Menteri Agama Buka Acara PWN PTK ke-XV Secara Resmi di Palembang

Photo : Humas IAIN Bukittinggi

Palembang. Kamis, 11 November 2021. Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) ke – XV di Jakabaring Sport City Palembang, resmi dibuka oleh Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas pada Kamis 11/11/2021.

Turut hadir pada Opening Ceremony kegiatan PWN PTK 2021 yang mengusung tema “Konsisten dalam Moderasi Beragama, Berkarya untuk Bangsa”, Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Mawardi Yahya. Sekjen Kemenag, Dirjen Pendis dan Para Rektor PTKN se – Indonesia. Kegiatan PWN PTK ini diikuti oleh 1.176 peserta dengan rincian peserta luring sebanyak 444 orang, peserta daring sebanyak 558 orang, Pembina Pendamping sebanyak 116 orang dan Pimpinan Kontingen sebanyak 58 orang.

Dalam pidato pembukaannya, Yaqut Cholil Qoumas berharap dengan adanya kegiatan Pramuka ini, nilai – nilai kepramukaan seperti semangat kebangsaan, gotong royong, perjuangan hidup, keberanian dan kepekaan sosial harus mampu ditansformasikan ke dalam perilaku mahasiswa sehari-hari. Misi memperteguh semangat kebangsaan salah satunya tercermin pada komitmen mempertahankan NKRI dan Pancasila harus diletakkan bersama-sama dengan penciptaan suasana keagamaan yang moderat. “Kembali lagi kepada prinsip Bhinneka Tunggal Ika, kita harus siap menanamkan di dalam diri dengan tidak mempermasalahkan soal perbedaan agama, ras, suku dan antar golongan, bisa hidup berdampingan dengan damai tanpa adanya gesekan – gesekan”.

Penyelenggaraan PWN PTK 2021 ini yang awalnya digelar setiap dua tahun sekali terpaksa harus diundur mengingat kasus corona di Indonesia mulai menyeruak sejak tahun 2020. “Ini pertama kalinya kita menggelar acara yang cukup besar dengan banyak peserta semenjak kemunculan virus covid-19, berbagai upaya untuk mengontrol dan meminimalisir penyebaran adalah dengan menciptakan Aplikasi Khusus peserta PWN PTK 2021. Aplikasi ini dapat memantau pergerakan peserta dan sebagai pusat control serta pelaporan Kesehatan dan kegiatan peserta di arena bumi perkemahan Jakabaring Sport City”. Berbagai Prokes Kesehatan ketat lainnya juga tetap berjalan dan menjadi syarat mutlak untuk memasuki arena perkemahan dengan melampirkan bukti surat kesehatan dan swab antigen dengan hasil negatif bagi semua peserta dan pendamping yang datang.

Pada kesempatan ini salah satu perwakilan Racana Kontingen IAIN Bukittinggi juga diamanahkan sebagai pembaca teks Pancasila pada acara Opening Ceremony. Turut hadir perwakilan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yang menyerahkan penghargaan sebagai kegiatan mahasiswa dengan rekor terbanyak yang mengirimkan Pantun Moderasi yaitu sebanyak 25.000 pantun. (Humas IAIN Bukittinggi)