Rektor IAIN Bukittinggi Serahkan Piagam Penghargaan Kepada Kepala Sekolah SMA/SMK-MA Peminat terbanyak SPAN-PTKIN.

Photo: Humas IAIN Bukittinggi

Photo: Humas IAIN Bukittinggi

Bukittinggi. Kamis 11 Februari 2021. Focus Goup Discussion (FGD) penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021-2022 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi menghadirkan kepala sekolah dan Guru Bimbingan Konseling SMA/SMK dan MA. Acara ini berlangsung selama dua hari, yaitu Senin dan Selasa tanggal 8 dan 9 Februari 2021 di Gedung Serba Guna IAIN Bukittinggi. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Bukittinggi, Dr. Ridha Ahida, M.Hum. Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Wakil Rektor I IAIN Bukittinggi, Dr. Asyari, M.Si,  Wakil Rektor II IAIN Bukittinggi, Dr. Novi Hendri, M.Ag dan Kabag Umum H. Idrial, S.Pd I dan Kabag Akademik dan Kemahasiswaan Hendra Nasrul, M.Kom.

Dalam Sambutannya Rektor IAIN Bukittinggi menyampaikan harapannya kepada kepala sekolah dan guru BK yang hadir untuk menjadi corong dalam mensosialisasikan keberadaan kampus IAIN Bukittinggi kepada siswa di sekolah masing-masing. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa di IAIN Bukittinggi memiliki 28 Program Studi, 1 Program Studi DIII, yaitu Perbankan Syari’ah dan 22 Program S1 serta 5 Program Pascasarjana, yang siap untuk memfasilitasi dan mewujudkan cita-cita siswa  kita semua. Berikutnya Rektor juga menyampaikan bahwa keistimewaan IAIN Bukittinggi adalah integrasi keilmuan dan keislaman yang sesuai dengan kultur budaya bangsa kita.

Setelah acara pembukaan selesai Rektor memberikan piagam penghargaan kepada kepala sekolah sebagai peminat terbanyak yang memilih IAIN Bukittinggi dalam jalur SPAN PTKIN tahun akademik 2020-2021. Adapun kepala sekolah yang diberi piagam penghargaan tersebut adalah; untuk tingkat SMA: SMAN 1 Koto XI Tarusan, SMAN 2 Bayang dan SMAN 2 Lubuk Alung. Untuk tingkat SMK: SMKN 1 Sutera, SMKN 1 Payakumbuh dan SMKN 1 Painan dan untuk tingkat MAN: MAN 3 Padang, MAN 1 Padang dan MAN 2 Payakumbuh.

Setelah penyerahan piagam penghargaan acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Kabag Akademik dan kemahasiswaan IAIN Bukittinggi, Hendra Nasrul, M.Kom beliau menjelaskan IAIN Bukittinggi menerima mahasiswa baru melalui 4 Jalur masuk, yaitu: Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), Ujian Mandiri IAIN Bukittinggi dan Seleksi Prestasi Non Akademik. Diakhir pemaparannya kabag akama menyampaikan bahwa banyak beasiswa yang disediakan kampus untuk mahasiswanya baik mahasiswa yang berprestasi dan mahasiswa yang kurang mampu. (Humas IAIN Bukittinggi)