Sambutan Rektor IAIN Bukittinggi

Assalamualaikum wr.wb
Bismillahirrahmanirrahim
,

Syukur Alhamdulillah kita ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, dan hidayahNya kepada kita semua dalam mengelola perguruan tinggi Islam ini. Shalawat dan salam kita kirimkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan pedoman bagi kita semua.

Melalui visi Terdepan dalam Integrasi Ilmu pada 2025, IAIN Bukittinggi mengusung pandangan non-dikotomi sehingga tidak lagi menempatkan sains dan wahyu pada garis kontradiktif, namun bersifat dialogis, dan bahkan integratif-interkonektif. Paradigma keilmuan yang dianut IAIN Bukittinggi diilustrasikan dalam bentuk bola lampu yang memancarkan cahaya sebagai simbol wahyu Ilahi yang menyinari berbagai disiplin ilmu.

Secara geografis kampus ini terletak di pertengahan kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Barat dan daerah – daerah lain di luar Sumatera Barat sehingga input mahasiswa berasal dari berbagai daerah. IAIN Bukittinggi berada di daerah Bukittinggi dan Agam yang merupakan sentra Pondok Pesantren, Madrasah, SMK dan SMA berkualitas di Sumatera Barat sehingga selama dua tahun berturut- turut ( 20I8 & 2019) IAIN Bukittinggi meraih peringkat kedua sebagai peminat terbanyak untuk kategori IAIN se Indonesia. Bahkan untuk 2020 IAIN Bukittinggi meraih juara pertama sebagai peminat terbanyak untuk kategori IAIN se-Indonesia. IAIN Bukittinggi terletak di kota Bukittinggi yang terkenal dengan iconnya sebagai kota wisata dan kota Pendidikan.

IAIN Bukittinggi adalah satu-satunya satuan kerja (satker) Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU) untuk kategori IAIN yang ditetapkan berdasarkan PMK Nomor 775/KMK.05/2018. Sebagai satker BLU IAIN Bukittinggi memiliki fleksibilitas dan kemandirian dalam pengelolaan keuangan, pelayanan publik dan pengelolaan SDM. IAIN Bukittinggi telah memiliki empat program studi umum yang direkomendasikan langsung oleh kemendikbud pada tahun 2009 yaitu Bimbingan Konseling, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer.

Selain menyandang prediket B untuk akredetasi institusi, dan prediket A dan B untuk seluruhprogram studi, demi proses perkuliahan yang lebih baik, IAIN Bukittinggi memiliki tenaga pendidik dan kependidikan yang professional dengan rasio yang ideal antara jumlah dosen dan mahasiswa, serta fasilitas pendukung perkuliahan berbasis teknologi informasi, seperti perpustakaan, dan laboratorium terpadu. Saat ini IAIN Bukittinggi telah melahirkan lebih dari 12 ribu alumni yang tersebar diberbagai bidang dunia kerja baik dilevel nasional dan international.

Bukittinggi,          Januari 2019

Rektor,

Dr. Ridha Ahida, M.Hum
NIP.197012051994032003

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked.*