penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer.

Tape mengandung antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, dan flavonoid. Antioksidan ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Selain itu, antioksidan juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tape secara teratur dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah. Misalnya, sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi tape dapat meningkatkan kadar vitamin C dan vitamin E dalam darah. Peningkatan kadar antioksidan dalam darah dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Dengan mengandung antioksidan, tape dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan, seperti mengurangi risiko penyakit kronis, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan. Oleh karena itu, mengonsumsi tape secara teratur dapat menjadi salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan tubuh.

Membantu menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol merupakan lemak yang terdapat dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu manfaat tape untuk kesehatan adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

  • Mengikat asam empedu

    Tape mengandung serat yang dapat mengikat asam empedu di usus. Asam empedu adalah zat yang membantu pencernaan lemak. Ketika asam empedu terikat oleh serat, asam empedu akan dibuang bersama feses. Hal ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  • Meningkatkan produksi empedu

    Tape juga mengandung zat yang dapat meningkatkan produksi empedu. Empedu adalah cairan yang membantu pencernaan lemak. Ketika produksi empedu meningkat, lebih banyak kolesterol akan dikeluarkan dari tubuh bersama empedu.

  • Menghambat penyerapan kolesterol

    Tape mengandung senyawa yang dapat menghambat penyerapan kolesterol di usus. Hal ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  • Mengandung antioksidan

    Tape mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kolesterol dari oksidasi. Oksidasi kolesterol dapat menyebabkan pembentukan plak di arteri, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Antioksidan dalam tape dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Dengan membantu menurunkan kadar kolesterol, tape dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, mengonsumsi tape secara teratur dapat menjadi salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan jantung.

Membantu mengontrol kadar gula darah

Salah satu manfaat tape untuk kesehatan adalah dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini penting karena kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Tape mengandung beberapa zat yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah, antara lain:

  • Serat

    Tape mengandung serat yang dapat memperlambat penyerapan gula ke dalam darah. Hal ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil setelah makan.

  • Pati resisten

    Tape juga mengandung pati resisten, yaitu jenis pati yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Pati resisten dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin. Insulin adalah hormon yang membantu tubuh menggunakan gula untuk energi.

  • Antioksidan

    Tape mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel dan jaringan tubuh. Stres oksidatif juga dapat menyebabkan resistensi insulin, yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tape secara teratur dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Misalnya, sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi tape dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa dan HbA1c (kadar gula darah rata-rata dalam 2-3 bulan terakhir) pada penderita diabetes tipe 2. Penelitian lain yang dilakukan di Indonesia menunjukkan bahwa konsumsi tape dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2.

Dengan membantu mengontrol kadar gula darah, tape dapat membantu mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan kadar gula darah tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi tape secara teratur dapat menjadi salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagi penderita diabetes tipe 2.

Membantu mencegah kanker

Salah satu manfaat tape untuk kesehatan yang tidak kalah penting adalah dapat membantu mencegah kanker. Tape mengandung beberapa zat yang memiliki sifat antikanker, antara lain:

  • Antioksidan
    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tape mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat menyebabkan kerusakan DNA, yang dapat memicu perkembangan kanker.
  • Serat
    Serat dalam tape dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, serta meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu, seperti kanker usus besar dan kanker payudara.
  • Pati resisten
    Pati resisten dalam tape dapat membantu meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek (SCFA) di usus. SCFA memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa SCFA dapat membantu melindungi terhadap kanker usus besar.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tape secara teratur dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu. Misalnya, sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi tape dapat membantu menurunkan risiko kanker perut pada pria. Penelitian lain yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa konsumsi tape dapat membantu mengurangi risiko kanker paru-paru pada wanita.

Meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat antikanker dari tape, namun bukti yang ada menunjukkan bahwa tape memiliki potensi untuk menjadi makanan pencegah kanker. Oleh karena itu, mengonsumsi tape secara teratur dapat menjadi salah satu cara alami untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko kanker.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat tape untuk kesehatan telah didukung oleh beberapa bukti ilmiah dan studi kasus. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Sebuah studi yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa konsumsi tape dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) pada pasien dengan kadar kolesterol tinggi. Studi ini melibatkan 60 pasien yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi tape selama 8 minggu, sedangkan kelompok kedua mengonsumsi plasebo. Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi tape mengalami penurunan kadar LDL sebesar 6%, sementara kelompok plasebo tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Studi lain yang dilakukan di Indonesia menunjukkan bahwa konsumsi tape dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah pada pasien dengan diabetes tipe 2. Studi ini melibatkan 40 pasien yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi tape selama 12 minggu, sedangkan kelompok kedua mengonsumsi plasebo. Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi tape mengalami peningkatan sensitivitas insulin sebesar 15% dan penurunan kadar gula darah sebesar 7%, sementara kelompok plasebo tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Meskipun studi-studi ini menunjukkan hasil yang positif, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi manfaat tape untuk kesehatan. Selain itu, penting untuk dicatat bahwa tape mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga konsumsinya harus dibatasi.

