Pererat Silaturahmi Civitas Akademika, IAIN Bukittinggi Gelar Halal bi Halal

Photo : Humas IAIN Bukittinggi

Bukittinggi. Selasa, 10 Mei 2022. Hari Raya Idul Fitri menjadi momentum bagi Umat Islam seluruh dunia untuk memperkuat silaturahmi antar sesama. Tidak hanya Habluminallah yang harus dipertebal, Hablumminannas juga harus senantiasa diperkuat demi keseimbangan hidup di alam semesta ini.

Acara Halal Bi Halal menjadi tradisi yang rutin digelar setelah Hari Raya Idul Fitri. Moment yang sifatnya tahunan ini menjadi ajang untuk saling memaafkan atas salah dan khilaf antara kerabat dan rekan kerja. Tak terkecuali bagi Civitas Akademika IAIN Bukittinggi. Acara Halal Bi Halal dilaksanakan di Auditorium Student Centre dimulai pukul 08.00 WIB.

Halal Bi Halal Keluarga Besar IAIN Bukittinggi dihadiri oleh seluruh Unsur Pejabat dan Pelaksana, mulai dari Rektor, Jajaran Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Jajaran Dekan dan Wakil Dekan masing-masing Fakultas, Direktur Pascasarjana, Kepala Unit dan Lembaga, Kabag dan Kasubag, seluruh Dosen, Pegawai dan Tenaga Harian IAIN Bukittinggi. Kehadiran Para Sesepuh yang “didahulukan salangkah, ditinggikan sarantiang” turut membuat Perayaan Halal Bi Halal ini menjadi spesial.

Photo : Humas IAIN Bukittinggi

Acara dibuka dengan Pembacaan Kalam Al-Qur’an yang dilantunkan dengan sangat indah oleh Afrizal, S.Ag., M.A. Dilanjutkan dengan pembacaan Doa oleh Hamdani, Lc., M.A. Banyak harapan-harapan yang dilangitkan demi keberlangsungan dan perkembangan pesat IAIN Bukittinggi ke depannya. Acara dilanjutkan dengan Kajian Halal Bi Halal oleh Dr. H. Arman Husni, M.A.

Sejarah Perkembangan IAIN Bukittinggi mulai awal berdiri turut dijabarkan oleh Sesepuh yang sangat dihargai, Drs. H. Bachtiar Tanjung. Sepak terjang beliau di IAIN Bukittinggi tidak bisa dilewatkan begitu saja. Sekelumit kisah mengalir melalui cerita di hadapan para hadirin. Banyak yang harus diteladani dan dipertahankan dari tokoh – tokoh yang lebih dulu ada demi peningkatan IAIN Bukittinggi di masa yang akan datang. Diamini Rektor Dr. Ridha Ahida, M.Hum, “Segala sesuatu yang baik harus bisa diteladani dari pendahulu – pendahulu yang telah lebih dulu mempelopori tiap perkembangan yang sudah kita rasakan sekarang”, tuturnya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan, “Kita sebagai pengemban Amanah kepercayaan masyarakat dan ujung tombak bagi generasi yang akan datang harus selalu berpartisipasi aktif demi peningkatan pesat Institusi ini. Mengingat dalam kurun waktu yang tidak lama lagi kita akan beralih status menjadi UIN”. Menutup sambutannya Rektor menyampaikan terimakasih dan ucapan mohon maaf lahir dan bathin mewakili seluruh jajaran dalam acara Halal Bi Halal tersebut. Semoga kita masih dipertemukan dalam suasana suci Halal Bi Halal di tahun berikutnya. Aamiin Ya Rabbal Alamiin. (Humas IAIN Bukittinggi)