Temukan Manfaat Ubi Ungu yang Anda Perlu Tahu

maulida

Temukan Manfaat Ubi Ungu yang Anda Perlu Tahu

Manfaat ubi ungu adalah kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Ubi ungu mengandung serat, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi pada ubi ungu dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Vitamin A pada ubi ungu bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Vitamin C pada ubi ungu bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi. Antioksidan pada ubi ungu bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Ubi ungu sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai makanan pokok masyarakat di beberapa daerah di Indonesia. Ubi ungu diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti kolak, bubur, dan kue. Selain itu, ubi ungu juga dapat dijadikan tepung untuk membuat roti, kue, dan mie. Ubi ungu juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi, sehingga banyak petani yang membudidayakan ubi ungu untuk dijual.

Berikut ini adalah beberapa topik utama yang akan dibahas dalam artikel ini:

  • Kandungan nutrisi ubi ungu
  • Manfaat ubi ungu untuk kesehatan
  • Pengolahan ubi ungu
  • Nilai ekonomi ubi ungu

Manfaat Ubi Ungu

Ubi ungu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi penting. Berikut adalah 10 aspek penting terkait manfaat ubi ungu:

  • Kaya serat
  • Sumber vitamin A
  • Mengandung vitamin C
  • Mengandung antioksidan
  • Melancarkan pencernaan
  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mencegah penyakit kronis
  • Mudah diolah
  • Nilai ekonomi tinggi

Kandungan serat yang tinggi pada ubi ungu membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Vitamin A pada ubi ungu bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Vitamin C pada ubi ungu bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi. Antioksidan pada ubi ungu bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Ubi ungu juga mudah diolah menjadi berbagai macam makanan, sehingga dapat dikonsumsi oleh semua orang. Selain itu, ubi ungu juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi, sehingga banyak petani yang membudidayakan ubi ungu untuk dijual.

Kaya serat

Kandungan serat yang tinggi pada ubi ungu merupakan salah satu manfaat penting yang perlu diketahui. Serat memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

  • Melancarkan pencernaan

    Serat membantu melancarkan pencernaan dengan menyerap air dan membentuk feses yang lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Hal ini dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

  • Mencegah wasir

    Serat juga dapat membantu mencegah wasir dengan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus. Hal ini karena serat membantu feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan, sehingga tidak perlu mengejan terlalu keras saat buang air besar.

  • Menurunkan kadar kolesterol

    Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mengikat kolesterol di usus dan mencegahnya diserap ke dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Mengontrol kadar gula darah

    Serat juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan gula ke dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah setelah makan dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Dengan kandungan seratnya yang tinggi, ubi ungu dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

Sumber vitamin A

Ubi ungu merupakan sumber vitamin A yang baik. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat vitamin A yang terdapat dalam ubi ungu:

  • Menjaga kesehatan mata

    Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A membantu pembentukan rhodopsin, pigmen yang terdapat pada sel-sel retina mata. Rhodopsin memungkinkan kita melihat dalam kondisi cahaya redup.

  • Menjaga kesehatan kulit

    Vitamin A juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mencegah infeksi kulit.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Vitamin A juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A membantu produksi sel-sel darah putih yang melawan infeksi.

  • Mencegah penyakit kronis

    Vitamin A juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Dengan kandungan vitamin A yang tinggi, ubi ungu dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh.

Mengandung vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam ubi ungu. Vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

    Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih yang melawan infeksi.

  • Mencegah penyakit kronis

    Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

  • Menjaga kesehatan kulit

    Vitamin C membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mencegah infeksi kulit.

  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

    Vitamin C membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, ubi ungu dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit kronis, menjaga kesehatan kulit, dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Mengandung antioksidan

Kandungan antioksidan merupakan salah satu manfaat penting dari ubi ungu. Antioksidan adalah senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat merusak sel-sel, DNA, dan protein dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Ubi ungu mengandung berbagai jenis antioksidan, seperti antosianin, beta-karoten, dan vitamin C. Antosianin adalah pigmen yang memberi warna ungu pada ubi ungu. Antosianin memiliki sifat antioksidan yang kuat dan telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Mengonsumsi ubi ungu secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Melancarkan pencernaan

Salah satu manfaat penting dari ubi ungu adalah kemampuannya untuk melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan ubi ungu mengandung serat yang tinggi, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan.

  • Memperlancar buang air besar

    Serat dalam ubi ungu membantu memperlancar buang air besar dengan menyerap air dan membentuk tinja yang lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Hal ini dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

  • Mencegah wasir

    Serat dalam ubi ungu juga dapat membantu mencegah wasir dengan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus. Hal ini karena serat membantu tinja menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan, sehingga tidak perlu mengejan terlalu keras saat buang air besar.