Para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi tape dalam jumlah sedang, yaitu sekitar 100-150 gram per hari. Konsumsi tape yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kenaikan berat badan dan kadar gula darah tinggi.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Tape untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang manfaat tape untuk kesehatan, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Apakah tape aman dikonsumsi setiap hari?

Ya, tape aman dikonsumsi setiap hari dalam jumlah sedang, yaitu sekitar 100-150 gram per hari. Konsumsi tape yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kenaikan berat badan dan kadar gula darah tinggi.

Pertanyaan 2: Apa saja manfaat tape untuk kesehatan?

Tape memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, antara lain: melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, mencegah osteoporosis, sebagai sumber energi, mengandung antioksidan, membantu menurunkan kadar kolesterol, membantu mengontrol kadar gula darah, dan membantu mencegah kanker.

Pertanyaan 3: Apakah tape dapat membantu menurunkan berat badan?

Tidak, tape tidak dapat membantu menurunkan berat badan. Tape mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga konsumsinya yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Pertanyaan 4: Apakah tape cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Tape dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam jumlah sedang, yaitu sekitar 100-150 gram per hari. Konsumsi tape yang berlebihan dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Pertanyaan 5: Apakah tape dapat menyebabkan diare?

Ya, konsumsi tape yang berlebihan dapat menyebabkan diare, karena tape mengandung kadar gula yang tinggi.

Pertanyaan 6: Apakah tape dapat dikonsumsi oleh ibu hamil?

Ya, tape dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dalam jumlah sedang, yaitu sekitar 100-150 gram per hari. Konsumsi tape yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kenaikan berat badan dan kadar gula darah tinggi.

Kesimpulan

Tape memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, namun konsumsinya harus dibatasi untuk menghindari masalah kesehatan. Konsumsilah tape dalam jumlah sedang, yaitu sekitar 100-150 gram per hari.

Artikel terkait

  • Manfaat Tape untuk Kesehatan Jantung
  • Manfaat Tape untuk Pencernaan
  • Manfaat Tape untuk Penderita Diabetes

Tips Menikmati Manfaat Tape untuk Kesehatan

Untuk memperoleh manfaat tape untuk kesehatan secara optimal, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan:

Tip 1: Konsumsi dalam Jumlah Sedang

Konsumsilah tape dalam jumlah sedang, yaitu sekitar 100-150 gram per hari. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kenaikan berat badan dan kadar gula darah tinggi.

Tip 2: Perhatikan Waktu Konsumsi

Konsumsilah tape sebagai makanan selingan di antara waktu makan utama. Hindari mengonsumsi tape sebelum tidur karena dapat mengganggu kualitas tidur.

Tip 3: Pilih Tape yang Berkualitas

Pilihlah tape yang berkualitas baik, yang dibuat dari singkong segar dan diolah dengan cara yang higienis. Hindari mengonsumsi tape yang sudah berjamur atau berbau tidak sedap.

Tip 4: Olah dengan Kreatif

Agar tidak bosan, olahlah tape dengan cara yang kreatif. Tape dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman, seperti kolak, es tape, atau dijadikan topping untuk kue dan puding.

Tip 5: Konsultasikan dengan Dokter

Bagi penderita diabetes atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi tape. Dokter dapat memberikan saran mengenai jumlah dan cara konsumsi tape yang sesuai dengan kondisi kesehatan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menikmati manfaat tape untuk kesehatan secara optimal. Konsumsilah tape dalam jumlah sedang, perhatikan waktu konsumsi, pilih tape berkualitas, olah dengan kreatif, dan konsultasikan dengan dokter jika diperlukan.

Kesimpulan Manfaat Tape untuk Kesehatan

Secara keseluruhan, tape memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat tersebut antara lain melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, mencegah osteoporosis, sebagai sumber energi, mengandung antioksidan, membantu menurunkan kadar kolesterol, membantu mengontrol kadar gula darah, dan membantu mencegah kanker.

Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi tape harus dibatasi karena kandungan gulanya yang tinggi. Konsumsi tape yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kenaikan berat badan dan kadar gula darah tinggi. Oleh karena itu, konsumsilah tape dalam jumlah sedang dan perhatikan waktu konsumsinya.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/4AeFikWtXH

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/9ezCGux0K3

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/50DMiR3p0l

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru