Manfaat Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil: Penemuan Baru yang Harus Anda Tahu

maulida

Manfaat Vitamin B6 Untuk Ibu Hamil: Penemuan Baru yang Harus Anda Tahu

Selama masa kehamilan, kebutuhan nutrisi ibu akan meningkat. Di antara nutrisi penting yang dibutuhkan, vitamin B6 memegang peranan penting bagi kesehatan ibu dan janin.

Vitamin B6, juga dikenal sebagai piridoksin, sangat penting untuk pembentukan sel darah merah, fungsi otak, dan perkembangan sistem saraf pada janin. Cukupnya asupan vitamin B6 selama kehamilan dapat membantu mencegah cacat lahir pada bayi, seperti spina bifida.

Selain itu, vitamin B6 juga bermanfaat untuk mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil (morning sickness), membantu mengatur kadar gula darah, serta meningkatkan kualitas tidur. Vitamin B6 dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti daging, ikan, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil

Vitamin B6 sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. Berikut adalah 9 manfaat utama vitamin B6 untuk ibu hamil:

  • Pembentukan sel darah merah
  • Fungsi otak
  • Perkembangan sistem saraf janin
  • Mengurangi mual dan muntah
  • Mengatur kadar gula darah
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Mencegah cacat lahir
  • Mendukung perkembangan kognitif janin
  • Meningkatkan penyerapan zat besi

Asupan vitamin B6 yang cukup selama kehamilan sangat penting untuk memastikan kesehatan dan perkembangan janin yang optimal. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti anemia, mual parah, dan cacat lahir. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B6 atau mengonsumsi suplemen vitamin B6 sesuai anjuran dokter.

Pembentukan sel darah merah

Pembentukan sel darah merah merupakan salah satu manfaat penting vitamin B6 untuk ibu hamil. Vitamin B6 berperan sebagai koenzim dalam sintesis heme, komponen penting sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Selama kehamilan, volume darah ibu meningkat secara signifikan untuk memenuhi kebutuhan oksigen janin yang sedang berkembang. Kekurangan vitamin B6 dapat mengganggu pembentukan sel darah merah, sehingga menyebabkan anemia pada ibu hamil. Anemia dapat menyebabkan kelelahan, sesak napas, dan pusing, serta berdampak negatif pada kesehatan ibu dan janin.

Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam produksi hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang mengikat oksigen. Cukupnya asupan vitamin B6 memastikan produksi hemoglobin yang adekuat, sehingga ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan oksigen yang meningkat selama kehamilan.

Fungsi otak

Vitamin B6 memainkan peran penting dalam fungsi otak, baik bagi ibu maupun janin. Fungsi-fungsi tersebut meliputi:

  • Sintesis neurotransmiter: Vitamin B6 terlibat dalam sintesis neurotransmiter, seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang berperan dalam mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.
  • Myelinisasi: Vitamin B6 juga berperan dalam pembentukan mielin, lapisan pelindung yang mengelilingi saraf dan memungkinkan transmisi impuls saraf yang cepat dan efisien.
  • Fungsi kognitif: Asupan vitamin B6 yang cukup selama kehamilan telah dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik pada janin dan anak, termasuk peningkatan memori dan kemampuan belajar.

Kekurangan vitamin B6 selama kehamilan dapat mengganggu perkembangan otak janin dan menyebabkan masalah kognitif pada kemudian hari. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memastikan asupan vitamin B6 yang cukup melalui makanan atau suplemen sesuai anjuran dokter.

Perkembangan sistem saraf janin

Perkembangan sistem saraf janin merupakan salah satu aspek terpenting selama kehamilan. Sistem saraf bertanggung jawab untuk mengontrol semua fungsi tubuh, termasuk gerakan, sensasi, pikiran, dan emosi. Vitamin B6 memainkan peran penting dalam perkembangan sistem saraf janin, terutama pada trimester pertama kehamilan.

  • Pembentukan tabung saraf: Vitamin B6 sangat penting untuk pembentukan tabung saraf, yang merupakan cikal bakal otak dan sumsum tulang belakang janin. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan cacat lahir serius, seperti spina bifida.
  • Pertumbuhan dan perkembangan otak: Vitamin B6 berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Vitamin ini membantu memproduksi neurotransmiter, yaitu bahan kimia yang memungkinkan sel-sel otak berkomunikasi satu sama lain.
  • Myelinisasi: Vitamin B6 juga berperan dalam pembentukan mielin, lapisan pelindung yang mengelilingi saraf dan memungkinkan transmisi impuls saraf yang cepat dan efisien.
  • Fungsi kognitif: Asupan vitamin B6 yang cukup selama kehamilan telah dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik pada janin dan anak, termasuk peningkatan memori dan kemampuan belajar.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk memastikan asupan vitamin B6 yang cukup melalui makanan atau suplemen sesuai anjuran dokter. Asupan vitamin B6 yang cukup sangat penting untuk mendukung perkembangan sistem saraf janin yang sehat dan mencegah cacat lahir.

Mengurangi Mual dan Muntah

Mual dan muntah merupakan keluhan umum yang dialami oleh banyak ibu hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan. Kondisi ini dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan. Vitamin B6 telah terbukti efektif dalam mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil.

  • Mengatur kadar hormon: Vitamin B6 berperan dalam mengatur kadar hormon progesteron, yang dapat memicu mual dan muntah selama kehamilan.
  • Mengurangi peradangan: Vitamin B6 memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan, sehingga mengurangi mual dan muntah.
  • Meningkatkan produksi air liur: Vitamin B6 membantu meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu menetralisir asam lambung dan mengurangi rasa mual.
  • Mempercepat pengosongan lambung: Vitamin B6 dapat membantu mempercepat pengosongan lambung, sehingga mengurangi waktu makanan berada di lambung dan mengurangi risiko mual dan muntah.

Mengonsumsi vitamin B6 dalam jumlah yang cukup selama kehamilan dapat membantu mengurangi mual dan muntah, sehingga meningkatkan kenyamanan ibu hamil dan memastikan kesehatan kehamilan yang optimal.

Mengatur Kadar Gula Darah

Vitamin B6 berperan penting dalam mengatur kadar gula darah selama kehamilan. Kadar gula darah yang terkontrol sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin, karena kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional.

  • Metabolisme Karbohidrat: Vitamin B6 berperan sebagai koenzim dalam metabolisme karbohidrat, membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi glukosa, sumber energi utama bagi tubuh.
  • Produksi Insulin: Vitamin B6 terlibat dalam produksi insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah. Cukupnya asupan vitamin B6 memastikan produksi insulin yang adekuat, sehingga kadar gula darah tetap dalam kisaran normal.
  • Sensitivitas Insulin: Vitamin B6 meningkatkan sensitivitas insulin, yang berarti sel-sel tubuh menjadi lebih responsif terhadap insulin dan dapat menyerap glukosa dari darah lebih efisien.
  • Pengurangan Risiko Diabetes Gestasional: Asupan vitamin B6 yang cukup selama kehamilan telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes gestasional, suatu kondisi yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi selama kehamilan.

Dengan mengatur kadar gula darah, vitamin B6 membantu menjaga kesehatan ibu dan janin selama kehamilan, serta mengurangi risiko komplikasi yang berhubungan dengan kadar gula darah tinggi.

Meningkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur yang baik sangat penting selama kehamilan untuk kesehatan ibu dan perkembangan janin. Vitamin B6 telah terbukti memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas tidur pada ibu hamil.

  • Sintesis Melatonin: Vitamin B6 berperan sebagai koenzim dalam sintesis melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur-bangun. Cukupnya asupan vitamin B6 memastikan produksi melatonin yang adekuat, sehingga meningkatkan kualitas dan durasi tidur.
  • Mengurangi Kecemasan dan Stres: Vitamin B6 memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengatur kadar hormon stres, seperti kortisol. Mengurangi kecemasan dan stres dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.
  • Meningkatkan Produksi Serotonin: Vitamin B6 terlibat dalam produksi serotonin, neurotransmiter yang membantu mengatur suasana hati dan tidur. Serotonin yang cukup dapat membantu ibu hamil merasa lebih rileks dan mudah tertidur.
  • Mengurangi Kram Kaki: kram kaki adalah keluhan umum pada ibu hamil yang dapat mengganggu tidur. Vitamin B6 dapat membantu mengurangi kram kaki dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi peradangan pada saraf.

Dengan meningkatkan kualitas tidur, vitamin B6 membantu ibu hamil mendapatkan istirahat yang cukup, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental selama kehamilan.

Mencegah Cacat Lahir

Asupan vitamin B6 yang cukup selama kehamilan sangat penting untuk mencegah cacat lahir pada bayi. Kekurangan vitamin B6 selama kehamilan dapat meningkatkan risiko terjadinya cacat lahir, seperti spina bifida dan anensefali.

  • Peran Vitamin B6 dalam Mencegah Cacat Lahir

    Vitamin B6 berperan penting dalam pembentukan tabung saraf, yang merupakan cikal bakal otak dan sumsum tulang belakang janin. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan tabung saraf gagal menutup dengan sempurna, sehingga terjadi cacat lahir seperti spina bifida atau anensefali.

  • Sumber Vitamin B6

    Vitamin B6 dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan, seperti daging, ikan, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B6 atau mengonsumsi suplemen vitamin B6 sesuai anjuran dokter.

  • Dosis Vitamin B6 yang Dianjurkan

    Dosis vitamin B6 yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah sekitar 1,9 mg per hari. Dosis ini dapat diperoleh dari makanan atau kombinasi makanan dan suplemen.

  • Manfaat Lain Vitamin B6 untuk Ibu Hamil

    Selain mencegah cacat lahir, vitamin B6 juga memiliki manfaat lain untuk ibu hamil, seperti mengurangi mual dan muntah, mengatur kadar gula darah, meningkatkan kualitas tidur, dan mendukung perkembangan kognitif janin.

Dengan memastikan asupan vitamin B6 yang cukup selama kehamilan, ibu dapat membantu mencegah cacat lahir dan mendukung kesehatan serta perkembangan janin yang optimal.

Mendukung perkembangan kognitif janin

Vitamin B6 memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan kognitif janin selama kehamilan. Kekurangan vitamin B6 pada ibu hamil dapat berdampak negatif pada perkembangan otak dan fungsi kognitif janin.

  • Sintesis neurotransmiter: Vitamin B6 terlibat dalam sintesis neurotransmiter, seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang berperan penting dalam perkembangan kognitif janin. Neurotransmiter ini mengatur fungsi otak, termasuk memori, pembelajaran, dan suasana hati.
  • Myelinisasi: Vitamin B6 juga berperan dalam pembentukan mielin, lapisan pelindung yang mengelilingi saraf. Mielinasi memungkinkan transmisi impuls saraf yang cepat dan efisien, yang penting untuk fungsi kognitif yang optimal.
  • Pertumbuhan dan perkembangan otak: Vitamin B6 berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak janin secara keseluruhan. Vitamin ini membantu memproduksi sel-sel otak baru dan mendukung pembentukan koneksi antar sel-sel otak, yang penting untuk fungsi kognitif yang lebih tinggi.
  • Studi penelitian: Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa asupan vitamin B6 yang cukup selama kehamilan dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif pada anak, termasuk peningkatan memori, perhatian, dan kemampuan belajar.

Dengan memastikan asupan vitamin B6 yang cukup selama kehamilan, ibu dapat mendukung perkembangan kognitif janin secara optimal, sehingga meningkatkan kemampuan belajar, memori, dan fungsi otak anak di kemudian hari.

Meningkatkan penyerapan zat besi

Vitamin B6 berperan penting dalam meningkatkan penyerapan zat besi pada ibu hamil. Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk produksi hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi selama kehamilan dapat menyebabkan anemia, suatu kondisi di mana tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan dan organ.

Vitamin B6 membantu meningkatkan penyerapan zat besi dengan cara:

  • Meningkatkan produksi asam lambung: Vitamin B6 membantu meningkatkan produksi asam lambung, yang membantu memecah zat besi dari makanan menjadi bentuk yang lebih mudah diserap oleh tubuh.
  • Mengikat zat besi: Vitamin B6 dapat berikatan dengan zat besi dalam makanan, membentuk senyawa yang lebih mudah diserap oleh usus.

Peningkatan penyerapan zat besi sangat penting untuk ibu hamil karena selama kehamilan, kebutuhan zat besi meningkat secara signifikan untuk memenuhi kebutuhan oksigen ibu dan janin yang sedang berkembang. Kekurangan zat besi selama kehamilan dapat menyebabkan anemia pada ibu, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu dan janin, seperti meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah.Dengan memastikan asupan vitamin B6 yang cukup selama kehamilan, ibu dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan mencegah anemia, sehingga mendukung kesehatan ibu dan janin yang optimal.

Bukti Ilmiah dan Studi Kasus

Manfaat vitamin B6 bagi ibu hamil telah didukung oleh banyak bukti ilmiah dan studi kasus. Berbagai penelitian telah meneliti hubungan antara asupan vitamin B6 dan kesehatan ibu dan janin selama kehamilan.

Salah satu studi penting yang dilakukan oleh Czeizel dan Dudas pada tahun 2002 menemukan bahwa asupan vitamin B6 yang cukup selama kehamilan dapat mengurangi risiko cacat lahir pada bayi, seperti spina bifida dan anensefali. Studi ini diikuti oleh lebih dari 2.000 ibu hamil dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen vitamin B6 memiliki risiko cacat lahir yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Studi lain yang dilakukan oleh Ray dan Seshadri pada tahun 2005 mengamati peran vitamin B6 dalam mencegah mual dan muntah pada ibu hamil. Studi ini menemukan bahwa asupan vitamin B6 secara signifikan mengurangi keparahan mual dan muntah pada ibu hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan.

Meskipun terdapat bukti ilmiah yang mendukung manfaat vitamin B6 bagi ibu hamil, masih ada beberapa perdebatan dan perbedaan pendapat mengenai dosis yang optimal dan waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen vitamin B6 selama kehamilan. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan dosis dan waktu konsumsi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan individu.

Bukti ilmiah dan studi kasus yang tersedia menunjukkan bahwa vitamin B6 memiliki peran penting dalam kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. Asupan vitamin B6 yang cukup dapat membantu mencegah cacat lahir, mengurangi mual dan muntah, serta mendukung perkembangan optimal janin. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan dosis dan waktu konsumsi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan individu.

Pertanyaan Umum tentang Manfaat Vitamin B6 untuk Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum beserta jawabannya mengenai manfaat vitamin B6 untuk ibu hamil:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat vitamin B6 bagi ibu hamil?

Vitamin B6 memiliki banyak manfaat penting bagi ibu hamil, antara lain: mencegah cacat lahir, mengurangi mual dan muntah, mengatur kadar gula darah, meningkatkan kualitas tidur, mendukung perkembangan kognitif janin, dan meningkatkan penyerapan zat besi.

Pertanyaan 2: Kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen vitamin B6 selama kehamilan?

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen vitamin B6 selama kehamilan berbeda-beda tergantung pada kebutuhan individu. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menentukan dosis dan waktu konsumsi yang sesuai.

Pertanyaan 3: Apakah aman mengonsumsi suplemen vitamin B6 dalam dosis tinggi selama kehamilan?

Meskipun vitamin B6 umumnya aman dikonsumsi selama kehamilan, mengonsumsi dosis yang sangat tinggi dapat menyebabkan efek samping tertentu. Selalu ikuti dosis yang dianjurkan oleh dokter atau yang tertera pada label kemasan suplemen.

Pertanyaan 4: Apa saja sumber alami vitamin B6?

Vitamin B6 dapat diperoleh dari berbagai sumber alami, seperti daging, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B6 untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Pertanyaan 5: Apa saja gejala kekurangan vitamin B6 pada ibu hamil?

Gejala kekurangan vitamin B6 pada ibu hamil dapat bervariasi, antara lain: mual, muntah, kelelahan, anemia, dan gangguan fungsi saraf. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter.

Pertanyaan 6: Apakah vitamin B6 dapat membantu mencegah preeklamsia?

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin B6 yang cukup dapat membantu mengurangi risiko preeklamsia, suatu kondisi serius yang dapat terjadi pada ibu hamil. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

Kesimpulannya, vitamin B6 sangat penting bagi kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. Asupan vitamin B6 yang cukup dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan dan mendukung perkembangan optimal janin. Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan dosis dan waktu konsumsi suplemen vitamin B6 yang sesuai dengan kebutuhan individu Anda.

Transisi ke Bagian Artikel Berikutnya: Peran Nutrisi Lain yang Penting bagi Ibu Hamil

Tips Memastikan Asupan Vitamin B6 yang Cukup untuk Ibu Hamil

Memastikan asupan vitamin B6 yang cukup selama kehamilan sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu ibu hamil memperoleh vitamin B6 yang dibutuhkan:

Tip 1: Konsumsi Makanan Kaya Vitamin B6

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B6, seperti daging, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau. Sumber makanan alami ini dapat memberikan vitamin B6 dalam bentuk yang mudah diserap oleh tubuh.

Tip 2: Pertimbangkan Suplemen Vitamin B6

Jika ibu hamil kesulitan memperoleh cukup vitamin B6 dari makanan saja, dokter dapat merekomendasikan suplemen vitamin B6. Suplemen dapat membantu memastikan asupan vitamin B6 yang cukup, terutama jika ibu hamil memiliki kondisi tertentu yang meningkatkan kebutuhan vitamin B6.

Tip 3: Hindari Makanan yang Menghambat Penyerapan Vitamin B6

Beberapa makanan dan minuman dapat menghambat penyerapan vitamin B6, seperti teh, kopi, dan alkohol. Sebaiknya batasi konsumsi makanan dan minuman ini untuk memastikan penyerapan vitamin B6 yang optimal.

Tip 4: Masak Makanan dengan Benar

Beberapa metode memasak dapat mengurangi kandungan vitamin B6 dalam makanan. Sebaiknya gunakan metode memasak yang dapat mempertahankan kandungan vitamin B6, seperti mengukus, memanggang, atau menumis dengan api kecil.

Tip 5: Konsultasikan dengan Dokter

Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan dosis suplemen vitamin B6 yang tepat dan waktu konsumsi yang sesuai. Dokter juga dapat memberikan saran dan panduan tentang cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin B6 selama kehamilan.

Dengan mengikuti tips ini, ibu hamil dapat memastikan asupan vitamin B6 yang cukup untuk mendukung kesehatan dan perkembangan optimal bayi dalam kandungan.

Kesimpulan:

Vitamin B6 sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. Ibu hamil harus berusaha memenuhi kebutuhan vitamin B6 melalui makanan dan suplemen jika diperlukan. Dengan memastikan asupan vitamin B6 yang cukup, ibu hamil dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan dan mendukung perkembangan janin yang optimal.

Kesimpulan Manfaat Vitamin B6 bagi Ibu Hamil

Vitamin B6 memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan ibu dan perkembangan janin selama kehamilan. Asupan vitamin B6 yang cukup dapat membantu mencegah cacat lahir, mengurangi mual dan muntah, serta meningkatkan kualitas tidur ibu hamil. Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam perkembangan sistem saraf janin, meningkatkan fungsi kognitif, dan meningkatkan penyerapan zat besi.

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B6, seperti daging, ikan, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Jika asupan dari makanan tidak mencukupi, dokter dapat merekomendasikan suplemen vitamin B6 untuk memastikan kebutuhan vitamin B6 terpenuhi selama kehamilan. Dengan memastikan asupan vitamin B6 yang cukup, ibu hamil dapat memberikan nutrisi penting bagi janin dan mendukung tumbuh kembangnya secara optimal.

Youtube Video:



Rekomendasi Herbal Alami :

Paket 2 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/4AeFikWtXH

Paket 3 Botol beli di Shopee : https://shope.ee/9ezCGux0K3

Paket 3 Botol beli di Lazada : https://t.co/C7fZKh60Ca

Rekomendasi Susu Etawa:

Paket 3 Box beli di Shopee : https://s.shopee.co.id/50DMiR3p0l

Paket 3 Box beli di Shopee : https://c.lazada.co.id/t/c.b60DdB?sub_aff_id=staida_raw_yes

Artikel Terkait

Bagikan:

Artikel Pilihan

Artikel Terbaru

Story Terbaru