  • Menurunkan kadar kolesterol

    Serat dalam ubi ungu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mengikat kolesterol di usus dan mencegahnya diserap ke dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Mengontrol kadar gula darah

    Serat dalam ubi ungu juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan gula ke dalam tubuh. Hal ini dapat membantu mencegah lonjakan kadar gula darah setelah makan dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Dengan kandungan seratnya yang tinggi, ubi ungu dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

Menjaga kesehatan mata

Ubi ungu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan ubi ungu mengandung vitamin A yang tinggi, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

  • Memelihara kesehatan kornea

    Vitamin A berperan penting dalam menjaga kesehatan kornea, yaitu lapisan bening di bagian depan mata. Vitamin A membantu menjaga kornea tetap lembap dan mencegah infeksi.

  • Mencegah rabun senja

    Vitamin A juga membantu mencegah rabun senja, yaitu kesulitan melihat dalam kondisi cahaya redup. Hal ini karena vitamin A membantu pembentukan rhodopsin, pigmen yang terdapat pada sel-sel retina mata yang berperan dalam penglihatan dalam kondisi cahaya redup.

  • Mengurangi risiko degenerasi makula

    Vitamin A juga dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, yaitu penyakit mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan pada orang dewasa. Hal ini karena vitamin A memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel retina dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Meningkatkan produksi air mata

    Vitamin A juga dapat membantu meningkatkan produksi air mata, yang penting untuk menjaga kelembapan mata dan mencegah mata kering.

Dengan kandungan vitamin A yang tinggi, ubi ungu dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai masalah mata.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Ubi ungu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan ubi ungu mengandung vitamin C yang tinggi, yang berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Sel darah putih berfungsi untuk melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Dengan mengonsumsi ubi ungu secara teratur, dapat membantu meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu melawan infeksi dan penyakit. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan mencegah berbagai masalah kesehatan.

Mencegah penyakit kronis

Ubi ungu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah mencegah penyakit kronis. Hal ini dikarenakan ubi ungu mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin C, dan antioksidan, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit kronis.

Penyakit kronis adalah penyakit yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan dapat menyebabkan kecacatan atau kematian. Beberapa contoh penyakit kronis adalah penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes. Penyakit-penyakit ini seringkali disebabkan oleh faktor-faktor seperti pola makan yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik, dan merokok.

Ubi ungu dapat membantu mencegah penyakit kronis karena mengandung nutrisi yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi peradangan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh, sedangkan peradangan adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau infeksi yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan jika berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Dengan mengonsumsi ubi ungu secara teratur, dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mudah diolah

Ubi ungu memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mudah diolah. Hal ini membuat ubi ungu menjadi pilihan makanan yang praktis dan sehat. Ubi ungu dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti direbus, dikukus, digoreng, atau dihaluskan menjadi puree. Selain itu, ubi ungu juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat kue, roti, dan makanan lainnya.

Kemudahan pengolahan ubi ungu menjadikannya makanan yang dapat dikonsumsi oleh semua orang. Ubi ungu dapat dijadikan sebagai makanan pokok, makanan pendamping, atau camilan sehat. Ubi ungu juga dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, sehingga tidak mudah bosan saat mengonsumsinya.

Kemudahan pengolahan ubi ungu menjadikannya makanan yang sangat bermanfaat. Ubi ungu dapat menjadi pilihan makanan sehat yang praktis dan dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan.

Nilai ekonomi tinggi

Nilai ekonomi ubi ungu tinggi karena memiliki banyak manfaat dan mudah diolah. Hal ini membuat ubi ungu menjadi komoditas yang banyak dicari oleh masyarakat, sehingga harganya relatif tinggi dan menguntungkan bagi petani yang membudidayakannya.

  • Meningkatkan pendapatan petani

    Budidaya ubi ungu dapat meningkatkan pendapatan petani karena harganya yang relatif tinggi dan permintaan pasar yang cukup tinggi. Petani dapat menjual ubi ungu dalam bentuk segar maupun olahan, seperti keripik ubi ungu, tepung ubi ungu, dan kue ubi ungu.

  • Menciptakan lapangan kerja

    Budidaya dan pengolahan ubi ungu dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Petani membutuhkan tenaga kerja untuk menanam, memanen, dan mengolah ubi ungu. Selain itu, industri pengolahan ubi ungu juga membutuhkan tenaga kerja untuk memproduksi berbagai produk olahan ubi ungu.

  • Meningkatkan perekonomian daerah

    Budidaya dan pengolahan ubi ungu dapat meningkatkan perekonomian daerah karena dapat meningkatkan pendapatan petani dan menciptakan lapangan kerja. Hal ini dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

  • Mendukung ketahanan pangan

    Ubi ungu merupakan sumber pangan yang penting bagi masyarakat. Ubi ungu dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Selain itu, ubi ungu juga dapat disimpan dalam waktu yang lama, sehingga dapat menjadi cadangan pangan saat terjadi bencana atau krisis pangan.

Dengan demikian, nilai ekonomi ubi ungu yang tinggi memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, mulai dari meningkatkan pendapatan petani, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan perekonomian daerah, hingga mendukung ketahanan pangan.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat ubi ungu telah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah dan studi kasus. Salah satu penelitian yang terkenal adalah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard yang menunjukkan bahwa konsumsi ubi ungu dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 100.000 orang dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi ubi ungu secara teratur memiliki risiko 23% lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi ubi ungu.

