Persentase Kelulusan PPG Meningkat, UIN Bukittinggi Kukuhkan 216 Peserta PPG Daljab

Photo : Humas UIN Bukittinggi

Bukittinggi. Kamis, 8 September 2022. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi kembali menggelar Acara Pengukuhan Kelulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan tahun 2022. Pengukuhan PPG ini mencetak rekor baru dengan peningkatan persentase kelulusan peserta sebesar 87,32 %. Diikuti oleh 114 orang secara luring dan sisanya sebanyak 102 peserta mengikuti secara daring via zoom meeting. Acara Pengukuhan ini digelar di Gedung Auditorium Student Centre Kampus II UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd (Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan) dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dan Rektor UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi yang sudah memberikan kepercayaan dan amanah yang luar biasa kepada FTIK dalam terwujudnya penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan di UIN Bukittinggi. Ucapan Selamat juga beliau sampaikan kepada Para Peserta yang jabatannya dikukuhkan pada hari ini. “Proses Pendidikan Profesi selama lebih kurang 3 bulan lamanya ini sudah sampai di tahap akhir. Pendidikan Profesi ini selain sebagai amanah undang-undang juga sebagai jawaban untuk menghadapi tantangan pendidikan ke depan. Kita membutuhkan guru yang berkualitas dan kegiatan ini adalah jawabannya untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia melalui peningkan mutu dan kualitas guru”.

Rektor Prof. Dr. Ridha Ahida, M. Hum turut menambahkan, “Perolehan kenaikan persentase kelulusan PPG ini merupakan hal yang patut dibanggakan. Kenaikan ini membuat UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dengan perolehan ranking 8 Se – Indonesia dan LPTK terbaik pertama di Luar Pulau Jawa,” tuturnya.

“Dengan tuaian prestasi ini mudah – mudahan membuat kepercayaan diri semakin tumbuh untuk mencapai target prestasi yang lebih baik lagi. Mari kita luruskan niat ikhlas Lillahi Ta’ala untuk meningkatkan kompetensi dan skill, karena Allah akan mengabulkan sesuai doa dan upaya yang telah kita lakukan,” pungkasnya.

Apresiasi juga diberikan Rektor kepada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) karena dalam prosesnya, pelaksanaan PPG selalu mengalami peningkatan yang signifikan dari waktu ke waktu. Semoga para Guru Profesional yang lulus lewat program PPG Dalam Jabatan ini mampu mengajarkan nilai-nilai luhur kepada peserta didik, dan responsive terhadap tantangan kemajuan digital di era global sekarang ini. (*Humas UIN Bukittinggi)