Targetkan Akreditasi Unggul, MPI Pascasarjana UIN Bukittinggi Maksimalkan Performa Penilaian Hingga Acara Penutupan

Photo : Humas UIN Bukittinggi

Bukittinggi. Sabtu, 27 Agustus 2022. Assessment Lapangan untuk penilaian Akreditasi Pascasarjana Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi resmi ditutup oleh Rektor Prof. Dr. Ridha Ahida, M.Hum pada Sabtu (27/08/2022) di Aula lantai 3 Gedung Madinah. Proses Assessment Lapangan hari kedua ini menghadirkan Stakeholder, Alumni, Dosen, Tendik dan Mahasiswa guna memberikan testimoni yang relevan terkait proses penilaian Akreditasi.

Menghadirkan beberapa Stakeholder dari Tokoh penting pada lingkup Dinas Pendidikan, Sekolah Umum dan Madrasah, wawancara oleh Tim Assessor berjalan lancar tanpa ada kendala. Para Stakeholder menyampaikan rasa syukur dan bangga terhadap keberadaan Prodi S2 Manajemen Pendidikan Islam ini. Di samping output lulusan S2 Manajemen Pendidikan Islam yang berkualitas, pendidikan karakter yang diimplementasikan lulusan S2 MPI pada dunia kerja semakin memperbesar kepercayaan mereka akan manfaat Program Studi ini.

Testimoni dari para Alumni dan Mahasiswa pun semakin memperjelas harapan mereka terkait Akreditasi. “Kami sebagai Alumni tentu berharap Prodi tempat kami melanjutkan studi ini bisa berkembang dan semakin jaya,” tuturnya. Lebih lanjut Alumni menambahkan, “Jika Akreditasi menjadi Unggul, mudah-mudahan bisa menarik minat masyarakat yang lebih besar lagi untuk melanjutkan studi dan memilih Prodi MPI ini,” pungkasnya.

Prodi Manajemen Pendidikan Islam, dalam implementasinya memang berfokus pada Manajemen dan Pengelolaan pada Aspek Pendidikan diantaranya tentang Kurikulum, Kompetensi dan Profesionalisme Guru, serta Metodologi Pembelajaran. Pendidikan Karakter sesuai dengan Kurikulum Merdeka juga turut ditanamkan dalam proses pembelajarannya. Semoga segala upaya maksimal yang telah dilaksanakan dalam proses Akreditasi ini mendapatkan hasil terbaik dan mendapatkan penilaian yang memuaskan dari para Assessor dan Validator BAN-PT. Aamiin ya Rabbal Alamiin. (*Humas UIN Bukittinggi)