Studi kasus lainnya yang menunjukkan manfaat ubi ungu adalah studi kasus yang dilakukan oleh Universitas Indonesia. Studi tersebut melibatkan pasien diabetes tipe 2 yang mengonsumsi ubi ungu setiap hari selama 12 minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi ubi ungu dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada pasien diabetes tipe 2.

Meskipun terdapat bukti ilmiah yang mendukung manfaat ubi ungu, masih ada beberapa perdebatan mengenai cara terbaik mengonsumsi ubi ungu untuk mendapatkan manfaat maksimalnya. Beberapa ahli menyarankan untuk mengonsumsi ubi ungu dengan kulitnya, karena kulit ubi ungu mengandung banyak serat dan antioksidan. Namun, ada juga ahli yang menyarankan untuk mengupas ubi ungu sebelum dikonsumsi, karena kulit ubi ungu dapat mengandung pestisida atau bahan kimia lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari ubi ungu, disarankan untuk mengonsumsi ubi ungu secara teratur dan dalam jumlah yang cukup. Ubi ungu dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti direbus, dikukus, digoreng, atau dihaluskan menjadi puree. Ubi ungu juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat kue, roti, dan makanan lainnya.

Dengan mengonsumsi ubi ungu secara teratur, dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit kronis.

Manfaat Ubi Ungu

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan mengenai manfaat ubi ungu:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat ubi ungu bagi kesehatan?

Ubi ungu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit kronis, dan mudah diolah.

Pertanyaan 2: Apakah ubi ungu bisa dikonsumsi setiap hari?

Ya, ubi ungu dapat dikonsumsi setiap hari dalam jumlah yang wajar. Konsumsi ubi ungu secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit kronis.

Pertanyaan 3: Apakah ubi ungu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes?

Ya, ubi ungu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Ubi ungu memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara drastis.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara terbaik mengolah ubi ungu?

Ubi ungu dapat diolah dengan berbagai cara, seperti direbus, dikukus, digoreng, atau dihaluskan menjadi puree. Ubi ungu juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat kue, roti, dan makanan lainnya.

Pertanyaan 5: Apakah ubi ungu bisa disimpan dalam waktu lama?

Ya, ubi ungu dapat disimpan dalam waktu lama. Ubi ungu dapat disimpan pada suhu ruang selama sekitar 2 minggu atau di lemari es selama sekitar 1 bulan.

Pertanyaan 6: Apa saja nilai ekonomi ubi ungu?

Nilai ekonomi ubi ungu tinggi karena memiliki banyak manfaat dan mudah diolah. Budidaya ubi ungu dapat meningkatkan pendapatan petani, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan perekonomian daerah, dan mendukung ketahanan pangan.

Dengan mengonsumsi ubi ungu secara teratur, dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit kronis.

Baca Artikel Berikutnya: Cara Mengolah Ubi Ungu untuk Mendapatkan Manfaat Maksimal

Tips Memanfaatkan Ubi Ungu

Ubi ungu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari melancarkan pencernaan hingga mencegah penyakit kronis. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari ubi ungu, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan:

Tip 1: Konsumsi Ubi Ungu Secara Teratur
Konsumsi ubi ungu secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit kronis. Ubi ungu dapat dikonsumsi dalam berbagai cara, seperti direbus, dikukus, digoreng, atau dihaluskan menjadi puree.

Tip 2: Konsumsi Ubi Ungu dengan Kulitnya
Kulit ubi ungu mengandung banyak serat dan antioksidan, sehingga disarankan untuk mengonsumsi ubi ungu dengan kulitnya. Namun, pastikan untuk mencuci bersih ubi ungu sebelum dikonsumsi.

Tip 3: Pilih Ubi Ungu yang Segar
Pilih ubi ungu yang segar dan tidak memiliki bintik-bintik atau memar. Ubi ungu yang segar akan memberikan manfaat kesehatan yang lebih optimal.

Tip 4: Variasikan Cara Mengolah Ubi Ungu
Untuk menghindari kebosanan, variasikan cara mengolah ubi ungu. Ubi ungu dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti direbus, dikukus, digoreng, atau dihaluskan menjadi puree. Ubi ungu juga dapat dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat kue, roti, dan makanan lainnya.

Tip 5: Kombinasikan Ubi Ungu dengan Makanan Sehat Lainnya
Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih optimal, kombinasikan ubi ungu dengan makanan sehat lainnya, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Dengan mengikuti tips di atas, dapat memaksimalkan manfaat ubi ungu bagi kesehatan tubuh.

Baca Artikel Berikutnya: Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan

Kesimpulan

Ubi ungu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit kronis, hingga mudah diolah. Ubi ungu juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena dapat meningkatkan pendapatan petani, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan perekonomian daerah, dan mendukung ketahanan pangan.

Dengan mengonsumsi ubi ungu secara teratur dan dalam jumlah yang cukup, dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit kronis. Ubi ungu dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, sehingga tidak mudah bosan saat mengonsumsinya. Selain itu, ubi ungu juga dapat dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih optimal.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9pIjA1iOCF

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/9UfsVCMro

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://shope.ee/6060b7kLEB

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru