Sambut Pesona 2022, Perwakilan Kontingen Berharap Ukir Prestasi

Photo : PKM Dema Institut

Bukittinggi. Senin, 14 Juni 2022. Pekan Seni dan Olahraga Nasional (PESONA) I PTKN tahun 2022 tidak lama lagi akan segera digelar. Perhelatan Nasional ini merupakan transformasi dari program sebelumnya yang dikenal dengan sebutan PIONIR (Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset)  dan akan diselenggarakan pada tanggal 18 – 23 Juli 2022 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kegiatan Pesona ini sebagai ajang untuk mempererat silaturahim antar PKTN se – Indonesia dan memberikan kontribusi demi kemajuan di bidang seni dan olahraga, guna menghasilkan calon penerus bangsa yang penuh dedikasi, cerdas, cakap, kreatif dan inovatif. Tidak hanya terpaku pada kurikulum yang diajarkan di bangku perkuliahan, tetapi juga dapat terjaring dari bakat dan potensi yang dimiliki mahasiswa. Penyelenggaraan event ini baik secara Nasional maupun Internasional, merupakan wadah bagi para mahasiswa sebagai sarana untuk mengukir prestasi dan membawa nama kampusnya lebih dikenal lagi ke khalayak luas.

Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diadakan oleh Dewan Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi yang saat ini telah berubah status menjadi UIN Sjech Muhammad Djamil Djambek dibuka pada tanggal 21 Mei 2022 lalu di Aula Student Center mengundang semua Ormawa dan mahasiswa. Kegiatan PKM dibuka dengan Tari Pasambahan dari UKM SENI. Kegiatan PKM ini diselenggarakan pada 21 s.d 22 Mei 2022.

Kegiatan PKM yang dipimpin oleh ketua Panita Warman Sabri dan Koordinator SC Anisa Rahman, mengangkat tema “Mengembangkan Potensi dan Inovasi serta Memperkuat Silaturahmi Menuju IAIN Bukittinggi Berprestasi”. PKM kali ini mengambil perwakilan pemenang dari tiap fakultas.

Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini ditutup secara resmi pada hari Jumat tanggal 27 Mei 2022 oleh Wakil Rektor III Dr. Miswardi, M. Hum di Garegeh. Dalam kata sambutan penutupnya, beliau berkeinginan UIN Sjech M. Djamil Djambek dapat menorehkan prestasi di tingkat Nasional, khususnya pada Ajang Pesona yang tidak lama lagi akan digelar.

Acara penutupan diakhiri dengan pembagian piala dan sertifikat. Fakultas pemenang adalah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Sebagaimana diketahui FTIK juga telah meraih 3 kali kemenangan berturut – turut pada PKM DEMA Institut tahun – tahun sebelumnya. Presiden Mahasiswa Andy Riski Pratama juga berharap kepada Pemenang PKM yang terpilih menjadi Perwakilan Kontingen, agar dapat memaksimalkan latihan dengan sebaik-baiknya. Bukan tidak mungkin torehan prestasi akan sukses diukir jika dibarengi dengan doa dan ikhtiar yang tekun. (*Humas UIN SMDD Bukittinggi)