Panlok IAIN Bukittinggi Gelar Simulasi SSE UM-PTKIN 2022

Photo : Humas IAIN Bukittinggi

Bukittinggi. Rabu, 8 Juni 2022. Tim Panitia Lokal (Panlok) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi menggelar ujicoba pelaksanaan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UM-PTKIN tahun 2022. Bertempat di Gedung Laboratorium Terpadu, simulasi ini akan digelar sampai pelaksanaan sesi 7 tanggal 9 Juni 2022. Sebagaimana diketahui, saat ini proses seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru lewat jalur UM-PTKIN sudah memasuki tahapan persiapan ujian. Sistem Seleksi Elektronik (SSE) dilakukan secara online (daring) dari rumah peserta masing-masing.

Dok : Simulasi SSE UM-PTKIN oleh Panlok IAIN Bukittinggi

Tahap Ujicoba Simulasi SSE ini menjadi tahapan yang krusial demi mempersiapkan situasi yang kondusif, baik secara teknis pelaksanaan, maupun kesiapan Tim Pengawas untuk menyambut SSE yang akan digelar serentak pada tanggal 14 s.d 17 Juni 2022 nanti. Termasuk kesiapan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menunjang pelaksaan ujian. Proses Ujicoba Simulasi ini merupakan tahap antisipasi bagi Panitia Lokal (Panlok) untuk meminimalisir segala kesalahan teknis dan gangguan yang akan dihadapi pada saat ujian SSE UM-PTKIN yang sebenarnya berlangsung.

Sistem Seleksi Elektronik (SSE) di tahun 2022 ini mengalami peningkatan yang signifikan dan lebih canggih dibandingkan SSE tahun lalu. Pengembangan fitur – fitur baru seperti adanya fitur deteksi suara untuk mendeteksi percakapan yang dilakukan oleh peserta. Dengan adanya fitur baru tersebut, diharapkan kecurangan – kecurangan yang terjadi dalam pelaksanaan ujian dapat lebih mudah terdeteksi. Sehingga proses seleksi menjadi lebih akurat untuk menjaring calon – calon mahasiswa yang berkualitas demi kemajuan PTKIN di Indonesia. (*Humas IAIN Bukittinggi)